Perbandingan Bagus Mana HP Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7 Prime segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Langkah Oppo untuk kembali memperkenalkan produk baru ini sepertinya memang membuktikan bahwa vendor asal Tiongkok itu tak mau kalah dari para rivalnya. Jika pada saat ini para vendor smartphone tengah berlomba-lomba untuk meluncurkan produk-produk ponsel high-end dengan segudang fitur canggihnya, Oppo justru memilih untuk memperbaiki jajaran ponsel di kelas menengah ke bawahnya dengan menghadirkan Oppo A37 ini.

Hal ini sepertinya memang sengaja dilakukan Oppo untuk lebih mengekspansi pangsa pasar Oppo sehingga bisa mencakup berbagai segmen. Tak hanya itu, perangkat ini juga tampaknya bakal semakin mempersengit persaingan di pasar gadget terutama jika Oppo A37 ini nantinya masuk ke Indonesia. Ini karena Oppo sendiri sudah terkenal kerap menghadirkan ponsel dengan spesifikasi berkualitas serta dianggap tak kalah dengan vendor smartphone terkemuka lainnya, seperti Samsung dan Apple. Oleh sebab itu, tak bisa dipungkiri bahwa rilisnya Oppo A37 di bulan Juni 2016 yang lalu ini akan semakin memeriahkan pangsa pasar smartphone.

Sementara itu, sebagai versi paling atas dari jajaran Galaxy J7, ponsel ini juga dibekali dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya. Jika diingat, jajaran ponsel Samsung Galaxy J7 adalah termasuk smartphone yang dihadirkan untuk menyasar segmentasi kelas atas. Tentu hal tersebut bakal semakin dipermewah dengan kesan Prime pada Samsung Galaxy J7 Prime  ini. Untuk itu, komponen-komponen kelas atas khas Samsung dijamin akan memberi kemampuan kerja yang sangat mumpuni dan mendukung untuk segala aktivitas. Kehadiran seri J memang bisa dibilang menakjubkan.

Pasalnya, jika menengok varian Galaxy J dengan nomor punggung lebih kecil, dapatlah disalah tafsirkan bahwa Galaxy J adalah nomor untuk kelas menengah ke bawah. Namun dengan hadirnya Samsung Galaxy J7 Prime ini, nampaknya memang Samsung sedang berusaha membuat flagship baru di bawah varian Galaxy S.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, Tim Futureloka akan membahas tentang perbandingan spesifikasi, harga serta kelebihan dan kelamahan Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7.

Spesifikasi Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7

Tabel di bawah adalah tabel perbandingan spesifikasi Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7 yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

Spesifikasi Oppo A37

DISPLAY Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.0 inches, 68.9 cm2 (~67.8% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~294 ppi density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass 4
– Color OS 3.0
PLATFORM OS Android 5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306
MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Internal 16 GB, 2 GB RAM
CAMERA Primary 8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash
Features 1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama
Video [email protected]
Secondary 5 MP, f/2.4, 1/4″ sensor size

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime

DISPLAY Type PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~73.3% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass (market dependent)
PLATFORM OS Android 6.0.1 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat)
Chipset Exynos 7870 Octa
CPU Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T830 MP1
MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Internal 16/32 GB, 3 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, f/1.9, 28mm, autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video [email protected]
Secondary 8 MP, f/1.9

Dimensi, Desain dan Layar Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7

Dari segi dimensi, desain dan layar, Oppo sendiri selama ini dikenal dengan perangkat-perangkatnya yang mengusung desain simpel namun terlihat elegan. Hal ini pun nampaknya juga masih bisa ditemukan pada perangkat yang satu ini. Namun, meski nantinya dibanderol dengan harga yang tak begitu mahal namun Oppo A37 justru menyuguhkan desain yang premium dengan memberikan kontruksi unibodi yang dikombinasikan dengan balutan bodi metal (aluminium alloy) serta tersedia dalam pilihan warna gold dan rose gold. Dimensinya sendiri meliputi panjang 143.1 mm, lebar 71 mm, dan ketebalan 7.7 mm.

Sedangkan, beratnya adalah 140 gram sehingga masih terasa nyaman ketika digenggam dan dioperasikan. Pada bagian visualnya, Oppo A37 menghadirkan layar IPS LCD dengan bentang 5.0 inci. Layar ini mampu menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 294 ppi. Untuk melindunginya dari berbagai goresan dan benturan, maka layarnya juga telah dimaksimalkan dengan proteksi Corning Gorilla Glass 4 dan kaca lengkung 2.5D. Namun, sepertinya sensor pemindai sidik jari tidak tersemat pada spesifikasi Oppo A37 ini.

Sementara itu, dilihat dari spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime ini, sebenarnya untuk segi desain dan bodi masih khas dengan jajaran produk Samsung Galaxy J7. Meskipun untuk dimensi secara detailnya masih belum diumumkan, namun apabila berkaca dari versi sebelumnya memang menjadi salah satu ponsel paling ramping yang pernah dibuat oleh Samsung. Ponsel ini kabarnya akan hadir dengan desain lebih premium karena mendukung layar canggih. Masih sama dengan versi lama, Samsung Galaxy J7 Prime ini mengusung sektor display dengan teknologi layar super AMOLED berukuran 5.5 inci.

Dengan teknologi layar yang membawakan resolusi yang lebih besar yaitu Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan 401 ppi, tentu saja akan membawa Anda untuk menikmati pemandangan layar yang sangat tajam dan berkualitas tinggi. Selain itu, Samsung Galaxy J7 Prime ini juga menggunakan pemilihan layar lengkung 2.5D. Perpaduan spesifikasi tersebut memang layak sebagai perangkat yang akan mengisi ponsel kelas atas terbaru. Bukan itu saja, Galaxy J7 Prime juga hadir dengan tampilan lebih ciamik karena support dengan sistem antar muka TouchWiz versi paling baru. Sayangnya, belum diketahui apakah Samsung juga akan membekalkan proteksi layar anti gores pada spesifikasi Galaxy J7 Prime ini.

Memori Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7

Dari segi memori, mengimbangi sektor olah datanya yang cukup mumpuni, Oppo juga mendesain perangkat barunya ini dengan ruang simpan data yang memadai sehingga bisa mendukung kebutuhan para penggunanya. Oppo A37 diketahui hadir dengan memori internal sebesar 16 GB. Kapasitas ini tentu sudah menyediakan ruangan yang cukup longgar bagi pengguna untuk menyimpan berbagai macam file aplikasi serta koleksi file hiburan miliknya.

Bahkan, jika Anda merasa belum puas dengan kapasitas memori internal Oppo A37 tersebut dan menghendaki ruangan ekstra untuk mengcover kebutuhan simpan data, maka ruang penyimpanan ini masih bisa diperluas dengan menambahkam microSD card dengan kapasitas maksimal hingga 256 GB tanpa harus mengorbankan slot SIM 2 yang ada pada spesifikasi Oppo A37 ini.

Sementara itu, untuk sektor ruang simpan, rupanya Samsung juga telah meningkatkan kapasitas memori internal dalam spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime ini. Jika Galaxy J7 versi standar dibekali dengan memori internal 16 GB, maka kini untuk Galaxy J7 Prime dibekali memori internal 32 GB. Kapasitas yang diberikan oleh Samsung Galaxy J7 Prime ini terbilang sangatlah luas dan memadai untuk mengcover seluruh file yang dibutuhkan. Dengan kapasitas memori internal sebesar 32 GB, Anda dapat membayangkan berapa banyak file yang akan sanggup tertampung di dalam Samsung Galaxy J7 Prime ini.

Tentu saja segala file sistem dan file-file pribadi akan tercover dengan sempurna. Selain itu, apabila Ada merasa kapasitas tersebut masih terbatas, jangan khawatir Samsung juga menyediakan slot microSD dengan ekspansi maksimal 256 GB, namun perlu diingat penggunaannya haruslah mengorbankan slot SIM 2. Jadi, khusus spesifikasi Galaxy J7 Prime ini Anda harus menentukan mana yang lebih dibutuhkan.

Kamera Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7

Dari segi kamera, Oppo biasanya memang selalu menghadirkan piranti kamera beresolusi tinggi pada perangkat-perangkatnya. Namun, mempertimbangkan kelas ponsel kali ini, Oppo menyematkan kamera dengan resolusi yang tak begitu besar pada Oppo A37 ini namun cukup mumpuni untuk menunjang kebutuhan dokumentasi. Sebut saja kamera utama beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 yang menghiasi bagian punggungnya. Kamera ini sudah ditemani dengan fitur autofocus dan LED flash sehingga minim getaran ketika digunakan untuk menangkap objek serta bisa dipakai dalam kondisi kurang cahaya.

Kamera utama dari Oppo A37 tersebut juga sanggup menghasilkan video beresolusi full HD [email protected] Sedangkan, di bagian depannya bisa ditemukan kamera sekunder 5 MP dengan aperture f/2.4 yang tak hanya mendukung aktivitas swafoto tetapi juga video call. Selain 1/3.2” sensor size dan 1.4 µm pixel size, berbagai fitur pendukung kamera seperti geo-tagging, touch focus, face detection, dan panorama juga turut melengkapi spesifikasi Oppo A37 ini.

Sementara itu, mengingat kebutuhan fotografi yang semakin tinggi, Samsung juga membekali spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime ini dengan perangkat kamera yang cukup berkualitas. Jika diperhatikan, rupanya Samsung masih tetap mempertahankan kamera yang sama seperti milik Galaxy J7 versi standar. Hal ini membuktikan bahwa kamera yang ada memang sudah sangat pas dan memberi kinerja yang mumpuni untuk Samsung Galaxy J7 Prime ini. Dari generasi ke generasi, Samsung memang telah dikenal dengan produk yang menyediakan perangkat kamera berkualitas tinggi. Hal ini terlihat pada kamera utama yang berukuran 13 MP lengkap dengan autofocus dan LED flash, sehingga hasil jepretan dengan resolusi 4128 x 3096 pixels akan dihasilkan dengan kualitas yang tajam serta pencahayaan yang sangat maksimal.

Untuk memenuhi dokumentasi dengan sentuhan-sentuhan fotografi modern, Samsung Galaxy J7 Prime ini juga memiliki berbagai fitur seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama juga HDR. Sebagai perangkat modern,. Samsung juga menyematkan kamera depan atau kamera sekunder berukuran 5 MP untuk memenuhi kebutuhan foto selfie juga video call dengan hasil maksimal. Sementara itu, untuk kebutuhan dokumentasi berupa video, kedua kamera pada spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime ini sanggup melakukan perekaman dengan kualitas Full HD 1080p.

Baterai Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7

Dari segi baterai, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daya komponen-komponen standar namun berkualitas yang ada pada dapur pacunya, maka perangkat ini dibekali dengan baterai Lithium Ion dengan kapasitas 2.630 mAh. Kapasitas baterai yang dipakai oleh oleh Oppo A37 ini memang dirasa sudah mampu memenuhi kebutuhan daya dari masing-masing komponen yang ada. Selain itu, penggunaan ponsel untuk aktivitas yang normal tentu akan membuatnya bisa bertahan dalam kurun waktu seharian. Namun, jika kamu termasuk pengguna yang aktif maka tak ada salahnya untuk membawa suplai daya cadangan untuk Oppo A37 ini seperti power bank. Namun, sayangnya baterai yang dipakai oleh perangkat ini adalah jenis non-removable sehingga tak bisa dilepas sewaktu-waktu.

Sementara itu, melihat spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime ini nampaknya memang tak akan menjadi perangkat yang irit. Jika menimbang penggunaan layar yang luas dan berteknologi tinggi, kemudian dapur pacu yang gahar serta konektivitas super cepat tentu saja konsumsi daya baterai juga akan semakin besar. Namun, Samsung Galaxy J7 Prime ini mengusung layar AMOLED dan sistem operasi Android Marshmallow, nantinya akan mampu mengurangi konsumsi daya menjadi lebih hemat. Untuk mendukung segala aktivitas, Samsung membekali Samsung Galaxy J7 Prime ini dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh. Menariknya, ponsel ini dibekali dengan jenis baterai removable, yang artinya bisa dilepas. Dari kapasitas tersebut, bisa dikatakan seluruh spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime ini akan sanggup bertahan seharian penuh untuk seluruh aktivitasnya.

Harga Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7

galaxy j7 prime

Dari segi harga, kedua ponsel pintar ini memiliki harga yang cukup bersaing. Anda dapat memiliki ponsel secanggih Oppo A37 hanya denga membayar sekitar 2,7 jutaan saja untuk kondisi baru. Sementara sedikit lebih mahal dengan pesaingnya, Samsung Galaxy J7 Prime diperkirakan memasang harga di kisaran 4 jutaan. Namun harga tersebut tentu sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Kelebihan dan Kelemahan Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7

Setelah melihat perbandinga spesifikasi dan harga, kali ini kami aka membahas tentang kelebihan dan kelemahan Oppo A37 VS Apple Samsung Galaxy J7.

Kelebihan Oppo A37

  • Menawarkan desain yang sangat berkelas dengan balutan material full metal aluminium
  • Navigasi Menu semakin nyaman dan responsiff saat digunakan karena mendukung layar dengan diagonal 5.0 Inchi.
  • Dengan panel IPS LCD dan resolusi layar HD 720 x 1280 yang membuat tampilan layar terlihat lebih bening dan memanjakan mata
  • Layarnya juga sudah dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass 4 yang akan melindungi layar dari benturan dan goresan
  • Akses internet sosial media semakin lancar dengan adanya dukungan konektifitas 4G LTE 
  • Dilengkapi dengan kemampuan Dual SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan, sehingga akan lebih praktis dan mudah
  • Mengadopsi Performa yang cukup bisa diandalkan dengan Chip Snapdragon 430, CPU Quad core 1,2GHz, dan GPU Adreno 306.
  • Mendukung aktifitas Multitasking dan Gaming yang lumayan lancar dengan dukungan2GB RAM.
  • Memiliki penyimpanan internal yang terbilang luas dengan kapasitas 16GB dan MicroSD Upto 256GB.
  • DIbekali dengan Kamera utama 8MP lengkap dengan Fitur utama yakni LED Flash & Autofocus.
  • Cocok banget buat anda yang hoby selfie dan video call dengan kamera depan beresolusi 5MP + Screen Flash
  • Mengadopsi baterai dengan kapasitas cukup tidak mengecewakan yakni dengan kapasitas 2630 mAh

Kelemahan Oppo A37

  • Oppo A37 masih menjalankan sistem operasi Android v 6.0 Lollipop, padahal dalam kemunculanya ditahun 2016 lalu sudah terdapat OS yang lebih baru marsmallow
  • Sebagai smartphone masa kini, sayangnya Oppo A37 ini belum dilengkapi dengan fingerprint sensor yang menjadi salah satu keamanan standart smartphone saat ini
  • Baterainya bertipe Non-Removable, jadi jika rusak kita susah untuk membukanya sendiri harus dibawa ke service center.
  • Baterainya belum suport dengan Fast charging, sehingga pengisian baterainya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Prime

  • Desain mewah dengan material Full Metal plus tampilan semakin optimal dengan kelengkapan 2.5D Curved.
  • Streaming, Nonton Youtube serta Main Game Online Tanpa Lelet Dengan Jaringan – 4G LTE Cat 4 150/50 Mbps.
  • Memberikan kenyamanan kualitas gambar yang lebih tajam & jernih dengan layar 5.5″IPS LCD Full HD + Gorilla Glass.
  • Tampilan antar muka yang lebih responsif dan lebih menawan dengan OS Android v6.0 Marshmallow.
  • Telah mendukung fitur Fingerprint Sensor guna memproteksi file atau data terpenting sobat.
  • Kinerja jeroan yang sangat bandel dengan mengandalkan prosessor Exynoss 7870 (Octa core 1,6GHz ) dan didukung dengan 3GB RAM.
  • Internal storage yang ditawarkan terbilang luas dengan kapasitas 32 GB plus terdapat MicroSD Up to 256GB.
  • Membawa Kamera utama cukup bagus dengan resolusi 13 MP dengan kelengkapa LED Flash & Autofocus.
  • Kamera depan cocok buat Selfie dan Video Call dengan resolusi 8 MP yang dipadukan dengan Screen Flash.
  • Baterai terbilang cukup awet dengan membawa kapasitas 3300 mAh.

Kelemahan Samsung Galaxy J7 Prime

  • Panel layar masih belum SuperAMOLED khas Samsung yang memberikan tampilan warna yang bagus.
  • Kamera depan tidak dilengkapi dengan LED Flash seperti Samsung J7 2016.
  • Tidak mendukung sensor Gyroscope untuk menikmati konten dan games virtual reality.
  • Baterai Non Removable yang tak bisa dilepas. Agak susah bila terjadi kerusakan pada baterai tak bisa diganti sendiri.

Setelah melihat perbandingan Oppo A37 VS Samsung Galaxy J7, kini Anda dapat memilih ponsel mana yang lebih cocok untuk Anda. Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gaya hidup di laman Futureloka. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here