Google Telah Memperbaharui Fitur Google Backup & Sync Tampilkan Gambar HEIF

0

google-backup-sync

Perkembangan dunia saat ini sudah sangatlah canggih dengan menghadirkan benda-benda maupun fitur yang tang berbasis teknologi tinggi. Contohnya Google, perusahaan besar asal Amerika ini telah menciptakan banyak penemuan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat di berbagai kalangan.

Baru-baru ini google telah meluncurkan aplikasi terbaru yang diresmikan pada 17 April 2018 lalu. Yaitu sebuah aplikasi Backup dan Sync untuk menyimpnan data pada device smartphone maupun komputer di layanan Google Drive. Untuk di komputer, aplikasi ini dapat dijalankan pada OS Mac maupun Windows.

Fitur terbaru dari Google ini memang diperuntuhkan untuk bagi masyarakat yang memang memiliki kebutuhan dalam memanfaatkan fungsi dari backup, biasanya untuk keperluan bisnis. Keunggulan yang ditawarkan pada Google Backup dan Sync ini adalah dapat memberikan akses kepada seluruh perangkat pada device.

Dengan begitu, semua jenis data yang disimpan dalam data backup bisa dimodifikasi lewat aplikasi Google Drive ini pada smartphone berbasis Android maupun iOS. Selain itu juga Google menawarkan pembaruan lain, yakni dengan perubahan untuk menyinkronkan gambar-gambar Format File Gambar Efisiensi Tinggi (HEIF / HEIC).

HEIF-iOS11-google-backup-sync

Beberapa waktu lalu, file HEIF yang diupload berhenti di Google Drive, tidak pada Google Foto. Bug seperti ini biasanya terjadi bagi pengguna iPhone, karena iOS 11 menambahkan kemampuan untuk beberapa perangkat untuk mengambil gambar di HEIF. Selain dari keunggulan diatas, Google juga memiliki beberapa perbaharuan pada aplikasinya, diantaranya :

  • Memperbaiki masalah file HEIF dan HEIC (File Format Efisiensi Tinggi) tidak terlihat di Google Foto. Pengguna yang sebelumnya menyinkronkan semua jenis file, bagaimanapun, masih tidak melihat file HEIF dan HEIC yang ada di Google Foto.
  • Memperbaiki masalah ketika beberapa pengguna tidak dapat menambahkan folder tambahan untuk disinkronkan.
  • Pengguna sekarang dapat memilih untuk menyinkronkan subfolder dari ~/Library di macOS dan %UserProfile%\AppData di Windows.
  • Memperbaiki masalah di mana beberapa aplikasi asli tidak muncul dalam daftar aplikasi yang tersedia untuk membuka file ketika menjelajah Drive di web.
  • Memperbaiki masalah pada macOS High Sierra di mana pengguna mengalami keterlambatan dalam melihat screenshot yang baru-baru ini diambil di desktop mereka.
  • Peningkatan respons saat menghapus foto yang tidak dapat dikonversi menjadi Kualitas Tinggi.
  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan ikon status sinkronisasi tidak muncul untuk beberapa pengguna di Windows.

google-backup-sync-1

Memanfaatkan aplikasi Backup and Sync ini cukup mudah. Penggunanya hanya perlu mengunduh aplikasinya ke dalam device, khususnya komputer dan hanya tinggal mengikuti seluruh proses yang ada. Setelah sinkronisasi berjalan, folder yang dipilih akan muncul di kategori Computers, tepatnya di kategori folder My Drive.

Demikianlah artikel mengenai Google Telah Memperbaharui Fitur Google Backup & Sync untuk menampilkan gambar HEIF yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Bagikan artikel ini kepada orang terdekat kalian, khususnya para pengguna aktif fitur google. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here