Samsung Electronics Co., Ltd. mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan Samsung AI Forum 2021 secara online melalui kanal YouTube selama dua hari dari 1 November hingga 2 November. Menandai tahun kelimanya, forum tersebut mengumpulkan akademisi dan pakar industri terkenal di dunia untuk membahas tentang artificial intelligence (AI) dan berfungsi sebagai platform untuk bertukar ide, wawasan, dan temuan penelitian terbaru, serta platform untuk membahas masa depan AI.

Hari 1: Riset AI untuk Hari Esok

Pada Hari 1, yang akan diselenggarakan oleh Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT), hub Samsung R&D yang didedikasikan untuk teknologi masa depan termutakhir, Dr. Kinam Kim, Vice Chairman & CEO of Device Solutions at Samsung Electronics, akan menyampaikan sambutan pembukaan. Di bawah tema, ”Riset AI untuk Hari Esok “, pakar AI ternama akan membahas berbagai teknologi AI dan arah penelitian tentang AI – mulai dari penelitian mendasar hingga penerapannya – termasuk bagaimana penelitian AI akan berdampak pada bidang lain seperti pengembangan material baru dan semikonduktor.

Tahun ini, Profesor Yoshua Bengio, pemenang Turing Award 2018—sering disebut sebagai Hadiah Nobel dalam bidang komputasi—akan menyampaikan keynote speech yang akan diikuti oleh tiga sesi teknologi: Scalable and Sustainable AI Computing, AI for Scientific Discovery, dan Trustworthy Computer Vision.

Secara khusus, dalam forum tahun ini, berbagai startup AI akan memberikan gambaran tentang tren terkini dalam teknologi canggih AI dan membagikan model aplikasi bisnis mereka yang sebenarnya. Selain itu, para pemimpin penelitian AI di SAIT akan berpartisipasi dalam forum sebagai pembicara dan memberikan presentasi tentang status dan visi penelitian Samsung AI saat ini.

Penghargaan Samsung AI Researcher of the Year[1], yang diinisiasi pada tahun lalu dalam upaya untuk menemukan peneliti yang sedang naik daun di bidang AI, juga akan ditampilkan selama forum tersebut. Tahun lalu, lima peneliti, termasuk Profesor Kyunghyun Cho dari Universitas New York, diberikan penghargaan.

Sebagai ketua bersama forum tahun ini, Dr. Gyoyoung Jin, President & Head of SAIT dan Profesor Bengio, yang ditunjuk sebagai Profesor Samsung AI tahun lalu, akan terus bekerja sama untuk menyoroti para peneliti yang sedang naik daun dan memperluas basis riset AI.

“Forum tahun ini akan diselenggarakan sebagai tempat untuk berbagi status terkini dari penelitian teknologi AI dan aplikasi AI serta mendiskusikan cara untuk mengubah AI menjadi teknologi yang secara substansial berkontribusi pada kehidupan kita sehari-hari,” kata Profesor Bengio.

Hari 2: AI dalam Kehidupan Manusia

Sesi hari ke-2 akan dipandu oleh Samsung Research, pusat R&D canggih perusahaan yang memimpin pengembangan teknologi masa depan untuk divisi Consumer Electronics dan divisi IT & Mobile Communications. Dengan tema “AI dalam Kehidupan Manusia,” Dr. Sebastian Seung, President and Head of Samsung Research, akan menyampaikan pidato pembuka, dan pakar AI yang telah aktif terlibat dalam kegiatan penelitian AI di seluruh dunia akan membagikan pengetahuan mereka tentang perkembangan saat ini mengenai AI dan arah penelitian masa depan yang akan memiliki dampak penting pada kehidupan kita.

Keynote akan disampaikan oleh Profesor Leslie Valiant, pemenang Turing Award 2010, dari Harvard University tentang integrase machine learning dan inference untuk AI generasi berikutnya. Pemaparan ini akan diikuti oleh sesi teknologi: Interpretability for Skeptical Minds dan Understanding Matter with Deep Learning.

Dr. Daniel Lee, Executive Vice President and Head of Samsung Research Global AI Center, akan memimpin diskusi panel dengan para pembicara mengenai ‘prospek dan pertimbangan masa depan dari setiap sektor AI.’

Diskusi singkat (5 menit presentasi, 7 sesi) juga akan berlangsung tahun ini di mana anggota Samsung Research Global AI Center dan 5 pusat AI (Cambridge, Inggris; New York, AS; Toronto, Kanada; Montreal, Kanada; dan Moskow, Rusia) akan ikut serta.

“AI Forum tahun ini akan membantu kita untuk lebih memahami arah perkembangan teknologi AI saat ini dan juga tentang produk-produk yang dapat mengaplikasikan AI, yang menjadi semakin cerdas,” kata Dr. Sebastian Seung, President and Head of Samsung Research. “Saya berharap banyak orang yang tertarik dengan AI akan berpartisipasi dalam forum ini, karena akan diadakan sebagai acara online pada tahun ini.”

Acara ini terbuka untuk siapa saja yang tertarik dengan AI. Pendaftaran telah tersedia melalui Samsung AI Forum 2021 Website hingga tanggal masing-masing acara.

Pembicara Hari 1

Sesi “Scalable and Sustainable AI Computing” oleh:

– Professor Kunle Olukotun, Stanford University

– Andrew Feldman, CEO of Cerebras Systems

– Changkyu Choi, Corporate Senior Vice President of Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT)

Sesi “AI for Scientific Discovery” oleh:

– Professor Gerbrand Ceder, University of California, Berkeley

– Bryce Meredig, CSO of Citrine Informatics

– Young Sang Choi, Corporate Vice President of SAIT

Sesi “Trustworthy Computer Vision” oleh:

– Professor Antonio Torralba, Massachusetts Institute of Technology

– Daniel Bibireata, Vice President of Landing AI

– Jae-Joon Han, Vice President of Technology of SAIT

Pembicara Hari 2

Sesi “Interpretability for Skeptical Minds oleh:

– Been Kim, Research Scientist at Google Brain

Sesi “Understanding Matter with Deep Learning” oleh:

– Professor Max Welling, Amsterdam University and Lab Head of Microsoft Research Amsterdam

[1] Samsung AI Researcher of the Year: dipilih di antara peneliti AI berusia 35 tahun ke bawah (hingga 5 periset dalam setahun)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here