[MWC 2018] CEO Ericsson Hadirkan Kejutan Terbaru, Jaringan 5G Telah Siap

0

Ericsson 5G

CEO Ericsson Siapkan Jaringan 5G

CEO Ericsson, Borje Ekhlom mengatakan bahwa jaringan internet 5G bukan lagi hanya sekedar konsep abstrak belaka, namun terus berkembang dan akan terwujud tak lama lagi. Pada event MWC 2018, Ekhlom juga mengatakan bahwa koneksi broadband akan digunakan dalam skala besar untuk pertama kalinya, namun sekaligus akan memberikan banyak keuntungan dalam hal koneksi jaringan di masa depan.

Dalam 12 bulan terakhir, telah terjadi perubahan pada spekulasi terkait dengan perkembangan jaringan 5G. Dikabarkan bahwa jaringan 5G akan dirilis secara komersial pada tahun 2019, lebih cepat dari rencana awal yakni pada 2020.

Jaringan 5G pada Ericsson

Ericsson telah menandatangani 38 memorandum pada berbagai operator jaringan dan diharapkan akan melakukan penyebaran jaringan 5G secara serempak pada akhir tahun 2018. Seperti yang Ekhlom katakan “Kami tak hanya berpusat mengenai aspek ‘apa’ dan ‘mengapa’, namun juga pada aspek ‘bagaimana’. Inilah apa yang konsumen kami (penyedia layanan) ingin diskusikan.”

“Saran dan pendapat dari konsumen merupakan salah satu dasar yang menjadi fokus strategi yang sebelumnya telah kami lansir tahun lalu dan akan menjadi hal yang akan kami pamerkan pada produk serta teknologi kami tentunya.” imbuh Ekhlom.

Ericsson Operator 5G

Jaringan 5G telah diharapkan akan memiliki tingkat kecepatan gigabit, disertai dengan kapasitas yang tinggi. Hal ini juga mengurangi biaya, yang berdampak menarik bagi operator yang harus mengatasi peningkatan lalu lintas data sebesar 40 persen setiap tahunnya.

Memang, diperkirakan bahwa situs yang menggunakan jaringan 4G dan 5G memungkinkan pengiriman data seluler dalam sepersepuluh kali dari biaya yang seharusnya dikeluarkan. Ericsson juga mengatakan bahwa hal tersebut tak hanya akan meningkatkan dari segi efisiensi, namun juga membantu menentukan jenis layanan yang dapat menarik perhatian konsumen.

5G Industry

Tak mengejutkan, jika hal tersebut terlihat sangat menggoda bagi para konsumen pertama yang sudah tak sabar lagi menggunakan jaringan 5G. Ekhlom juga menambahkan “Kami belum mengetahui aspek apa yang terpenting bagi jaringan 5G, namun kami tahu bahwa konsumen pertama akan mendapatkan keuntungan yang menguntungkan.”

Telstra contohnya, merupakan salah satu operator jaringan di Australia yang bekerja sama dengan Ericsson saat ini. Kedua perusahaan tersebut bekerja sama dalam “roadmap” untuk memperluas jaringan LTE dan fitur 5G lainnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here