Cara Mudah Setting Equalizer Musik Untuk HP Android Xiaomi Tanpa Ribet

0

Musik dapat menjadi teman disegala suasana, seperti disaat senang, sedih, kasmaran, marah, dan sebagainya. Faktanya bagi sebagian orang musik dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar maupun bekerja, selain itu orang biasanya mendengarkan musik untuk menghilangkan rasa jenuh. Media yang digunakan untuk mendengarkan musik pun berpariasi. Namun di-era teknologi mobile saat ini orang-orang mendengarkan musik melalui handphone khususnya smartphone. Bahkan saat ini smartphone sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan efek suara. Tujuannya adalah untuk memberikan kualitas suara yang baik bagi pengguna.

Pada artikel ini Futureloka akan membagikan tips pada kalian cara mengatur Equalizer dari smartphone khususnya pada smartphone Xiaomi. Caranya sendiri sangat mudah dilakukan dan dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara. Cara pertama untuk mengatur Equalizer pada hp Xiaomi dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Seperti biasa masuk pada aplikasi musik bawaan seperti pada gambar,

  2. Pada tampilan pemutar musik, klik menu option yang terdapat pada bagian pojok kanan atas seperti pada gambar yang ditandai dengan warna hijau,

  3. Setelah itu klik pada bagian Headphones & audio effects seperti gambar,


  4. Kemudian aktifkan menu Mi Sound Enhancer untuk dapat mengatur pengaturan suara seperti pada gambar,


  5. Atur suara dengan meng-klik menu Equalizer dimana pada menu ini kamu dapat memilih efek suara berdasarkan genre musik seperti Rock, Pop, Jazz, dan sebagainya, atau bahkan dapat pula mengatur efek suara sesuai keinginan.

Cara kedua sendiri memiliki langkah yang berbeda pada tahap pertama namun jika sudah menemukan pengaturan Equalizer hal yang perlu dilakukan sama persis dengan cara pertama. Adapun langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Masuk pada menu Setting lalu kemudian klik pada menu Additional settings,

  2. Pada menu Additional settings, klik Headphones & audio effects,

  3. Selanjutnya dapat mengikuti langkah sebelumnya dimana kamu harus mengaktifkan menu Mi Sound Equalizer baru kemudian mengatur efek suara sesuai keinginan.

Perlu diketahui bahwa pada hp Xiaomi hanya menyediakan pengaturan Equalizer hanya untuk mode headphone atau headset saja, dengan kata lain pengaturan Equalizer diperuntukan hanya saat headphone atau headset tertancap pada hp Xiaomi. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman lebih saat mendengarkan musik menggunakan headphone atau headset. Sangat disayangkan memang, namun melihat spesifikasi buzzer yang tidak terlalu diperhatikan mungkin menjadi alasan kenapa Xiaomi tidak menerapkan pengaturan Equalizer pada buzzer produk smartphone mereka. Selain mengatur efek suara, pada menu Headphones & audio effects kamu juga dapat mengatur Headphone remote buttons dan Assign buttons.

Terdapat hal unik yang dimiliki oleh hp Xiaomi pada pengaturan Equalizer nya, yaitu kita dapat menikmati efek suara yang biasanya dihasilkan oleh produk-produk headphone atau headset dari Xiaomi itu sendiri. Dengan adanya pengaturan ini kamu dapat menemukan pengalaman baru dalam mendengarkan musik. Meski headphone atau headset yang kamu gunakan bukan dari jajaran produk Xiaomi dimana kita tahu bahwa pada paket penjualan produk smartphone dari Xiaomi tidak mencantumkan headphone atau headset, namun kamu tidak perlu kecewa, kamu masih dapat menikmati pengaturan ini.

Untuk menikmati fitur ini kamu cukup memilih tipe headphone atau headset yang disediakan dalam menu. Seperti pengaturan efek suara pada produk Mi In-Ear Pro, Mi Capsule, Mi Headphones, Mi Piston baik itu Piston-1 maupun Piston-2, dan lain-lain. Namun tentunya jika kamu mendengarkan musik dengan menggunakan headphone atau headset yang bukan dari produk Xiaomi itu sendiri, meski sudah menggunakan atau ditambah dengan pengaturan efek suara yang dihasilkan headphone atau headset dari Xiaomi, kualitas yang didapatkan tidak sebaik jika kamu menggunakan headphone atau headset dari Xiaomi. Dan sangat disarankan jika kamu seorang yang sangat gemar mendengarkan musik dan menginginkan kualitas suara yang baik, sebaiknya mengkombinasikan pengaturan Equalizer dari hp Xiaomi sesuai dengan produk Xiaomi itu sendiri.

Demikian artikel tentang bagaimana cara mudah mengatur Equalizer pada hp Xiaomi dengan mudah dan tanpa ribet. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here