Cara Mudah Screen Capture Atau Screenshot HP Android Xiaomi Redmi Note 2 Tanpa Ribet

0

minot

Screenshot adalah kegiatan mengambil tampilan layar. Peran Screenshot sangat lah penting. Jika di Smartphone adalah Screenshot, maka kalo di PC / Laptop adalah Print Screen. Kegunaan Screenshot biasanya untuk meng-Capture jika ada sesuatu yang penting di layar Smartphone kita seperti gambar dari internet, isi Chat dengan orang-orang tertentu, dan lain-lain, karena tidak bisa di simpan secaa langsung.

Screenshot adalah salah satu fitur yang paling bermanfaat dari Smartphone, fitur Screenshot sudah banyak di kembangkan oleh vendor, ada yang menggunakan kombinasi tombol ada juga yang menggunakan sensor. Kali ini Futureloka akan membahas tentang cara melakukan Screenshot pada HP Xiaomi Redmi Note 2  dengan mudah. Dan sebelum melakukan Screenshot, sebaiknya kita memahami betul apa itu Screenshot dan apa fungsi tujuan dari Screenshot tersebut.

Cara Screeenshot Xiaomi Redmi Note 2

Seperti yang kita ketahui, peran Screenshot sangat lah penting dan sangat sering digunakan, karna sering digunakaan maka akan repot jika terus menerus menggunakan kombinasi Tombol Power + dan Tombol Home, selain Takut cepat rusak, menggunakan kombinasi tombol cenderung agak ribet atau tidak simple. Pada beberapa Smartphone terbaru keluaran Xiaomi, fitur Screenshot sudah dapat di akses pada menu shortcut. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak artikel berikut ini.

minote2

Melakukan Screenshot dengan Aplikasi

Sudah banyak aplikasi Screenshot untuk sebuah Smartphone tertentu, kita bisa mencarinya tergantung dari tipe Smartphone itu sendiri. Bagi yang menjalankan Oprasi System berbasis Android bisa mencari di Google Play Store, bagi yang menjalankan Oprasi System iOS bisa mencari di App Store.

Menggunakan aplikasi Screenshot mungkin bukanlah hal yang sulit, karna cukup mudah untuk melakukannya. Download dan Install aplikasinya terlebih dahulu, pahami dan pelajari tutorialnya, dengan otomatis melakukan Screenshot dengan menggunakan Aplikasi akan lebih mudah tanpa harus menekan tombol kombinasi tertentu.

Melakukan Screenshot dengan kombinasi tombol.

Dengan menggunakan kombinasi Tombol  Power + Tombol  Volume Down kita sudah bisa melakukan kegiatan Screenshot. Berikut ini adalah cara untuk melakukan Screeshot dengan menggunakan kombinasi tombol tanpa harus menggunakan Aplikasi:

  1. Tentunya siapkan tampilan layar yang ingin di Capture.
  2. Tekan Tombol Power + Tombol  Volume Down secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik.
  3. Lepaskan setelah merasa Smartphone bergetar
  4. Hasil Screenshot akan terlihat di panel Notifikasi.
  5. Dan dengan otomatis hasil Screenshot langsung tersimpan di Galery dengan nama Folder “Screenshot”.

Melakukan Screenshot dengan menu shortcut

Screenshot dengan menggunakan menu shortcut juga merupakan hal yang tidak begitu sulit. Pasalnya fitur ini sudah ada di beberapa Smartphone keluaran Xiaomi, Xiaomi Redmi Note 2 salah satunya. Akan tetapi belum banyak orang yang menggunakan fitur ini untuk melakukan Screenshot. Padahal cara ini lebih mudah lho dari pada harus melakukan Screenshot dengan menggunakan Kombinasi Tombol. Ini adalah cara melakukan atau mengaktifkan fitur Hand Swipe pada Xiaomi Redmi Note 2

  1. Pastikan layar sudah berada pada posisi tangkapan yang ingin di capture.
  2. Usap layar dari atas kebawah untuk memunculkan shortcut setting
  3. Geser ke kanan, karna biasanya menu default adalah notifiasi sehingga anda perlu menggesernya ke kanan untuk menemukan “setting”. Cara Memfoto Layar Xiaomi
  4. Pilih Screenshot (tanda gunting), dan dengan sendirinya layar yang anda pilih akan tercapture
  5. Hasil tangkapan akan tersimpan secara otomatis di dalam galeri.

Diantara Screenshot dengan menggunakan aplikasi, menggunkan kombinasi Tombol, dan menggunakan menu shortcut. Mungkin fitur shortcut lah yang paling mudah, karna memang cara ini yang terlihat lebih simpe dan efisien dibandingkan dengan cara yang lainnya. Demikian panduan singkat dari kami, semoga ini bermanfaat. Dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here