Facebook Hadirkan Aplikasi Messsenger Spesial Untuk Anak-anak yang Aman Serta Bersahabat

0

facebook

Facebook sebuah layanan jejaring sosial terbesar yang berpusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Febuari 2004. Hingga september 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliat pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

Siapapun bisa mengakses facebook dengan menggunakan internet, termaksud orang tua, dewasa, remaja bahkan anak-anak. Kini terdengar kabar bahwa Facebook akan menghadirkan aplikasi Messenger spesial untuk anak-anak yang aman serta bersahabat.

Facebook menginginkan anak-anak di dunia berada dalam aplikasi Messenger Kids baru yakni jaringan sosial yang menciptakan versi Messenger untuk anak-anak.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna saat ini, Facebook sudah menjadi jaringan sosial terbesar di dunia. Facebook melihat peluang kedepan lebih besar berada pada pasar baru yakni pengguna yang lebih muda.

Untuk bergabung dengan Facebook atau aplikasi Messenger (aplikasi chat) gratis miliknya, kamu harus berusia minimal 13 tahun. Namun Facebook pada hari senin, 4 Desember 2017 mengumumkan aplikasi baru bernama “Messenger Kids”, versi ini dirancang khusus untuk anak-anak. Hal tersebut terkait dengan akun baru yang akan terpisah dari akun Facebook atau Messenger biasa.

Aplikasi baru ini akan berisikan obrolan teks dan video anak-anak dengan keluarga dan teman mereka. Tapi karena banyak anak-anak yang tidak memiliki telepon genggam, dan Messenger biasa memerlukan telepon, makan Messenger Kids memperbolehkan orang tua sign up dengan nama anak pertama dan nama belakangnya. Hal ini dirancang terutama untuk perngkat non-telepon, seperti tablet atau iPod touch. Dan untuk saat ini layanan ini hanya tersedia di Amerika Serikat untuk iOS Apple, namun akan segera dirilis hadir di perangkat Google Android dan Amazon Kindle.

Seiring dengan anak-anak menjadi semakin nyaman dan menguasai teknologi, aplikasi baru ini adalah cara bagi Facenook untuk membuat pengguna masuk ke dalam ekosistemnya pada usia yang lebih muda, terutama saat bersaingan dengan Snap yang menikmati popularitas dengan kaum muda. Google mengungumumkan hal serupa pada bulan Maret yang disebut dengan Family Link, satu set layanan Google termaksud Gmail yang dibuat untuk akan-anak berusia 12 tahun ke bawah.

facebook messenger kids

Namun Facebook harus menghindari sebuah kesalahan yang dialami oleh Google dengan produk Family Link. Youtube yang dimiliki oleh Google, telah menghadapi beberapa kontroversi dalam beberapa pekan terakhir karena banyak orang menyalahgunakan platform dengan video yang menggangu dan komentar yang tidak pantas secara seksual yang ditunjukan pada anak-anak.

Messenger Kids melakukan percobaan selama 18 bulan untuk dikembangkan dan Facebook mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk membuat aplikasi pesan yang mengendaikan adalah orang tua, karena anak-akan menggunkan sejenis aplikasi yang serupa. Facebook mengujinya dengan anak-anak antara usia 6 dan 11 tahun.

“Mereka ingin menggunakan pesan, dan mereka menggunakannya hari ini”, kata David Marcus, kepada Messenger, saat konfersi Pers di San Fransisco minggu lalu. “Tapi hal itu tidak dilakukan secara terkontrol.”

Messenger Kids tidak akan memiliki iklan atau pembelian dalam aplikasi apa pun, dan Facebook mengatakan bahwa hal itu dikembangkan sesuai dengan COPPA, undang-undang yang melindungi privasi anak-anak secara online.

Aplikasi ini akan mencakup filter dan lensa seperti snapchat dan Instagram yang memungkinkan kamu menambahkan gambar digital atau video, seperti kacamata hitam atau telinga anjing. Ada juga fitur realitas tambahan lainnya seperti permainan yang memungkinkan kamu menggunakan kamera perangkat untuk melihat-lihat ruangan dan menangkap digital bug. Kerjasama dengan World Wildlife Fund akan menunjukan fakta-fakta tentang hewan.

Tampaknya Facebook telah memikirkan anak-anak dan menjadikannya peluang besar dimasa depan. Facebook telah menempatkan pengguna yang lebih mudah sebagai prioritas agar terhindar dari konten-konten berbahaya seperti sex. Namun sayangnya aplikasi Messenger Kids ini masih belum dirilis secara global dan tidak tahu kapan akan dirilis secara global.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here