Cara Mudah Tidur Siang dan Malam dengan Cepat dan Terlelap

0

cara-mudah-tidur-cepat

Tidur merupakan suatu kenikmatan yang pasti dirasakan setiap orang. Dengan tidur badan kita akan istirahat dan meregenerasi kembali tenaga yang telah digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Namun bagaimana jika ternyata seseorang justru malah terganggu dalam tidurnya.

Ia justru malah susah untuk tidur baik di siang hari ataupun di malam hari. Kondisi seperti itu tentu harus segera diatasi. Karena dikhawatirkan malah akan menimbulkan masalah-masalah lainnya seperti penyakit. Nah, karena itu tim futureloka akan memberikan tips-tips cara agar mudah tidur siang dan malam dengan cepat.

Cara Mudah Tidur di Siang Hari

Anda sering merasa lelah dan mengantuk di siang hari, terutama setelah makan siang? Kerja serasa tidak mungkin dilakukan karena terkendala rasa kantuk? Janganlah khawatir, hal tersebut biasanya wajar terjadi. Dan tidak ada salahnya juga untuk mencoba lakukan tidur siang. Namun bagi anda yang mengalami susah untuk tidur dengan cepat di siang hari, kami akan memberikan solusinya. Berikut tips mudah tidur di siang hari.

Yakinlah Kamar Tidur Kondusif untuk Tidur

kamar-tidur

Pengaturan ruang tidur sangat penting untuk menjamin tidur yang baik karena itu tatalah ruangan dengan baik dengan suhu sedikit lebih sejuk.

Tidur di Tempat Tidur yang Nyaman

tempat-tidur

Salah satu masalah tidur disebabkan karena tempat tidur yang tidak nyaman karena itu pilihlan tempat tidur dimana kasur dan bantal terbuat dari bahan terbaik. Agar kita bisa tidur siang dengan pulas dan nyenyak.

Mandi

mandi

Sebelum tidur upayakan badan dalam keadaan segar karena itu cobalah mandi terlebih dulu sebelum tidur karena mandi menjadi salah satu cara membuat otot santai dan segar.

Minum segelas susu

susu

Jangan khawatir minum segelas susu hangat sebelum tidur akan membuat tubuh anda gemuk. Susu mengandung kalsium dan l-tryptophan yang membantu tubuh mempersiapkan untuk tidur.

Lakukan Olahraga Relaksasi

olahraga-relaksasi

Melakukan olahraga relaksasi sebelum tidur siang bisa membuat tidur siang anda nantinya akan baik dan bisa tidur dengan nyaman.

Cara Mudah Tidur di Malam Hari

Tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur, hanya membolak-balikkan tubuh selama berjam-jam, sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah. Hal ini bisa menyebabkan frustasi, karena kurang jam tidur bisa membuat Anda merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan harinya. Sering kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda bisa tertidur lebih cepat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut adalah tips-tipsnya :

Tempat Tidur yang Nyaman

tempat-tidur-nyaman

Tempat tidur yang nyaman tentu berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Nyamankan tempat tidur anda dan perbaiki posisi tidur anda sesantai mungkin. Mulai sekarang benahi barang-barang di kamar tidur anda. Hindari barang-barang yang berserakan apalagi sampah berserakan. Setiapkali menjelang tidur, buatlah aktivitas membenahi barang-barang. Selain nyaman, kebersihan juga harus diperhatikan.

Mandi Setelah Pulang Kerja

mandi-

Keringat yang menempel di tubuh setelah seharian bekerja juga bisa mengganggu kenyamanan anda. Mandilah pada sore hari. Biasakan mandi setiap kali anda pulang kerja. Selain membuat badan anda segar setelah seharian bekerja, tentu akan membuat anda rileks menjelang tidur. Jika anda pulang larut malam dan ingin mandi, maka mandilah dengan air hangat agar tubuh anda tidak sakit.

Mendengarkan Musik

mendengarkan-musik

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, mendengarkan musik merupakan alternatif yang menenangkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum tidur meningkatkan kualitas tidur pada malam hari, daripada orang yang tidak. Hanya pastikan musik yang sedang Anda dengarkan merupakan musik yang disukai dan menenangkan. Dan usahakan setting otomatis mati dalam beberapa jam.

Mempersiapkan Diri untuk Tidur

persiapan-tidur-malam

Perlakukan aktivitas tidur sebagai sebuah fase wajib kehidupan anda. Jangan tidur menunggu anda terlalu lelah. Susunlah jadwal tidur setiap harinya. Lakukan aktivitas rutin sebelum tidur, seperti cuci muka, gosok gigi dan mengganti pakaian. Buatlah jadwal dan disiplin mengikuti jadwal tersebut.

Minum Susu Hangat

susu-hangat

Minum segelas susu hangat sebelum tidur akan membantu Anda cepat tertidur, karena susu memiliki efek relaksasi pada tubuh dan pikiran. Minum setidaknya satu jam sebelum tidur.

Menggunakan Minyak Lavender

minyak-lavender

Aromatherapi yang berasal dari minyak lavender memiliki efek menenangkan pada tubuh sehingga membantu tidur lebih baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak lavender meningkatkan waktu total tidur, serta membantu merasa segar di pagi hari saat Anda terbangun. Caranya: Teteskan satu atau dua tetes minyak lavender esensial di sapu tangan dan tempatkan di dekat bantal. Selain itu, Anda juga busa menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke bak mandi dengan air hangat. Rendam dalam air selama 20 menit. Lakukan hal ini setidaknya satu jam sebelum tidur.

Mengkonsumsi Madu

madu

Madu berguna untuk mengatasi masalah susah tidur. Sifat anti-inflamasi membantu mengurangi pembengkakan di sekitar daerah tenggorokan untuk mencegah mendengkur, salah satu gejala yang paling umum dari gangguan tidur. Madu juga membuat tidur anda lebih rileks. Caranya: cukup tambahkan 1 sendok makan madu mentah dengan segelas air hangat dan minum setiap hari sebelum tidur.

Pisang

pisang

Pisang merupakan obat tidur alami karena mengandung asam amino yang disebut triptofan yang membantu meningkatkan kadar serotonin. Serotonin adalah sejenis hormon yang membantu mengatur pola tidur. Selain itu, pisang mengandung relaksan otot alami, magnesium, dan potasium, yang membantu mempermudah tidur. Plus, karbohidrat dalam pisang membuat orang cepat mengantuk. Makan satu pisang satu jam sebelum tidur setiap malam.

Begitulah tips-tips cara mudah tidur siang dan malam dengan cepat. Semoga bermanfaat.

Baca juga Artikel popular berikut ini :

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here