Cara Mudah Refresh iPhone 4, 5, dan 6 Agar Kembali Cepat dan Tidak Lemot Tanpa Ribet

0

(3) hand-apple-iphone-smartphone

Lemot adalah penyakit yang sering kali dialami oleh pengguna smartphone, tidak terlepas itu smartphone berbasis android atau IOS oleh iPhone Apple. Lemot ini kebanyakan disebabkan oleh aplikasi yang memiliki kapasitas yang terlalu besar, kapasitas penyimpanan internal yang sudah penuh, dan lain-lainnya.

Kali ini tim Futureloka akan mengulas tentang cara mengatasi kelemotan tersebut. Berikut adalah ulasan mengenai Cara Mudah Refresh iPhone 4, 5, dan 6 Agar Kembali Cepat dan Tidak Lemot Tanpa Ribet. Daripada penasaran, yuk kita simak yang berikut ini.

Cara Refresh iPhone 4

(3) iphone-4s-large

Berikut ini adalah salah satu cara untuk merefresh iPhone 4, yaitu dengan matikan Background App Refresh.

Fitur ini memungkinkan aplikasi untuk melakukan refresh saat sedang tidak digunakan(kurang lebih sama seperti fungsi refresh pada komputer). Nah, kalau anda membuka banyak aplikasi sekaligus, otomatis masing-masing aplikasi akan melakukan refresh secara bersamaan yang akan membebani prosesor dan berukung pada lemot alias lelet alias kinerja iphone anda melambat. Cara untuk mematikannya tinggal masuk ke menu settings > General > Background App Refresh.

Cara Refresh iPhone 5

(3) iphone_5

Ada beberapa cara untuk merefresh iPhone 5 agar tidak lemot lagi. Di antaranya adalah merestart iPhone 5. Caranya adalah Untuk reset iPhone, caranya juga cukup mudah, tekan dan tahan tombol power yang ada di bagian atas kanan dan tombol home tahan selama 10 detik. Cara ini juga sama dengan merestart namun kamu tidak perlu menggeser tulisan power off.

Atau uga bisa menggunakan cara tekan dan tahan tombol power yang letaknya di atas bagian kanan sampai keluar tulisan “slide to power off” kemudian geser ke kanan. setelah itu untuk menyalakannya kembali cukup menekan tombol power tadi tahan beberapa detik.

Cara Refresh iPhone 6

(3) iphone_6

Untuk merefresh iPhone 6 uga ada beberapa cara, yaitu:

  • Matikan efek visual

Efek visual di antarmuka menu memang membuat iPhone terlihat keren, namun hal itu juga membebani hardware. Untuk mematikan fitur tersebut, bua menu Settings > General > Accessibility > Increase Contrast lalu ubah menu Reduce Transparency ke On. Kamu juga bisa mematikan fitur motion lewat menu Settings > General > Accessibility lalu mengaktifkan pilihan Reduce Motion ke On.

  • Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Periksa semua aplikasi dan game yang terpasang dalam iPhone, laluuninstall yang tidak dibutuhkan atau jarang dipakai

  • Matikan Siri

Siri adalah fitur asisten pribadi dalam iOS. Siri bisa memberikan saran saat melakukan pencarian dalam iOS 9, namun hal itu juga membuat smartphone jadi lemot. Untuk mematikannya, buka menuSettings > General > Spotlight Suggestions > Siri Suggestions. Fitur lain yang juga membebani sistem adalah “Hey Siri.” Jika ingin mematikannya, buka menu Settings > General > Siri.

  • Matikan download otomatis

Buka menuAutomatic Downloads melalui Settings > App and iTunes Stores. Jika iPhone Anda menjadi satu-satunya perangkat yang terhubung dengan Apple ID, maka biarkan pilihan ini menyala (On).

Namun jika Anda memiliki banyak perangkat dengan satu Apple ID, maka perangkat lain juga akan mengunduh update aplikasi yang sebenarnya tidak Anda gunakan atau tidak dibutuhkan dalam iPhone Anda.

Untuk melakukan update, sebaiknya menggunakan koneksi WiFi dan mematikan menu Use Cellular Data lewat Menu Settings > App and iTunes Stores.

  • Gunakan aplikasi default

Aplikasi bawaan (default) dari Apple dirancang untuk bekerja secara lebih baik dengan iPhone. Mereka didesain untuk fungsi-fungsi umum seperti e-mail, navigasi, danbrowsing web. Memang terkadang secara fungsi aplikasi tersebut bukan yang terbaik, namun tetap bisa diandalkan untuk mengejar performa.

  • Matikan Background App

Beberapa aplikasi terkadang tetap berjalan di belakang sistem yang sedang kita buka (background), seperti sinkronisasi data dan memperbarui konten tanpa disadari. Hal itu bis a memperlambat kinerja dan menguras baterai.

Untuk mematikannya, buka menu Settings > General > Background App Refresh dan matikan semuanya atau untuk beberapa aplikasi saja sesuai keinginan.

  • Hapus file lama

Membersihkan file lama, seperti foto dan video yang sudah dibackup, pesan teks lama, atau data yang tersimpan lainnya (cached) bisa memperlancar sistem.Buka menuSettings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage. Hapus yang tidak Anda butuhkan. beberapa palikasi juga bisa di-uninstall lalu dipasang lagi untuk menghapus data cache.

  • Membersihkan browsing history

Membersihkanbrowsing history di browser Safari bisa dilakukan melalui menu Settings > Safari > Clear History and Website Data. Membersihkan data cache di Safari memang kadang bisa membuat browser bekerja agak lambat untuk mengumpulkan data-data kembali, namun performa jadi lebih cepat jika file sampah itu dihapus sesekali.

Itulah Cara Mudah Refresh iPhone 4, 5, dan 6 Agar Kembali Cepat dan Tidak Lemot Tanpa Ribet. Sebenarnya semua cara di atas bisa dipakai untuk mengatasi lemot pada iPhone 4,5, dan 6 serta beberapa jenis iPhone atau iPad lainnya. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here