Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 Plus VS Oppo R11 Plus segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

iphone-7-plus-vs-oppo-r11-plus

Apple sebagai perusahaan ponsel ternama yang merajai pasar gadget selalu menghadirkan produk- produk ponsel baru yang menarik untuk diikuti terutama bagi mereka para pecinta gadget. Dari sekian banyak ponsel-ponsel yang diproduksi oleh Apple, Apple iPhone 7 merupakan salah satu ponsel yang peluncurannya belum lama dilakukan. Dengan berbagai fitur baru yang canggih, ponsel ini menarik perhatian banyak orang untuk memilikinya.

Sehingga Apple berusaha menghadirkan ponsel iPhone 7 dengan spesifikasi yang lebih canggih. Ponsel tersebut kemudian diberi nama Apple iPhone 7 Plus karena merupakan generasi penerus dari iPhone 6 Plus dengan tajuk terbarukan dari rasa iPhone 7. Tentu, penggunaan kata plus harus memberi rasa yang berarti pada perangka tini dibandingkan perangkat standarnya.

Sama-sama diluncurkan pada September 2016, iPhone 7 dan Apple iPhone 7 Plus memiliki tampilan yang terbilang mirip, namun versi 7 Plus memiliki berbagai fitur dan tampilan fisik yang sedikit berbeda. Perbedaan di antara kedua ponsel tersebut misalnya bisa dilihat ukuran layar. Apple iPhone 7 Plus tentu dengan cepat akan menjadi hits di kalangan para pemakai ponsel pintar dengan fitur-fiturnya yang lebih lengkap.

Oppo kembali menyiapkan produk baru bernama Oppo R11 Plus pada pertengahan Juni lalu. Oppo dalam setahun belakangan ini memang cukup rajin mengeluarkan smartphone yang mengedepankan keunggulan dalam urusan fotografi. Pada produk terbarunya tersebut, Oppo pun masih mengandalkan sektor fotografi sebagai salah satu kelebihan yang diusungnya.

Smartphone Oppo R11 Plus ini rupanya tak hanya diluncurkan sendirian. Namun di waktu yang sama Oppo juga merilis varian regulernya, Oppo R11. Meski kedua perangkat generasi penerus R9s dan R9s Plus ini telah dilengkapi dengan spesifikasi khas smartphone flagship, namun dengan embel-embel “Plus” yang tersemat di belakang namanya, ponsel Oppo R11 Plus ini hadir dengan ukuran layar yang lebih lebar serta spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan varian regulernya.

Tak hanya itu, meskipun keduanya sama-sama mengusung dual kamera utama yang tengah menjadi tren saat ini, akan tetapi fitur kamera utama ganda yang dimiliki oleh Oppo R11 Plus hadir dengan resolusi yang lebih tinggi sehingga kemampuannya tentu lebih baik dibandingkan dengan varian regulernya.

Perbandingan Spesifikasi HP Apple iPhone 7 Plus VS Oppo R11 Plus

Spesifikasi Apple iPhone 7 Plus

  • Smartphone Lebar dengan Sistem Proteksi Ion-strengthened Glass dan Oleophobic Coating

Ponsel ini terlihat lebih modern karena ukurannya memang lebih ramping jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel dari Apple lainnya. Hadir dengan ketebalan yang tipis, ponsel iPhone 7 versi terbaru ini memiliki dimensi lebar. Layarnya yang luas dan dilengkapi dengan LED-backlit IPS LCD 16 M colors menghasilkan resolusi sebesar 1080 x 1920 pixels HD sehingga gambar yang dilihat sangat jelas dan menarik.

Massa Apple iPhone 7 Plus terbilang ringan sehingga membuatnya semakin mudah untuk dibawa. Selain itu, tubuh dari ponsel ini dilindungi dengan fitur kedap air dan debu yang telah tersertifikasi oleh IP67. Adanya fitur kedap air ini membuat ponsel mampu bertahan selama 30 menit di air sedalam 1 meter. Layar dari Apple iPhone 7 Plus ini dilindungi dengan ion-strengthened glass dan oleophobic coating yang terdiri dari beberapa fitur.

Misalnya saja teknologi baru untuk LCD monitor yaitu wide color gamut display yang membuat layar dari ponsel ini lebih terang dibandingkan ponsel-ponsel yang telah ada. Tak hanya itu, iPhone 7 Plus hadir dengan display, 3D touch display dan home button yang ada di bagian bawah ponsel. Versi terbaru spesifikasi Apple iPhone 7 Plus ini hadir dalam berbagai pilihan warna yaitu jet black, black, silver, gold, dan rose gold.

  • Sistem Operasi Terbaru Jadi Andalan Ruang Olah Data

Jika berbicara mengenai mesin yang digunakan dalam ponsel terbaru dari Apple ini, maka spesifikasi iPhone 7 Plus ini merupakan salah satu produk Apple yang pertama kali menggunakan sistem operasi iOS terbaru pada saat itu dari pabrikannya. Selain sistem operasi baru, ponsel ini juga menggunakan chipset Apple A10 yang didukung dengan RAM yang kapasitasnya besar.

Mesin dari Apple iPhone 7 Plus ini memberikan kinerja yang lebih baik apabila dibandingkan dengan ponsel-ponsel milik Apple lainnya dengan digunakannya tenaga processor Quad-core 2.23 GHz. Apple iPhone 7 Plus ini merupakan ponsel yang tergolong premium sehingga tak heran jika anda bisa menemukan GPU dengan kualitas tinggi di dalamnya. Spesifikasi iPhone 7 Plus tersebut, selain membuat kinerja mesin lebih efektif juga menghasilkan gambar yang lebih halus dan menarik.

  • Ruang Penyimpanan Terdiri dari Tiga Varian

Jika menilik fitur-fitur canggih dan komponen baru yang dimiliki oleh ponsel ini, tentu smartphone ini hadir dengan memory yang besar sehingga mampu menampung semua file sistem dan file hiburan yang dimiliki oleh penggunanya.

Memory internal yang ada di dalam Apple iPhone 7 Plus ini sangat luas dan tersedia dalam tiga varian yang paling kecil saja sudah cukup memadai sehingga mempermudah penggunanya untuk menyimpan cukup banyak file.

Meskipun memory internal yang dimilikinya cukup besar dan terdiri dari tiga macam, Apple iPhone 7 Plus ini tidak mempunyai fitur untuk memory eksternal sehingga anda harus menyimpan file secara lebih bijaksana. Jika diingat, nampaknya spesifikasi Apple iPhone 7 Plus tersebut sudah dapat ditebak karena dari awal memang Apple tak begitu suka dengan eksternal memori.

  • Konektivitas Andalkan Jaringan 4G LTE Cat6

Pada segmen ini kita akan berganti membahas akses jaringan yang diberikan dalam spesifikasi iPhone 7 Plus. Hampir semua aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang dalam kesehariannya tak bisa dilepaskan dengan penggunaan internet. Oleh sebab itu, Apple mencoba menggunakan akses internet yang bisa membantu para pengguna smartphone versi 7 Plus.

Pada versi terbaru ini, Apple mengaplikasikan jaringan 4G Cat6 LTE sehingga kecepatan aksesnya mencapai 300 Mbps/50 Mbps. Selain itu, Apple iPhone 7 Plus ini menggunakan akses jaringan 3G HSDPA dan EVDo Rev A dan akses jaringan lama GSM dan CDMA yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan penggunanya. Untuk fitur penangkap sinyal internet, smartphone ini dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 dual-band dan hotspot.

Untuk akses jaringan jarak dekat, kamu bisa memakai fitur Bluetooth v4.2 dan USB v2.0. Fitur GPS Apple iPhone 7 Plus ini mengombinasikan A-GPS dan GLONASS. Dengan digunakannya GLONASS maka sistem navigasi ponsel ini lebih akurat dibandingkan dengan ponsel-ponsel lainnya yang hanya menggunakan A-GPS saja. Tentu saja, hal tersebut merupakan salah satu kelebihan dari spesifikasi Apple iPhone 7 Plus ini. Berikut spesifikasi lengkapnya :

iphone-7-plus

  • Layar
5.5 inci LED-backlit IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920 Pixel
  • Body
158.2 x 77.9 x 7.3 mm, 188 gram, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA+, 4G LTE Cat9 450/50 Mbps
  • Sistem Operasi
iOS 10.0.1
  • Chipset
CPU Apple A10 Fusion + GPU PowerVR Series7XT Plus
  • Memori
RAM : 3 GB , Internal : 32/128/256 GB , MicroSD : No
  • Kamera Belakang
Dual 12 MP , PDAF, 2x Optical Zoom, OIS, Quad-LED Flash
  • Kamera Depan
7 MP
  • Sensor
Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass,
  • Warna
Jet Black, Hitam, Silver, Gold, Rose Gold,
  • Baterai
Li lon 2900 mAh, Non-Removable

Spesifikasi Oppo R11 Plus

  • Phablet dengan Desain Premium dan Desain yang Stylish

Spesifikasi Oppo R11 Plus pada bagian fisiknya jika dilihat memang tak terlalu berbeda dengan ponsel-ponsel flagship Oppo yang lain. Desainnya masih terlihat premium dengan keempat sudut membulat serta balutan material metal yang tersedia dalam pilihan warna black, gold, dan rose gold.

Ponsel bernama Oppo R11 Plus ini pun juga masih memiliki tombol fisik home yang memiliki fungsi ganda sebagai sensor pemindai sidik jari. Dimensinya memiliki ukuran yang besar dan ketebalan yang tipis sedangkan bobotnya sendiri terbilang ringan. Selain itu, perangkat ini mengusung layar berukuran 6.0 inci yang sudah mengadopsi teknologi AMOLED.

Layar dari Oppo R11 Plus ini juga mampu menghasilkan resolusi Full HDl sehingga visualisasi yang disuguhkan layarnya memang terlihat memukau. Selain telah didukung dengan multitouch, layarnya juga terlihat makin manis dengan sentuhan antarmuka ColorOS 3.1. Namun, terkait dengan jenis proteksi layar yang digunakan pada spesifikasi Oppo R11 Plus hingga saat ini masih belum diketahui dengan pasti.

oppo-r11-plus

  • Performa Tangguh dengan Prosesor Octa-core dan RAM Besar

Selesai mengamati setiap sudut bagian luarnya, kini kita akan beralih untuk membedah spesifikasi Oppo R11 Plus di bagian dalam, yakni sektor dapur pacu. Komponen-komponen berkualitas pun bisa ditemui pada sektor ini mulai dari chipset andalan yang dipercaya sebagai otak pemrosesan.

Chipset ini memiliki prosesor delapan inti yang terdiri dari dua cluster, keduanya memiliki performa yang mumpuni sehingga performa kinerja yang dihasilkan Oppo R11 Plus ini memang tergolong tangguh.  Sektor ini juga mendapatkan dukungan RAM berkapasitas ekstra besar sehingga mampu mendukung dibukanya sejumlah aplikasi dalam waktu yang bersamaan dengan sangat lancar.

Selain itu, Oppo juga menyematkan kartu grafis terbaik pada Oppo R11 Plus untuk menyuguhkan konten visual berkualitas tinggi ketika dipakai untuk memainkan game atau memutar aplikasi multimedia. Sektor ini pun makin sempurna dengan dijalankannya sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang terkenal dengan kinerjanya yang lebih stabil. Dengan bekalan tersebut, dapat dipastikan spesifikasi Oppo R11 Plus pada dapur pacunya akan menjadi salah satu yang diunggulkan.

  • Storage Lapang dengan Memori Internal Lapang serta Dilengkapi Slot SDcard

Meski spesifikasi Oppo R11 Plus ini memiliki performa yang tangguh, namun jika tidak diimbangi dengan ruang penyimpanan yang memadai tentu hal ini bakal mengganggu keseluruhan operasional dari smartphone. Oleh sebab itu, pada ruang penyimpanan perangkat ini, Oppo menghadirkan memori internal besar.

Kapasitas memori internal yang dimiliki oleh Oppo R11 Plus ini tentu sudah menyediakan ruangan yang sangat lapang untuk mengcover baik file sistem maupun file hiburan milik pengguna yang biasanya mengonsumsi space memori cukup besar.

Bahkan ruang penyimpanan pada Oppo R11 Plus masih bisa diperbesar dengan menambahkan microSD berkapasitas maksimal sehingga pengguna bisa menyimpan file-file hiburan berukuran besar di dalamnya dengan lebih leluasa. Namun, penambahan ekspansi media penyimpanan ini nantinya harus mengorbankan slot SIM 2 pada spesifikasi Oppo R11 Plus sehingga penggunanya harus menentukan mana yang lebih diutamakan.

  • Konektivitas Andalkan Akses Jaringan 4G LTE

Selanjutnya kita akan mengulas spesifikasi Oppo R11 Plus di bagian konektivitasnya. Bagian yang satu ini ternyata sudah memberikan dukungan dual SIM yang bisa diaktifkan secara bersamaan dengan jaringan utama 4G LTE. Akses jaringan terkencang saat tersebut memungkinkan aktivitas download data pada Oppo R11 Plus dapat mencapai kecepatan 150 Mbps dan upload data 50 Mbps.

Selain 4G LTE, Oppo masih memberikan dukungan jaringan alternatif lain seperti GSM, CDMA, HSPA, dan EVDO. Akses internet secara nirkabel juga bisa dimaksimalkan dengan fitur Wi-Fi 802.11, dual-band, WiFi Direct, dan hotspot pada Oppo R11 Plus ini.

Sedangkan untuk kebutuhan transfer data, pengguna bisa memanfaatkan fitur Bluetooth 4.2, A2DP, LE, EDR, dan microUSB 2.0. Terakhir bagian konektivitasnya telah mengandalkan teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS dengan kemampuan memetakan lokasi yang sangat akurat dan semakin menyempurnakan spesifikasi Oppo R11 Plus ini. Berikut spesifikasi lengkapnya :

oppo-r11-plus-1

  • Layar
6,0 inci IPS LCD , 1080 x 1920 pixels, Gorilla Glass 5
  • Body
165,8 x 81,5 x 7,8 mm, 188 Gram, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA, 4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v7.0 Nougat
  • Chipset
CPU Snapdragon 660 + GPU Adreno 512
  • Memori
RAM : 6 GB , Internal : 64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
Dual 20 MP * 16 MP phase detection autofocus, OIS, LED flash
  • Kamera Depan
20 MP, Screen Flash
  • Sensor
Fingerprint, Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Gold, Rose Gold
  • Baterai
Li Lion 3880 mAh, VOOC Fast Charging

Perbandingan Hasil Kamera Apple iPhone 7 Plus VS Oppo R11 Plus

Fitur Fotografi Berkekuatan Dual Kamera Utama Kombinasi 12 MP dan 7 MP

Sebagai ponsel yang tergolong ke dalam kelas premium, fitur kamera yang menjadi fitur penting dari sebuah ponsel pintar juga menjadi perhatian utama dari Apple. Apple melengkapi Apple iPhone 7 Plus ini dengan kamera utama berukuran 12 MP dengan fitur utama phase detection autofocus dan quad-Led flash yang membuat gambar yang dihasilkan terlihat lebih real dan halus.

Fitur kamera kedua dari ponsel ini besarnya adalah 7 MP dengan fitur face detection, HDR, dan panorama. Kamera Apple iPhone 7 Plus ini juga bisa menghasilkan beberapa macam video yang minimal resolusinya saja suudah menampilkan gambar yang tajam. Ada juga fitur-fitur pendukung kamera lainnya seperti geo-tagging, simultaneous 4K video dan 8Mp image recording, touch focus, face/smile detection, serta HDR (photo/panorama) yang akan menggenapi seluruh spesifikasi iPhone 7 Plus tersebut.

hasil-kamera-iphone-7-plus

Lini Fotografi Dipersenjatai Dual Kamera Utama 20 MP dan 16 MP

Kelebihan utama dari spesifikasi Oppo R11 Plus tentu bisa ditemukan pada lini fotografinya. Pasalnya, sektor yang satu ini dipersenjatai dengan perangkat-perangkat kamera beresolusi tinggi yang tak perlu diragukan lagi hasilnya dalam menjepret foto.

Pada sektor belakang dari perangkat Oppo R11 Plus ini tersemat dual kamera 20 MP beraperture besar dan kamera 16 MP yang telah dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus dan LED flash sehingga hasil fotonya tak hanya sangat jernih tetapi juga terlihat detail.

Kamera utamanya tersebut juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan video beresolusi besar. Kamera di bagian depan Oppo R11 Plus pun memiliki resolusi yang tak kalah tinggi, yakni 20 MP dengan bukaan tinggi sehingga sangat mumpuni untuk aktivitas swafoto dan video call karena mampu merekam video HD.

hasil-kamera-oppo-r11-plus

Perbandingan dari Segi Harga Apple iPhone 7 Plus VS Oppo R11 Plus di Indonesia

Harga iPhone 7 Plus baru untuk versi memori internal 32 GB dijual sekitar 13,9 Jutaan, sedangkan yang versi internal 128 GB dijual sekitar 15,8 Jutaan dan untuk versi internal 256 GB berada dikisaran17,6 Jutaan itu untuk harga barunya. Sementara untuk harga bekasnya dijual sekitar 10 Jutaan untuk versi memori internal 32 GB. Jika melihat tabel diatas harga barunya masih stabil jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Akan tetapi untuk harga bekasnya menagalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Sebagai informasi, harga tersebut merupakan harga bergaransi resmi, oleh sebab itu harganya juga sangat mahal. Akan tetapi jika kamu kepingin harga yang lebih murah, mimin merokomendasikan iPhone 7 Plus yang bergaransi distributor. Rincianya sebagai berikut Untuk versi internal 32 GB dijual sekitar 10 Jutaan, untuk versi internal 128 GB dijual sekitar 12 Jutaan serta untuk versi yang paling tangguh yakni internal 256 GB ditawarkan sekitar 13 Jutaan.

Harga yang terbilang sangat mahal untuk ukuran smartphone. Akan tetapi, sangat sebanding dengan sederet spesifikasi dan fitur yang dibawa, tak hanya itu saja iPhone 7 Plus juga akan menambah rasa percaya diri dari penggunaya karena merupakan smartphne branded Aplle yang menjadi salah satu brand dagang yang eksklusif.

iphone-7-plus-1

Sedangkan, harga Oppo R11 Plus untuk saat ini belumlah tersedia di pasaran, pasalnya smartphone ini baru sebatas rumor saja. Namun jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan Oppo R11 Plus ini bakal dibandrol pada range mengengah keatas.

Phablet ini menawarkan visualisasi yang atraktif karena menggunakan layar AMOLED berukuran 6.0 inci yang memiliki resolusi Full HD. Performa yang dihasilkan oleh Oppo R11 Plus pun terbilang tangguh sebab sektor dapur pacunya mengandalkan perpaduan kinerja antara prosesor Octa-core dengan RAM berkapasitas 6 GB.

Salah satu hal yang cukup diunggulkan dan tentu akan berpengaruh besar pada harga Oppo R11 Plus ini adalah kemampuan fotografinya yang sangat mumpuni dengan dual kamera utama 20 MP dan 16 MP serta kamera depan beresolusi 20 MP.

Harga Oppo R11 Plus tersebut memang mahal tak terkecuali jika perangkat ini nantinya juga hadir di Tanah Air. Namun, meski harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membelinya, penggunanyadijamin tidak akan kecewa sebab spesifikasi tinggi yang dimilikinya akan memanjakan semua fitur dengan maksimal.

 

Perbandingan dari Segi Baterai Apple iPhone 7 Plus VS Oppo R11 Plus

Kapasitas Baterai Li-Ion Mencapai 2900 mAH

Untuk bagian terakhir dari spesifikasi iPhone 7 Plus ini, kami akan membahas mengenai baterai yang digunakan oleh iPhone 7 Plus. Jenis baterai yang digunakan dalam ponsel ini adalah non-removable Li-Ion battery yang kapasitasnya mencapai 2900mAh. Baterai ini bisa bertahan selama 384 jam dalam kondisi jaringan 3G.

Apabila penggunanya menggunakan Apple iPhone 7 Plus untuk menelepon teman atau kerabat, maka baterai di ponsel ini tidak akan mati selama 21 jam asal ponsel ada dalam keadaan 3G. Jenis baterai yang digunakan oleh Apple iPhone 7 Plus ini juga sangat mendukung para penggunanya yang hobi mendengarkan musik karena ponsel ini mampu bertahan selama 60 jam apabila anda menggunakannya untuk mendengarkan berbagai musik favorit anda. Hal tersebut tentu semakin menggenapi kehebatan spesifikasi iPhone 7 Plus tersebut.

oppo-r11-plus-2

Baterai Berkapasitas 4.000 mAh

Nah, akhirnya kita telah sampai pada bagian terakhir segmen ini yang akan membahas spesifikasi Oppo R11 Plus pada bagian pemasok dayanya. Seperti halnya smartphone flagship pada umumnya, varian Plus dari Oppo R11 ini tentu memerlukan pasokan daya yang besar. Di antara berbagai komponen yang ada, layar yang lapang, dapur pacu, serta kamera canggih tentu menjadi bagian yang paling boros dalam konsumsi daya dari Oppo R11 Plus.

Agar hal ini tidak mengganggu operasionalnya, Oppo mengandalkan baterai berjenis non-removable Lithium Ion berkapasitas 4.000 mAh sebagai penyuplai dayanya. Kapasitas baterai yang besar ini tentu sudah memadai untuk menyuplai kebutuhan daya dari masing-masing komponen didalam Oppo R11 Plus tersebut. Bahkan, sektor ini pun telah dibekali dengan fitur fast charging sehingga mendukung pengisian daya dalam waktu yang lebih singkat. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa suplai daya yang akan menunjang kinerja komponen pada spesifikasi Oppo R11 Plus ini memang cukup memadai.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 Plus VS Oppo R11 Plus segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone kelas atas ini merupakan produk teranyar dari kedua vendor yang sudah tidak asing ditelinga kita ini memiliki kelebihan yang luar biasa, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smarthone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here