Cara Mudah Bergaul dan Bersosialisasi dengan Semua Orang

0

Mungkin ada dari sebagian orang yang sampai saat ini masih merasa kesulitan dalam bergaul. Penyebabnya pun ada bermacam-macam. Namun terlepas dari itu, kesulitan dalam bergaul pastinya membuat seseorang juga kesulitan dalam membangun pertemanan yang baik dengan orang lain. Untuk itu jika Anda termasuk orang yang kesulitan dalam bergaul, berikut ini tim futureloka akan berikan tips-tips cara cepat dan praktis agar mudah bergaul.

Cara Mudah Bergaul dengan Orang Baru Dikenal

Bergaul dengan orang yang baru kita kenal ternyata memang gampang-gampang susah, sebaiknya anda semua harus mengenal karakter dan sifat anda juga. Mengapa demikian? karena setiap orang punya sifat dan karakter yang berbeda-beda, begitu pula dengan orang yang tidak kita kenal atau baru kita kenal. Bagi orang yang sifatnya mudah bergaul bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan yang baru, namun banyak juga yang canggung sehingga sulit untuk menyesuaikan diri. Nah, karena itu disini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu agar mudah bergaul dengan orang baru dikenal. Berikut tipsnya :

Jadilah Orang Pertama yang Menyapa

menyapa

Biasakanlah memberi sapaan duluan kepada orang yang baru anda kenal. Dengan terbiasa memberi sapaan/ salam duluan, maka untuk selanjutnya kita tidak akan kesulitan untuk bergaul dengan orang baru lagi.

Menjabat Tangan dengan Nyaman

jabat-tangan

Jabatlah tangan kenalan baru kita dengan waktu yang cukup. Sambil menanyakan namanya dan memperkenalkan diri kita. Jabat tangan jangan terlalu lemah yang menandakan kita tidak semangat bercakap dengannya. Jangan pula terlalu keras yang membuat dirinya merasa tidak nyaman.

Senyum dengan Tulus

senyum

Ketika bertemu dengan sahabat baru, senyumlah.

Tatap Lawan Bicara

tatap-lawan-bicara

Tataplah matanya, sehingga ia yakin dan merasa dihargai keberadaan dirinya.

Dengarkan Dahulu Baru Bicara

pendengar-yang-baik

Banyak dari kita yang cenderung mau bicara terus, dan lawan bicara menjadi pendengar yang baik. Padahal dalam adab komunikasi, jika ingin terjalin komunikasi yang baik, maka dengarkan terlebih dahulu dengan tulus dan jangan potong pembicaraannya. Apalagi saat ia sedang antusias menjelaskan.

Ingat Namanya

ingat-namanya

Mungkin sebagian dari kita, setelah 10 menit berbicara dengan kenalan baru, setelah itu lupa namanya lagi. Maka dari itu, kita jangan sampai lupa nama orang-orang baru kita kenal.

Cara Mudah Bergaul bagi Orang Pendiam

Berteman dan bergaul dengan banyak orang adalah kewajiban manusia sebagai makhluk sosial. Bagi sebagian besar dari kita mungkin mencari teman adalah hal yang mudah. Tapi apa jadinya bagi kita yang memiliki kepribadian yang tertutup, pendiam dan sulit untuk berkenalan dengan orang baru. Namun bukan berarti mereka tidak mau menerima dan masuk ke sebuah lingkungan yang baru. Tetapi bagi seorang pendiam seperti itu, disaat mereka mulai masuk ke lingkungan yang baru, mereka bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan dan mengerti sesama teman dengan sangat baik.

Bangun Kepercayaan Diri

cermin-diri

Cara membangun kepercayaan diri adalah dengan melatih berbicara di depan cermin. Dengan terbiasa melakukan itu, niscaya kepercayaan diri kita akan terbangun dengan sendirinya.

Mulailah Menyapa dan Berbicara dengan Orang Lain

menyapa-dan-berbicara

Kadang-kadang kita merasa sulit memunculkan kepercayaan diri karena munculnya rasa takut dalam diri kita. Oleh karena itu, pertama-tama hilangkanlah rasa takut tersebut. Jangan berpikiran yang buruk terlebih dahulu, berpikirlah positif. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa takut, salah satunya adalah dengan membiasakan diri mencoba memberi sapaan duluan kepada orang lain lalu mengajaknya berbicara.

Coba Keluar dan Bertemu dengan Orang-Orang

bertemu-orang

Bertemu dengan beberapa orang-orang baru akan membantu kita untuk lebih bisa bersosialisasi.

Cari Teman yang Bisa Mensupport

support-teman

Cobalah cari teman yang bisa memberikan energi positif padamu. Pelajari sifat-sifat baik yang ada di temanmu itu lalu bangunlah persahabatan dengannya. Dengan begitu kamu belajar untuk berkomunikasi kepada satu orang sebelum bergaul dengan banyak orang.

Bergabung ke Komunitas yang Positif

bertemu-orang

Dengan cara ini kamu akan belajar bergaul dengan banyak orang dan meninggalkan kebiasaan lama yang selalu sendiri dan tidak mau bergabung dengan orang lain.

Membangun Empati kepada Orang Lain

empati

Setelah kita sudah mengenal banyak teman, belajarnya untuk ber-empati kepada teman-temanmu itu. Jangan malu untuk menanyakan kabarnya atau menawarkan pertolongan kepada temanmu yang mungkin sedang mengalami kesulitan. Dengan kita sudah memiliki rasa empati tersebut, rasa kekeluargaan nantinya akan terbangun.

Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

berhenti-membandingkan-diri

Kadang-kadang kita sering berpikir bahwa diri kita tidak lebih baik dari orang lain. Jika kita adalah orang yang pendiam pasti kita akan iri dengan orang-orang yang dengan mudahnya bergaul. Kita harus menyadari bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itulah, hilangkanlah sifat membandingkan diri dengan orang lain tersebut.

Begitulah tips-tips agar kita lebih mudah bergaul dengan orang lain. Intinya adalah kita tidak perlu minder dan harus lebih percaya diri !

Baca juga artikel popular berikut ini :

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here