Home Teknologi Daftar Harga dan Spesifikasi Kamera Leica Dari yang Termahal Sampai yang Paling...

Daftar Harga dan Spesifikasi Kamera Leica Dari yang Termahal Sampai yang Paling Murah

0

leica

Bagi sebagian penggemar fotografi, vendor Leica mungkin belum banyak dikenal, Leica sendiri berasal dari Jerman yang sudah tersohor dengan harganya yang lumayan mahal untuk kamera besutan mereka, untuk kesempatan kali ini kami akan menyajikan harga kamera Leica terbaru.

Akan tetapi sebelum kita membahas lebih jauh mengenai harga kamera Leica tentunya ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, dengan begitu kita kenalan terlebih dahulu dengan Leica, jika kita lihat meskipun belum banyak yang mengenal Leica tapi Leica sebenarnya sudah memiliki penggemar tersendiri.

Kamera Leica sendiri dibuat oleh seseorang dengan kebangsaan Jerman bernama Oscar Barnack yang sebelumnya beliau adalah karyawan di pabrik kamera Optik dengan merk Leitz. Dengan kepiawaiannya pada bagian mekanik dan juga menjadi salah satu kepala sektor desain serta pengembangan diperusahaan tersebut.

Harga kamera Leica ini tergolong mahal namun juga sudah mengetahui tentang spesifikasinya sendiri pastinya mahal bukan masalah apalagi juga kualitas kameranya ini luar biasa dan tidak bisa ditandingi oleh kamera yang lain. Pada kamera Leica juga sudah disematkan fitur – fitur dengan teknologi yang jauh lebih canggih dari kamera biasa.

Dan juga bahan – bahan yangg digunakan untuk pembuatan kamera ini terbuat dari bahan – bahan yang memiliki kualitas premium. da banyak sekali berbagai macam tipe dari kamera leica ini yang bisa kita pilih sesuai yang kita mau.

Karena memang harganya tidak ada yang murah lebih baik membelinya secara bijaksana. Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Daftar Harga dan Spesifikasi Kamera Leica Dari yang Termahal Sampai yang Paling Murah, berikut ulasannya :

Harga Kamera Leica M7

Sebuah gadget yang memiliki spesifikasi tinggi tentunya diimbangi dengan harganya yang cukup fantastis. Namun apabila suatu gadget dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja dibanderol dengan harga yang selangit, itu baru cerita lain.

Tidak seperti SLR, Anda mencari melalui jendela bidik terpisah, bukan melalui lensa. Ini memungkinkan kamera pengukur jarak jauh lebih sedikit, memiliki optik lebih tajam, sedikit bergetar dan membuat suara lebih sedikit daripada SLR yang memerlukan prisma, cermin, dan mekanika tambahan, namun juga berarti tidak dapat mendekati seakurat mungkin dengan SLR karena Anda tidak pernah melihat melalui lensa.

leica-1

Leica terus membuat ini untuk minoritas orang yang lebih memilih kamera kecil yang tenang dan sederhana dengan optik yang luar biasa dengan kenyamanan dan komposisi SLR yang tepat.

M7 dan tiga lensa beratnya kurang dari tiga pon, total! Bobot ringan ini mendorong saya untuk mendaki lebih jauh dan masuk ke tempat-tempat yang terlalu malas untuk dicoba dengan DSLR.  Tidak seperti DSLR, M7 tidak akan berharga dalam 18 bulan.Biaya LEICA M7 jauh lebih sedikit untuk dimiliki dan dipotret daripada DSLR. Saat ini Leica M7 dibandrol dengan harga Rp. 60 jutaan untuk harga barunya, sedangkan Rp. 30 jutaan untuk yang bekas.

Harga Kamera Leica M8

Tubuh M8 sedikit lebih tebal dari MP klasik dan M7 (sekitar ~ 14% lebih tebal). Ini adalah bodi all-metal yang terbuat dari magnesium alloy berkekuatan tinggi. Piring atas dan dasar dipotong dari billet kuningan, sebelum menerima hasil krom berwarna hitam atau perak.

M8 mendukung semua lensa Leica M-mount yang ada, namun beberapa model lama mungkin tidak menawarkan semua fungsi karena Cams yang tidak sesuai. Semua lensa dikalikan dengan faktor panen 1.33x, maka lensa 28mm akan bekerja kira-kira seperti 35mm saat dipasang pada M8. Karena sensor tidak memiliki filter inframerah, filter IR-cut di depan lensa dianjurkan.

Selain itu, Leica memilih untuk menghilangkan filter Anti-Alias, dengan alasan alasan daya resolusi lensa lebih tinggi. Namun, artefak moiré dapat terjadi dalam adegan dengan pola geometris jarak dekat, seperti kain atau mesh, bangunan jauh, pagar balkon, atap bergelombang, dll. 

leica-2

M8 menggunakan rana focal-plane mode modern. Hal ini dapat memicu sinkronisasi flash pada 1/250 detik X-sync dan memiliki kecepatan rana atas 1/8000 detik. Sistem lampu kilat yang digunakan di M8 adalah M-TTL. Leica M8 menderita beberapa kontroversi saat dirilis karena masalah kualitas gambar yang dilaporkan oleh beberapa pengguna, terutama kepekaan yang sangat tinggi terhadap cahaya inframerah , yang membuat warna hitam tampak ungu.

Namun, kepekaan terhadap cahaya inframerah ini telah mengilhami ceruk fotografer yang menggunakan filter fotografi yang menghalangi spektrum cahaya yang terlihat untuk melakukan fotografi inframerah. Kamera Leica M8 saat di dibandrol dengan harga baru Rp. 75 jutaan, sedangkan untuk yang bekas sebesar Rp. 21 jutaan.

Harga Kamera Leica M9

Ketika Anda melihat bentuk kamera Leica M9, mungkin Anda mengira ini adalah kamera jadul yang masih berteknologi film. Tentu saja Anda salah karena M9 sudah didukung dengan teknologi digital mengingat rumitnya penggunaan kamera film.

Leica M9 total memiliki sensor berukuran 35.8 mm × 23.9 mm (1.41 in × 0.94 in) dan tentu masuk kategori Full Frame, bukan lagi Crop Factor. Anda boleh menyebutnya kamera jadul yang modern karena Leica mempertahankan beberapa ciri khas kamera retro pada M9, namun juga menyematkan teknologi-teknologi terbaru masa kini.

Ketika Anda melihat ke bagian atas, nuansa kamera jadul masih terasa mengingat disana tersedia fitur pengaturan Shutter Speed pada bulatan. Ditambah tentunya tombol Shutter release dengan fitur pengatur shooting mode.  Leica M9 tersedia dalam dua warna saja, yakni hitam metalik dan silver metalik. Leica M9 memiliki layar LCD berwarna berukuran kecil sekitar 2.5″ dan berspesifikasi 230,000 pixels.

Mempertahankan tradisi selalu dilakukan Leica ketika meluncurkan produk terbarunya. Yang dimaksud disini adalah mempertahankan tradisi penggunakan lensa yang memiliki mount jenis M atau Leica M3. Sejak tahun 1950-an Leica sampai saat ini Leica memang masih mengandalkan mount M terutama bagi kamera Leica M series seperti M9.

leica-3

Karena merupakan kamera digital tentu saja Leica M9 memiliki baterai Lithium ion yang mampu dipakai sampai 100 shooting atau pengambilan gambar tanpa sering melihat tampilan LCD dan tanpa penggunaan flash. Sedangkan pada memori penyimpanan Leica M9 dapat menggunakan memori jenis SDhingga 2GBmaupunSDHChingga 32GB.

Tidak seperti DLSR yang memiliki sistem pencarian fokus melalui cermin pentaprims dengan kinerja lensa saja. Jarang sekali produsen kamera yang masih memproduksi kamera rangefinder dijaman modern ini. Untuk Leica M9 sudah tidak diproduksi lagi dikarenakan sudah beralih ke seri terbarunya, namun dapt membeli dengan status bekas dengan harga Rp. 57 jutaan.

Harga Kamera Leica M10

Satu per satu kamera mewah Leica masuk ke pasar Indonesia. Di awal tahun 2017 ini, Leica kembali membawa kamera mirrorless terbarunya berupa Leica M10. Kamera seri M dari Leica selama ini selalu dikreditkan dengan gambar berkualitas, lensa, dan estetika, yang tidak ditemukan pada produk lain.
Kamera ini memakai sensor CMOS full-frame 24 megapixel sebagai komponen utamanya. Teknologi baru ini menghasilkan kemampuan pencitraan yang lebih baik dibandingkan pendahulunya, yakni rentang dinamis yang impresif, kontras warna yang lebih baik, ketajaman dan resolusi yang detail.
 leica-4
Seperti kamera mirrorless masa kini, Leica membekali koneksi Wi-Fi pada M10 sehingga foto-foto bisa ditransfer dengan cepat melalui iPhone. Koneksi Wi-Fi juga memungkinkan M10 dikendalikan dari jarak jauh dari ponsel untuk melakukan pengambilan gambar.
Namun, kamera ini memiliki satu kekurangan, yakni tidak adanya image stabilization yang berfungsi untuk meredam goyangan.
Tetapi hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan, karena dapat diatasi dengan shutter speed dengan kecepatan hingga 1/4000 detik. Leica M10 dibandrol dengan harga Rp. 88 jutaan untuk barunya, sedangkan untuk yang bekas belum tersedia dikarenakn produk ini baru saja diluncurkan.

Harga Kamera Leica Sofort

Pasaran kamera instan bertambah ramai dengan kehadiran produk baru dari Leica. Pabrikan Jerman yang terkenal dengan jajaran kamera rangefinder berharga selangit itu baru saja memperkenalkan kamera instan bernama Sofort. Seperti Instax dari Fujifilm, Sofort langsung mencetak foto yang dijepret pengguna di medium kertas film berukuran kecil.  Jenis ketas film yang digunakan pun sama, yakni Fujifilm Instax Mini.

Kamera berbentuk persegi ini memiliki lensa 60 mm F12.7 (34 mm ekuvalen full-frame), berikut jendela bidik, rentang kecepatan rana 1/8 detik hingga 1/400 detik, dan sebuah lampu flash.Di bagian depannya tertanam sebuah cermin persegi berukuran kecil untuk membantu pengguna dalam menjepret foto selfie.

leica-5

Ada beberapa mode pemotretan yang disediakan untuk jenis subyek berbeda, termasuk “sport”, “macro”, “people”, dan “auto” yang menjadi mode standar. Hal tersebut juga mampu memberikan keuntungan bagi fotografer untuk melakukan kontrol (setting) secara manual, apabila mereka ingin menyesuaikan jarak fokus, beralih untuk menggunakan lampu kilat, menyesuaikan kecerahan gambar, dan masih banyak lagi yang lain.

Kamera ini juga akan menampilkan 60mm f/12.7, dengan kecepatan rana (shutter speed) 1/8 – 1/400, dengan daya baterai yang bagus untuk 100 potretan. Leica berencana memasarkan Sofort pada November mendatang, dalam pilihan warna putih, jingga, dan hjau toska. Leica sofort ini dibandrol dengan harga Rp. 4 jutaan sedangkan untuk yang bekas dibandrol dengan harga Rp. 3 jutaan.

Harga Kamera Leica SL

Leica SL diklaim sebagai kamera full-frame dengan autofokus tercepat, yang mampu membidik objek secara terus-menerus hingga 11 frames per second  dengan sistem AF yang sanggup mengatur fokus dari shot ke shot dengan buffer internal hingga 2GB.

Kamera ini juga dapat merekam video beresolusi 4K dan video slow motion 120fps dengan format Full HD. Leica SL dipersenjatai sensor full frame CMOS 24 megapiksel tanpa filter low pass, RAM 2GB (mampu menampung 33 file RAW), dan rentan ISO 50-50.000. Ditambah layar sentuh LCD 2.95 inci dengan 1 juta titik dan bisa diputar ke atas (viewing angle 170 derajat), layar monokrom di bagian atas kamera, dan jendela bidik elektronik dengan kerapatan 4.4 juta titik.

leica-6

Keunggulan lainnya, Leica SL memiliki bodi yang terbuat dari blok alumunium utuh – terlihat kokoh dan premium – juga dilengkapi fitur weather-sealed sehingga tahan terhadap cuaca ekstrem.

Di sektor layar sentuh sendiri sudah ada LCD 2.95 inci dan juga 1 juta titik yang bisa diputar ke atas atau viewing angle 170 derajat dengan adanya layar monokrom di area atas kamera serta jendela bidik elektronik yang memiliki kerapatan sekitar 4.4 juta titik. Leica SL dibandrol dengan harga Rp. 115 jutaan, sedangkan untuk yang bekas dihargai sebesar 85 jutaan.

Harga Kamera Leica XU

Leica dikenal sebagai vendor kamera premium yang kerap membanderol produknya dengan harga selangit. Oleh karena itu, wajar saja jika penggunanya harus berhati-hati agar kamera Leica milik mereka tidak terjatuh atau terkena air, mengingat harga kamera tersebut sangat mahal. Hal ini justru tidak berlaku dengan seri terbaru Leica yang diperkenalkan baru-baru ini, X-U. Kamera ini diklaim perusahaan asal Jerman tersebut sebagai kamera tahan banting dan cocok untuk kalangan petualang yang suka mengambil foto pada kondisi ekstrem.

asalnya, X-U bisa direndam dalam air hingga kedalaman 15 meter, tahan debu, bisa digunakan di suhu yang sangat dingin, serta kuat ketika dijatuhkan. Pihak Leica mengungkap, kamera tersebut masih bisa digunakan dengan normal meski jatuh dari ketinggian 1 meter. Lebih lanjut, bodi X-U terlihat gagah dengan balutan hitam. Tak lupa ada logo ikonik Leica dengan bulatan merah di bagian depan. Sementara di belakang, ada LCD 3 inci yang menjadi satu-satunya ‘mata’ X-U, karena kamera ini tidak memiliki viewfinder.

leica-7

Di bagian atas, ada beberapa tombol putar berbahan aluminium, sementara bodinya dilapisi material anti-slip thermoplastic elastomer. LCD-nya juga dilindungi lapisan khusus serta ada sistem 2 pengunci untuk penutup baterai dan kartu memori. Selain itu, kamera ini memiliki kemampuan merekam video 1080p dengan kecepatan30 frame per second (fps).

Berkolaborasi dengan Audy Design, bodi Leica Leica X-U (Typ 113) mengusung grip TPE armor dan alumunium, yang memudahkan dalam penggunaannya. Fitur lain di kamera saku yang tangguh ini di antaranya layar 3 inci, kemampuan merekam video full HD dan dibekali lampu flash yang sudah terintegrasi. Leica Xu dibandrol dengan harga Rp. 47 jutaan dan bekasnya belum tersedia.

Harga Kamera Leica Q

Kamera Leica Q merupakan kamera yang berasal dari jerman, kamera ini merupakan kamera kompak full frame terbaru Leica Seri Q. kamera ini memiliki desain yang sangat khas leica, selain itu kamera ini juga dilengkapi dengan sesnsor kamera fullframe dengan resolusi 24 megapixel dan dilengkapi dengan lensa Summilux 28mm f/1.7. Leica Q sendiri didesain sebagai kamera kompak yang siap anda ajak kemana saja.

LEICA Q merupakan salah satu seri kamera yang diantisipasi karena hadir dari pabrikan yang telah lama dikenal akan kualitas produknya. Seri kamera ini juga hadir untuk mengisi persaingan di kelas high end dengan kualitas tangkapan gambar yang luar biasa, dengan tampilan yang tetap kompak sehingga memudahkan untuk dibawa bepergian dan beraktivitas. Leica menghadirkan seri baru ini dan merupakan yang pertama dengan full frame dan menggabungkan system autofocus.

LEICA Q adalah contoh sebuah produk yang hadir dengan fitur lengkap, tampilan memukau dan performa jempolan. Seri Q ini hadir dengan penambahan viewfinder electronic dengan resolusi tinggi serta dukungan LCD layar sentuh yang begitu sensitive. Hal ini jelas tidak hanya membantu pengoperasian tapi juga membuat pengaturan berbagai parameter untuk mendapatkan komposisi terbaik akan bisa menjadi lebih cepat. Seri Q yang dihadirkan Leica juga menggabungkan model klasik serta modern dalam segi control dengan tingkat ergonomis yang tinggi.

leica-8

Kamera LEICA Q terbilang pintar karena telah mendukung fitur canggih macam Wi-Fi ataupun NFC. Pengguna bisa memanfaatkan fitur pengoperasian dari gadget smartphone dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia dan bisa diunduh secara gratis. Sementara untuk kemampuan perekaman video pada seri Q ini juga tak kalah menarik dengan maksimal resolusi yang didukung adalah 1080p dengan 30 atau 60 fps.

Seperti kamera rangefinder, pemiliki Leica Q masih bisa melihat objek diluar garis frame sehingga mereka dapat menyesuaikan gaya fotografi mereka mengikuti perubahan objek dan lingkungan sekitarnya. Hasil jepretan Leica Q akan disimpan dalam format gambar JPEG sedangkan jepretan yang belum diproses akan disimpan dalam format DNG. Berbeda dengan format JPEG, format DNG di kamera Leica Q akan menyimpan seluruh aspek dari foto yang diambil oleh lensa 28mm.

Selain itu, wind-noise filter juga dibenamkan didalam kamera sebagai spesifikasi ungulan Leica Q, sehingga tipe Q ini mampu mengurangi gangguan suara ketika merekam gambar, dan menghasilkan suara rekaman yang lebih jernih. Leica Q ini dibandrol dengan harga baru Rp. 60 jutaan, sedangkan untuk yang bekas dihargai sebesar Rp. 35 jutaan.

leica-9

Demikianlah artikel mengenai Daftar Harga dan Spesifikasi Kamera Leica Dari yang Termahal Sampai yang Paling Murah yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Leica juga mempunyai produk terbaru yaitu Leica M Monochrom. Leica M Monochrom di ciptakan bagi Anda penyuka fotografi hitam putih.
M Monochrom memang didesain tidak bisa menyaring warna sehingga yang bisa ditangkap oleh kamera hanyalah warna hitam dan putih. Sudah pasti harganya selangit. Pilihlah kamera apapun dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here