Asus kembali merilis smartphone dengan seri Zenfone 5 pada 6 Januari 2014 lalu. Smartphone seri Zenfone ini merupakan salah satu produk terbaik Asus dari segi ponsel pintar. Smartphone yang memiliki harga di bawah 2 juta ini menjadi salah satu gadget yang populer di kalangan pengguna smartphone.

Tidak jauh berbeda dengan Asus Zenfone 5, ada pula brand Nokia 630 merupakan salah satu seri terbaik dari Nokia. Smartphone yang rilis pada April 2014 lalu ini merupakan smartphone pertama Windows Phone yang sudah dilengkapi dengan fitur Dual Sim.

Kali ini tim futureloka akan membahas perbandingan smartphone antara Asus Zenfone 5 dan  Nokia 630 dari segi harga, kamera, dan spesifikasi. Mari simak informasi yang berhasil dirangkum.

Perbandingan spesifikasi Asus Zenfone 5 VS  Nokia Lumia 630

6 Januari 2014 Tanggal rilis 2 April 2014
148 x 72 x 10,3 mm Dimensi 129 x 6 x 9,2 mm
145 g Bobot 134 g
Black, White, Gold, Purple, Red Warna Black, White, Yellow, Green
Android 5 Lollipop OS Windows Phone 8
RAM 2 GB

Internal 8 GB

Eksternal up to 64 GB

Memori RAM 0,5 GB

Internal 8 GB

Eskternal 128 GB

5 inci Ukuran 4,5 inci
2110 mAh Baterai 1830 mAh
Depan 2 MP

Belakang 8 MP

Kamera Depan VGA

Belakang 5 MP

GPRS, EDGE, 3G, 4G Jaringan GPRS, EDGE, 3G HSDPA, 4G
720 x 1280 pixels Resolusi 480 x 854 pixels
Dual SIM, Micro SIM SIM Dual SIM, Micro SIM
+/- Rp. 1.829.000,- Harga +/- Rp. 2.500.000,-
Intel Atom Z2580  Chipset Qualcomm

Snapdragon 400

Dimensi, Desain, dan Layar

Dari segi dimensi dan layar, Nokia 630 memiliki ukuran yang lebih lebih kecil dari Asus Zenfone 5 hanya berbeda 0,5 inci saja yaitu sekitar 4,5 inci.

Sementara itu Asus Zenfone 5 dengan lebar layar sebesar 5 inci membuat ponsel pintar ini cocok untuk Anda yang menyukai smartphone dengan layar besar.

Dari segi desain, kedua smartphone ini memiliki desain yang elegan dan berkelas. Membuat siapa saja yang memiliki kedua ponsel pintar ini terlihat bergengsi. Asus Zenfone 5 dengan pilihan warna hitam, putih, ungu, merah atau emas dan Nokia 630 dengan pilihan warna hitam, kuning, hijau, atau putih.

Memori

Dari segi memori, Asus Zenfone 5 dibekali dengan RAM sebesar 2 GB sedangkan Nokia 630 hanya dibekali dengan kapasitas RAM sebesar 0,5 GB.

Untuk memori internal, kedua smartphone ini dibekali dengan memori bawaan yang cukup besar yakni sebesar 8 GB. Untuk memori eksternal, Asus Zenfone 5 hanya mampu menampung hingga 64 GB. Sementara Nokia Lumia 630 sudah dapat menampung 128 GB.

Kamera

Dari segi kamera, Asus Zenfone 5 mengungguli pesaingnya, Nokia Lumia 630. Ponsel pintar ini dibekali dengan kamera belakang sebesar 8 megapiksel yang membuat foto yang dihasilkan jernih dan tidak pecah. Sementara itu, Nokia Lumia 630 hanya dibekali dengan kamera belakang sebesar 5 megapiksel.

Untuk kamera depan, Asus Zenfone 5 dibekali dengan kamera sebesar 2 megapiksel. Sedangkan pesaingnya, sayangnya Nokia Lumia 630 hanya dibekali dengan kamera depan yang hanya sebesar VGA yang tidak dapat diandalkan dalam menghasilkan gambar dengan hasil bagus.

Perbandingan hasil kamera Asus Zenfone 5 VS  Nokia Lumia 630

Hasil kamera belakang Asus Zenfone 5

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 4,5,6 Terbaik

Hasil kamera belakang Nokia Lumia 630

Setelah melihat perbandingan hasil kamera kedua smartphone di atas, Anda dapat melihat hasil kamera belakang Asus Zenfone 5 yang dibekali dengan kualitas kamera belakang sebesar 8 megapiksel ini terlihat jernih dan tidak pecah serta kaya warna seperti pada pemandangan aslinya.

Pada hasil kamera belakang Nokia 630, Anda dapat melihat ketajaman warna yang dihasilkan oleh smartphone ini. Foto yang dihasilkan juga tidak pecah dan terlihat jernih meskipun smartphone ini hanya dibekali dengan kualitas kamera sebesar 5 megapiksel saja.

Perbandingan dari segi harga Asus Zenfone 5 VS  Nokia Lumia 630

Dari segi harga, Asus Zenfone 5 mematok harga yang cukup ramah di kantong yaitu di bawah 2 jutaan atau di kisaran 1,8 jutaan saja. Harga yang cukup terjangkau untuk dapat memiliki smartphone dengan spesifikasi secanggih Asus Zenfone 5. Sementara itu, Nokia Lumia 630 memasang harga di kisaran 2 jutaan yakni sekitar 2,5 juta.

Perbandingan dari segi baterai Asus Zenfone 5 VS  Nokia Lumia 630

Dari segi baterai, Asus Zenfone 5 sudah dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 2110 mAh. Kapasitas yang cukup untuk digunakan seharian penuh dengan aktifitas yang cukup banyak seperti telefon, sms, chatting, bermain games, maupun bekerja.

Berada di belakang pesaingnya, Nokia Lumia 630 hanya dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 1830 mAh. Jumlah yang dibilang cukup kecil untuk ukuran smartphone masa kini di mana semua kegiatan dilkukan oleh smartphone.

Kelebihan dan Kelemahan Asus Zenfone 5 dan Nokia Lumia 630

Kelebihan dan kelemahan Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5 merupakan smartphone di bawah 2 juta yang memiliki spesifikasi yang canggih dan mumpuni. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, kamera yang berkualitas, serta RAM yang cukup besar. Namun, smartphone ini memiliki bobot yang lebih berat dari Nokia Lumia 630.

Kelebihan dan kelemahan Nokia Lumia 630

Nokia Lumia 630 merupakan seri terbaru dari Lumia yang sudah dibekali dengan fitur Dual Sim yang menjadikan smartphone ini andalan bagi Nokia. Dengan ukuran layar yang pas di tangan serta warna casing yang beraneka ragam membuat pengguna smartphone penasaran dengan ponsel ini. Tak hanya itu, kamera belakang smartphone ini juga sudah dibekali dengan kualitas yang cukup besar. Namun, kamera depan smartphone ini masih memiliki kualitas yang rendah serta resolusi layar yang kecil dan kapasitas baterai yang kecil dan harga yang lumayan menguras kantong.

Setelah membandingkan kedua smartphone tersebut, kini semua kembali pada pilihan masing-masing. Jika menyukai smartphone yang memiliki kamera berkualitas dengan harga yang ramah di kantong, maka Asus Zenfone 5 adalah jawaban yang tepat. Namun, jika menyukai smartphone yang anti mainstream dengan spesifikasi yang canggih serta desain yang elegan dan ringan maka Nokia 630 adalah jawabannya.

Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gadget di Futureloka.com.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya!

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here