Daftar Tipe Games Android yang Cocok Untuk Anak SD Paling Bagus dan Terbaik

0

game-edukasi-untuk-anak-android

Saat ini tekhnologi berkembang sangatlah pesat, hal ini membuat banyak anak-anak pun kini enggan untuk berinteraksi dan memilih untuk bermain gadget. Berbeda dengan beberapa waktu silam, dimana anak-anak pada Sekolah dasar atau SD gemar bermain layangan, sepak bola, petak umpet dan sebagainya. Hal itu masih lah ada, akan tetapi sudah sangatlah jarang kita temui di zaman modern ini.

Mungkin sebagai orang tua, Anda cupuk khawatir kepada anak-anak yang seolah hampir setiap saat bermain gadgetnya. Hal ini kini tidaklah menjadi masalah Anda saja, tetapi juga masalah banyak orang tua darri generasi milenial. Pasalnya, mereka lahir pada era dimana tekhnologi terus berkembang secara pesat.

Namun, hal ini sebenarnya juga membawa dampak positif loh. Anda pun dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu si kecil untuk belajar dengan cara yang menarik dan menyenangan. Salah satunya melalui game edukatif yang dapat dengan mudah kamu temukan dan download pada android ataupun tablet Anda. Sehingga, mereka tidak hanya bermain game untuk mengisi waktu atau enghibur diri, melainkan juga sembari belajar.

Tahukah kamu, bahwa saat ini ada banyak game edukatif yang di desain untuk anak SD. Game ini tidak hanya menyenangkan, namun dapat menstimulasi daya piker si kecil. Buat Anda para orang tua atau pun kakak-kakak yang bingung mengatasi si kecil terus bermain game, berikut kami berikan informasi seputar game edukatif yang cocok untuk anak SD:

Game Bahasa Inggris Untuk Anak Sd

Pertama, mari kita bahas game Bahas Inggris apa saja yang cocok dimainkan oleh anak SD. Sebab, kini Bahasa Inggris adalah salah satu hal penting yang harus diajarkan pada anak-anak sejak dini, sebagai bekal mereka di kemudian hari. Kira-kira, apa saja ya game yang dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris si kecil? Berikut adalah beberapa diantaranya yang wajib untuk dicoba:

Duolingo

Aplikasi belajar Bahasa Inggris yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca, mendengar, berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Ini adalah salah satu aplikasi favorit bagi para orang tua di seluruh dunia. Sebab, dengan aplikasi ini si kecil bukn hanya dapat belajar Bahasa Inggris. Melaikan juga belajar Bahasa yang lain seperti Bahasa German, Bahasa Prancis, Bahasa Rusia dan Bahasa Italia.

English for Children ( Pondok Edukasi)

Selanjutnya adalah aplisi English for Children yang diluncurkan oleh Pondok Edukasi. Game ini juga tidak kalah menarik dengan game Duolingo. Pada game kali ini, si kecil akan belajar tentang vocabulary atau kosa kata benda-benda di sekitarnya dalam Bahasa Inggris. Terdapat gambar, tulisan dan audio yang membantu si kecil lebih mudah memahami saat belajar dan bahkan Anda tidak perlu khawatir mengajarkan cara bacanya. Sebab, sudah terdapat fitur audio pada aplikasi ini.

Bahaso

Selanjutnya adalah game Bahaso, sebuah game seru yang bila Anda mencarinya di Play Store akan muncul gambar panda yang lucu. Ini adalah game interaktif untuk belajar Bahasa Inggris yang dapat mempermudah si kecil belajar sesuai dengan level kemampuannya. Sebab, pada aplikasi ini terdapat beberpa level pembelajaran. Sehingga, akan ada jenjang pembelajaran bagi anak-anak yang menggunakan game ini. Hal menarik dari aplikasi ini, terdapat test yang dapat diambil oleh si kecil. Bila semua test sudah Berhasil dilalui, maka si kecil akan mendapatkan sertifikat resi dari FIB UI sebagi tanda kelulusan. Keren sekali ya aplikasi ini, karena si kecil dapat belajar secara interaktif sesuai golongan kemampuannya dan mendapat sertifikat kelulusan pula.

Belajar Bahasa Inggris Anak (Sariwa Studio)

Selanjutnya adalah aplikasi game yang diluncurkan oleh Sariwa Studio. Ini adalah game edukatif yang sangat cocok dgunakan untuk anak SD untuk belajar tentang buah-buahan serta jenis-jenis hewan. Game ini Dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa para penggunannya, serta merangsang kecerdasan, kekritisan serta menumbuhkan cara berpikir anak SD dengan logika.

TenKyBie

Terakhir namun tidak kalah penting adalah game TenKyBie. Ini adalah game menarik yang dapat membantu anak-anak belajar alphabet atau huruf dalam Bahasa Inggris dan juga belajar vocabulary atau kosa kata tentang hewan-hewan. Bila Anda mencari pada Play Store, maka Anda akan melihat  gambar kura-kura dengan A,B, C ada di atasnya.Pada aplikasi ini, sang developer game mengklarifikasikan hewan-hewan dengan ciri-ciri khas yang mempermudah pengguna untuk menghafalkannya. Bukan hanya belajar vocabularynya, tetapi juga belajar car abaca yang benar.  Sehingga, si kecil dapat memiliki pengetahuan kosa kata hewan lebih banyak.

Game Islami Untuk Anak SD

Untuk Anda yang bingung karena si kecil susah diminta untuk belajar tentang agama Islam, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, saat ini terdapat banyak game edukatif yang dapat membantu anak-anak SD belajar tentang ilmu keagamaan Islam. Sehingga, ini dapat membantu si kecil lebih tertarik dalam belajar. Berikut adalah daftar game edukatif Islami untuk anak SD:

Lil Muslim – Kids Islami Park

Ini adalah game android interaktif  yang  di desain sangatt menarik, dengan latar belakang sebuah taman bermain. Dalam aplikasi ini, anak-anak dapat dengan interaktif dan mudah untuk belajar doa sehari-hari. Sehingga, diharapkan melalui aplikasi ini anak-anak dapat belajar doa-doa sehari-hari tanpa harus dipaksakan oleh orang tuanya.

Islam for Kids

Ini adalah aplikasi yang membantu anak-anak untuk belajar tentang Rukun Islam, Rukun Imam, serta Asmaul Husna. Sehingga,sejak dini, si kecil sudah belajar tentang dasar-dasar agama Islam.

Islamic Girl Puzzle Toddlers

Untuk game yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak perempuan pada Sekolah dasar. Sebenarnya, game ini sama seperti game puzzle pada umumnya. Hanya saja semua gambar pada game ini sangatlah Islami. Sehingga, dengan bermainan game ini dapat menumbuhkan ketertarikan si kecil untuk berpenampilan sesuai yang baik sesuai nilai-nilai Islami.

Game Tajwid Petualangan

Buat Anda yang menginginkan anak atau adik untuk belajar ilmu Tajwid, game ini adalah pilihan yang tepat. Cara nya mudah dan tampilannya pun sangat atraktif Sehingga, anak-anak dapat lebih memahami cara baca Al-Quraan dengan cara yang menyenangkan.

Game Anak Sholeh

Game ini adalah salah satu game seru yang bernuansa persahabatan dan petualangan. Bukan hanya persahabatan dan petualangan biaa, melainkan menanamkan sifat-sifat yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi anak yang sholeh . Ada pun tujuan membuat game ini adalah memberikan edukasi kepada anak-anak untuk menjadi pribadi yang Sholeh.

Game Matematika Untuk Anak SD

Kebanayakan orang tua atau kakak bingun mengajari matematika pada si kecil. Tidak jarang anak-anak SD mengeluh dengan pelajaran matematika yang bagi mereka susah. Namun,benarkah matematika itu susah? Atau cara belajarnya yang kurang tepat? Kini, coba rekomendasikan si kecil dengan game matematika yang seru, berikut beberapa di antaranya:

Cerdas Cermat SD (Solite Kids)

Game ini adalah game yang sangat tepat bagi anak-anak SD yang sedang mempersiapkan diri untuk ikut olimpiade atau ingin Mengikuti Ujian Nasional. Pasalnya game ini adalah game cerdas cermat seru yang pertanyaannya beragam, salah satunya adalah pelajaran matematik.

Cerdas Matematika

Dari namanya saja sudah sangat tertebak, bahwa game cerdas matematika adalah game yang di desain untuk meningkatkan kemampuan anak dalam matapelajaran matematika. Melalui game ini, anak-anak dapat belajar matematika dengan menyelesaikan kuis-kuis yang memakai gambar menarik. Sehingga, menambah minat belajar para penggunanya.

Permainan Matematika Anak-Anak

Selanjutnya ada game seru seperti animasi kalkulator di game ,”Permainan Matematika Anak-Anak”. Terdapat beberapa pertanyaan Berdasarkan level yang dapat membuat anak-anak lebih kritis dalam menyelesaikan soal matematika. Khususnya bagi mereka yang dibangku SD.

Game Anak SD Kelas 1

Setelah membahas game secara general, kini kita akan bahas game apa saja yang baik untuk anak-anak SD Berdasarkan kelasnya. Hal ini sangatlah penting, karena pada jenjang SD terdapat 6 kelas dengan level yang berbeda-beda. Namun, kali ini kita akan membahas game apa saja yang baik untuk dimainkan oleh anak-anak kelas 1 SD.

Fun With Animal Matching

Bila anak Anda mash berada pada bangku kelas 1 SD, maka fun with animal matching adalah salah satu games edukatif yang bisa dijadikan referensi saat anakk mulai bosan. Secara garis besar, ini adalah game mencocokkan binatang dengan suara yang dikeluarkannya. Sehingga sangatlah atraktif bagi anak-anak kelas 1 SD baik laki-laki maupun perempuan.

Belajar Menghitung

Ini adalah game yang sangat cocok untuk anak kelas 1 SD. Pasalnya, melalui game ini, anak0anak dapat mulai belajar mengenal angka serta mengoperasikannya. Cara memainkan game ini pun tergolong tdak sulit, sehingga tidak perlu takut bila si kecil tidak dapat memainnkannya.

Virtual Pet, My Boo

Bagi Anda yang memiliki anak gemar memelihara hewan, namun tidak terlalu suka dengan hewan, maka My Boo dapat menjadi alternative yang baik. Melalui game ini, anak-anak akan belajar bertanggung jawab memelihara hewan pilihannya. Secara garis besar, game ini mirip dengan Tamagochi. Namun, tampilannya lebih menarik dan modern.

Game Anak SD Kelas 2

Berbeda dengan anak-anakk kelas 1 SD, pada jenjang kelas 2 SD mereka biasa sudah lebih kritis dan aktif. Biasa, mereka mulai suka dengan game yang berbau petualangan atau yang lebihh menantang dan seru. Berikut adalah beberapa game rekomndasi kita :

Aniword

Game atraktif yang bertujuan untuk membantu anak-anak belajar jenis-jenis hewan. Hal menarik yang membuat permainan ini beda adalah cara pengklasifikasiaannya. Melalui game ini anak dapat belajar hewan mana saja yang bisa di pelihara maupun di ternakkan.

Animals Puzzle for Kids

Seanjutnya, bermain puzzle hewan juga sangatlah baik bagi tumbuh kembang si kecil. Pasanya, mereka dapat belajar berpikir logs dan cepat melalui puzzle yang tersedia. Sembari mengenal hewan-hewan yang enjadi objek dari puzzle itu.

Animal Sounds

Terakhir namun tidak kalah seru untuk dicoba adalah Animal Sounds. Ini adalah agames yang mengajarkan anak untuk belajar dengan cara mendengar dan melihat. Melalui game ini,anak-anak dapat belajar mengenal hewan melalui suaranya.

Game Anak SD Kelas 3

Teralhir kira-kira apa ya game yang cocok untuk anak kelas 3 SD? Ini adalah beberapa game terbaik untuk mereka;

Thomas & Froends: Go Go Thomas

Pada jenjang kelas 3 biasanya mereka suka hal yang menantang, misaalnya adalah adu ketangkasan. Melalui game ini, si kecil memilih dua mesin yang akan saling berpacu. Melalui games ini, anak-anak dapat belajar konsentrasi dan berkompetisi secara suportif.

Fruits and Vegetables

Bersama game ini, anak-anak akan belajar nama-nama buah dan sayuran dalam Bahasa Inggris. Sehingga, mereka dapat lebih memiliki kosakata yang banyak.

Belajar Mewarnai Untuk Anak

Mewarnai adalah saah satu kegiatan yang disukai ana-anak. Selain menyenangkan, kegiatan ini pun juga dapat menstimulasi kecerdasan si kecil dalam berpikir kritis dan logos. Sembari mengembangka daya kreatifitas si anak. Melalui game ini, si kecil akan belajar cara mewarna objek-objek lucu yang beradad di dalam game.

Sekian ulasan seputar games-games terbaik untuk anak SD. Semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here