Daftar Urutan OS Android Mulai dari yang Paling Awal Atau Terendah Sampai yang Paling Bagus atau Tertinggi

0

android_nougat_new_android_addition

Smartphone sudah menjadi bagian hidup masyarakat saat ini. Bagaimana tidak, semua kegiatan kita terkait dengan teknologi mulai dari bangun pagi hingga istirahat malam. Kini terdapat dua sistem operasi yang sangat populer yaitu iOS buatan Apple dan Android buatan Google. iOS spesifik hanya dipakai oleh produk Apple saja.

Android sendiri adalah sistem operasi berbasis Linux untuk ponsel seperti smartphone dan tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam software.

Kini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Namun Android besutan Google ini dipakai hampir disemua merk dan model smartphone selain buatan Apple. Android muncul pertama kali pada tahun 2008 dan untuk pertama kalinya disematkan pada HTC Dream. Selain berbeda vendor, iOS dan Android memiliki perbedaan yang signifikan pada prinsip keterbukaannya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Walaupun sekarang sudah populer, ternyata cikal bakal Android tak semulus yang kamu bayangkan. Android pertama v.1.0 misalnya harus beradaptasi dan mencoba melakukan inovasi yang dilanjutkan pada versi berikutnya. Uniknya, sistem Android ini mengadopsi nama kudapan manis sesuai dengan generasinya yang diurutkan berdasarkan abjad.

Nah buat kamu yang sudah penasaran mengenai perkembangan generasi Android, bisa langsung baca isi dari Daftar Urutan OS Android Mulai dari yang Paling Awal Atau Terendah Sampai yang Paling Bagus atau Tertinggi dibawah ini.

OS Android 1.0 (2008)

Sistem operasi generasi pertama ini dirilis pada tanggal 23 September 2008 dan Android 1.1 dirilis beberapa bulan setelahnya yaitu tanggal 9 Februari 2009. Penamaan Android versi 1 ini masih bernama Android saja, belum memakai nama tambahan dari kudapan manis yang terkenal.

HTC Dream merupakan ponsel yang pertama kali disematkan sistem operasi OS Android 1.0 ini. Dengan menggunakan Android secara otomatis HTC Dream juga dilengkapi berbagai fitur dari Google seperti Gmail, Google Talk, Google Maps, dan YouTube. Sistem Rooting juga sudah dapat dilakukan pada HTC Dream kala itu. Dengan root, kamu bisa menjadi superuser untuk mengubah tampilan, modifikasi tampilan, hingga memungkinkan Wi-fi tethering.

OS Android 1.5 Cupcake (2009)

295426

Versi ini lah pertama kali Android mengadopsi nama kudapan manis yang masih terjaga tradisinya hingga saat ini. Pada Cupcake Google memperkenalkan fitur baru seperti SDK widget untuk developer pihak ketiga. Tujuannya adalah agar pihak ketiga bisa memiliki widget sendiri seperti aplikasi bawaan Google.

Pembaruan signifikan pada Cupcake tak cukup sampai disitu saja. Android Cupcake ini juga memiliki kemampuan merekam video dengan kamera ponsel dan kemampuannya dalam layar sentuh atau touchscreen. Kala itu touchscreen masih menjadi penemuan yang baru. Android Cupcake ini dipercaya karena kemampuan keyboardnya yang cocok pada layar touchscreen.

OS Android 1.6 Donut (2009)

Android-1.6

Masih ditahun yang sama, Google telah merilis versi yang lebih baru dari Cupcake yaitu disebut Donut. Ya penamaan ini mengikuti abjad seiring dengan perkembangan Android. Versi 1.6 ini diumumkan karena kemampuannya yang dapat digunakan pada berbagai perangkat mobile dengan ukuran layar berapa saja.

Android Donut juga dilengkapi dengan munculnya kolom pencarian antarmuka pada ponsel. Jadi saat menggunakan ponsel dengan sistem operasi Donut, kamu bisa mencari informasi di internet, file lokal, kontak, dan apa saja secara lebih cepat pada kolom tersebut. Hal ini ditanggapi dengan positif bagi masyarakat teknologi karena kelebihannya dai segi kepraktisan.

OS Android 2.0 Éclair (2009)

Android-Eclair

Sepertinya Google tak pernah istirahat dalam melakukan pendalaman dan pengembagan pada generasi Android. Hal ini bisa dilihat dari munculnya versi baru Android 2.0 dengan nama kudapan manis Éclair pada tahun yang sama yaitu 2009. Éclair menjadi Android pertama yang dapat memberikan layanan navigasi berupa Gooogle Maps.

Pada munculnya Android Éclair era GPS yang sekarang terkenal ini berawal. Terbukti hingga saat ini bahwa GPS masih memegang peranan penting dalam berbagai keperluan manusia. Éclair juga menjadi Android pertama yang mendukung HTML5 sehingga kamu bisa memutar video pada ponsel kala itu. Kemampuan membuka layar alias unlock-screen dengan mekanisme menyapu atau swipe juga diperkenalkan pada Eclair.

OS Android 2.2 Froyo (2010)

froyo

Frozen Yogurt merupakan nama kudapan manis yang diambil untuk menamai Android 2.2. Android versi ini juga dikenal dengan singkatannya yaitu Android Froyo. Versi ini sendiri diluncurkan pada tahun 2010 bersamaan dengan rilisnya ponsel Nexus pertama yang dinamai Nexus One. Tentunya karena sama-sama produk Google, Nexus One inilah yang pertama kali mendapat pembaruan atau update dari Android tersebut.

Froyo juga memilik banyak perkembangan dari generasi sebelumnya Éclair. Mulai dari segi performa dan kecepatan yang stabil, dukungan flash yang dapat dengan mudah menampilkan video dan game secara langsung dari browser ponsel. Ada pula dukungan Microsoft Exchange, calendae synchronization, remotw swipe, autodiscovery, dan beberapa fitur Exchange lainnya.

Wifi Hotspot merupakan keunggulan jelas dari Android Froyo yang memungkinkan ponsel untuk menjadi sumber koneksi internet secara nirkabel untuk mencapai 10 perangkat lain. Beberapa contoh produsen besar yang tertarik pada OS ini diantaranya HTC, Motorola, Samsung, dan Sony Ericsson.

OS Android 2.3 Gingerbread (2010)

base

Buat kamu yang senang selfie sepertinya harus berterima kasih pada sistem operasi Android yang satu ini. Google menyadari akan kebutuhan masyarakat teknologi akan selfie. Hal tersebut menciptakan Android Gingerbread yang memiliki kemampuan kamera depan untuk memotret foto mandiri. User Interface yang ditampilkan pun didesain ulang dengan cukup signifikan.

Kemajuan lain dirambah Android Gingerbread yang terletak pada layar touchscreen. Sistem operasi Android yang satu ini sudah memungkinkan pengguna untuk memencet tombol keyboard touchscreen secara bersamaan alias Multitouch. Seperti yang kamu ketahui, kemajuan ini masih diterapkan hingga saat ini. Hal itulah yang memungkinkan kamu untuk dapat menekan tombol hingga sampai 10 jari.

OS Android 3.0 Honeycomb (2011)

android_3-2-honeycomb

Selain smartphone, kala itu tablet juga masih dalam tahap perkembangan. Tablet dianggap memiliki luas layar yang lebih lebar daripada smartphone atau ponsel umumnya. Hal itu memenuhi kebutuhan sebagian masyaraan teknologi yang mencari layar yang luas. Tablet juga dikenal sebagai perangkat untuk melakukan kegiatan kerja atau sekedar untuk bermain games.

Pada OS Android Honeycomb sendiri ternyata sistem operasi ini memiliki kemampuan untuk mendukung tombol virtual seperti Home, Back, dan Menu untuk pertama kalinya. Nah sasaran pada kala itu ialah pada perangkat tablet daripada smartphone. Hal itu disebabkan pasar tablet yang sedang subur-suburnya kala itu.

OS Android 3.0 Ice Cream Sandwich (2011)

ics-topic

Jika versi sebelumnya lebih memperhatikan tablet, maka Android Ice Cream Sandwich ini memiliki kemampuan Honeycomb hanya saja lebih menjurus ke smartphone. Contoh yang bisa kamu temui sampai saat ini yaitu tombol virtual yang banyak diimplementasikan para vendor. Tombol virtual ini biasanya memiliki sedikitnya 3 pilihan seperti Home, Back, dan Menu.

Beberapa fitur lainnya mencakup kemampuan untuk membuka layar. Kalau sebelumnya pada Android Éclair kamu dapat menggunakan sentuhan swipe untuk lockscreen, sekarang pada Ice Cream Sandwich kamu bisa membuka layar dengan menggunakan wajah atau face unlock. Analisa penggunaan data internet serta aplikasi bawaan yang membantu seperti kalender, kalkulator, mail dan lainnya pun tersedia.

OS Android 4.1 Jelly Bean (2012)

Android-4.1-Jelly-Bean-Logo

Sistem operasi yang paling banyak membawa perubahan dan disukai masyarakat teknologi yaitu Android Jelly Bean yang muncul pada tahun 2012. Dapat dilihat pada saat kamu scroll pada home screen kebawah, sekarang kamu dapat melihat kumpulan informasi penting seperti email, laporan cuaca, dan agenda. Sebelumnya tak ada fitur tersebut melainkan hanya menampilkan notifikasi aplikasi.

Google juga pertama kalinya menyematkan Google Now sebagai asisten digital pada smartphone bersistem operasi Jelly Bean. Google Now juga dikembangkan lebih lanjut mulai dari saat pertama kali diciptakan. Google memiliki ambisi untuk menciptakan asisten digital yang lebih hidup, manusiawi, dan relevan bagi pengguna.

Fitur lain yang muncul diantaranya adalah widget. Dengan Jelly Bean melakukan personalisasi layar menjadi leluasa dengan banyaknya widget yang tersedia. Kamu pun dapat dengan leluasa mengatur ukuran widget. Uniknya pada Jelly Bean telah ditambahkan fitur unik sehingga kamu bisa menambahkan perangkat input/output huruf Braille vua USB dan Bluetooth.

OS Android 4.4 KitKat (2013)

update-galaxy-note-3-n900xxudna6-android-4-4-2-kitkat-official-firmware

Satu tahun berselang tentunya Google telah kembali menghadirkan sistem operasi Androidnya yang baru. Kali ini mengusung abjad inisial K, maka KitKat lah yang terpilih. Ciri khas dari KitKat ini ialah suasana baru yang segar dengan pembaruan User Interface beraksen biru muda dan putih. Seakan memenuhi janji, Google telah menghadirkan perintah pencarian menggunakan suara disebut “Ok, Google”.

Fitur pencarian ini menuai banyak pujian dari para pakar teknologi maupun masyarakat teknologi. Bagaimana tidak, akhirnya Android memiliki sistem pencarian dengan suara. Pada saat itu juga Google meluncurkan aplikasi pesan singkat bernama Hangouts untuk pertama kalinya. Sayang sekali ternyata aplikasi ini dilabeli gagal karena tak mendapatkan respon yang memuaskan.

OS Android 5.0 Lollipop (2014)

android5.0-lollipop

Permen manis yang satu ini juga semakin melangkah maju mengikuti zaman. Tampak pada desainnya yang futuristic dan diperhalus sehingga menyamankan visualisasi yang ditampilkan pada layar. Fitur-fitur yang telah hadir pada Android versi sebelumnya pun telah ditingkatkan. Sebut saja seperti project volta yang berfungsi untuk menghemat daya smartphone.

ART Compiler juga tak ketinggalan untuk meningkatkan kinerja smartphone dengan begitu layanan dengan processor yang berbeda seperti processor 64 bit bisa dilayani dengan dukungan processor yang masih 32 bit. Keamanan tambahan sistem Linux yang terkenal anti malware dan juga fitur Android Smart Lock untuk mengintegrasikan keamanan smartphone kamu.

OS Android 6.0 Marshmallow (2015)

android-6-0marshmallow-teaser-w782

Selain Lollipop mayoritas pengguna Android saat ini memiliki sistem operasi Marshmallow. Setelah update kamu pasti menemukan perbedaan desainnya yang lebih dinamis dari versi sebelumnya. Sistem Android sudah sangat canggih pada versi ini. Memory Manager hadir untuk memungkinkan kamu untuk mengecek penggunaan memori pada tiap aplikasi sampai 24 jam setelah pemakaian.

Pengaturan volume dapat kamu atur sedemikian rupa agar setiap panggilan memiliki control volume yang berbeda-beda. Tak hanya pada panggilan, media dan alarm pun dapat kamu atur sesuai keinginan. Yang trend pada pembaruan versi ini ialah Google yang memungkinkan berbagai vendor untuk menyematkan sensor fingerprint atau sidik jari yang didukung dengan sistem operasi Marshmallow.

OS Android 7.0 Nougat (2016)

android-nougat-7-810x425

Nougat adalah versi Android termutakhir yang baru dikenalkan pada akhir-akhir ini yaitu pada pertengahan tahun 2016. Yang paling mencolok pada perubahan mungkin bisa kamu lihat dari hadirnya Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten digital ini lebih bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai fungsi.

Multitasking juga semakin memungkinkan karena sekarang mencakup layar split-screen ketika dipakai saat multitasking. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.

OS Android 8.0 Oatmeal Cookie

android-o-named-as-otmeal-cookie

Sudah menjadi tradisi bahwa tiap tahunnya Google mengenalkan sistem operasi Android yang baru. Banyak orang yang mulai berspekulasi akan versi Android selanjutnya yang meneruskan Nougat. Mayoritas masyarakat menebak dengan nama Oreo. Ya bagaimana tidak, kudapan manis tersebut sangatlah populer diseluruh dunia. Tapi tahukah kamu ternyata bukan Oreo yang akan menjadi Android versi selanjutnya?

Ternyata Oatmeal Cookie menjadi nama yang memiliki kemungkinan menjadi pilihan Google. Terdapat sejumlah bukti yang ditemukan seperti keterangan “oc-de” didalam kode sumber Android tersebut. Bukti lainnya berasal dari presentasi pada acara Google I/O tahun ini. Dalam presentasi tersebut pernah tersebut nama Oatmeal Cookie sebagai sampel yang digunakan.

Meski begitu hingga saat ini masih belum adanya klarifikasi dari pihak Google. Bungkam hanyalah jawaban yang ada hingga saat ini. Namun begitu, nama bukanlah hal yang perlu kita khawatirkan. Karena kinerja dan usaha yang dihasilkan Google merupakan hal yang lebih penting dan akan berpengaruh pada kegiatan kita dalam menggunakan Android dimasa yang akan datang.

Nah tadi merupakan penjelasan  mengenai Daftar Urutan OS Android Mulai dari yang Paling Awal Atau Terendah Sampai yang Paling Bagus atau Tertinggi. Setelah mengetahui perkembangannya hingga saat ini, sungguh menakjubkan bahwa Android telah membawa perubahan yang signifikan pada era teknologi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa diartikel lainnya !

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here