Cara Cermat Cek Keaslian Power Bank Xiaomi Asli atau Original dengan yang Palsu

0

Power-Bank-Xiaomi-Asli-atau-Palsu

Beberapa saat ini, kita tahu bahwa produk Xiomi sedang naik daun. Performanya yang baik dengan harga yang terbilang cukup ekonomis, membuat produk ini diterima baik di pasaran. Bahkan banyak situs dan orang menyebut produk Xiomi sebagai adik dari Apple atau Apple versi China.

Ketenaran produk Xiomi di pasaran, membuat banyak oknum jahil yang ingin memanfaatkan momen ini. Mereka membuat produk tiruan Xiomi dan menjualnya dipasaran. Salah satu produk Xiomi yang wajib diwaspadai keasliannya adalah power bank.

Bagi beberapa orang, mungkin kurang Paham bagaiman cara membedakan produk power bank brand Xiomi aslli (original) atau yang palsu (KW). Pasalnya, okmun jahil yang berusaha membuat power bank imitasi itu juga sangat lihai. Bila secara kasat mata diamati, hampir sama sekali tidak terlihat perbedaanya.

Mungkin hal ini juga tidak banyak disadari oleh masyarakat, bahwa saat ini beredar beberapa produk power bank brand Xiomi yang dipalsukan. Namun, kamu tidak perlu takut atau pun khawatir saat membeli power bank product Xiomi. Karena, saat ini Futureloka akan berbagai tips praktis anti ribet untuk mendeteksi keaslian power bank brand Xiomi. Sehingga, bila kamu sudah terlanjur membeli yang bukan asli (original) dapat belajar dan tidak mengulangi kesalahan. Selain itu, untuk kamu yang berniat untuk membeli power bank Xiomi, semoga dapat membantu. Berikut adalah detailnya:

Cara Mengetahui Power Bank Xiaomi Asli

Bagi kamu para pecinta traveler, atau anak muda yang sibuk atau berkarier, power bank adalah salah satu gadget wajib yang harus dimiliki. Pasalnya handphone kini menjadi salah satu media komunikasi yang sangat penting dan power bank membantu kita untuk terus on meskipun di tempat yang tidak memiliki stop kontak

Namun, bagi kamu para pecinta brand Xiomi yang ingin membeli power bank harus lebih berhati-hati. Baik membeli di online shop atau toko non-vitual (bukan online) harus lebih teliti. Pasalnya banyak produk power bank atas nama Xiomi yang tidak original atau asli beredar.

Ini sangatlah menrugikan bagi dua sisi, yaitu sisi konsumen dan produsen. Dari sisi konsumen, dirugikan karena tidak mendapatkan produk power bank asli dari brand yang diinginkan. Pasti kualitas produk yang asli dan KW jauh berbeda. Sedangkan untuk sisi produsen, akan membuat nama baik brandnya turun,khusunya bila orang memberi review buruk tentang produknya. Dimana, mereka tidak tahu bahwa produk itu bukanlah yang original (asli).

Namun, bagi kamu pecinta Xiomi tidak perlu khawatir. Berikut adalah trik singkat yang bisa membantu kamu membedakan mana power bank brand Xiomi yang asli dan mana yang palsu. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Perhatikan lampu indikator

Pertama, tekan dan tahan tombol power ketika power bank brand Xiomi tersebut dalam posisi pengisian baterai (dicas). Jika ke-4 lampu LED tersebut mati (otomatis berhenti) maka produk itu original (asli). Sedangkan produk yang palsu, akan terindikasi dimana ke-4 lampu LED tetap menyala ketika tombol power ditekan.

  1. Perhatikan Port USB

Lubang port USB produk power bank Xiomi yang palsu atau KW biasanya lebih besar dari pada yang asli. Sehingga membuat ketika kamu menanjabkan USB akan kurang fit. Kemudian produk yang asli port USB berwarna putih, bila port USB hitam 50% bisa dipastikan bahwa produk itu palsu. Kemudian port output USB yang asli berwarna begie (kecoklatan seperti pasir), sedangkan produk yang palsu berwana putih.

  1. Perhatikan Label Power Bank

Label pada power bank Xiomi asli memiliki cetakan tulisan yang tak begitu Nampak, namun jelas. Bila produk yang palsu, biasanya lebih tajam, namun blur.

  1. Perhatikan Body Power Bank

Pada produk yang asli, body memiliki warna yang doff (gelap pekat), sedangkan produk yang palsu cenderung lebih mengkilap. Kemudian cetakan tulisan logo Xiomi (Mi) pada produk yang asli terasa lebih kasar ketimbang yang palsu. Kemudian, pada produk yang asli akan terlihat pada belakang produk terdapat tulisan MI.com. Sedangkan yang palsu bertuliskan xiomi.com. Sebagai informasi, bahwa website resmi xiomi adalah MI.com bukan xiomi.com.

  1. Cek Kabel USB

Masukan kabel USB kamu, ke port USB normal. Lalu ujung USB (bagian yang lebih kecil) pindahka dan masukan kedalam USB port disebelah port USB yang lebih besar. Bila ke-4 lampu tersebut mati, maka produk itu adalah asli atau original. Begitu juga sebaliknya.

  1. Cek Stiker Resmi

Cek box atau kotak power bank kamu, bila dikotak terdapat sticker berlogo Xiomi, maka itu adalah produk original atau asli.

  1. Perhatikan Harga

Produk Xiomi memang tergolong ekonomis, namun tidak berarti produk ini memiliki harag dibawah standar. Jangan tergiur, bila melihat produk power bank Xiomi dengan kekautan yang cukup besar (10.000 Mah) dengan haraga yang sangat murah, misalnya Rp. 50,000 atau dibawahnya.

  1. Memiliki Garansi

Ada dua macam garansi, yaitu dari dstributr dan dari pabrik. Produk power bank brand Xiomi yang asli memiliki garansi yang cukup lama, anatara 6 bulan atau 1 hingga 3 tahun, tergantung besar daya dan tipenya. Pasinya, bila produk kamu yang asli, bila terjadi kerusakan produk atas kesalahan pabrik, dapat digaransikan.

Beberapa cara diatas adalah cara praktis yang dapat kamu praktekan sebelum membeli power bank brand Xiomi. Jangan hanya mengecek ke aslian produk dengan satu indikator, minimal cek dengan tida indikator di atas.

Semoga semua tips praktis di atas dapat membantu kamu dalam melih produk power bank Xiomi secara teliti dan praktis. Seberkan informasi ini kepada teman mu, agar kita tidak drugukan dan dibodohi oleh oknum jahat yang tidak bertanggung jawab. Sekian tips dari Futureloka tentang membedakan power bank Xiomi yang asli atau palsu, semoga bermanfaat.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here