Cara Cek Keaslian iPhone 6 Dengan Berbagai Cara Secara Cermat dan Teliti

0

iPhone 6 Asli VS KW

Seperti yang kita ketahui, iPhone adalah salah satu perangkat yang sangat terkenal dan banyak dikagumi oleh siapapun. iPhone memang salah satu smartphone termahal sejak awal kemunculannya. Namun terlepas dari itu semua, perangkat produksi Apple ini masih saja banyak dikagumi karena kemewahan dan menghadirkan feel atau rasa yang berbeda bagi siapapun yang memilikinya. Maka tak heran, apabila banyak sekali produksi iPhone palsu atau KW yang beredar.

Nah pada artikel kali ini, Tim Futureloka akan membahas mengenai bagaimana cara cek keaslian iPhone 6 maupun iPhone-iPhone versi lainnya melalui berbagai aspek supaya kamu dapat memastikan iPhone yang kamu miliki adalah iPhone yang asli, serta mungkin bisa dijadikan referensi untuk kamu apabila kamu ingin membeli iPhone. Yuk, langsung saja kita simak:

Cek Dengan App Store

App store

Nah, cara ini sangatlah mudah dan dapat kamu terapkan secara langsung. Seperti yang kamu ketahui bahwa App Store adalah salah satu Toko Aplikasi, yang tentunya hanya dikembangkan oleh Apple dan hanya ada pada iOS atau perangkat-perangkat iDevice keluaran Apple. Jadi, apabila iPhone kamu menggunakan sistem operasi iOS, maka sudah jelas iPhone kamu menggunakan App Store resmi sebagai Toko Aplikasi default iPhone kamu.

App Store dengan Play Store yang ada pada Android sangatlah berbeda baik dari segi tampilannya maupun fungsinya. Apabila App Store yang kamu miliki di iPhone kamu itu palsu, maka mungkin memang di beranda namanya adalah tetap App Store, namun ketika dibuka bisa saja itu hanya Play Store yang sudah di Mod sedemikian rupa hingga sangat menyerupai iPhone.

Namun, kelemahan dari cara mengecek ini adalah kamu tidak dapat melihat apakah produk iPhone yang kamu miliki itu valid atau tidak, dan resmi atau tidak.

Cek Melalui iTunes di PC atau Mac

iTunes PC

Nah, cara ini juga terbilang cukup mudah untuk diterapkan meskipun kamu bukanlah orang yang ekspert di bidang komputer maupun teknologi. Sebelum memulai cara ini, kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki program atau software iTunes kembangan resmi dari Apple yang bisa kamu download melalui link ini.

Pada halaman tersebut, kamu bisa memilih iTunes yang sesuai dengan sistem operasi komputer kamu. Setelah selesai di Download, kamu bisa langsung menginstall program tersebut dengan mudah dan seperti instalasi pada umumnya. Setelah program iTunes selesai kamu install, kamu hanya perlu membuka program tersebut, kemudian sambungkan iPhone kamu dengan kabel lightning yang kamu miliki, nah apabila iPhone kamu terdeteksi pada iTunes, maka sudah otomatis iPhone kamu adalah iPhone original. Namun apabila iPhone kamu tidak terdeteksi pada program iTunes di PC tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa iPhone kamu adalah iPhone palsu.

Cek Melalui IMEI atau Serial

Cara mudah lainnya dan salah satu yang paling ampuh adalah dengan melakukan pengecekan pada IMEI yang terdapat pada iPhone kamu. Nah, ini dia step by stepnya:

  • Cek IMEI yang terdapat pada iPhone kamu, dengan cara buka dialpad, lalu ketikkan *#06#
  • Apabila IMEI yang terteda dua baris, atau ada dua IMEI, maka iPhone kamu adalah iPhone palsu. contoh IMEI: 352084078746201
  • Samakan IMEI yang ada pada iPhone kamu dengan box kemasan iPhone yang kamu beli, apabila tidak sama, maka bisa saja iPhone kamu original tetapi sudah melalui beberapa tahapan pemalsuan
  • Nah setelah kamu tahu IMEI yang ada pada iPhone kamu, silahkan cek keaslian IMEI kamu melalui Website Resmi Apple ini
  • Pada halaman tersebut, masukkan IMEI kamu dan Enter.
  • Apabila kamu kesulitan dengan cara di atas untuk melihat IMEI yang ada pada iPhone kamu, kamu juga bisa melakukan pengecekan IMEI melalui slot sim card yang ada pada iPhone kamu. Nah, dengan cara ini juga kamu bisa mendeteksi apakah slot sim card yang ada pada iPhone kamu sudah pernah diganti atau belum. Begini tampilan slot sim card yang memuat IMEI.IMEI in Slot Sim Card iPhone
  • Apabila iPhone kamu sudah terdeteksi, maka jangan senang terlebih dulu. Kamu bisa melihat informasi lainnya apakah iPhone yang kamu miliki masih valid dan didukung oleh Apple, ataukah tidak resmi dan sudah tidak valid lagi. Bisa saja iPhone yang kamu miliki adalah ilegal, kamu harus cermat dalam melakukan pengecekan.Garansi Apple

Dari Segi Fisik

Selain melalui beberapa cara menggunakan analisa software tersebut, kamu juga bisa melakukan analisa apakah iPhone yang kamu miliki asli atau tidak melalui segi fisiknya. Sudah jelas bahwa Apple tidak pernah bermain-main dalam melakukan perancangan dan pembuatan perangkat-perangkatnya. Nah, kekuatan ini yang dapat kamu jadikan indikasi keaslian iPhone kamu.

  • Apple Hanya menggunakan Material Kelas Premium Dalam Pembuatan Perangkat iDevice-nyaiPhone 6Kamu bisa merasakan perbedaannya. Pada iPhone palsu, akan terasa sangat ringkih, mudah sekali ditekan, tidak kokoh dan garis-garisnya bisa saja tidak beraturan. Bahkan, dalam beberapa kasus iPhone palsu, iPhone tersebut didapati lepas bautnya dan garis sinyal pada iPhone tersebut tidak lurus. Kebalikannya, justru iPhone 6 asli dengan segala kemewahannya menawarkan feel yang sangat kokoh, solid, tidak mudah ditekan, dan sangat menarik saat digenggam.
  • iPhone menggunakan Retina Display sehingga menghadirkan tampilan yang sangat indah pada layar kamu

Retina Display

Retina Display adalah salah satu andalan pada iPhone. Retina Display adalah tampilan pada layar kamu dimana kepadatan pikselnya lebih padat dan lebih enak dilihat sehingga tidak meninggalkan kesan murahan.

Retina Display adalah salah satu jargon andalanh Apple untuk perangkat layar yang mereka gunakan. Retina display ini memiliki kepadatan piksel (pixel density) yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan layar yang digunakan pada iPhone replika dan beberapa versi iPhone terdahulu. Pada iPhone itu sendiri, penggunaan Retina Display dimulai semenjak peluncuran iPhone 4 dan iPod generasi keempat.

Retina Display memiliki tampilan yang jernih dengan matriks-matriks piksel yang sangat halus. Karena ukurannya yang sangat halus/kecil matriks-matriks tersebut hanya akan kentara jika kita memperhatikannya dari jarak yang sangat dekat (kurang dari jarak baca ideal) atau hanya jika kita menggunakan alat seperti kaca pembesar. Dan iPhone KW biasanya menggunakan layar yang memiliki ‘pixel density’ yang lebih rendah sehingga matriks-matriks piksel masih dapat terlihat dengan jelas.

Nah, itu dia berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan pengecekan apakah iPhone 6 ataupun iPhone versi lainnya adalah asli atau bukan. Tidak begitu sulit kan? Bahkan terbilang sangat mudah untuk kamu praktekan langsung dan kamu bisa melihat perbedaannya secara lebih jelas. Semoga artikel yang disajikan Tim Futureloka ini dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam memecahkan masalah yang sering kamu jumpai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here