Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto G5 Plus segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

iphone-7-plus-vs-motorola-moto-g5-plus

Apple sebagai perusahaan ponsel ternama yang merajai pasar gadget selalu menghadirkan produk- produk ponsel baru yang menarik untuk diikuti terutama bagi mereka para pecinta gadget. Dari sekian banyak ponsel-ponsel yang diproduksi oleh Apple, Apple iPhone 7 merupakan salah satu ponsel yang peluncurannya belum lama dilakukan. Dengan berbagai fitur baru yang canggih, ponsel ini menarik perhatian banyak orang untuk memilikinya.

Sehingga Apple berusaha menghadirkan ponsel iPhone 7 dengan spesifikasi yang lebih canggih. Ponsel tersebut kemudian diberi nama Apple iPhone 7 Plus karena merupakan generasi penerus dari iPhone 6 Plus dengan tajuk terbarukan dari rasa iPhone 7. Tentu, penggunaan kata plus harus memberi rasa yang berarti pada perangka tini dibandingkan perangkat standarnya.

Sama-sama diluncurkan pada September 2016, iPhone 7 dan Apple iPhone 7 Plus memiliki tampilan yang terbilang mirip, namun versi 7 Plus memiliki berbagai fitur dan tampilan fisik yang sedikit berbeda. Perbedaan di antara kedua ponsel tersebut misalnya bisa dilihat ukuran layar. Apple iPhone 7 Plus tentu dengan cepat akan menjadi hits di kalangan para pemakai ponsel pintar dengan fitur-fiturnya yang lebih lengkap.

Diawal 2017 ini, sebelumnya Motorola akan meluncurkan dua buah perangkat baru sekaligus yang akan mengusung nama Motorola Moto G5 Plus dan Motorola Moto G5. Kedua handset tersebut diketahui merupakan generasi penerus dari dua ponsel yang telah diluncurkan lebih dulu pada tahun ini, yaitu Motorola Moto G4 dan Motorola Moto G4 Plus.

Sebagai, suksesor dari kedua perangkat itu tentu Motorola Moto G5 dan Motorola Moto G5 Plus menyandang berbagai upgrade sehingga mampu menyuguhkan performa yang lebih handal dan menarik bagi para penggunanya.

Motorola Moto G5 Plus sendiri jika dilihat sekilas memang sangat mirip dengan Moto G5. Akan tetapi dengan embel-embel ‘Plus’ yang disematkan pada belakang namanya, tentu Motorola Moto G5 Plus ini bakal menyuguhkan performa yang lebih maksimal dengan bekalan spesifikasi yang sudah dioptimalkan.

Motorola Moto G5 Plus membawa spesifikasi yang menarik untuk ponsel mid-end. Meski jika dilihat dari segi visualnya, Moto G5 dan Moto G5 Plus terlihat identik, namun tentu ada sejumlah perbedaan yang bisa ditemukan dari kedua perangkat tersebut.

Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto G5 Plus segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasan selengkapnya :

Perbandingan Spesifikasi  Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto G5 Plus

Spesifikasi Apple iPhone 7 Plus

  • Smartphone Lebar dengan Sistem Proteksi Ion-strengthened Glass dan Oleophobic Coating

Ponsel ini terlihat lebih modern karena ukurannya memang lebih ramping jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel dari Apple lainnya. Hadir dengan ketebalan yang tipis, ponsel iPhone 7 versi terbaru ini memiliki dimensi lebar. Layarnya yang luas dan dilengkapi dengan LED-backlit IPS LCD 16 M colors menghasilkan resolusi sebesar 1080 x 1920 pixels HD sehingga gambar yang dilihat sangat jelas dan menarik.

Massa Apple iPhone 7 Plus terbilang ringan sehingga membuatnya semakin mudah untuk dibawa. Selain itu, tubuh dari ponsel ini dilindungi dengan fitur kedap air dan debu yang telah tersertifikasi oleh IP67. Adanya fitur kedap air ini membuat ponsel mampu bertahan selama 30 menit di air sedalam 1 meter. Layar dari Apple iPhone 7 Plus ini dilindungi dengan ion-strengthened glass dan oleophobic coating yang terdiri dari beberapa fitur.

Misalnya saja teknologi baru untuk LCD monitor yaitu wide color gamut display yang membuat layar dari ponsel ini lebih terang dibandingkan ponsel-ponsel yang telah ada. Tak hanya itu, iPhone 7 Plus hadir dengan display, 3D touch display dan home button yang ada di bagian bawah ponsel. Versi terbaru spesifikasi Apple iPhone 7 Plus ini hadir dalam berbagai pilihan warna yaitu jet black, black, silver, gold, dan rose gold.

  • Sistem Operasi Terbaru Jadi Andalan Ruang Olah Data

Jika berbicara mengenai mesin yang digunakan dalam ponsel terbaru dari Apple ini, maka spesifikasi iPhone 7 Plus ini merupakan salah satu produk Apple yang pertama kali menggunakan sistem operasi iOS terbaru pada saat itu dari pabrikannya. Selain sistem operasi baru, ponsel ini juga menggunakan chipset Apple A10 yang didukung dengan RAM yang kapasitasnya besar.

Mesin dari Apple iPhone 7 Plus ini memberikan kinerja yang lebih baik apabila dibandingkan dengan ponsel-ponsel milik Apple lainnya dengan digunakannya tenaga processor Quad-core 2.23 GHz. Apple iPhone 7 Plus ini merupakan ponsel yang tergolong premium sehingga tak heran jika anda bisa menemukan GPU dengan kualitas tinggi di dalamnya. Spesifikasi iPhone 7 Plus tersebut, selain membuat kinerja mesin lebih efektif juga menghasilkan gambar yang lebih halus dan menarik.

  • Ruang Penyimpanan Terdiri dari Tiga Varian

Jika menilik fitur-fitur canggih dan komponen baru yang dimiliki oleh ponsel ini, tentu smartphone ini hadir dengan memory yang besar sehingga mampu menampung semua file sistem dan file hiburan yang dimiliki oleh penggunanya.

Memory internal yang ada di dalam Apple iPhone 7 Plus ini sangat luas dan tersedia dalam tiga varian yang paling kecil saja sudah cukup memadai sehingga mempermudah penggunanya untuk menyimpan cukup banyak file.

Meskipun memory internal yang dimilikinya cukup besar dan terdiri dari tiga macam, Apple iPhone 7 Plus ini tidak mempunyai fitur untuk memory eksternal sehingga anda harus menyimpan file secara lebih bijaksana. Jika diingat, nampaknya spesifikasi Apple iPhone 7 Plus tersebut sudah dapat ditebak karena dari awal memang Apple tak begitu suka dengan eksternal memori.

  • Konektivitas Andalkan Jaringan 4G LTE Cat6

Pada segmen ini kita akan berganti membahas akses jaringan yang diberikan dalam spesifikasi iPhone 7 Plus. Hampir semua aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang dalam kesehariannya tak bisa dilepaskan dengan penggunaan internet. Oleh sebab itu, Apple mencoba menggunakan akses internet yang bisa membantu para pengguna smartphone versi 7 Plus.

Pada versi terbaru ini, Apple mengaplikasikan jaringan 4G Cat6 LTE sehingga kecepatan aksesnya mencapai 300 Mbps/50 Mbps. Selain itu, Apple iPhone 7 Plus ini menggunakan akses jaringan 3G HSDPA dan EVDo Rev A dan akses jaringan lama GSM dan CDMA yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan penggunanya. Untuk fitur penangkap sinyal internet, smartphone ini dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 dual-band dan hotspot.

Untuk akses jaringan jarak dekat, kamu bisa memakai fitur Bluetooth v4.2 dan USB v2.0. Fitur GPS Apple iPhone 7 Plus ini mengombinasikan A-GPS dan GLONASS. Dengan digunakannya GLONASS maka sistem navigasi ponsel ini lebih akurat dibandingkan dengan ponsel-ponsel lainnya yang hanya menggunakan A-GPS saja. Tentu saja, hal tersebut merupakan salah satu kelebihan dari spesifikasi Apple iPhone 7 Plus ini. Berikut spesifikasi lengkapnya :

iphone-7-plus

  • Layar
5.5 inci LED-backlit IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920 Pixel
  • Body
158.2 x 77.9 x 7.3 mm, 188 gram, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA+, 4G LTE Cat9 450/50 Mbps
  • Sistem Operasi
iOS 10.0.1
  • Chipset
CPU Apple A10 Fusion + GPU PowerVR Series7XT Plus
  • Memori
RAM : 3 GB , Internal : 32/128/256 GB , MicroSD : No
  • Kamera Belakang
Dual 12 MP , PDAF, 2x Optical Zoom, OIS, Quad-LED Flash
  • Kamera Depan
7 MP
  • Sensor
Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass,
  • Warna
Jet Black, Hitam, Silver, Gold, Rose Gold,
  • Baterai
Li lon 2900 mAh, Non-Removable

Spesifikasi Motorola Moto G5 Plus

  • Phablet Besardengan Adopsi Desain Seri Sebelumnya

Membicarakan mengenai tampilan fisik dari spesifikasi Motorola Moto G5 Plus, sebenarnya smartphone ini bisa dikatakan sangat mirip dengan varian regulernya yang masih membawa desain khas dari generasi pendahulunya, yaitu Motorola Moto G4.

Namun kabarnya, untuk Motorola Moto G5 dan Motorola Moto G5 Plus pada bezel bagian sampingnya akan dibuat lebih slim dan bodinya akan tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih. Spesifikasinya barunya menunjukan bahwa produk terbaru yang bertajuk Motorola Moto G5 Plus ini akan dibekali dengan layar IPS LCD capacitive touchscreen berukuran besar. Layar ini sanggup menghasilkan resolusi Full HD piksel dengan kerapatan yang tinggi.

Jenis Proteksi layarnya akan menggunakan Corning Gorilla Glass 4 yang merupakan versi upgrade dari ponsel sebelumnya. Nah, yang membuat spesifikasi Motorola Moto G5 Plus berbeda dengan varian regulernya adalah karena perangkat ini sudah dibekali dengan sensor fingerprint untuk mendukung keamanannya.

motorola-moto-g5

  • Dapur Pacu Gahar Berkat Prosesor Octa Core dan Dua Varian RAM

Sejumlah upgrade juga rupanya bisa dijumpai pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Motorola Moto G5 Plus. Meski chipset  yang akan disematkan pada sektor dapur pacunya belum diketahui, namun banyak yang memprediksi bahwa Motorola akan menyematkan chip handal yang tertanam pada Motorola Moto G5 Plus tersebut.

Chip tersebut akan menghasilkan prosesor Octa-core 64-Bit yang bertenaga sehingga kinerjanya sangat mumpuni. Sektor ini juga dibekali dengan dua varian RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi daripada varian standarnya sehingga segala aktivitas multitasking pada Motorola Moto G5 Plus ini bisa berjalan dengan mulus dan responsif.

Sektor  dapur pacunya juga sudah mengandalkan sistem operasi Android terbaru di tahun 2017 ini untuk menjalankan seluruh komponen yang tersemat pada spesifikasi Motorola Moto G5 Plus tersebut sehingga kerjanya bakal lebih ringan dan kaya akan ketersediaan fitur-fitur baru.

  • Ruang Simpan Data Leluasa dengan Dua Varian Memori Internal  dan Slot MicroSD

Melihat kegaharan dari sektor dapur pacunya, untuk kebutuhan simpan data perangkat baru Motorola ini menawarkan dua opsi memori internal berukuran besar. Dengan dua kapasitas tersebut, pengguna sebenarnya sudah bisa dengan leluasa menyimpan berbagai file miliknya. Namun jika pengguna masih merasa kekurangan akan memori internal yang ada pada Motorola Moto G5 Plus ini, pengguna smartphone ini pun tidak perlu khawatir.

Pasalnya, ruang penyimpananyang ada pada Motorola Moto G5 Plus ini masih bisa diperluas dengan menambahkan kartu microSD yang kapasitas maksimalnya mencapai ekspansi maksimum sehingga penggunanya tak perlu takut kekurangan space memori. Dari kapasitas memori internal yang disebutkan diatas, spesifikasi Motorola Moto G5 Plus pada sektor ruang penyimpanan nampaknya sudah cukup mumpuni.

  • Konektivitas Lengkap dan Cepat Berkat Akses Jaringan 4G LTE

Dengan menjamurnya smartphone yang dibekali dengan teknologi jaringan 4G LTE, spesifikasi Motorola Moto G5 Plus ini juga nampaknya sudah dilengkapi dengan teknologi 4G LTE tersebut. Penggunaan akses jaringan baru tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan unduh data berkecepatan hingga 150 Mbps dan unggah data berkecepatan hingga 50 Mbps.

Meski begitu, untuk sobat begawei yang daerahnya belum terjangkau oleh jaringan 4G LTE, pada Motorola Moto G5 Plus ini juga masih bisa memakai jaringan alternatif 2G GSM dan 3G HSPA. Selain fitur-fitur tersebut, ponsel terbaru besutan Motorola ini juga mendukung penggunaan dual SIM yang akan membuat kebutuhan komunikasi jadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, pada Motorola Moto G5 Plus ini tersedia pula fitur konektivitas jarak dekat seperti Wi-fi dan hotspot yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan akses internet gratis. Untuk kebutuhan bertukar data, ponsel ini dibekali juga dengan Bluetooth v4.2, A2DP, LE, microUSB v2.0, dan USB Host.

Terakhir, sektor konektivitas dari spesifikasi Motorola Moto G5 Plus ini juga didukung dengan teknologi A-GPS, GLONASS, dan BDS sehingga sistem navigasinya bisa dikatakan sangat akurat. Berikut spesifikasi lengkapnya :

motorola-moto-g5-plus-1

  • Layar
5.2 inci IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920 pixels
  • Body
150.2 x 74 x 7.7 mm, 155 Gram, Metal
  • Jaringan
4G LTE Cat 6 300/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v7.0 Nougat
  • Chipset
CPU Snapdragon 625 + GPU Adreno 506
  • Memori
RAM : 3/4 GB , Internal : 32/64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
12 MP, Autofocus, Dual-LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro, Compass, Fingerprint
  • Warna
Lunar Grey, Fine Gold
  • Baterai
Li lon 3000 mAh – Fast Charging

 

Perbandingan Hasil Kamera Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto G5 Plus

Fitur Fotografi Berkekuatan Dual Kamera Utama Kombinasi 12 MP dan 7 MP

Sebagai ponsel yang tergolong ke dalam kelas premium, fitur kamera yang menjadi fitur penting dari sebuah ponsel pintar juga menjadi perhatian utama dari Apple. Apple melengkapi Apple iPhone 7 Plus ini dengan kamera utama berukuran 12 MP dengan fitur utama phase detection autofocus dan quad-Led flash yang membuat gambar yang dihasilkan terlihat lebih real dan halus.

Fitur kamera kedua dari ponsel ini besarnya adalah 7 MP dengan fitur face detection, HDR, dan panorama. Kamera Apple iPhone 7 Plus ini juga bisa menghasilkan beberapa macam video yang minimal resolusinya saja suudah menampilkan gambar yang tajam. Ada juga fitur-fitur pendukung kamera lainnya seperti geo-tagging, simultaneous 4K video dan 8Mp image recording, touch focus, face/smile detection, serta HDR (photo/panorama) yang akan menggenapi seluruh spesifikasi iPhone 7 Plus tersebut.

hasil-kamera-iphone-7-plus

Lini Fotografi Suguhkan Duet Kamera 16 MP dan 5 MP

Smartphone dengan kamera beresolusi tinggi saat ini memang sedang di gemari, melihat situasi tersebut Motorola pun tidak mau ketinggalan, pada spesifikasi Motorola Moto G5 Plus sektor fotografi smartphone ini nampaknya juga sudah dipersenjatai dengan komponen yang memuaskan.

Pasalnya, Motorola mempersenjatai Motorola Moto G5 Plus dengan kamera utama beresolusi 16 MP yang memiliki aperture tinggi pada bagian belakang bodinya. Kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur autofocus dan dual LED flash sehingga bidikan kamera lebih mantap dan foto yang dihasilkan oleh Motorola Moto G5 Plus pada malam hari tetap terlihat jernih.  Kamera utamanya juga mampu menghasilkan video sebesar Full HD.

Sementara itu, pada bagian mukanya tersemat kamera sekunder beresolusi 5 MP yang tak hanya mendukung aktivitas selfie tetapi juga video call. Fitur-fitur pendukung kamera modern seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan auto-HDR juga disematkan pada spesifikasi Motorola Moto G5 Plus ini yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan dokumentasi.

motorola-moto-g5-plus-2

Perbandingan dari Segi Harga Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto G5 Plus di Indonesia

Harga iPhone 7 Plus baru untuk versi memori internal 32 GB dijual sekitar 13,9 Jutaan, sedangkan yang versi internal 128 GB dijual sekitar 15,8 Jutaan dan untuk versi internal 256 GB berada dikisaran17,6 Jutaan itu untuk harga barunya. Sementara untuk harga bekasnya dijual sekitar 10 Jutaan untuk versi memori internal 32 GB. Jika melihat tabel diatas harga barunya masih stabil jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Akan tetapi untuk harga bekasnya menagalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Sebagai informasi, harga tersebut merupakan harga bergaransi resmi, oleh sebab itu harganya juga sangat mahal. Akan tetapi jika kamu kepingin harga yang lebih murah, mimin merokomendasikan iPhone 7 Plus yang bergaransi distributor. Rincianya sebagai berikut Untuk versi internal 32 GB dijual sekitar 10 Jutaan, untuk versi internal 128 GB dijual sekitar 12 Jutaan serta untuk versi yang paling tangguh yakni internal 256 GB ditawarkan sekitar 13 Jutaan.

Harga yang terbilang sangat mahal untuk ukuran smartphone. Akan tetapi, sangat sebanding dengan sederet spesifikasi dan fitur yang dibawa, tak hanya itu saja iPhone 7 Plus juga akan menambah rasa percaya diri dari penggunaya karena merupakan smartphne branded Aplle yang menjadi salah satu brand dagang yang eksklusif.

iphone-7-plus-1

Sedangkan, harga Motorola Moto G5 Plus untuk bulan ini dibandrol dengan harga Rp. 5,0 jutaan untuk harga barunya. Dan untuk harga bekasnya dihargai sebesar Rp. 4,2 jutaan tergantung kondisi. Smartphone ini akan dilepas ke pasaran untuk menyasar kelas menengah ke atas sehingga harga Motorola Moto G5 Plus ini nantinya bisa dibilang tinggi dan belum tentu bisa dijangkau oleh konsumen segmen pemula.

Melihat secara detail mengenai Motorola Moto G5 Plus ini, spesifikasi yang dibawanya cukup menggoda untuk dimiliki. Apalagi bandrolan harganya yang sangat terjangkau, nggak heran jika smartphone ini cukup banyak difavoritkan. Disamping spesifikasinya yang mumpuni, Motorola Moto G5 Plus juga hadir dengan desain futuristik dan tidak meninggalkan ciri khas Motorola.

Perbandingan dari Segi Baterai Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto G5 Plus

Kapasitas Baterai Li-Ion Mencapai 2900 mAH

Untuk bagian terakhir dari spesifikasi iPhone 7 Plus ini, kami akan membahas mengenai baterai yang digunakan oleh iPhone 7 Plus. Jenis baterai yang digunakan dalam ponsel ini adalah non-removable Li-Ion battery yang kapasitasnya mencapai 2900 mAh. Baterai ini bisa bertahan selama 384 jam dalam kondisi jaringan 3G.

Apabila penggunanya menggunakan Apple iPhone 7 Plus untuk menelepon teman atau kerabat, maka baterai di ponsel ini tidak akan mati selama 21 jam asal ponsel ada dalam keadaan 3G.

Jenis baterai yang digunakan oleh Apple iPhone 7 Plus ini juga sangat mendukung para penggunanya yang hobi mendengarkan musik karena ponsel ini mampu bertahan selama 60 jam apabila anda menggunakannya untuk mendengarkan berbagai musik favorit anda. Hal tersebut tentu semakin menggenapi kehebatan spesifikasi iPhone 7 Plus tersebut.

motorola-moto-g5-plus-3

Baterai dengan Kapasitas Sangat Mendukung Operasional

Setelah mengulas beberapa sektor dari spesifikasi Motorola Moto G5 Plus, sekarang saatnya untuk mengulas mengenai suplai daya yang disediakan oleh ponsel terbaru besutan Motorola tersebut. Dengan membawa segala spesifikasi yang cukup mumpuni, Motorola Moto G5 Plus ini tentu membutuhkan pasokan daya yang cukup besar.

Meski begitu, hingga saat ini Motorola belum mengeluarkan informasi pasti mengenai kapasitas baterai yang bakal digunakannya. Menurut kabar yang beredar, menyebutkan bahwa pada Motorola Moto G5 Plus ini akan ditanami dengan jenis baterai non-removable Lithium Ion sehingga tidak bisa dilepas.

Namun, jika menilik pada kapastias baterai yang diusung oleh genberasi sebelumnya yaitu Moto G4 dan Moto G4 Plus yang memiliki kapasitas baterai sebesar 3000 mAh pada Motorola Moto G5 Plus yang merupakan penerus dari generasi sebelumnya ini tentu akan di upgrade menjadi lebih besar.

Menurut info yang didapatkan, kapasitas baterai yang akan disematkan pada smartphone ini akan di upgrade menjadi 3.600 mAh. Bahkan, sektor suplai daya dari spesifikasi Motorola Moto G5 Plus ini juga dibekali dengan fitur fast charging sehingga pengisian daya bisa dilakukan dengan cepat.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto G5 Plus segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone kelas atas ini merupakan produk teranyar dari kedua vendor yang sudah tidak asing ditelinga kita ini memiliki kelebihan yang luar biasa, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smarthone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here