Berikan Kejutan Terbaru, Gmail Tampilkan Fitur dan Desain Memanjakan Mata

0

Google Gmail

Fitur dan Desain Terbaru yang diberikan Oleh Google untuk Gmail

Perkembangan teknologi terus terjadi selama teknologi yang ada terus berkembang dengan pesatnya. Guna untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam hal mengirim pesan, menerima, menyimpan, dll Google memberikan sebuah aplikasi yang dapat melakukan itu semua seperti Google Drive, Google Form, Google Gmail.Kali ini kami akan membahas tentang Google Gmail yang tengah dikembangkan oleh Google,

tidak hanya dalam hal penambahan fitur yaitu ” Mode Rahasia”, namun juga ada beberapa fitur lainnya demi mempermudah pekerjaan manusia menjadi seefisien mungkin. Selain itu juga tampilan desain yang sudah terlalu lama ini, Google berencana untuk merombaknya dan membuat tampilan menjadi lebih fresh dan userfrendly. Penasaran? Yuk langsung simak saja ulasan dibawah ini.

Mode Rahasia

moderahasia

Fitur utama yang akan diberikan oleh Google untuk kalian adalah ” Mode Rahasia” untuk kalian yang tidak tahu apa sih mode rahasia itu, mode rahasia adalah sebuah fitur yang dimana ketika kalian ingin mengirim file ke orang lain namun kalian dapat memberikan tenggat waktu file tersebut akan kadaluwarsa. Selain itu kalian juga dapat membatalkan opsi tersebut jika adanya kesalahan yang terjadi.

Selain itu Google juga membatasi akses terhadap file tersebut dengan membuat sebuah konten, sehingga ketika kalian mengirimkan sebuah file dalam “Mode Rahasia”, Gmail akan membuat sebuah tautan konten dan mengirimkannya ke penerima. Sehingga penerima seperti sedang melihat pesan-pesan dari konten seperti biasanya. Namun hal ini hanya dilakukan ke sesama pengguna Gmail saja, sedangkan untuk yang tidka memiliki Gmail kami masih belum tahu seperti apa.

Google Gmail

Google juga memperkenalkan sebuah otentifikasi yang dimana sang penerima harus menuliskan password untuk dapat mengakses mail yang dikirim. Password tersebut akan dikirim dari Gmail langsung ketika sang pengirim menuliskan password tersebut. Jika sang penerima tidak mengetahui password tersebut, maka file yang telah dikirim oleh sang pengirim tidak dapat dibuka. Dengan fitur yang telah diberikan oleh Google Gmail, berharap bahwa dengan penambahan fitur terbaru ini dapat mengurangi peretasan terhadap informasi penting yang ada di Gmail.

Manajer produk utama Google dalam hal Gmail, Jacob Baker mengatakan bahwa:

“Apa yang telah kita lihat, terutama dalam skenario bisnis, adalah bahwa banyak dari kebocoran ini terjadi secara tidak sengaja atau tidak sengaja.¬†Mereka tidak menyadari bahwa mereka tidak seharusnya meneruskan email, atau mereka melihat ‘Jangan maju’ tetapi mereka tidak berpikir itu diterapkan pada mereka dan menekan tombol ke depan itu sangat mudah.”

Email Snoozing

gmailsnooze

Selain “Mode Rahasia” yang diberikan oleh Google untuk menjaga keamanan data dari pengirim ke penerima. Google juga memberikan fitur lainnya yang bernama Email Snoozing. Email Snoozing adalah sebuah opsi umum sama halnya seperti opsi delete, archive, dan mark to send. Opsi Snooze ini digunakan untuk mensilent spam mail yang dilakukan oleh konten-konten tidak jelas yang selalu memberikan sebuah informasi tidak penting seperti Olshop, Game, dan masih banyak lagi.

Terintegrasi dengan Calendar, Taks, dan Keep

gmail calendar

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, Gmail berusaha dengna memberikan fitur baru untuk mempermudah pekerjaan manusia. Hal ini dapat kalian lihat dari opsi yang terdapat pada sidebar disebelah kanan pada Gmail. Opsi tersebut terdiri dari Calendar, Task, dan Keep yang telah terintegrasi dengna akun Google kalian. Sehingga kalian dapat dengan mudah membuat pengingat ataupun schedule kalian untuk 1 minggu ataupun 1 bulan kedepan.

Smart Reply

smartreply

Demi mempersingkat waktu kalian dalam membalas sebuah email dari teman ataupun keluarga kalian. Google juga telah memberikan fitur Smart Reply yang terdiri dari sebuah kata-kata yang singkat untuk merespon mail yang kalian terima. Fitur ini sama halnya dengan Android, ketika kalian sedang tidak ingin ditelepon kalian dapat mengatur Smart Reply untuk menjelaskan keadaan kalian secara singkat.

New Security Features

security feature

Google juga telah meluncurkan sebuah peringatan phishing dalam email yang kalian terima, phishing tersebut akan disertai dengan warna yang berbeda-beda yaitu merah, kuning, dan abu-abu berdasarkan faktor resiko yang dapat ditimbulkan. Tetapi Baker juga mengatakan akan lebih memperjelas resiko yang akan diterima oleh pemilik akun jika dia men klik phishing email yang dia terima.

“Jadi kami melakukan upaya besar untuk mendesain ulang semua peringatan kami di UI.¬†Jika Anda melihat pesan ini di bagian atas email, Anda tidak akan men klik tautan di dalamnya, baik karena peringatan itu sangat menonjol dan tidak mungkin diabaikan, dan menjelaskan kepada pengguna dalam bahasa sederhana apa yang mungkin dilakukan penyerang mencoba melakukan.”

Mode Offline

Terlepas dari fitur diatas, Google juga menawarkan “Mode Offline” yang dimana kalian dapat menerima mail dari orang lain terus menerus meskipun ketika kalian sedang offline dan akan melakukan sinkron terhadap akun kalian ketika kalian sudah online.

Sekian dari artikel kami mengenai fitur dan tampilan terbaru terhadap Google Gmail, semoga artikel ini dapat membantu kalian. Sampai jumpa!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here