Daftar Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 3 yang Wajib Kalian Ketahui

0

redmi-3

Melalui akun resminya, pihak Xiaomi mengumumkan bahwa mereka hendak merilis smartphone entry level pada tanggal 12 Januari 2016,  yaitu Xiaomi Redmi 3. Memang benar, kali ini Xiaomi memilih merilis produk terbarunya guna menempati segmentasi ponsel pintar kelas menengah ke bawah atau pemula.

Kehadiran Xiaomi Redmi 3 memang disambut baik oleh penggila gadget dunia karena meski statusnya merupakan ponsel pintar pemula, namun Xiaomi mengklaim bahwa produk barunya ini bakal dibekali dengan spesifikasi teknis terbaik di kelasnya.

Tak mengherankan memang, setelah mulai beredar teasernya, Xiaomi Redmi 3 menjadi salah satu produk yang ditunggu-tunggu oleh konsumen. Pasalnya sudah sejak tahun 2015 lalu, Xiaomi memperkenalkan produk terbarunya ini dengan iming-iming konsep casing berbahan full metal unibody.

Selain itu, Xiaomi Redmi 3 juga akan mengusung segudang spesifikasi modern yang sanggup memberikan kinerja terbaik dari segi visual maupun pengolah data. Produk terbaru besutan vendor asal Tiongkok ini memang pantas menjadi salah satu perangkat pintar paling ditunggu di awal tahun 2016 ini.

Seperti kita ketahui bahwa Xiaomi seri Redmi memang menjadi andalan di pasaran. Kali in Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Daftar Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 3 yang wajib kalian ketahui, berikut ulasannya :

Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasi Xiaomi Redmi 3

Simak ulasan lengkap dan mendalam mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi 3 pada segmen-segmen berikut ini!

  • Desain Unik dengan Material Metal Unibody

Bila melihat dari segi fisiknya, smartphone Xiaomi seri Redmi 3 ini hadir dengan konsep desain yang khas Redmi Series. Namun pada rangka bodinya, ponsel pintar generasi Redmi 3 ini menggunakan material yang lebih kokoh berupa balutan metal unibody yang telah dilengkapi dengan corak unik di bagian belakang casing.

Selain untuk menambah nilai estetika, corak di bagian belakang Xiaomi Redmi 3 tersebut juga memiliki fungsi agar tetap nyaman saat dioperasikan dalam genggaman. Membawakan bodi proporsional, layar Xiaomi Redmi 3 sanggup menyajikan tampilan dengan resolusi HD.

Memang, untuk resolusi masih belum Full HD, namun berkat adanya sistem antar muka dari MIUI 7.0, maka tampilan visual pada Xiaomi Redmi 3 akan menjadi lebih atraktif dan jernih, serta nyaman di mata. Sementara itu, untuk proteksi layar anti gores hingga saat ini masih menunggu proses konfirmasi.

Namun harapannya, spesifikasi Xiaomi Redmi 3 akan dibekali dengan pelapis layar anti gores dengan kualitas bagus agar layar ponsel selalu terlindungi secara maksimal maksimal.

  • Kinerja Tangguh dengan Dukungan Chipset Terbaik

Tergoda dengan penampilan yang ditunjukkan oleh sektor visual, kini pengcinta Xiaomi akan semakin jatuh cinta apabila telah mengetahui bagian pengolah data yang dibawa oleh spesifikasi Xiaomi Redmi 3 ini.

Ponsel pintar terbaru dari vendor asal Tiongkok ini hadir dengan komponen-komponen terbaik yang dibekalkan pada ruang pengolahan data. Untuk menghadirkan performa maksimal. Kolaborasi tangguh tersebut dilengkapi dengan kapasitas RAM besar, sehingga untuk kinerja multitasking juga akan berjalan secara lancar.

redmi-3-1

Kombinasi komponen-komponen tersebut dinilai lebih dari cukup sebagai standar pengolahan data pada ponsel pintar kelas menengah. Selai itu, Xiaomi Redmi 3 juga mengandalkan kartu pengolah grafis andalan yang dipercaya untuk pengolahan grafis dengan hasil visualisasi yang bagus pada saat menjalankan game atau pemutaran video.

Dibalik seluruh komponen hardware pada mesin Xiaomi Redmi 3 yang telah tersusun rapi tersebut, sistem operasi Android terbaik yang juga turut serta menyediakan platform pengolahan data yang memiliki fitur-fitur menarik serta lebih ringan dijalankan. Seluruh bagian pada spesifikasi Xiaomi Redmi 3 di sektor ruang dapur pacu akan mampu menjalankan fungsinya masing-masing secara maksimal dan lebih selaras.

  • Memory On-board Berkapasitas Besar Pastikan Daya Tampung Memadai

Membawakan desain atraktif dan dapur pacu handal, tentu saja membuat spesifikasi Xiaomi Redmi 3 membuatnya menjadi salah satu produk yang dinanti-nantikan. Selain kedua sektor tersebut, Xiaomi juga membekali ruang penyimpanan file yang maksimal pada ponsel pintar yang satu ini.

Agar dapat menampung seluruh kebutuhan file sehingga kinerja ponsel akan didukung secara maksimal, Xiaomi Redmi 3 dibekali dengan memory on-board atau memori internal dengan kapasitas besar.

Kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk menampung file-file sistem dan file pribadi seperti file hiburan atau aplikasi lainnya. Untuk sebuah handset kelas menengah, spesifikasi teknis Xiaomi Redmi 3 pada sektor ini telah cukup memadai dan sangat leluasa. Apabila penggunanya menghendaki ruang penyimpanan yang lebih luas lagi, Xiaomi pun juga masih menyediakan ruang tambahan berupa memori eksternal dengan ekspansi kapasitas maksimal.

Hanya saja untuk penggunaan microSD pada Xiaomi Redmi 3 masih opsional pada slot SIM 2, sehingga penggunanya diharuskan memilih salah satu yang lebih dibutuhkan dari slot tersebut. Dengan ruang penyimpanan pada spesifikasi Xiaomi Redmi 3 yang cukup luas itu, tentu penggunanya tak perlu lagi khawatir akan cepat kehabisan ruang penyimpanan. Berikut spesifikasi lengkapnya :

redmi-3-2

Layar 5.0 inci IPS Capacitive , 720 x 1280 pixels
Body 139.3 x 69.6 x 8.5 mm , 144 gram , Full Metal
Jaringan 4G LTE
Sistem Operasi Android v5.1 Lolipop , MUI
Chipset CPU Snapdragon 616 + GPU Adreno 405
Memori RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 32 GB
Kamera Belakang 13 MP , Autofocus , LED Flash
Kamera Depan 5 MP
Sensor Fingerprint , Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro
Warna Dark Gray , Silver , Gold
Baterai Li Lion 4100 mAh , Fast Charging

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Xiaomi Redmi 3

Menjadi sebuah produk smartphone yang hadir di era modern, tentu saja spesifikasi Xiaomi Redmi 3 juga tidak meninggalkan fitur-fitur fotografi modern. Salah satu yang menjadi kebutuhan bagi pengguna di era ini adalah media dokumentasi.

Pasalnya, saat ini tidak jarang pengguna yang mengandalkan aktivitas fotografi dengan menggunakan kamera pada ponsel pintarnya. Untuk memenuhi hal tersebut, Xiaomi Redmi 3 dibekali dengan dua buah kamera, yaitu kamera utama dan kamera sekunder.

redmi-3-33

Untuk senjata andalannya, Xiaomi menyematkan teknologi kamera berukuran 13 MP yang lengkap bersama fitur aperture f2/2, phase-detection autofocus dan juga LED flash. Dengan kamera tersebut, kawan Begawei juga bisa melakukan perekaman video dengan kualitas Full HD 1080p. Fitur modern lain juga disematkan pada kamera utama Xiaomi Redmi 3, seperti misalnya fitur geo-tagging, touch focus, face/smile detection, serta HDR.

Selain kamera utama yang canggih dan modern, Xiaomi juga membekali ponsel pintar terbarunya ini dengan kamera sekunder berukuran 5 MP. Kamera sekunder yang ada pada spesifikasi Xiaomi Redmi 3 ini sudah cukup sanggup menyajikan hasil yang maksimal untuk berselfie dan melakukan panggilan video call.

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Xiaomi Redmi 3

Jika melihat spesifikasi teknis smartphone Xiaomi seri Redmi 3 pada masing-masing sektornya, kita bisa menyimpulkan bahwa smartphone terbaru dari perusahaan asal Tiongkok ini memang memiliki konsumsi daya yang cukup besar.

Hal ini tak lepas dari penggunaan komponen berkualitas tinggi pada Xiaomi Redmi 3 ini. Nah untuk mendukung kebutuhan dayanya, Xiaomi pun menyematkan baterai berkapasitas cukup besar pada produk barunya ini. Kapasitas baterai yang besar memang mutlak dibutuhkan untuk mendukung aktivitas operasional Xiaomi Redmi 3 ini.

redmi-3-5

Guna menunjang aktivitas penggunanya, smartphone ini telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas sangat besar, yaitu 4.100 mAh. Dengan baterai berkapasitas sangat besar itu, smartphone ini akan mampu bertahan selama seharian penuh, asal dengan penggunaan normal. Meski jenis baterainya masih merupakan jenis baterai lama, yaitu Lithium-Ion, namun dengan bekal kapasitas yang besar tersebut, semua komponen yang menjadi bagian dari spesifikasi Xiaomi Redmi 3 ini bisa bekerja optimal berkat pasokan daya yang maksimal pula.

Kapasitas baterai yang sangat besar juga menjadi salah satu keunggulan dari ponsel pintar terbaru lansiran Xiaomi ini. Berikut keseluruhan kelebihan dan kekurangan Xiaomi REdmi 3 :

Kelebihan Xiaomi Redmi 3

  • Menawarkan desain yang sangat mewah dan berkelas berkat balutan body yang terbuat dari bahan full seluruhnya terbuat dari Metal.
  • Layar dengan resolusi 5.0 Inchi sangatlah responsif saat digunakan terutaam untuk pengoperasian hanya dengan satu tangan saja.
  • Sudah mendukung jaringan internet cepat 4G LTE
  • OS Android v5.1yang dibalut tampilan MIUI 7.0 yang simple dan memiliki tampilan yang menarik
  • CPU Qualcomm Snapdragon 617 dan RAM 2GB menjanjikan performa yang bagus
  • Menawarkan penyimpanan internal yang sangat luas karena dibekali dengan kapasitas 16 GB ( ada juga versi 32GBl )
  • Kamera Utama 13MP dan Kamera depan 5MP untuk foto selfie
  • Baterai besar 4100 mAh yang menyediakan daya yang sangat awet dan bahkan sudah mendukung Fitur pengisian cepat Fast Charging.

Kekurangan Xiaomi Redmi 3

  • Resolusi layar masih sebatas HD, belum full HD
  • Tersedia dalam garansi distributor
  • Service center belum merata

redmi-3-4

Demikianlah artikel mengenai Daftar Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 3 yang Wajib Kalian Ketahui yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Hadir di antara serbuan gadget papan atas dari vendor lain, Xiaomi Redmi 3 tampil percaya diri dengan bekal spesifikasi teknis cukup baik.

Namun sayangnya, slot SIM 2 pada ponsel pintar ini masih harus berbagi dengan slot memori eksternal. Hal ini tentu menjadi catatan minus. Dengan bekal kekuatan brand Xiaomi yang cukup kuat, memang ponsel pintar ini berpotensi untuk menjadi hits di pasaran smartphone pemula Tanah Air.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here