Google Akhirnya Menambahkan Fitur baru pada Google Spreadsheet Menjadi Lebih Baik

0

google-sheets

Google telah mengumumkan serangkaian fitur baru untuk Spreadsheet hari ini, termasuk dukungan makro dan peningkatan untuk pencetakan spreadsheet. Meskipun Google Spreadsheet telah lama mampu menciptakan dan menangani spreadsheet dasar atau bahkan yang cukup rumit, namun gagal untuk sepenuhnya meniru fungsionalitas Microsoft Excel.

Menjadikannya sebagai nonstarter bagi sebagian besar pengguna daya. Untuk kasus penggunaan profesional, Excel masih tetap berkuasa, dan Google perlu mengatasi kekurangan Sheets jika pernah berharap menjadikannya sebagai alternatif yang layak bagi pelanggan profesional.

Salah satu fitur yang paling banyak diminta dari pengguna spreadsheet berat adalah dukungan makro, dan sekarang Sheets akhirnya memungkinkan pengguna untuk merekam dan membuat makro. Cara kerja makro di balik layar sebenarnya cukup menarik, bergantung pada Skrip Aplikasi Google untuk mengonversi tindakan makro menjadi skrip secara otomatis.

Sheets-bundle-1

Selain dari macro, Sheets sekarang memungkinkan pengguna mengelompokkan baris dan kolom bersama-sama dan menutupnya untuk menyesuaikan tampilan spreadsheet. Fitur kotak centang baru juga memungkinkan pengguna mengubah daftar item menjadi daftar periksa.

Sheets-bundle-2

Salah satu alat yang lebih penting dalam kotak peralatan pengguna kekuasaan adalah tabel pivot, yang juga telah ditingkatkan untuk memungkinkan pengelompokan berdasarkan waktu dan tanggal, termasuk jam, hari, bulan, kuartal, dan tahun.

Sheets-bundle-3

Terakhir, Google akhirnya meningkatkan pencetakan spreadsheet dengan memungkinkan pengguna menentukan ukuran halaman khusus dan mengatur hentian halaman kustom – kelalaian mencolok yang sering Anda temui ketika mencoba untuk mendapatkan spreadsheet Anda ke kertas. Sayangnya, sepertinya masih belum memungkinkan untuk mengatur area cetak di Google Spreadsheet.

Sheets-bundle-4

Perubahan ini mulai diluncurkan secara bertahap selama empat minggu ke depan, jadi Anda mungkin belum melihatnya di Spreadsheet. Beberapa fitur seperti pengelompokan baris dan kolom sudah tersedia di aplikasi Android Sheets, meskipun yang lain seperti perekaman makro kemungkinan akan tetap eksklusif untuk aplikasi web.

Demikianlah artikel mengenai Google Akhirnya Menambahakan Fitur baru pada Google Spreadsheet yang Lebih Baik yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Bagikan artikel ini kepada orang terdekat kalian khususnya yang beraktivitas menggunakan google sheets. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here