Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto Z segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

iphone-7-plus-vs-moto-z

Apple sebagai perusahaan ponsel ternama yang merajai pasar gadget selalu menghadirkan produk- produk ponsel baru yang menarik untuk diikuti terutama bagi mereka para pecinta gadget. Dari sekian banyak ponsel-ponsel yang diproduksi oleh Apple, Apple iPhone 7 merupakan salah satu ponsel yang peluncurannya belum lama dilakukan. Dengan berbagai fitur baru yang canggih, ponsel ini menarik perhatian banyak orang untuk memilikinya.

Sehingga Apple berusaha menghadirkan ponsel iPhone 7 dengan spesifikasi yang lebih canggih. Ponsel tersebut kemudian diberi nama Apple iPhone 7 Plus karena merupakan generasi penerus dari iPhone 6 Plus dengan tajuk terbarukan dari rasa iPhone 7. Tentu, penggunaan kata plus harus memberi rasa yang berarti pada perangka tini dibandingkan perangkat standarnya.

Sama-sama diluncurkan pada September 2016, iPhone 7 dan Apple iPhone 7 Plus memiliki tampilan yang terbilang mirip, namun versi 7 Plus memiliki berbagai fitur dan tampilan fisik yang sedikit berbeda. Perbedaan di antara kedua ponsel tersebut misalnya bisa dilihat ukuran layar. Apple iPhone 7 Plus tentu dengan cepat akan menjadi hits di kalangan para pemakai ponsel pintar dengan fitur-fiturnya yang lebih lengkap.

Di bulan keenam tahun 2016 lalu, Motorola kembali memperkenalkan produk terbarunya. Setelah sebelumnya mendatangkan Motorola Moto X series, kali ini produk terbarunya adalah Motorola Moto Z yang akan membawa spesifikasi smartphone premium. Sebagai generasi penerus, sudah dapat dipastikan bahwa Motorola Moto Z membawakan spesifikasi yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Bisa dibilang, kali ini generasi Motorola akan lebih berasa Lenovo dibandingkan sebelum-sebelumnya akibat cengkraman Lenovo pada perusahaan Motorola.

Hadir dengan menyasar segmentasi ponsel kelas premium, pastilah Motorola Moto Z telah siap dengan segudang keunggulan dan kualitas yang dibawanya. Pada segi fisik, Motorola Moto Z memang masih membawakan bentuk tubuh dan wajah yang kental dengan desain dari Motorola Moto lainnya. Sementara itu bodinya juga terbilang sangat tipis dan memberi kenyamanan maksimal pada proses operasional.

Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto Z segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto Z

Spesifikasi Apple iPhone 7 Plus

  • Smartphone Lebar dengan Sistem Proteksi Ion-strengthened Glass dan Oleophobic Coating

Ponsel ini terlihat lebih modern karena ukurannya memang lebih ramping jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel dari Apple lainnya. Hadir dengan ketebalan yang tipis, ponsel iPhone 7 versi terbaru ini memiliki dimensi lebar. Layarnya yang luas dan dilengkapi dengan LED-backlit IPS LCD 16 M colors menghasilkan resolusi sebesar 1080 x 1920 pixels HD sehingga gambar yang dilihat sangat jelas dan menarik.

Massa Apple iPhone 7 Plus terbilang ringan sehingga membuatnya semakin mudah untuk dibawa. Selain itu, tubuh dari ponsel ini dilindungi dengan fitur kedap air dan debu yang telah tersertifikasi oleh IP67. Adanya fitur kedap air ini membuat ponsel mampu bertahan selama 30 menit di air sedalam 1 meter. Layar dari Apple iPhone 7 Plus ini dilindungi dengan ion-strengthened glass dan oleophobic coating yang terdiri dari beberapa fitur.

Misalnya saja teknologi baru untuk LCD monitor yaitu wide color gamut display yang membuat layar dari ponsel ini lebih terang dibandingkan ponsel-ponsel yang telah ada. Tak hanya itu, iPhone 7 Plus hadir dengan display, 3D touch display dan home button yang ada di bagian bawah ponsel. Versi terbaru spesifikasi Apple iPhone 7 Plus ini hadir dalam berbagai pilihan warna yaitu jet black, black, silver, gold, dan rose gold.

  • Sistem Operasi Terbaru Jadi Andalan Ruang Olah Data

Jika berbicara mengenai mesin yang digunakan dalam ponsel terbaru dari Apple ini, maka spesifikasi iPhone 7 Plus ini merupakan salah satu produk Apple yang pertama kali menggunakan sistem operasi iOS terbaru pada saat itu dari pabrikannya. Selain sistem operasi baru, ponsel ini juga menggunakan chipset Apple A10 yang didukung dengan RAM yang kapasitasnya besar.

Mesin dari Apple iPhone 7 Plus ini memberikan kinerja yang lebih baik apabila dibandingkan dengan ponsel-ponsel milik Apple lainnya dengan digunakannya tenaga processor Quad-core 2.23 GHz. Apple iPhone 7 Plus ini merupakan ponsel yang tergolong premium sehingga tak heran jika anda bisa menemukan GPU dengan kualitas tinggi di dalamnya. Spesifikasi iPhone 7 Plus tersebut, selain membuat kinerja mesin lebih efektif juga menghasilkan gambar yang lebih halus dan menarik.

  • Ruang Penyimpanan Terdiri dari Tiga Varian

Jika menilik fitur-fitur canggih dan komponen baru yang dimiliki oleh ponsel ini, tentu smartphone ini hadir dengan memory yang besar sehingga mampu menampung semua file sistem dan file hiburan yang dimiliki oleh penggunanya.

Memory internal yang ada di dalam Apple iPhone 7 Plus ini sangat luas dan tersedia dalam tiga varian yang paling kecil saja sudah cukup memadai sehingga mempermudah penggunanya untuk menyimpan cukup banyak file.

Meskipun memory internal yang dimilikinya cukup besar dan terdiri dari tiga macam, Apple iPhone 7 Plus ini tidak mempunyai fitur untuk memory eksternal sehingga anda harus menyimpan file secara lebih bijaksana. Jika diingat, nampaknya spesifikasi Apple iPhone 7 Plus tersebut sudah dapat ditebak karena dari awal memang Apple tak begitu suka dengan eksternal memori.

  • Konektivitas Andalkan Jaringan 4G LTE Cat6

Pada segmen ini kita akan berganti membahas akses jaringan yang diberikan dalam spesifikasi iPhone 7 Plus. Hampir semua aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang dalam kesehariannya tak bisa dilepaskan dengan penggunaan internet. Oleh sebab itu, Apple mencoba menggunakan akses internet yang bisa membantu para pengguna smartphone versi 7 Plus.

Pada versi terbaru ini, Apple mengaplikasikan jaringan 4G Cat6 LTE sehingga kecepatan aksesnya mencapai 300 Mbps/50 Mbps. Selain itu, Apple iPhone 7 Plus ini menggunakan akses jaringan 3G HSDPA dan EVDo Rev A dan akses jaringan lama GSM dan CDMA yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan penggunanya. Untuk fitur penangkap sinyal internet, smartphone ini dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 dual-band dan hotspot.

Untuk akses jaringan jarak dekat, kamu bisa memakai fitur Bluetooth v4.2 dan USB v2.0. Fitur GPS Apple iPhone 7 Plus ini mengombinasikan A-GPS dan GLONASS. Dengan digunakannya GLONASS maka sistem navigasi ponsel ini lebih akurat dibandingkan dengan ponsel-ponsel lainnya yang hanya menggunakan A-GPS saja. Tentu saja, hal tersebut merupakan salah satu kelebihan dari spesifikasi Apple iPhone 7 Plus ini. Berikut spesifikasi lengkapnya :

iphone-7-plus

  • Layar
5.5 inci LED-backlit IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920 Pixel
  • Body
158.2 x 77.9 x 7.3 mm, 188 gram, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA+, 4G LTE Cat9 450/50 Mbps
  • Sistem Operasi
iOS 10.0.1
  • Chipset
CPU Apple A10 Fusion + GPU PowerVR Series7XT Plus
  • Memori
RAM : 3 GB , Internal : 32/128/256 GB , MicroSD : No
  • Kamera Belakang
Dual 12 MP , PDAF, 2x Optical Zoom, OIS, Quad-LED Flash
  • Kamera Depan
7 MP
  • Sensor
Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass,
  • Warna
Jet Black, Hitam, Silver, Gold, Rose Gold,
  • Baterai
Li lon 2900 mAh, Non-Removable

Spesifikasi Motorola Moto Z

  • Desain Khas Motorola Moto dengan Visualisasi Premium

Melihat spesifikasi Motorola Moto Z ini secara fisik, pastisudah banyak orang yang langsung mengenali produk ini adalah keluarga Motorola Moto. Desainnya yang begitu khas membuatnya tidak sulit untuk dikenali. Selain itu, penampakan yang masih sama dengan generasi lama juga membuat Motorola Moto Z menjadi semakin familiar meskipun terbalut dengan varian warna berbeda.

Perbedaan dengan versi lamanya, juga terlihat pada dimensi yang diusung. Untuk Motorola Moto Z, membawakan bentuk tubuh yang sangat tipis dengan bobot yang ringan. Dari dimensi tersebut, tentu pengoperasian juga menjadi lebih nyaman. Mengusung layar panel super AMOLED berukuran layar lebar juga menciptakan visual display ponsel ini memberi ruang yang lega.

Berkat resolusi Quad HD dengan kerapatan layar yang tinggi juga menjadikan tampilan Motorola Moto Z ini sangat nyaman di mata. Proteksi maksimal juga telah diberikan secara built-in oleh vendor sehingga penggunanya akan langsung bisa menikmati perlindungan maksimal dari Corning Gorilla Glass 4 tanpa perlu keluar uang lagi. Selain itu, sama halnya dengan ponsel premium lainnya, spesifikasi Motorola Moto Z juga telah dilengkapi oleh fingerprint sensor sebagai fitur keamanan bagi pengguna.

 

  • Dapur Pacu Sangar dengan Chipset Andalan dan RAM Besar

Setelah mengetahui seperti apa penampilan fisik yang dibawa oleh spesifikasi Motorola Moto Z ini, kini saatnya kita mengulik secara detail pada spesifikasi teknisnya. Untuk urusan pengolah data, Motorola mengandalkan chipset terbaik yang bekerja dengan tenaga processor Dua-core 2,15 GHz Kryo dan dual-core 1,6 GHz Kryo sehingga setiap kegiatan operasional akan berjalan dengan lancar dan sangat responsif.

Kemaksimalan kinerja Motorola Moto Z ini juga terdukung berkat adanya RAM berkaspasitas besar yang diberikan. Dari kapasitas RAM ini, tentu segala proses termasuk kerja multitasking akan tetap lancar bebas hambatan. Di samping itu, buat kamu yang hobi bermain game Motorola juga telah membekali Motorola Moto Z ini dengan pengolah grafis dari GPU dengan kualiats terbaik pula yang siap sajikan visual grafis terbaik.

Di samping semua komponen hardware yang disusun sedemikian rapi, platform yang digunakan pada ponsel ini juga sangat mendukung operasional secara optimal. Nah, untuk urusan ini Motorola telah mengandalkan platform dari sistem operasi Android dengan segudang fitur sehingga akan bekerja menggerakkan seluruh spesifikasi Motorola Moto Z ini.

  • Ruang Simpan Ekstra Luas dengan Dua Varian Kapasitas Memori Internal

Siap bersaing di pasar industri gadget modern yang membawa kualitas bagus, tentunya spesifikasi Motorola Moto Z telah menyiapkan ruang penyimpanan file yang sesuai dengan segala kebutuhan proses operasional yang ada. Untuk mendukung kualitas kerja yang lebih baik, Motorola telah membekali ponsel terbarunya ini dengan ruang simpan yang sangat luas setara dengan ponsel-ponsel kelas atas lainnya. Motorola Moto Z ini memiliki memori internal yang tersedia dalam dua varian.

Hal ini tentu akan membuat penggunanya lebih mudah memilih sesuai kebutuhan dan daya beli. Varian memori internal pada Motorola Moto Z ini adalah pilihan yang sama-sama menarik dan tentunya akan lebih dari cukup untuk mengcover seluruh kebutuhan penyimpanan file. Jadi, nampaknya tak ada keraguan sedikitpun bahwa Motorola Moto Z ini dapat digunakan untuk tempat penampungan file hiburan eksternal seperti video, audio, dan foto dalam jumlah kapasitas besar.

Tak cukup dengan itu, apabila penggunanya menghendaki ruang simpan yang lebih luas pada Motorola Moto Z ini, maka bisa juga memanfaatkan slot memori eksternal yang disematkan pada ponsel ini. Kemaksimalan ruang simpan dalam spesifikasi Motorola Moto Z tersebut mampu mencapai ekspansi maksimal.

  • Komunikasi Selular Efisien dengan Koneksi Jaringan 4G LTE

Hadir pada sesaknya persaingan produk-produk terbaru yang hampir semuanya membawa teknologi canggih, spesifikasi Motorola Moto Z juga tak ingin tertinggal. Salah satunya yang tak terlewatkan sebagai ponsel modern adalah konektivitas berkecepatan maksimal yang harus ada. Untuk urusan ini, tak perlu lagi ditanyakan, meski ponsel ini masih membawa slot single nano-SIM namun akses internetnya telah terdukung dengan sempurna.

Motorola Moto Z telah menggunakan jalur utama untuk akses internet dengan teknologi jaringan 4G LTE. Seperti diketahui bahwa akses dengan 4G LTE, akan menyuguhkan kecepatan aktivitas download 150 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps. Selain itu, sebagai jalur alternatif, Motorola juga masih menyematkan jaringan versi lama 3G HSPA.

Jaringan ini akan membuat Motorola Moto Z tetap berguna pada saat kamu berada pada lokasi yang berada di luar jangkauan 4G LTE, sehingga di manapun kamu berada maka ponsel ini tetap setia memberikan konektivitas terbaiknya. Selain kebutuhan internet yang terfasilitasi dengan sempurna, kebutuhan akan konektivitas jarak dekat pada Motorola Moto Z ini juga terpenuhi.

Beberapa fitur fungsional seperti Wifi, hotspot, Bluetooth v4.1 A2DP,LE dan juga microUSB type-C reversible connector dan USB OTG yang akan bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dengan  sangat maksimal. Spesifikasi Motorola Moto Z ini juga telah mendukung navigasi dari A-GPS dan GLONASS yang lebih akurat. Berikut spesifikasi lengkapnya :

  • Body
153.3 x 75.3 x 5.2 mm, 136 Gram, Metal
  • Layar
5.5 inci AMOLED Capacitive , 1440 x 2560 Pixel
  • Jaringan
4G LTE Cat 6 300/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marshmallow
  • Chipset
CPU Snapdragon 820 + GPU Adreno 530
  • Memori
RAM : 4 GB , Internal : 64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , OIS, Dual-LED Flash, Laser Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP , Beautification, Flash, Wide-Angle lens
  • Sensor
Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Warna
Gray, Gold
  • Baterai
Li lon 2600 mAh – Fast Charging

 

Perbandingan Hasil Kamera Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto Z

Fitur Fotografi Berkekuatan Dual Kamera Utama Kombinasi 12 MP dan 7 MP

Sebagai ponsel yang tergolong ke dalam kelas premium, fitur kamera yang menjadi fitur penting dari sebuah ponsel pintar juga menjadi perhatian utama dari Apple. Apple melengkapi Apple iPhone 7 Plus ini dengan kamera utama berukuran 12 MP dengan fitur utama phase detection autofocus dan quad-Led flash yang membuat gambar yang dihasilkan terlihat lebih real dan halus.

Fitur kamera kedua dari ponsel ini besarnya adalah 7 MP dengan fitur face detection, HDR, dan panorama. Kamera Apple iPhone 7 Plus ini juga bisa menghasilkan beberapa macam video yang minimal resolusinya saja suudah menampilkan gambar yang tajam. Ada juga fitur-fitur pendukung kamera lainnya seperti geo-tagging, simultaneous 4K video dan 8Mp image recording, touch focus, face/smile detection, serta HDR (photo/panorama) yang akan menggenapi seluruh spesifikasi iPhone 7 Plus tersebut.

hasil-kamera-iphone-7-plus

Lini Fotografi Handal Berkat Duet Kamera 13 MP dan 5 MP

Spesifikasi Motorola Moto Z menghadirkan perangkat kamera handal yaitu dengan kamera utama berukuran 13 MP yang lengkap dengan dual LED flash , teknologi OIS dan laser autofocus. Fitur utama tersebut tentu akan memberi hasil jepretan yang sangat bagus.

Selain itu, fitur-fitur canggih juga disematkan pada kamera utama Motorola Moto Z ini untuk menciptakan hasil jepretan dengan sentuhan-sentuhan profesional seperti geo-tagging, touch focus, face detection, HDR dan Panorama. Kamera ini juga sanggup melakukan perekaman video dengan kualitas HD.

Tentu angka tersebut sudah dijamin membuat Motorola Moto Z ini masuk dalam kategori ponsel dengan kamera mewah. Tak lupa, dengan kebutuhan kamera sebagai fitur kekinian yaitu foto selfie dan panggilan video call dengan kamera sekunder berukuran 5 MP yang juga lengkap dengan fitur LED flash. Berkat spesifikasi Motorola Moto Z tersebut, ponsel ini termasuk perangkat yang sangat fungsional untuk media dokumentasi.

moto-z-1

Perbandingan dari Segi Harga Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto Z Plus di Indonesia

Harga iPhone 7 Plus baru untuk versi memori internal 32 GB dijual sekitar 13,9 Jutaan, sedangkan yang versi internal 128 GB dijual sekitar 15,8 Jutaan dan untuk versi internal 256 GB berada dikisaran17,6 Jutaan itu untuk harga barunya. Sementara untuk harga bekasnya dijual sekitar 10 Jutaan untuk versi memori internal 32 GB. Jika melihat tabel diatas harga barunya masih stabil jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Akan tetapi untuk harga bekasnya menagalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Sebagai informasi, harga tersebut merupakan harga bergaransi resmi, oleh sebab itu harganya juga sangat mahal. Akan tetapi jika kamu kepingin harga yang lebih murah, mimin merokomendasikan iPhone 7 Plus yang bergaransi distributor. Rincianya sebagai berikut Untuk versi internal 32 GB dijual sekitar 10 Jutaan, untuk versi internal 128 GB dijual sekitar 12 Jutaan serta untuk versi yang paling tangguh yakni internal 256 GB ditawarkan sekitar 13 Jutaan.

Harga yang terbilang sangat mahal untuk ukuran smartphone. Akan tetapi, sangat sebanding dengan sederet spesifikasi dan fitur yang dibawa, tak hanya itu saja iPhone 7 Plus juga akan menambah rasa percaya diri dari penggunaya karena merupakan smartphne branded Aplle yang menjadi salah satu brand dagang yang eksklusif.

iphone-7-plus-1

Sedangkan, harga Motorola Moto Z untuk bulan ini harganya berada dikisaran 6,9 jutaan untuk harga barunya. Sedangkan untuk harga bekasnya, Motorola Moto Z dijual dengan harga 5,5 jutaan, Jika dilihat harga barunya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Namun, untuk harga bekasnya mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Dengan semua kualitas dan spesifikasi yang dibawa Motorola Moto Z ini, mimin rasa bandrolan harga 7,6 jutaan terbilang over price atau kemahalan. Padahal, beberapa smartphone sekelasnya malah menawarkan spesifikasi tangguh dengan bandrolan harga yang lebih murah. Namun, buat kalian pecinta smartphone motorola, hal tersebut pastinya tak akan menjadi masalah. Pasalnya, spesifikasi yang dibawanya masih terbilang mumpuni.

Perbandingan dari Segi Baterai Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto Z

Kapasitas Baterai Li-Ion Mencapai 2900 mAH

Untuk bagian terakhir dari spesifikasi iPhone 7 Plus ini, kami akan membahas mengenai baterai yang digunakan oleh iPhone 7 Plus. Jenis baterai yang digunakan dalam ponsel ini adalah non-removable Li-Ion battery yang kapasitasnya mencapai 2900mAh. Baterai ini bisa bertahan selama 384 jam dalam kondisi jaringan 3G.

Apabila penggunanya menggunakan Apple iPhone 7 Plus untuk menelepon teman atau kerabat, maka baterai di ponsel ini tidak akan mati selama 21 jam asal ponsel ada dalam keadaan 3G. Jenis baterai yang digunakan oleh Apple iPhone 7 Plus ini juga sangat mendukung para penggunanya yang hobi mendengarkan musik karena ponsel ini mampu bertahan selama 60 jam apabila anda menggunakannya untuk mendengarkan berbagai musik favorit anda. Hal tersebut tentu semakin menggenapi kehebatan spesifikasi iPhone 7 Plus tersebut.

moto-z-2

Suplai Daya Dipasok 2.600 mAh

Untuk pembahasan spesifikasi Motorola Moto Z yang terakhir yakni pasokan daya yang diberikan pada ponsel ini. Untuk kapasitas baterai yang ada, tentu saja akan disesuaikan dengan kebutuhan operasional. Melihat dari spesifikasi display, dapur pacu dan juga konektivitas, tentu Motorola Moto Z ini membutuhkan kapasitas cukup besar untuk mendukung kelancaran kinerja selama seharian.

Namun, rupanya Motorola masih membekali Moto Z dengan  kapasitas baterai yang terbilang standar untuk spesifikasi yang dibekalkan. Untuk Motorola Moto Z rupanya masih dibekali dengan kapasitas baterai versi lama yaitu Lithium Ion berkapasitas 2.600 mAh. Meski kapasitasnya terbilang standar, namun penggunanya tak perlu khawatir. Pasalnya, spesifikasi Motorola Moto Z ini telah dilengkapi dengan fitur fast baterai charging.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 Plus VS Motorola Moto Z segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone kelas atas ini merupakan produk teranyar dari kedua vendor yang sudah tidak asing ditelinga kita ini memiliki kelebihan yang luar biasa, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smarthone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here