Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia cover

Dua brand Samsung dan Huawei selalu bersaing dalam perebutan pangsa pasar smartphone dunia. Samsung yang bisa dibilang sebagai bapak smartphone Android memiliki jumlah penjualan terbesar ponsel Android diseluruh dunia, sedangkan Huawei menempati urutan kedua. Untuk masalah dua ponsel ini tidak perlu diragukan lagi, walaupun nama Huawei belum setenar ponsel-ponsel buatan Tiongkok lain semacam Oppo dan Vivo, namun Huawei tetaplah memiliki lini produk yang dapat dilirik. Dan sepertinya menarik apabila dua ponsel dari Samsung dan Huawei diadu. Dan berikut ini adalah perbandingan spesifikasi, kamera, dan harga dari ponsel Samsung Galaxy J5 vs Huawei Honor 4C yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka.

Baca juga:

Perbandingan Spesifikasi Hp Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C

Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Untuk mengetahui smartphone manakah yang paling mumpuni, spesifikasi pastilah menjadi acuan pertama untuk mengetahui seberapa baik performa smartphone apabila digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah perbandingan spesifikasi dari Asus Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C.

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy J5

SECTION Samsung Galaxy J5
NETWORK GSM/HSPA/LTE
BODY –      142.1 x 71.8 x 7.9 mm (5.59 x 2.83 x 0.31 in)

–      Weight 146 g (5.15 oz)

–      SIM Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      Android 5.1 (Lollipop), upgradable to 6.0.1 (Marshmallow)

–      Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410

–      CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53

–      GPU Adreno 306

DISPLAY –      Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size       5.0 inches (~67.5% screen-to-body ratio)

–      Resolution         720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)

MEMORY –      microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

–      Internal 8/16 GB, 1.5 GB RAM

COMMS –      Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.1, A2DP

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      NFC Yes (market dependent)

–      Radio FM radio, RDS, recording

–      USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

CAMERA –      13 MP, f/1.9, 28mm, autofocus, LED flash

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection

–      Video [email protected]

–      Secondary 5 MP, f/2.2, 23mm, LED flash

BATTERY –      Non-removable Li-Ion  2600 mAh battery

 

Tabel Spesifikasi Huawei Honor 4C

SECTION Huawei Honor 4C
NETWORK GSM / CDMA / HSPA
BODY –      143.3 x 71.9 x 8.8 mm (5.64 x 2.83 x 0.35 in)

–      Weight 162 g (5.71 oz)

–      SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      Android 4.4.2 (KitKat), upgradable to 6.0 (Marshmallow)

–      Chipset HiSilicon Kirin 620

–      CPU Octa-core 1.2 GHz Cortex-A53

–      GPU Mali-450MP4

DISPLAY –      PS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size       5.0 inches (~66.9% screen-to-body ratio)

–      Resolution         720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)

–      Multitouch        Yes

–      Emotion 3.0 UI

MEMORY –      microSD, up to 32 GB (dedicated slot)

–      Internal 8 GB, 2 GB RAM

COMMS –      Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.0, A2DP, EDR

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB Host

CAMERA –      13 MP, f/2.0, autofocus, LED flash

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR

–      Video [email protected]

–      Secondary 5 MP, 720p

BATTERY –      Non-Removable Li-Po 2550 mAh battery

 

Desain dan Body

Dua ponsel ini membawa ciri khasnya masing-masing, Samsung tetap dengan pakemnya selama ini yang membawa tombol home fisik dan dua tombol kapasitif back dan menu, sedangkan Huawei membawa tampilan polos dibagian depan dan tulisan brand Honor yang terletak dibagian belakang. Dalam hal desain, tidak ada yang terlalu istimewa dari kedua ponsel ini, hanya saja dibagian berat, Huawei Honor 4C memiliki berat yang sedikit lebih besar dibanding Samsung Galaxy J5 dengan selisih 16 gram. Sedangkan dibagian dimensi, dua ponsel ini tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan.

Layar

Samsung Galaxy J5 bisa dikatakan sebagai pemenang dalam urusan layar karena sudah membawa layar berjenis Super AMOLED berbanding Huawei Honor 4C yang menggunakan layar berjenis IPS LCD. Bukan tanpa alasan, dengan menggunakan layar berjenis AMOLED maka otomatis akan membuat ponsel lebih irit daya karena kemampuan Super AMOLED yang dapat memancarkan warna hitam tanpa memakan daya sedikitpun, sehingga warna yang terpancar akan lebih gonjreng dan pekat, berbanding layar berjenis IPS milik Honor 4C yang karakter warna yang dipancarkan cenderung natural. Dan untuk masalah kerapatan layar, dua ponsel ini memiliki kerapatan pixel yang sama-sama 294 ~ppi, tergolong standar namun tidak bisa dikatakan buruk.

Chipset

Dibagian chipset, Samsung Galaxy J5 sepertinya bisa berbangga diri karena membawa prosesor kelas menengah Qualcomm Snapdragon 401 yang terkenal memiliki efisiensi daya yang cukup baik serta dukungan konektivitas 4G. Sedangkan Huawei Honor menggunakan prosesor buatan sendiri HiSilicon Kirin 620 Octa-core 1.2 GHz yang sayangnya belum mendukung konektivitas 4G. Dan untuk masalah performa, sepertinya dua ponsel ini harus diuji lebih lanjut karena dua ponsel ini juga menggunakan custom UI yang berbeda. Samsung Galaxy J5 dengan Touchwiz UI dan Honor 4C dengan Emotion UI 3.0.

Memori

Samsung Galaxy J5 memiliki dua varian 8/16GB ditemani RAM sebesar 1.5 GB. Dan apabila dirasa kurang, penyimpanan Samsung Galaxy J5 bisa diekspansi dengan tersedianya slot Micro SD up to 256 GB. Sedangkan Huawei Honor 4C memiliki memori internal yang hanya 8 GB namun uniknya RAM yang dimilikinya lebih besar dibanding Samsung Galaxy J5 yaitu 2 GB. Honor 4C juga memiliki slot memori internal yang dapat menampung Micro SD hingga 32 GB.

Platform

Samsung Galaxy J5 ketika pertama kali dikeluarkan dari kotak membawa sistem operasi Android 4.1 Lollipop yang nantinya bisa diupgrade hingga Android Marshmallo 6.0.1. Dan seperti biasa, Samsung membawa TouchWiz UI khas Samsung untuk Galaxy J5. Dan Huawei Honor 4C juga membawa custom UI buatan mereka sendiri yang diberi nama Emotion UI versi 3.0,  yang menyediakan tampilan tanpa app-drawer seperti ponsel-ponsel buatan Tiongkok yang sekarang sangat menjamur.

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C

Samsung Galaxy J5 memiliki kamera belakang 13MP dan aperture f/1.9. Dan untuk kamera depan Galaxy J5 membawa resolusi 5 MP. Sedangkan Huawei Honor 4C membawa kamera primer dengan reolusi yang sama 13 MP dengan bukaan lensa f/2.0 dan kamera sekunder juga memiliki spesifikasi yang mirip dengan resolusi 5 MP. Dan untuk mengetahui kualitasnya, berikut adalah hasil foto dari kamera Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C yang berhasil dirangkum tim Futureloka.

Hasil Kamera Samsung Galaxy J5
Hasil Kamera Samsung Galaxy J5
Hasil Kamera Huawei Honor 4C
Hasil Kamera Huawei Honor 4C

Perbandingan Dari Segi Baterai Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C

Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesiacover 2

Samsung Galaxy J5  memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih besar dengan 2600 mAh dari Huawei Honor 4C yang memiliki kapasitas baterai 2550 mAh. Ukuran baterai yang standar untuk smartphone masa kini, mengingat kebanyakan smartphone saat ini sudah menggunakan baterai dengan kapasitas 4000 mAh.

Perbandingan Dari Segi Harga Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C

Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 4 Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 4

Samsung Galaxy J5 varian 16GB dibanderol dengan harga IDR 2.299.000 untuk unit baru. Sedangkan Huawei Honor 4C garansi resmi dibanderol dengan harga IDR 1.800.000 untuk unit baru. Semua tergantung pilihan anda, apabila anda ingin smartphone yang masih powerfull untuk aplikasi masa kini, dukungan 4G dan juga brand yang besar, Samsung Galaxy J5 bisa jadi pilihan yang tepat. Sedangkan apabila kamu mencari smartphone berharga murah namun memiliki performa yang cukup layak, Huawei Honor 4C juga bisa jadi jawaban yang tepat.

Baca juga:

Jadi itu tadi adalah sedikit komparasi dari Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka. Jangan lupa pantengin terus Futureloka.com untuk update-update gadget yang kamu suka. See you!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here