Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 8 VS Samsung Galaxy S7 Edge segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

galaxy-s7-edge-vs-iphone-8

Kabar mengenai smartphone flagship terbaru Apple, iPhone 8 memang sudah hangat diperbincangkan sejak tahun lalu. Apple iPhone 8 ini pun juga disebut-sebut akan bersaing ketat dengan dengan smartphone flagship terbaru milik Samsung, Galaxy S8 di segmen premium. Kedua perangkat itu diketahui akan dibekali dengan segudang fitur canggih yang belum pernah atau masih jarang digunakan oleh produk-produk smartphone lain.

Apple iPhone 8 sendiri meski masih dalam status rumor, namun kabar-kabar yang menyangkut tentang spesifikasi yang dibawanya sudah banyak tersebar meski belum terbukti kebenarannya. Smartphone ini sebelumnya dikabarkan akan hadir dalam tiga varian layar. Dua varian Apple iPhone 8 seperti yang diusung oleh produk-produk iPhone sebelumnya ditambah lagi dengan satu varian baru.

Ada kabar yang menyebutkan jika perangkat ini akan dibekali dengan fitur wireless charging yang memungkinkan perangkat untuk diisi daya tanpa harus menggunakan kabel. Bahkan kabar lain juga menyebutkan jika Apple iPhone 8 ini akan hadir dengan fitur pengenalan wajah dengan dukungan sensor infrared.

Akhir 2016 lalu, Samsung akhirnya membuka tabir penutup dua produk teranyar S Series ini, yaitu Samsung Galaxy S7 Edge yang merupakan tandem dari Galaxy S7 di segmen gadget premium. Secara spesifik, antara Samsung Galaxy S7 Edge dengan Galaxy S7 memang membawa bekal kualitas yang hampir sama.

Hanya saja, seperti tertera pada namanya, kali ini Galaxy S7 Edge membawa teknologi layar lengkung alias Curved Edge Screen yang membuatnya nampak futuristik. Selain membawa teknologi layar lengkung yang selama ini menjadi andalan Samsung, Samsung Galaxy S7 Edge ini juga mengusung ragam komponen-komponen hardware yang berkualitas premium.

Smartphone Samsung seri Galaxy S7 Edge ini digadang-gadang akan menjadi standar smartphone premium masa kini yang tak hanya menonjolkan desain saja, tapi juga spesifikasi hardware yang memiliki kualitas tinggi. Datang dengan spesifikasi teknis mumpuni, Samsung Galaxy S7 Edge siap menghasilkan performa terbaik di kelasnya.

Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 8 VS Samsung Galaxy S7 Edge segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Apple iPhone 8 VS Samsung Galaxy S7 Edge

Spesifikasi iPhone 8

  • Ponsel Berukuran Sedang dengan Desain Bodi Kaca

Salah satu hal yang paling menarik untuk diperbincangkan dari spesifikasi iPhone 8 adalah tampilan terluarnya. Apple sendiri kabarnya mendesain perangkat barunya ini dengan tampilan yang berbeda dari produk iPhone yang sebelumnya. Generasi terbaru iPhone disebut-sebut bakal hadir dengan desain yang seluruh bodinya terbalut material kaca dengan frame dari stainless steel di bagian sampingnya.

Apple iPhone 8 ini juga akan tersedia dalam pilihan warna bodi yang terdiri dari jet black, black, silver, gold, dan rose gold. Meski dimensi dan bobotnya belum diketahui, namun handset ini sudah pasti bakal menyuguhkan tampilan yang maksimal berkat diusungnya layar super AMOLED. Layar pada Apple iPhone 8 ini mampu menghasilkan resolusi besar dengan kerapatan sedang serta sudah didukung dengan multitouch sehingga lebih responsif.

Tombol home yang biasanya dijumpai pada iPhone juga akan lenyap dan fungsi tombol tersebut serta sensor fingerprint bakal terintegrasi langsung pada layar sentuhnya. Apple pun memaksimalkan layar dari Apple iPhone 8 ini dengan proteksi ion-strengthened glass dan oleophobic coating.

Apple juga menggunakan teknologi wide color gamut display yang membuat layarnya lebih terang daripada ponsel-ponsel lain. Selain itu, tubuh dari ponsel ini dilindungi dengan fitur kedap air dan debu yang tersertifikasi iP67. Fitur yang tersenat pada spesifikasi Apple iPhone 8 tersebut mampu membuatnya bertahan di kedalaman air 1 meter dalam waktu 30 menit.

iphone-8

  • Chipset Terbaru Khas Apple Jadi Andalan Ruang Olah Data

Puas mengulas iPhone 8 di bagian luar, kini kita akan beralih untuk membahas spesifikasi iPhone 8 di bagian dalamnya, yakni ruang olah data. Ponsel ini ternyata telah menjalankan sistem operasi terbaru sehingga kinerjanya jauh lebih mumpuni dan menghadirkan fitur baru yang berlimpah.

Selain menjalankan sistem operasi terbaru, dapur pacu dari perangkat Apple iPhone 8 ini juga dipersenjatai dengan chipset anyar khas Apple. Chip yang mampu menghasilkan prosesor berinti empat ini dengan performa yang handal untuk mendukung operasionalnya. Bekalan RAM berkapasitas besar dibanding seri sebelumnya yang disematkan pada sektor permesinan dari Apple iPhone 8 ini juga memastikan perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya bisa dilakukan dengan lancar dan responsif.

Namun untuk urusan gaming, hingga kini masih belum diketahui jenis kartu grafis yang akan digunakan Apple. Meskipun demikian, seperti pada pendahulunya kartu grafis yang akan disematkan pada spesifikasi iPhone 8 di prediksi tak akan jauh berbeda.

  • Storage Usung Tiga Varian Memori Internal

Menawarkan ruang olah data yang handal berkat disematkannya komponen-komponen baru pada spesifikasi iPhone 8 tentu bakal menjadi kurang maksimal jika tidak diimbangi dengan ruang penyimpanan (storage) yang memadai. Apple sepertinya memang membuat sektor ini sebagai salah satu kelebihan dari Apple iPhone 8 yang akan menghadirkan tiga varian memori internal yang luas.

Varian tersebut memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dengan leluasa sesuai kebutuhan mereka. Yang perlu diingat adalah bahwa perangkat flagship ini tidak memiliki slot microSD sehingga space memori dari Apple iPhone 8 tidak bisa diperluas dan ini telah menjadi ciri khas dari produk-produk Apple.

Meski begitu, tampaknya hal ini tidak akan menjadi masalah yang besar sebab kapasitas memori internalnya pun sudah sangat besar sehingga mempu menampung berbagai macam dengan ukuran yang besar. Sehingga dengan memori internal yang cukup besar dari spesifikasi Apple iPhone 8 tersebut, dipastikan pengguna tidak akan kekurangan ruang penyimpanan. Berikut spesifikasi lengkapnya :

iphone-8-1

  • Layar
5,1 inci Super AMOLED , 750 x 1334 pixels, IP67 certified
  • Body
143.5 x 71 x 7.5 mm, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA, 4G LTE
  • Sistem Operasi
iOS 11
  • Chipset
Apple A11, Quad-core
  • Memori
RAM : 3 GB , Internal : 32/128/256 GB, MicroSD : No
  • Kamera Belakang
12 MP, phase detection autofocus, OIS, quad-LED (dual tone) flash
  • Kamera Depan
7 MP
  • Sensor
Fingerprint, Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Black, Silver, Gold, Rose Gold
  • Baterai
Li-lon 3000 mAh, Non Removable

Spesifikasi Samsung S7 Edge

  • Desain Premium dengan Teknologi Curved Edge Screen Didukung Material Body Berbahan Metal

Pada bagian yang pertama ini kita bakal langsung disuguhkan dengan tampilan smartphone premium dan eksklusif. Mengusung desain khas Samsung Galaxy S Series, smartphone Samsung edisi Galaxy S7 Edge membawa komposisi material mewah berupa metal aluminium. Desain Samsung Galaxy S7 Edge tampak serasi berkolaborasi bersama bodynya dengan masih mengusung konsep yang sama dengan Samsung Galaxy S7.

Apalagi ukuran fisik smartphone ini juga masih cukup ergonomis dan slim dan bobot yabg terbilang ringan. Soal kualitas visual, kali ini Samsung mengusung panel layar berteknologi Curved Edge Screen, yakni layar melengkung pada bagian sisinya. Hal ini jugalah yang membedakan Samsung Galaxy S7 Edge dengan seri Galaxy S7 yang layarnya masih datar.

Kemudian, Samsung pun memberikan jaminan kualitas visual mumpuni lewat penggunaan layar generasi Super AMOLED. Layar tersebut memiliki resolusi Quad HD dengan kerapatan mencapai besar per inci atau menurun beberapa tingkat dibandingkan Samsung Galaxy S7. Hal ini wajar mengingat layar Samsung Galaxy S7 Edge juga lebih lebar.

Kualitas visual pada Galaxy S7 Edge berhasil menciptakan kombinasi indah dengan desain fisik yang mewah serta didukung oleh material bodi kelas satu. Sama seperti Samsung S7, Samsung pun juga membekali Galaxy S7 Edge dengan teknologi Force Touch Display serta tampilan antarmuka khas Samsung, yaitu TouchWiz UI. S

elain itu, Samsung Galaxy S7 Edge pun juga sudah lolos uji sertifikasi IP68, yang artinya smartphone ini bisa bertahan di dalam air sedalam 1,5 meter selama kurang lebih 30 menit. Terakhir menutup spesifikasi Galaxy S7 Edgedi bagian visual, hadirnya pelindung layar berjenis Corning Gorilla Glass 5 siap memberikan perlindungan maksimal pada permukaan layarnya.

136767-phones-review-samsung-galaxy-s7-edge-review-image1-hl9cn7gsdo

  • Performa Gahar Lewat Dua Pilihan Prosesor dan RAM Berkapasitas Besar

Sama seperti tipe Samsung Galaxy S7, untuk versi Edge ini juga mengusung dua varian mesin disesuaikan dengan pangsa pasar. Untuk keduanya mendapatkan chipset Qualcom yang sama yang membedakan hanya prosessor yang terdapat di dalamnya, serta mendapat dukungan kartu pengolah grafis lebih.

Namun meski menggendong jenis yang berbeda, kedua mesin ini tetap bisa menghasilkan performa sama cepatnya, karena berasal dari generasi terbaru. Tak lupa pula, kehadiran RAM berkapasitas besar pada Samsung Galaxy S7 Edge ini semakin menambah kinerja operasionalnya lebih mumpuni.

Terutama pada kemampuan multitasking pada Galaxy S7 Edge akan berjalan tanpa hambatan. Terakhir, menutup perjumpaan kita untuk spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge di bagian dapur pacunya, smartphone yang satu ini juga sudah berjalan di OS Android terbaru di saat itu yang memiliki fitur lebih lengkap dan pembaruan software yang lebih komplet.

  • Ruang Penyimpanan File Lapang Terbagi dalam Dua Pilihan Memori Internal

Layaknya smrtphone premium lainnya, untuk jenis gadget yang menyasar kelas atas ini pastilah memerlukan kapasitas ruang simpan yang lebih besar dibandingkan dengan smartphone dengan segmen di bawahnya. Untuk spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge kali ini, Samsung telah melakukan perbaikan dari seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge.

Sama seperti smartphone Samsung Galaxy S7, kapasitas memori internal pada Galaxy S7 Edge ini juga dibagi menjadi dua tipe yang terbialng sangat besar. Kedua seri Galaxy S7 Edge semuanya siap memberikan keleluasaan bagi penggunanya yang membutuhkan smartphone yang memiliki daya tampung besar.

Belum lagi, pada Samsung Galaxy S7 Edge juga sudah dijejali dengan slot memori eksternal baik untuk model Dual SIM Card maupun model hybrid yang menggunakan slot SIM 2 sebagai wadah microSD. Kedua slot eksternal memori pada spesifikasi Galaxy S7 Edge ini mampu menampung microSD eksternal hingga kapasitas maksimal. Berikut spesifikasi lengkapnya :

s7-edge

  • Layar
5.5″Super AMOLED , 2560 x 1440 Pixel
  • Bodi
150.9 x 72.6 x 7.7 mm, 157g, Frame metal cover glass
  • Jaringan
4G LTE Cat 9 450/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marshmallow
  • Chipset
CPU Exynos 8 Octa 8890 + GPU Mali-T880 MP12
  • Memori
RAM : 4 GB , Internal : 32 GB , MicroSD : up to 200 GB
  • Kamera Belakang
12 MP , OIS, dual-LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
8 MP
  • Sensor
Fingerprint, Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih , Gold, Silver, Pink Gold, Black Pearl, Coral Blue
  • Baterai
Li Ion 3600 mAh, Fast Charging

Perbandingan Hasil Kamera Apple iPhone 8 VS Samsung Galaxy S7 Edge

Dokumentasi Berkualitas Terdukung Duet Kamera 12 MP dan 7 MP

Berikutnya kita akan mengintip seberapa canggih spesifikasi iPhone 8 di lini fotografinya. Sektor ini juga menjadi perhatian khusus dari Apple sehingga iPhone 8 dipersenjatai dengan fitur kamera yang beresolusi tinggi. Di bagian belakang bodinya bisa ditemukan kamera utama beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.8.

Kamera dari Apple iPhone 8 ini juga sudah ditemani dengan fitur phase detection autofocus, OIS, dan quad LED flash. Kamera utamanya juga sanggup menghasilkan tiga jenis video yang sanagt besar. Sementara itu, di bagian depannya terdapat kamera sekunder yang sangat mendukung aktivitas selfie dan video call karena hadir dengan resolusi 7 MP dan beraperture f/2.2.

Kamera selfie Apple iPhone 8 yang juga dilengkapi dengan fitur face detection, HDR, dan panorama tersebut mampu menghasilkan video dengan kualitas Full HD. Fitur pendukung fotografi modern seperti 1/3” sensor size, geo-tagging, simultaneous 4K video dan 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, serta HDR (photo/panorama) juga turut melengkapi spesifikasi iPhone 8 pada sektor ini.

iphone-8-3

Dukungan Kamera 12 MP dan 5 MP Berfitur Canggih Siap Maksimalkan Hasil Dokumentasi

Sama seperti Samsung Galaxy S Series sebelumnya, spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge ini juga tetap menjadikan lini fotografi sebagai salah satu keunggulannya. Aapalgi diplot untuk menempati pasar smartphone kelas atas, tentunya Galaxy S7 Edge harus memiliki komponen fotografi yang cukup berkualitas.

Teknologi kamera ganda (depan belakang) memang sudah umum ditemui pada smartphone. Teknologi ini memang dihadirkan untuk mengakomodir kebutuhan foto sekaligus videochat. Nah pada Samsung Galaxy S7 Edge, kamera utamanya yang terletak pada sisi belakang menggunakan kamera berukuran 12 MP plus f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash.

Ditambah kelengkapan fitur fotografi modern, kamera utama Samsung Galaxy S7 Edge tersebut akan mampu menghasilkan foto yang berkualitas layaknya kamera profesional. Bagi yang suka merekam video untuk berbagai momen, kamu bisa memanfaatkan kamera utama Samsung Galaxy S7 Edge ini karena bisa menghasilkan video beresolusi besar. Tak hanya cukup sampai di situ saja.

Aktivitas fotografi kamu juga akan lebih asyik dengan kamera depan (sekunder) berkekuatan besar pada Galaxy S7 Edge ini. Jika pada banyak gadget kita temui kamera tambahan memiliki fitur yang minim dibandingkan kamera utamanya, tidak dengan spesifikasi kamera Samsung Galaxy S7 Edge ini.

Kamera depan pada gadget ini punya kualitas yang lumayan bagus lewat kekuatan lensa 5 MP plus fitur f/1.7, 22mm, dual video call, Auto HDR . Selain bisa digunakan untuk berfoto selfie, kamera depan pada spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan rekaman video yang cukup berkualitas.

s7-edge-1

Perbandingan dari Segi Harga Apple iPhone 8 VS Samsung Galaxy S7 Edge di Indonesia

Harga iPhone 8 Saat ini belumlah tersedia di Indonesia, pasalya smartphone ini baru sebatas Rumor saja dan belum secara resmi dipernekalkan. Akan tetapi jika melihat spesifikasi yang dibawa, diperkirakan harganya akan berada dikisaran lebih dari 12 Jutaan.

Apple iPhone 8 ini nampaknya juga tetap akan mengusung spesifikasi khas produk-produk milik Apple yang memang memberikan kesan eksklusif. Keeksklusifannya tersebut pun sudah dapat kita lihat mulai dari bagian terluarnya, dimana perangkat ini didesain begitu elegant dan terkesan mewah.

iphone-8-33

Sedangkan, harga Samsung Galaxy S7 Edge bulan ini sedikit mengalami kenaikan menjadi 7,0 jutaan dari bulan lalu yang hanya 6,9 jutaan. Sementara itu untuk harga bekasnya masih 5,0 jutaan. ika melihat spesifikasinya, generasi flagship Samsung edisi Galaxy S7 Edge ini bisa dibilang memang tak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S7 kecuali di bagian layar atau dimensinya.

Dengan harga yag cukup malah tersebut kami rasa Samsung Galaxy S7 Edge ini masih sangat sepadan dengan spesifikasi tangguh yang dibawanya, Selain itu tampilan smartphone ini juga terbilang masih sangat kece dikelasnya.

Perbandingan dari Segi Baterai Apple iPhone 8 VS Samsung Galaxy S7 Edge

Baterai Li-Ion Berkapasitas Memadai

Jika mempertimbangkan kembali spesifikasi yang diusungnya maka bisa dikatakan smartphone ini akan membutuhkan daya yang cukup besar. Dilihat dari bentang layar, komponen dapur pacu, dan fitur kamera, memang smartphone ini mengusung spesifikasi kelas atas yang canggih dan mumpuni.

Akan tetapi, hingga saat ini baterai yang akan digunakan oleh Apple iPhone 8 ini masih belum diketahui. Informasi yang ada hanya menyebutkan jika Apple akan menggunakan baterai berjenis non-removable Lithium Ion pada perangkat barunya tersebut. Meski begitu, diperkirakan bahwa kapasitas baterai yang dipakai adalah sekitar 3.000 Mah.

Kapasitas baterai dari Apple iPhone 8 ini terbilang memadai untuk mendukung segala operasional yang dijalankan. Yang istimewa adalah sektor ini mengusung fitur wireless charging sehingga memungkinkan pengguna untuk mengisi daya tanpa pemakaian kabel. Jadi dengan spesifikasi iPhone 8 yang tergolong mumpuni, baterai yang akan dipergunakannya pun diperkirakan cukup besar.

s7-edge-2

Suplai Daya Maksimal dengan Baterai Berkapasitas Cukup Besar

Apabila kita amati, spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge pada masing-masing sektornya akan kita tentunya sepakat jika smartphone terbaru dari Korea Selatan ini memang memiliki konsumsi daya yang cukup besar. Hal ini tak lepas dari penggunaan komponen berkualitas tinggi pada Samsung Galaxy S7 Edge.

Untuk mendukung kebutuhan dayanya, Samsung tak lupa menyematkan baterai berkapasitas cukup besar pada produk barunya ini. Kapasitas baterai yang besar memang mutlak dibutuhkan untuk mendukung aktivitas operasional Samsung Galaxy S7 Edge ini. Guna menunjang aktivitas penggunanya, smartphone ini telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu Li-Ion 3.600 mAh.

Dengan baterai berkapasitas sangat besar itu, smartphone ini akan mampu.menunjang daya hidup smartphone selama berhari-hari. Belum lagi kedatangan fitur Quick Charge 3.0 bisa membuat poses pengisian daya lebih cepat. Selain itu, layaknya smartphone premium lainnya, spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge juga sudah didukung pengisian daya nirkabel atau wireless charging.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 8 VS Samsung Galaxy S7 Edge segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone kelas atas ini merupakan produk teranyar dari kedua vendor yang sudah tidak asing ditelinga kita ini memiliki kelebihan yang luar biasa, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smarthone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here