Perbandingan Bagus Mana HP Vivo V5 VS Vivo Y55S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Vivo V5 hadir dengan lensa kamera berukuran 20 MP, aperture f/2.0, sensor Sony IMX376 dengan teknologi ” Soft light Camera” untuk selfie terbaik dan lensa 5P. Sementara untuk kamera belakangnya berukuran 13 MP, Phase detection autofocus, LED flash.

Selain itu Vivo V5 juga akan mengusung layar berteknologi IPS LCD seluas 5.5 inchi, resolusi 720 x 1280 piksel, yang dilengkapi perangkat keamanan layar Cornning Gorilla Glass 4, lalu sudah berjalan memakai sistem oprasi OS Android v 6.0 Marshmallow, yang dienagai sektor dapur pacu kalo tidak Mediatek MT6750 Ocat Core 1.5 GHz Cortex A53 dan pengolah grafis GPU Mali-T860MP2.

Sementara itu untuk pesaingnya, Vivo resmi merilis Vivo Y55s sebagai penerus dari seri Y55 yang telah mengalami peningkatan di sektor baterai yang lebih besar, sensor lebih lengkap serta resolusi kamera belakang lebih tinggi. Namun sayangnya seri chipset lebih rendah, vivo Y55s ini menggunakan chipset snapdragon 425, sedangkan Vivo Y55 menggunakan snapdragon 430.

Jika dilihat dari peningkatan serta penurunan beberapa fitur di atas, dapat dibilang vivo memang mengkhususkan Hp vivo Y55s ini untuk keperluan fotografi. Untuk keperluan fotografi, hp ini dibekali kamera depan 5 MP serta kamera belakang 13 MP yang sudah dilengkapi LED Flash, Mode pro serta teknologi UltraHD yang dapat membuat hasil jepretan menjadi lebih bagus.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, Tim Futureloka akan membahas tentang perbandingan spesifikasi, harga serta kelebihan dan kelemahan Vivo V5 VS Vivo Y55S.

Spesifikasi Vivo V5 VS Vivo Y55S

Tabel di bawah adalah tabel perbandingan spesifikasi antara  Vivo V5 VS Vivo Y55S yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

DISPLAY Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.5 inches (~71.8% screen-to-body ratio) 5.2 inches (~69.1% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density) 720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
Multitouch Yes Yes
Protection Corning Gorilla Glass 3
– Funtouch OS 2.6 – Funtouch OS 3.0
PLATFORM OS Android 6.0 (Marshmallow) Android 6.0 (Marshmallow)
Chipset Mediatek MT6750 Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53 Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T860MP2 Adreno 306
MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot) microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Internal 32 GB, 4 GB RAM 16 GB, 2/3 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, phase detection autofocus, LED flas 13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video [email protected] [email protected]
Secondary 20 MP, f/2.0, 1/2.8″ sensor size, 1080p 5 MP, f/2.2

Dimensi, Desain dan Layar Vivo V5 VS Vivo Y55S

Dari segi dimensi, desain dan layar, Vivo V5 hadir dengan tampilan yang elegan berkat balutan material metal pada tubuhnya dengan pilihan warna emas dan abu-abu yang terlihat cantik. Selain elegan, Vivo V5 juga terlihat ramping karena dimensi tubuhnya meliputi panjang 153.8 mm, lebar 75.5 mm, dan ketebalan 7.6mm.

Walaupun bodinya dilapisi dengan material metal, tetapi bobotnya masih terbilang ringan dengan 154 gram sehingga nyaman dioperasikan dalam waktu yang lama. Sementara itu, Vivo V5 ini mengusung layar IPS LCD dengan bentang 5.5 inci yang sudah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass sehingga aman terhadap goresan meski hingga kini versinya belum diketahui. Layarnya ini menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 267 ppi.

Sementara itu, Vivo Y55s ini akan mengandalkan layar seluas 5.2 inci dengan kemampuan resolusi layar 720 x 1280 pixels berkerapatan 282 ppi yang juga akan didukung dengan panel layar berteknologi IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna. Tentu, tak perlu dipertanyakan lagi bahwa dengan kemampuan resolusi HD dan panel yang terbingkai layar seluas 5.2 inci tersebut maka spesifikasi Vivo Y55s ini akan mampu memberikan visualisasi yang cukup jernih dan tajam sehingga mampu memanjakan setiap mata yang memandang layarnya.

Memori Vivo V5 VS Vivo Y55S

Dari segi memori, Vivo V5 menyediakan ruangan yang cukup longgar bagi para penggunanya dengan bekalan memori internal yang kapasitasnya 32 GB. Ruangan internal yang ada pada Vivo V5 ini sebenarnya sudah cukup memadai jika digunakan untuk menampung berbagai macam file milik pengguna, baik itu file internal bawaan maupun file-file pribadi yang biasanya berupa foto, lagu, video, dan game.

Namun, jika kapasitas internal tersebut dirasa memang belum mencukupi maka ruang penyimpanan dari Vivo V5 masih bisa diperluas melalui microSD card dengan kapasitas maksimal mencapai 256 GB. Sayangnya, penggunaan microSD card ini nantinya harus mengorbankan slot SIM 2 sehingga pengguna harus benar-benar mempertimbangkan mana yang lebih dibutuhkan. Tentu saja, spesifikasi Vivo V5 tersebut perlu menjadi catatan tersendiri.

Sementara itu, Vivo Y55s ini akan menyediakan memory internal berkapasitas 16 GB. Dengan kapasitas tersebut, pastinya sudah dirasa sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan sebuah ruang simpan. Bahkan, dengan memory internal tersebut, pengguna bisa menyimpan beberapa data penting atau file yang cukup banyak pada Vivo Y55s ini.

Di sisi lain, jika memang dirasa kapasitas memory internal masih dirasa kurang maka jangan khawatir. Pasalnya, sektor simpan menyimpan file pada perangkat ini sudah menyediakan slot memory eksternal dimana adanya memory eksternal ini maka pengguna bisa menyimpan beragam file berukuran besar, seperti aplikasi, video, maupun data pribadi lainnya menggunakan micro SD dengan kapasitas maksimal 256 GB. Nah, dengan demikian maka tak heran jika sektor ruang penyimpanan dari spesifikasi Vivo Y55s tersebut bakal menjadi salah satu sektor yang cukup diandalkan.

Kamera Vivo V5 VS Vivo Y55S

Vivo V5

Dari segi kamera, pada Vivo V5 dipersenjatai dengan dua buah kamera yang beresolusi tinggi sehingga akan sangat memanjakan pengguna yang hobi mengabadikan momen. Kamera utamanya yang terletak pada bagian belakang bodi memiliki resolusi 13 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus dan LED Flash. Kamera utama Vivo V5 ini juga mampu menghasilkan video sebesar [email protected]

Sedangkan, kamera sekundernya yang ada pada bagian depan bodi hadir dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamera utama Vivo V5 ini yaitu sebesar 20 MP. Kamera sekunder dengan aperture f/2.0 ini sangat mumpuni jika digunakan aktivitas selfie dan video call berkat teknologi ‘Moonlight Glow’ yang diklaim mampu meningkatkan kecerahan wajah meski dalam kondisi minim cahaya. Tak heran jika kamera sekunder pada Vivo V5 ini dijuluki dengan ‘Perfect Selfie’.

Sementara itu, kamera utama Vivo Y55s ini akan menggunakan resolusi 13 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash. Dengan kemampuan kamera tersebut maka akan memberikan hasil jepretan yang jernih, tajam, dan kian sempurna bahkan pada lokasi yang mini cahaya sekalipun mengingat adanya fitur LED flash. Di samping itu, untuk kamera depan Vivo Y55s tersebut akan mengandalkan kamera beresolusi 5 MP yang bisa digunakan untuk foto selfie maupun video calk dengan hasil tampilan yang cukup memuaskan meski resolusinya tak setinggi kamera utama.

Baterai Vivo V5 VS Vivo Y55S

Dari segi baterai, Vivo diketahui menanamkan baterai Lithium Ion dengan kapasitas 3.000 mAH untuk memberi pasokan daya pada setiap komponen yang ada di Vivo V5 tersebut. Baterai ini tentu bisa bertahan seharian jika digunakan untuk aktivitas yang normal. Namun, jenis baterai yang dipakai adalah baterai tanam atau non-removable sehingga tidak bisa dilepas dengan mudah  jika terjadi kerusakan.

Sementara itu, Vivo diketahui akan memberikan baterai dari jenis Li-Ion (Lithium Ion). Meskipun jenis baterai ini memiliki kualitas di bawah dari jenis baterai Li-Po (Lithium Polymer) namun yang jelas bahwa baterai yang diusung Vivo Y55s ini memiliki kapasitas sebesar 2.730 mAh. Dengan daya baterai tersebut, tampaknya dirasa sudah mampu untuk mencukupi kebutuhan tiap-tiap komponen yang ada dalam Vivo Y55s ini, terutama pada sektor mesin pacu dan layarnya yang bakal paling banyak membutuhkan suplai daya guna menjaga kestabilan kinerja operasionalnya.

Harga Vivo V5 VS Vivo Y55S

(1) vivo v5 galaxy s8 3

Dari segi harga, Vivo V5 memasang harga di kisaran 3,5 jutaan. Sementara pesaingnya, Vivo Y55S, memasang harga yang jauh lebih murah yakni di kisaran 2,8 jutaan. Namun, harga kedua ponsel tersebut terbilang cukup terjangkau mengingat spesifikasi yang disematkan pada kedua ponsel tersebut.

Kelebihan dan Kelemahan Vivo V5 VS Vivo Y55S

Setelah melihat perbandingan spesifikasi dan harga  Vivo V5 VS Vivo Y55S, kali ini kami akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan kedua ponsel pintar tersebut.

Kelebihan Vivo V5

  • Desain menawan dengan bahan Full Metal yang dipermanis dengan kosep 2.5D Glass
  • Jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat tanpa lelet
  • Layar 5.5 Inchi membuat streamingan, Navigasi Menu, dan Negame menjadi lebih nyaman.
  • Dilengkapi dengan pelindung layar Gorilla Glass 3 untuk menghindari layar dari berbagai benturan maupun goresan yang tidak diinginkan.
  • Kinerja dapat diandalkan dengan Chipset Mediatek MT6750, Octa core 1.5 gHz dengan GPU Mali T860MP2.
  • Kapasitas RAM 4GB untuk menyempurnakan kinerja lebih sempurna
  • Tampilan antar muka yang lebih fresh dan lebih responsif dengan OS Android v6.0 Marshmallow
  • Hasil kamera belakang mumpuni dengan resolusi 13MP lengkap degan fitur Phase Detection Autofocus+LED Flash
  • Selfie lebih sempurna dengan kamera depan beresolusi 20MP+Soft Light Flash
  • Memori penyimpanan seluas 64GB cocok untuk menyimpan banyak file maupun vidoe
  • Dibekali keamanan fingerpint, untuk membuka layar dengan sekali sentuh
  • Daya baterai berukuran 3000 mAh terbilang cukup tinggi dan awet

Kelemahan Vivo V5

  • Untuk ukuran layar 5,5-inchi namun resolusi layar yang dibawa hanya HD atau 720 x 1280 pixels saja
  • SIM Card menyatu dengan slot Micro SD (Hybrid)
  • Tidak didukung dengan fitur Gyroscope untuk menjalankan konten VR Virtual Reality
  • Baterai belum dilengkapi dengan fitur Fast Charging untuk mengisi daya super cepat
  • Baterai bersifat Non-removable atau sebut saja tidak bisa dilepas yang pastinya cukup merepotkan bila ingin mengganti baterainya.

Kelebihan Vivo Y55S

  • Tampilan cantik dengan konsep 2.5D Glass yang membentuk pola layar sedikit melengkung di kedua sisinya.
  • Mendukung kemampuan Dual SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan
  • Dibekali jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat tanpa lelet
  • Layar berukuran 5.2-inchi HD dengan dukungan panel IPS LCD yang membuatnya memiliki tampilan tajam dan jernih.
  • Berjalan di atas OS Android v6.0 Marshmallow yang banyak menawarkan fiur dan aplikasi menarik
  • Kinerja mempercayakan Chipset Snapdragon 425 + GPU Adreno 308, cukup bisa memberikan kinerja bertenaga dan responsif
  • Kapasitas RAM berukuran 3GB untuk penaklukan multitasking lancar dan responsif
  • Memori penyimpanan seluas 16GB dengan Slot Micro SD mencapai 256GB cocok untuk menampung banyak file
  • Kamera belakang beresolusi mumpuni 13MP lengkap dengan fitur Phase Detection Autofcus+LED Flash
  • Kamera depan beresolusi 5MP+Screen Flash untuk selfie dengan hasil jelas dan jernih
  • Daya baterai berukuran 2750 mAh yang terbilang cukup tinggi dan awet

Kelemahan Vivo Y55S

  • Belum dilengkapi pelindung layar sehingga akan mudah tergores dari benda benda tajam
  • Tidak di sertakan fitur keren fingerpint untuk segi keamanan
  • Baterai belum didukung dengan fitur Fast Charging untuk mengisi daya super cepat
  • Baterai yang bersifat Non-Removable atau tidak bisa dilepas, sehingga akan cukup merepotkan jika terjadi kerusakan

Setelah melihat perbandingan spesifikasi, harga serta kelebihan dan kelemahan Vivo V5 VS Vivo Y55S, kini Anda dapat menentukan ponsel mana yang lebih cocok untuk Anda. Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gaya hidup di laman futureloka. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here