Beragam Cara Sharing Printer Untuk Windows 7, 8, dan 10 Lewat Berbagai Metode dengan Mudah

0

uuuk

Hai semua, selamat datang di website futureloka, website yang menyediakan informasi terlengkap seputar teknologi, smartphone, PC, laptop, aplikasi, sampai ke gaya hidup. Bahasa artikel kali ini datang dari kategori tips and tricks yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi kalian guys. Topik kita kali ini adalah tentang Beragam Cara Sharing Printer Untuk Windows 7, 8, dan 10 Lewat Berbagai Metode dengan Mudah.

Pernah mencetak file menjadi hard copy? Pernah ngeprint? Nah artikel kali ini akan membahas mengenai cara sharing printer guys. Sharing printer akan jauh lebih ekonomis untuk dilakukan dari pada kamu mesti beli 1 printer untuk setiap windows pada PC atau laptop yang berbeda. Selain itu pun dengan sharing printer dapat menghemat waktu kalian dalam mencetak dokumen. Namun pastinya tidak semua orang tahu tentang cara sharing printer untuk windows yang berbeda ini.

Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk membantu kalian guys dengan cara menjelaskan ke kalian beberapa metode yang dapat kalian terapkan untuk sharing printer pada laptop atau PC yang menggunakan windows yang berbeda – beda. Bagi kalian yang penasaran dengan pembahasan topik ini, kalian mesti menyimak artikel ini selengkapnya. Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini. Check it out!

Baca juga:

Cara Share Printer Lewat Jaringan LAN atau Wifi

Nah, metode pertama yang akan saya bahas disini adalah cara share printer lewat jaringan LAN atau Wifi. Kalian dapat menggunakan aplikasi yang terdapat pada jaringan LAN atau Wifi kalian guys. Sebelum masuk ke langkah – langkah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian pastikan sudah terlaksana sebelum kalian mengatur opsi untuk sharing komputer:

  • Printer sudah terinstall komputer
  • Kabel LAN sudah terhubung ke semua komputer yang akan meng-share atau menerima sharingan printer
  • IP address masing – masing komputer sudah di setting dengan benar

Jika semua itu kalian sudah kalian terapkan dengan benar, berikut ini adalah langkah – langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengaktifkan fitur sharing printer dari komputer master:

Langkah – langkah setting pada komputer master:

  • Kalian masuk ke menu devices and printers yang bisa kalian temukan di tombol start windows kalian atau kalian juga bisa search dengan menggunakan tombol search yang berbentuk kaca pembesar di samping tombol start pada windows 10
  • Lalu jika kalian sudah membuka dan masuk pada menu devices and printers tersebut, kalian akan bisa mengetahui perangkat hardware apa saja yang bisa terhubung ke komputer atau laptop kalian dan salah satunya adalah printer. Kalian cari printer mana yang ingin kalian lakukan sharing, lalu klik kanan pada pilihan printer tersebut lalu pilih printer properties
  • Setelah itu jendela printer properties akan terbuka. Pada tab sharing, kalian beri tanda check pada pilihan share this device. Kemudian kalian dapat memberikan nama printer yang akan dilakukan sharing tersebut sesuai dengan nama yang kalian inginkan, lalu klik Apply diikuti dengan OK
  • Printer siap digunakan, jika printer sudah berhasil dalam melakukan proses sharing berarti komputer lainnya sudah dapat terhubung.

Cara Sharing Printer Sebagai Client

Nah guys, metode kedua ini sebenarnya masih lanjutan dari metode pertama cara share printer melalui jaringan LAN atau Wifi, namun pada metode kedua ini kita akan memposisikan diri kita sebagai client yang akan menerima sharingan printer dari komputer master. Yuk simak ulasannya dan langkah – langkahnya di bawah ini:

Langkah – langkah:

  • Pertama, kalian klik icon LAN connection pada pojok kanan bawah pada layar monitor
  • Klik Open Network and Sharing Center, selanjutnya akan keluar jendela Network and Sharing Center
  • Kemudian Klik Change Advance Sharing Setting yang ada dibagian kiri atas.
  • Lakukan Centang bulatan pada bagian Turn On network discovery –> Klik Save Change.
  • Setelah itu kita siap lakukan koneksi printer dengan cara Klik Start — > Devices and Printer –> kemudian lakukan klik kanan dan pilih Add A Printer.
  • Pilih Add a Network, Wireless and Bluetooth Printer, saat itu juga komputer akan melakukan Searching Printer.
  • Jika proses searching printer sudah selesai dan menemukan printer share kalian ikuti langkah – langkah tertulis (Klik Next –> Klik Next –> Next –> Klik Finish)
  • Jika Searching printer gagal, kalian dapat lakukan cara manual melalui fasilitas Browse dan anda akan dituntun menuju ke Network dan tinggal dipilih Computer Name Master yang terpasang printer.
  • Sebelum kalian klik finish, untuk memastikan keberhasilan dari langkah – langkah di atas kalian dapat klik Test Print Page sebelum klik Finish.

Cara Sharing Printer dengan IP Address

Metode ini sebetulnya juga masih berhubungan dengan dua metode di atas guys. Setelah segala settingan di komputer master selesai, kalian bisa mensetting IP Address untuk menghubungkan komputer client ke printer sharing. Berikut ini adalah langkah – langkahnya:

Langkah – langkah:

  • Masuk ke fasilitas RUN dan masukkan IP address dari komputer master penyedia printer sharing (IP Address komputer server printer anda), lalu klik OK
    Contoh: masukkan seperti \\10.27.38.185
  • Lalu klik kanan pada ikon printer yang akan dikoneksikan lalu pilih connect dan tunggu sampai proses installasi selesai
  • Setelah selesai, kita bisa melihat hasilnya pada menu devices and printers pada komputer client. Akan muncul printer baru yaitu printer sharing yang tadi sudah kita setting
  • Selesai guys, kalian sudah bisa menggunakan printer sharing itu sekarang di komputer client.

Nah guys begitulah beberapa metode yang bisa kalian terapkan untuk mengatur Sharing Printer Untuk Windows 7, 8, dan 10. Tentunya metode di atas tidak 100% mutlak akan berhasil diterapkan setiap orang. Keberhasilan tentunya akan tergantung pada cara kalian dalam mengikuti setiap langkah – langkahnya guys. Tapi jangan menyerah, kalian tidak akan tahu hasilnya jika kalian belum mencoba.

Baiklah kalau begitu saya undur diri dulu. Saya harap artikel kali ini bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat bagi kalian guys. Jangan lupa untuk terus pantau website futureloka karena masih banyak topik menarik dan bermanfaat lainnya yang bisa kalian simak. Terima kasih sudah menyimak artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel lainnya. Have a nice day everyone and bye for now!

Baca juga:

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here