Perbandingan Bagus Mana HP Vivo V5 VS Vivo Y55L segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Vivo-V5-vs-vivo-Y55L

Salah satu vendor smartphone terkemuka asal Tiongkok Vivo baru-baru ini memberikan kabar yang cukup mengejutkan karena akan kembali menghadirkan produk smartphone barunya ke pasaran. Produk anyar buatan Vivo itu diketahui memiliki nama Vivo V5 di akhir 2016 lalu.

Vivo sendiri merupakan vendor asal Negeri Tirai Bambu yang sudah lama masuk ke pasar Indonesia dan produk-produknya cukup diminati oleh konsumen. Ini karena Vivo terkenal sebagai vendor yang menghadirkan berbagai koleksi ponsel pintar dengan spesifikasi yang berkualitas. Vivo V5 yang menurut rencana akan diluncurkan pada 25 November 2016 ini tidak akan dirilis sendirian. Pasalnya, bersamaan dengan itu Vivo juga akan menghadirkan Vivo V5 Plus.

Baik Vivo V5 dan Vivo V5 Plus akan menjadi generasi penerus dari smartphone Vivo lainnya yaitu Vivo V3 dan Vivo V3 Max yang cukup sukses dan menarik perhatian banyak orang setelah diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Diluncurkannya Vivo V5 sepertinya menjadi langkah baru bagi vendor Tiongkok tersebut untuk mendulang kesuksesan yang sama.

Vivo V5 ini hadir dengan spesifikasi yang berkualitas sehingga pantas jika dinanti-nantikan oleh banyak orang. Bahkan kabarnya, perangkat baru Vivo itu membawa fitur yang sangat spesial dan ditujukan untuk kalangan muda.

Kancah industri smartphone tampaknya memang perkembangannya dirasa kian cepat. Pasalnya, beragam vendor selalu saja meluncurkan produk terbarunya dengan spesifikasi dan inovasi tinggi. Pabrikan smartphone tersebut pun kembali turut serta dalam meramaikan pasar smartphone dengan meluncurkan sebuah ponsel pintar bertajuk Vivo Y55L. Ponsel pintar ini kabarnya sudah dirilis di India dengan menyasar segmen kelas pemula atau entry level.

Meskipun menyasar pada kelas pemula namun Vivo Y55L ini mengusung desain premium sehingga tak kalah juga dengan smartphone lain pada segmen kelas menengah. Di sisi lain, kehadiran Vivo Y55L ini di segmen pemula, tentu sudah dipastikan akan semakin memperketat persaingan yang terjadi di segmen entry level di mana pada segmen ini banyak sekali smartphone garapan vendor-vendor lain.

Tak hanya itu saja, Vivo Y55L ini juga bakal dibekali spesifikasi yang terbilang cukup mumpuni di kelasnya beserta fitur-fitur berteknologi canggih. Sehingga, tak mengherankan jika nantinya ponsel pintar garapan Vivo ini akan memikat hati para calon konsumen.

Terlepas dari hal tersebut, jika membahas pada sektor desain, spesifikasi dan fiturnya, Vivo Y55L ini pun juga tak bisa dianggap sebelah mata karena ia mampu menyaingi seri diatasnya. Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Vivo V5 VS Vivo Y55L segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasan selengkapnya :

Perbandingan Spesifikasi Vivo V5 VS Vivo Y55L

Spesifikasi Vivo V5

  • Desain Elegan Khas Vivo dengan Layar Lebar nan Luas

Dari segi desain, spesifikasi Vivo V5 memang tak mengalami perbedaan yang cukup signifikan dari generasi sebelumnya. Smartphone ini masih hadir dengan tampilan yang elegan berkat balutan material metal pada tubuhnya dengan pilihan warna emas dan abu-abu yang terlihat cantik.

Selain elegan, Vivo V5 juga terlihat ramping karena dimensi tubuhnya meliputi panjang serta ketebalan yang pas. Walaupun bodinya dilapisi dengan material metal, tetapi bobotnya masih terbilang ringan sehingga nyaman dioperasikan dalam waktu yang lama.

Sementara itu, Vivo V5 ini mengusung layar IPS LCD dengan bentang layar luas yang sudah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass sehingga aman terhadap goresan meski hingga kini versinya belum diketahui. Layarnya ini menghasilkan resolusi HD namun kerapatan yang rendah.

Tampilan antarmuka dari Vivo V5 pun cukup berbeda dengan penggunaan Funtouch OS 2.6. Keamanan dari handset baru Vivo ini pun semakin bagus berkat disematkannya sensor fingerprint.

v5-

  • Dapur Pacu Bertenaga dengan Prosesor Octa Core dan RAM Disokong RAM Besar

Selain memiliki desain yang menarik, ponsel ini ternyata juga dibekali dengan komponen dapur pacu yang terbilang unggulan. Meski detail dari chipsetnya belum diketahui, namun tampaknya Vivo akan menanamkan chip buatan Mediatek untuk Vivo V5 tersebut.

Chip tersebut nantinya akan menghasilkan tenaga prosesor Octa core yang sangat mumpuni untuk mendukung operasional dari ponsel. Selain itu, sektor ini didukung dengan kapasitas RAM yang besar sehingga aktivitas multitasking bisa dijalankan tanpa hambatan oleh Vivo V5 ini.

Meski belum diketahui secara pasti, namun sepertinya vendor Tiongkok itu akan menggunakan kartu olah grafis Mali untuk menunjang segala permainan game melalui perangkat ini. Sementara itu, untuk menjalankan segala komponen yang ada pada sektor ini, spesifikasi Vivo V5 mengandalkan sistem operasi Android dengan segudang fitur menarik.

  • Konektivitas Andalkan Akses Jaringan 4G LTE

Spesifikasi Vivo V5 memang sudah dibekali dengan komponen yang berkualitas. Tentu ponsel ini akan menjadi kurang sempurna jika tidak didukung dengan koneksi internet yang cepat. Untuk urusan yang satu ini, Vivo sudah mengandalkan akses jaringan 4G LTE sebagai jaringan utama pada Vivo V5 ini guna menyediakan koneksi internet bebas lemot bagi para penggunanya.

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan download dengan kecepatan 150 Mbps dan upload dengan kecepatan 50 Mbps. Akses jaringan GSM dan HSPA pun masih bisa diandalkan untuk mendapatkan koneksi internet di daerah yang belum terjangkau jaringan 4G LTE. Vivo V5 juga menghadirkan fitur dual SIM sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan lebih efisien tanpa harus menggunakan 2 ponsel.

Baik Wi-Fi maupun hotspot juga dihadirkan pada perangkat ini sehingga pengguna bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan akses internet gratis. Sementara untuk bertukar file, ada fitur Bluetooth, microUSB v2.0, dan USB OTG yang bisa dipakai. Untuk sistem navigasinya sendiri, spesifikasi Vivo V5 ini memakai A-GPS yang cukup baik untuk menemukan lokasi.

  • Storage Sediakan Memori Internal Besar dan Dilengkapi Slot microSD

Untuk urusan penyimpanan file, perangkat ini menyediakan ruangan yang cukup longgar bagi para penggunanya dengan bekalan memori internal yang kapasitasnya terbilang besar. Ruangan internal yang ada pada Vivo V5 ini sebenarnya sudah cukup memadai jika digunakan untuk menampung berbagai macam file milik pengguna, baik itu file internal bawaan maupun file-file pribadi yang biasanya berupa foto, lagu, video, dan game.

Namun, jika kapasitas internal tersebut dirasa memang belum mencukupi maka ruang penyimpanan dari Vivo V5 masih bisa diperluas melalui microSD card dengan kapasitas maksimal mencapai ekspansi maksimal.

Namun kurangnya Vivo V5, penggunaan microSD card ini nantinya harus mengorbankan slot SIM 2 sehingga pengguna harus benar-benar mempertimbangkan mana yang lebih dibutuhkan. Tentu saja, spesifikasi Vivo V5 tersebut perlu menjadi catatan tersendiri. Berikut spesifikasi lengkapnya :

v5-1

  • Layar
5.5 inci IPS LCD Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
4G LTE Cat 4 150/50 Mbps
  • Body
153.8 x 75.5 x 7.6 mm , 154 g , Full Metal
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marshmallow
  • Chipset
CPU Mediatek MT6750 + GPU Mali T860MP2
  • Memori
RAM : 4 GB , Internal : 64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , Phase Detection Autofocus & LED Flash
  • Kamera Depan
20 MP f/2.0 , Softlight Flash
  • Sensor
Fingerpint, Accelerometer, Proximity, Compass
  • Warna
Gold, Gray, Rose Gold
  • Baterai
Li-lon 3000 mAh

Spesifikasii Vivo Y55L

  • Smartphone dikelas Entry Level dengan Gaya Desain Elegan

Seperti biasanya, mengawali pembahasan, kali ini akan memulainya dengan mengulas sektor tampilan luar dari spesifikasi Vivo Y55L. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa meskipun menyasar pada kelas pemula namun desain yang diusung Vivo Y55L ini tampak begitu elegan.

Mulai dari dimensinya yang memiliki ukuran panjang dan berketebalan yang pas sehingga akan menampilkan bentuk ponsel yang cukup slim di kelasnya. Bahkan, bobotnya pun tergolong ringan mengingat agar yang mengoperasikannya membuat mudah digenggam dan dibawa ke mana-mana oleh penggunanya.

Selain itu, untuk sektor layarnya, Vivo Y55L akan mengusung layar lebar dengan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors yang akan membuat tampilannya cukup menarik. Bahkan, untuk kemampuan resolusinya pun sudah HD, tak lupa pula juga dengan kerapatan yang tergolong tinggi. Dengan demikian tak heran apabila nanti tampilannya pun tak kalah juga dengan ponsel kelas premium.

Tak sampai di situ saja, sektor layar dari Vivo Y55L ini juga sudah dilengkapi proteksi layar yang siap melindungi layarnya dari goresan. Tampaknya, sektor desain eksterior dari spesifikasi Vivo Y55L ini memang menampilkan gaya desain yang terbilang cukup mewah dan elegan.

Vivo-Y55L

  • Performa Unggul Andalkan Chipset Terbaru Disertai RAM yang Besar

Seperti yang sudah diutarakan di atas, selain memiliki desain yang unggul, spesifikasi Vivo Y55L ini juga dibekali komponen dapur pacu yang cukup tangguh. Hal tersebut tampak dari disematkannya chipset teranyar dengan verdor yang terbilang baik dalam hal dapur picu. Didalam sebuah prosesor Octa-core (Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & Quad-core Cortex-A53) yang akan menjadikan Vivo Y55L ini memiliki performa yang cukup gahar.

Selain itu, pada sektor dapur pacunya ini juga akan disematkan pula sebuah RAM dengan kapasitas cukup yang siap mendukung setiap aktivitas multitasking sehingga kinerja operasionalnya akan lebih lancar. Tak hanya sampai di situ saja, untuk urusan penampilan grafis, Vivo Y55L telah membekali sebuah kartu grafis atau sehingga akan membuat tampilan ponsel ini tampak lebih natural dan memanjakan setiap mata yang memandang.

Kemudian, seluruh komponen yang tersematkan dalam mesin pacu ini akan berjalan di atas platform OS Android Marshmallow yang dikenal memiliki beragam fitur menarik dan canggih. Hal ini semakin menunjukkan bahwa spesifikasi Vivo Y55L ini tiada duanya.

  • Ponsel Sederhana dengan Dukungan Akses Jaringan 4G LTE

Tak hanya sektor fotografi saja yang mumpuni, spesifikasi Vivo Y55L ini juga sudah mendukung akses jaringan internet 4G LTE. Dengan demikian, akan membuat penggunanya menjadi lebih nyaman ketika berselancar ria di dunia maya secara lancar. Selain itu, untuk aktivitas komunikasi Vivo Y55L inipun juga akan menjadi lancar berkat dukungan slot Dual SIM Card yang bisa digunakan secara bersamaan.

Tak sampai di situ saja, untuk mendukung konektivitas jarak dekat, Vivo Y55L ini juga sudah dilengkapi dengan fitur WiFi dan hotspot di mana bisa digunakan untuk mengakses sinyal internet secara gratis.

Di samping itu, guna menunjang aktivitas koneksi jarak dekat, maka Vivo pun juga menyematkan fitur Bluetooth, dan USB On The Go. Di sisi lain, spesifikasi Vivo Y55L ini juga sudah dilengkapi dengan sistem navigasi A-GPS dan GLONASS yang akan memberikan informasi pemetaan lokasi yang cukup akurat.

  • Ruang Penyimpanan Luas Berkat Memory Internal yang Besarserta Dilengkapi Slot microSD

Jika melihat pada kebutuhan pengguna smartphone zaman sekarang, sektor penyimpanan menjadi hal yang cukup penting mengingat dibutuhkan untuk menyimpan file-file pribadi, seperti foto, video, aplikasi maupun file pribadi lainnya. Bahkan, ruang simpan pada sebuah smartphone dibutuhkan sebagai media untuk menyimpan file sistemnya.

Dengan demikian, untuk menunjang kebutuhan tersebut maka Vivo Y55L ini menyediakan ruang penyimpanan berupa memory internal dengan kapasitas yang terbilang cuku[ besar. Dengan kapasitas sebesar itu, tentu dirasa sudah cukup guna memenuhi kebutuhan akan media penyimpanan.

Namun, jika masih dirasa kurang, Vivo Y55L juga menyediakan slot memory eksternal yang bisa disematkan dengan sebuah micro SD dengan batas kapasitas maksimum.

Dengan melihat secara keseluruhan, sepertinya sektor penyimpanan dari spesifikasi Vivo Y55L ini bisa dijadikan salah satu sektor yang diandalkan Vivo dalam memikat konsumennya di kelas pemula. Berikut spesifikasi lengkapnya :

Vivo-Y55L-1

  • Layar
5.2 inci IPS Capacitive , 720x 1280 pixels
  • Jaringan
3G HSDPA, HSPA+, 4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marsmallow
  • Chipset
CPU Snapdragon 430 + GPU Adreno 505
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 128 GB
  • Kamera Belakang
8 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Baterai
Li Lion 2650 mAh

Perbandingan Hasil Kamera Vivo V5 VS Vivo Y55L

Sektor Fotografi Usung Kamera Utama 13 MP dan Kamera Perfect Selfie Beresolusi 20 MP

Pada Vivo V5, Sektor ini dipersenjatai dengan dua buah kamera yang beresolusi tinggi sehingga akan sangat memanjakan pengguna yang hobi mengabadikan momen. Kamera utamanya yang terletak pada bagian belakang bodi memiliki resolusi 13 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus dan LED Flash. Kamera utama Vivo V5 ini juga mampu menghasilkan video sebesar HD.

Sedangkan, kamera sekundernya yang ada pada bagian depan bodi hadir dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamera utama Vivo V5 ini yaitu sebesar 20 MP. Kamera sekunder dengan aperture f/2.0 ini sangat mumpuni jika digunakan aktivitas selfie dan video call berkat teknologi ‘Moonlight Glow’ yang diklaim mampu meningkatkan kecerahan wajah meski dalam kondisi minim cahaya.

Tak heran jika kamera sekunder pada Vivo V5 ini dijuluki dengan ‘Perfect Selfie’. Pengguna pun masih bisa memanfaatkan fitur pendukung kamera lainnya untuk menunjang kebutuhan dokumentasi seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR. Kehadiran fitur pendukung tersebut tampak sangat melengkapi spesifikasi Vivo V5 ini.Hasil-Jepretan-Kamera-Depan-Vivo-V5

Sektor Fotografi Didukung Dual Kamera 8 MP dan 5 MP

Meskipun menyandang ponsel pintar kelas entry level, namun perangkat ini tetap dilengkapi dengan fitur yang cukup berkualitas, seperti pada sektor dokumentasi di mana pada Vivo Y55L ini akan dibekali dual kamera.

Untuk kamera belakang akan mengandalkan kamera beresolusi 8 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash sehingga akan memberikan hasil bidikan foto yang cukup jelas dan jernih meskipun pencahayaan kurang mengingat sudah ada LED flash.

Sementara itu, untuk kamera depan, Vivo Y55L ini akan mengandalkan kamera beresolusi 5 MP yang juga dilengkapi dengan screen flash sehingga akan memberikan hasil jepretan foto selfi yang cukup mumpuni. Di sisi lain, sektor dokumentasi dari spesifikasi Vivo Y55L ini pun juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected] yang akan memberikan hasil rekaman video yang jelas dan natural.

Vivo-Y55L-2

Perbandingan dari Segi Harga Vivo V5 VS Vivo Y55L di Indonesia

Harga Vivo V5 untuk saat ini dibandrol dengan harga 2,8 jutaan rupiah, sedikit turun dari bulan sebelumnya. Sedangkan untuk harga bekasnya ada dikisaran 2,1 jutaan tergantung kondisi. Harga 2,8 jutaan ini kami rasa masih sangat worthed untuk membeli Vivo V5, karena spesifikasi nya tergolong tinggi dengan RAM 4GB terbesar di kelasnya. Dan juga kemampuan fotografi terutama selfie nya yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya.

Sebagaimana diketahui, biaya produksi perangkat dengan layar lebar plus pelindung layar yang mahal tentu bakal mengikuti harga suatu perangkat. Dengan demikian, dari sisi ini saja kita dapat memahami bahwa harga Vivo V5 ini tidak bisa dikatakan murah pada awal peluncurannya kemarin.

Spesifikasi dan harga Vivo V5 tersebut nampaknya mampu membuat para pengguna menantinya di pasar gadget. Selain semakin memperketat persaingan ponsel di kelasnya, spesifikasi dan harga Vivo V5 tersebut juga akan menjadi pilihan baru bagi mereka yang mencari ponsel canggih dengan kamera selfie beresolusi tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan smartphone – smartphone premium.

Sedangkan, harga Vivo Y55L untuk saat ini belumlah tersedia di pasaran. Namun jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan kemungkinan bakal dibandrol dengan harga kisaran menengah keatas.

Seperti yang sudah diutarakan di atas bahwa perangkat ini merupakan ponsel pemula namun tetap tampil dengan desain elegan. Pasalnya, ponsel ini memiliki layar seluas 5,2 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixels dan berpanel IPS LCD sehingga akan memberikan visual yang menarik di kelasnya. Tak usah ditanya lagi, daya tarikt ersebut tentu saja bakal memengaruhi banderol harga Vivo Y55L di pasaran nantinya.

Selain itu, untuk sektor mesin pacunya, Vivo Y55L akan dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 430 yang akan dikolaborasikan dengan prosesor Octa Core sehingga tak mengherankan jika nantinya ponsel pemula ini tetap memberikan performa mesin yang gahar.

Bahkan, untuk memperlancar kinerja operasionalnya, Vivo Y55L juga sudah dibekali RAM berkapasitas 2 GB guna mendukung aktivitas multitasking. Tak sampai di situ saja, Vivo Y55L juga dilengkapi dual kamera 8 MP dan 5 MP. Selain itu, didukung juga dengan akses jaringan internet 4G LTE yang akan membuat pengguna nyaman ketika berselancar ria di dunia maya.

Perbandingan dari Segi Baterai Vivo V5 VS Vivo Y55L

Suplai Daya Dipasok Baterai 3.000 mAH

Smartphone ini dibekali dengan pasokan daya yang cukup memadai untuk menjalankan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya. Vivo diketahui menanamkan baterai Lithium Ion dengan kapasitas 3.000 mAH untuk memberi pasokan daya pada setiap komponen yang ada di Vivo V5 tersebut.

Baterai ini tentu bisa bertahan seharian jika digunakan untuk aktivitas yang normal. Namun, jenis baterai yang dipakai adalah baterai tanam atau non-removable sehingga tidak bisa dilepas dengan mudah  jika terjadi kerusakan. Hingga saat ini juga belum diketahui apakah Vivo akan menyematkan fitur fast charging untuk membantu pengisian daya yang lebih cepat pada Vivo V5 ini.

Kurang lebih, hal itu semua juga masih menjadi misteri selama Vivo belum memperkenalkan chipset untuk perangkat ini. Walaupun demikian, tentu saja para pecinta Vivo harus percaya bahwa vendor yang satu ini selalu memberikan yang terbaik pada spesifikasi Vivo V5 ini.

Vivo-Y55L-3

Pasokan Daya Dibekali Baterai yang Berkapasitas 2.650 mAh

Pada sektor baterai yang diusung perangkat ini, Vivo memberikan baterai dari jenis Li-Ion (Lithium Ion). Meskipun jenis baterai Vivo Y55L ini memiliki kualitas di bawah dari jenis baterai Li-Po (Lithium Polymer) namun yang jelas bahwa baterai yang diusung Vivo Y55L ini memiliki kapasitas yang dirasa cukup, yaitu sebesar 2.650 mAh.

Daya tersebut dirasa sudah mencukupi kebutuhan tiap-tiap komponen yang ada dalam Vivo Y55L ini, terutama pada sektor mesin pacu yang bakal paling banyak membutuhkan suplai daya guna menjaga kestabilan kinerja operasionalnya. Spesifikasi Vivo Y55L ini menujukkan keseriusan Vivo dalam menyabet pasar internasional.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Vivo V5 VS Vivo Y55L segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka Sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone kelas atas ini merupakan produk teranyar dari vendor yang sama ini sudah tidak asing ditelinga kita ini memiliki kelebihan yang luar biasa, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smarthone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here