Fitur Sidik Jari Dalam Layar Smartphone Akan Segera Hadir di Januari 2018

0

Fingerprint

Fitur sidik jari atau biasa disebut dengan fingerprint merupakan fitur keamanan bagi smartphone. Fitur sidik jari biasanya hanya ada di ponsel kelas premium, kini ponsel kelas menengah pun sudah mengusung teknologi canggih ini. Di pasaran sudah cukup banyak ponsel dikisaran 2 juta hingga 3 juta yang memakai fitur sidik jari ini.

Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari fitur sidik jari ini salah satunya adalah menggantikan sejumlah pengaman ponsel seperti sandi, PIN dan pola. Kamu akan lebih cepat dalam membuka ponsel. Dan sidik jari bisa digunakan untuk proses autentikasi transaksi yang dilakukan penggunanya.

Akhir tahun ini terdengar kabar bahwa fitur sidak jari dalam layar smartphone akan segera hadir di Januari pada tahun 2018. Saat ini trend baru sudah terbentuk, yakni keamanan biometrik yang lebih canggih, walau sebelumnya trend dual camera menjadi booming.

Kabar baik, smartphone dengan teknologi sidik jari akan segera hadir, setidaknya sudah dipastikan satu perangkat baru akan diumumkan di acara Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) yang digelar pada tanggal 9-12 Januari 2018.

Ketika para vendor smartphone memilih untuk menghadirkan produk dengan layar sentuh yang lebih luas, tombol home pada layar fisik pun kini tergantikan. Sementara sensor pemindai sidik jari yang ditanamkan di dalamnya pun bergesar ke belakang, hal tersebut pada tahun 2018 akan menjadi era fingerptint scanner yang akan ditanamkan di dalam layar.

sidik jari pada layar smartphone

Dilansir GMS Arena, Synaptic yang mengumumkan akan ada satu manufaktur terbesar dengan smartphone pertama yang bisa membaca sidik jari di bawah layar OLED.

Synaptic merupakan perusahaan teknologi yang mengembangkan touch pad untuk laptop, layar sentuh, mp3 player dan komponen smartphone lainnya. Synaptic menjelaskan bahwa pihaknya telah memiliki versi terbaru dari sensor sidik jari optik yang diumumkan pada akhir 2016. Secara toeri, sensor tersebut bisa membaca sidik jari yang terletak di bawah layar OLED.

Engadget menuliskan kalau Synaptic memiliki prediksi terkait OEL yang akan memamerkan ponsel dengan sensor yang mereka sebut dengan Clear ID. Adopsi vital sistem keamanan Clear ID mungkin akan baru akan terjadi secara berangsur-angsur. Bisa jadi lebih lambat daripada yang kamu pikirkan, karena sebagian besar produsen smrtphone masih memiliki pekerjaan rumah untuk menyamai iris dan face  recognition persembahan Samsung serta Face ID dari Iphone X.

Sejauh ini banyak orang memperkirakan Galaxy S9 akan menjadi yang pertama memiliki sidik jari di balik layar, namun Vivi dan Qualcomm telah lebih dulu mengumumkan prototype smrtphone dengan teknologi serupa pada Juni 2017. Oleh karena itu belum dapat ditentukan vendor pertama yang akan merilis smrtphone  dengan pemindai sidik jari di balik layar.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here