Perbandingan Bagus Mana HP Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Setelah merilis Vivo Y55 dengan harga dua jutaan, kali ini Vivo menghadirkan smartphone tiga jutaan dengan spesifikasi lebih canggh dan fitur lebih lengkap, yaitu smartphone bernama Vivo V5. Kecanggihan teknologinya bisa terlihat dari pemakaian kamera depan beresolusi 20 Megapixel. Kamera tersebut siap memanjakan pecinta selfie dengan hasil foto berkualitas tinggi, tajam, dan pastinya sangat jernih. Tak hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi dapur pacu powerfull dengan mengandalkan Ram berkapasitas 4GB dan processor Octa Core 64-Bit yang dibuat oleh Mediatek.

Di balik murahnya harga Vivo V5, tersedia pula teknologi Fingerprint Sensor yang akan mengoptimalkan sistem keamanan smartphone ini. Fiturnya tergolong sangat lengkap, namun sayangnya smartphone ini masih memakai layar HD yang dibentangkan seluas 5.5 inci. Wajar apabila layarnya belum Full HD, mengingat harga Vivo V5 dibanderol 3 Jutaan dan kekurangan tersebut telah tertutupi oleh kamera beresolusi tinggi yang terpasang pada bagian depan dan belakang.

Sementara itu, walaupun dibanderol murah, namun smartphone ini menawarkan desain premium dengan bodi berukuran panjang 139.5 mm, lebar 70.4 mm, dan ketebalan 8.5 mm. Bodinya terbuat dari material metal dengan bobot seberat 131.5 gram. Bentuknya cukup ideal, sehingga membuatnya nyaman digenggam dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Tak hanya itu, Redmi 4a juga memiliki layar 5 inci beresolusi HD.

Resolusi layar Xiaomi Redmi 4a adalah sebesar 720 x 1280 pixels. Alhasil layar tersebut memiliki kerapatan pixel sebesar 294 ppi. Agar layarnya terlihat semakin jernih dan tajam, maka Xiaomi melengkapinya dengan panel IPS Display. Kemudian untuk bagian software, smartphone ini mengadopsi Android Marshmallow 6.0.1 dengan antarmuka MIUI 8. Lalu ada pula chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang berpadu dengan processor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 308.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, Tim Futureloka akan membahas tentang perbandingan Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A.

Spesifikasi Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A

Tabel di bawah adalah tabel perbandingan Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

Tabel Spesifikasi Vivo V5

BODY Dimensions 153.8 x 75.5 x 7.6 mm (6.06 x 2.97 x 0.30 in)
Weight 154 g (5.43 oz)
SIM Hybrid Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~71.8% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~267 ppi density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass 3
– Funtouch OS 2.6
PLATFORM OS Android 6.0 (Marshmallow)
Chipset Mediatek MT6750
CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T860MP2
MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Internal 32 GB, 4 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, phase detection autofocus, LED flash, check quality
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video [email protected], check quality
Secondary 20 MP, f/2.0, 1/2.8″ sensor size, 1080p

Tabel Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A

DISPLAY Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.0 inches, 68.0 cm2 (~69.0% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~296 ppi density)
Multitouch Yes
– MIUI 8
BODY Dimensions 139.9 x 70.4 x 8.5 mm (5.51 x 2.77 x 0.33 in)
Weight 131.5 g (4.66 oz)
SIM Hybrid Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
PLATFORM OS Android 6.0.1 (Marshmallow)
Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 308
MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Internal 16/32 GB, 2 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash, check quality
Features Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
Video [email protected], check quality
Secondary 5 MP, f/2.2

Dimensi, Desain dan Layar Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A

Dari segi dimensi, desain dan layar, Vivo V5 hadir dengan tampilan yang elegan berkat balutan material metal pada tubuhnya dengan pilihan warna emas dan abu-abu yang terlihat cantik. Selain elegan, Vivo V5 juga terlihat ramping karena dimensi tubuhnya meliputi panjang 153.8 mm, lebar 75.5 mm, dan ketebalan 7.6mm. Walaupun bodinya dilapisi dengan material metal, tetapi bobotnya masih terbilang ringan dengan 154 gram sehingga nyaman dioperasikan dalam waktu yang lama.

Sementara itu, Vivo V5 ini mengusung layar IPS LCD dengan bentang 5.5 inci yang sudah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass sehingga aman terhadap goresan meski hingga kini versinya belum diketahui. Layarnya ini menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 267 ppi. Tampilan antarmuka dari Vivo V5 pun cukup berbeda dengan penggunaan Funtouch OS 2.6. Keamanan dari handset baru Vivo ini pun semakin bagus berkat disematkannya sensor fingerprint.

Sementara itu, Xiaomi Redmi 4A ini memiliki desain yang elegan dengan pilihan warna gold dan rose gold. Ponsel ini memiliki dimensi yang meliputi panjang 139.9 m, lebar 70.4 mm, dan ketebalan 8.5 mm. Selain itu, beratnya hanya sekitar 140 gram. Dengan ukuran bodi tersebut, Xiaomi Redmi 4A ini lebih nyaman dan mudah untuk dioperasikan.

Sementara itu, smartphone android ini telah mengusung layar IPS LCD dengan bentang 5 inci yang sudah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass. Vendor pembuatnya juga menyisipkan tampilan antarmuka MIUI 8 yang menawarkan tema menarik dalam hal grafis. Seperti pendahulunya, spesifikasi Xiaomi Redmi 4A ini juga telah diberi sensor fingerprint yang berada di punggungnya untuk semakin menunjang keamanan.

Memori Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A

Dari segi memori, untuk urusan penyimpanan file, Vivo V5 menyediakan ruangan yang cukup longgar bagi para penggunanya dengan bekalan memori internal yang kapasitasnya 32 GB. Ruangan internal yang ada pada Vivo V5 ini sebenarnya sudah cukup memadai jika digunakan untuk menampung berbagai macam file milik pengguna, baik itu file internal bawaan maupun file-file pribadi yang biasanya berupa foto, lagu, video, dan game. Namun, jika kapasitas internal tersebut dirasa memang belum mencukupi maka ruang penyimpanan dari Vivo V5 masih bisa diperluas melalui microSD card dengan kapasitas maksimal mencapai 256 GB. Sayangnya, penggunaan microSD card ini nantinya harus mengorbankan slot SIM 2 sehingga pengguna harus benar-benar mempertimbangkan mana yang lebih dibutuhkan.

Sementara itu, ruang penyimpanan internal dari Xiaomi Redmi 4A sanggup memuat file hingga kapasitas 16 GB. Besarnya memori internal tersebut cukup memadai untuk menyimpan berbagai macam file baik itu file sistem maupun koleksi file hiburan milik penggunanya. Meski begitu, jika sobat Begawei masih membutuhkan ruang untuk menampung file tambahan, maka ruang penyimpanan dari Xiaomi Redmi 4A ini masih bisa diekspansi dengan menambahkan microSD yang kapasitas maksimalnya mencapai 128 GB.

Kamera Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A

Dari segi kamera, Vivo V5 dipersenjatai dengan dua buah kamera yang beresolusi tinggi sehingga akan sangat memanjakan pengguna yang hobi mengabadikan momen. Kamera utamanya yang terletak pada bagian belakang bodi memiliki resolusi 13 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus dan LED Flash. Kamera utama Vivo V5 ini juga mampu menghasilkan video sebesar [email protected]

Sedangkan, kamera sekundernya yang ada pada bagian depan bodi hadir dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamera utama Vivo V5 ini yaitu sebesar 20 MP. Kamera sekunder dengan aperture f/2.0 ini sangat mumpuni jika digunakan aktivitas selfie dan video call berkat teknologi ‘Moonlight Glow’ yang diklaim mampu meningkatkan kecerahan wajah meski dalam kondisi minim cahaya. Tak heran jika kamera sekunder pada Vivo V5 ini dijuluki dengan ‘Perfect Selfie’. Pengguna pun masih bisa memanfaatkan fitur pendukung kamera lainnya untuk menunjang kebutuhan dokumentasi seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR.

Sementara itu, kamera utama pada bagian belakang bodi Xiaomi Redmi 4A yang beresolusi 13 MP. Kamera yang telah dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED Flash ini mampu menghasilkan video dengan kualitas [email protected] Sementara itu, kamera sekunder pada bagian depan bodi Xiaomi Redmi 4A ini beresolusi 5 MP yang cukup mendukung untuk aktivitas selfie dan video call.

Selain itu ada juga sejumlah fitur pendukung kamera yang dibekalkan pada perangkat ini seperti touch focus, gesture shot, face/smile detection, face beauty, dan HDR. Fitur pendukung tersebut nampak semakin menyempurnakan spesifikasi Xiaomi Redmi 4A ini.

Baterai Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A

Dari segi baterai, Vivo V5 dibekali dengan pasokan daya yang cukup memadai untuk menjalankan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya. Vivo diketahui menanamkan baterai Lithium Ion dengan kapasitas 3.000 mAH untuk memberi pasokan daya pada setiap komponen yang ada di Vivo V5 tersebut. Baterai ini tentu bisa bertahan seharian jika digunakan untuk aktivitas yang normal. Namun, jenis baterai yang dipakai adalah baterai tanam atau non-removable sehingga tidak bisa dilepas dengan mudah  jika terjadi kerusakan.

Sementara itu, untuk mendukung dijalankannya komponen-komponen Xiaomi Redmi 4A tersebut, Xiaomi membenamkan baterai non-removable Lithium Polymer atau Li-Po berkapasitas 3.030 mAH pada perangkat barunya ini. Baterai ini cukup tangguh untuk ponsel yang dibanderol dengan harga murah karena mampu bertahan dalam kondisi siaga selama 310 jam.

Sedangkan, jika digunakan untuk kebutuhan talk time, maka baterai pada Xiaomi Redmi 4A ini diklaim mampi bertahan hingga 10 jam lamanya tanpa henti. Sayangnya, perangkat ini tak dilengkapi dengan fitur fast charging yang bakal semakin menurunkan nilai spesifikasi Xiaomi Redmi 4A tersebut.

Harga Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A

Dari segi harga, Vivo V5 memasang harga yang sedikit menguras kantong. Sebab, ponsel ini memasnag harga di kisaran 3,5 jutaan, berbeda jauh dengan pesaingnya, Xiaomi Redmi 4A yang menawarkan ponsel ini hanya dengan harga di kisaran 1,3 jutaan saja.

Kelebihan dan Kelemahan Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A

Setelah melihat perbandingan spesifikasi dan harga, kali ini kami akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A.

Kelebihan Vivo V5

  • Desain menawan dengan bahan Full Metal yang dipermanis dengan kosep 2.5D Glass
  • Jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat tanpa lelet
  • Layar 5.5 Inchi membuat streamingan, Navigasi Menu, dan Negame menjadi lebih nyaman.
  • Dilengkapi dengan pelindung layar Gorilla Glass 3 untuk menghindari layar dari berbagai benturan maupun goresan yang tidak diinginkan.
  • Kinerja dapat diandalkan dengan Chipset Mediatek MT6750, Octa core 1.5 gHz dengan GPU Mali T860MP2.
  • Kapasitas RAM 4GB untuk menyempurnakan kinerja lebih sempurna
  • Tampilan antar muka yang lebih fresh dan lebih responsif dengan OS Android v6.0 Marshmallow
  • Hasil kamera belakang mumpuni dengan resolusi 13MP lengkap degan fitur Phase Detection Autofocus+LED Flash
  • Selfie lebih sempurna dengan kamera depan beresolusi 20MP+Soft Light Flash
  • Memori penyimpanan seluas 64GB cocok untuk menyimpan banyak file maupun vidoe
  • Dibekali keamanan fingerpint, untuk membuka layar dengan sekali sentuh
  • Daya baterai berukuran 3000 mAh terbilang cukup tinggi dan awet

Kelemahan Vivo V5

  • Untuk ukuran layar 5,5-inchi namun resolusi layar yang dibawa hanya HD atau 720 x 1280 pixels saja
  • SIM Card menyatu dengan slot Micro SD (Hybrid)
  • Tidak didukung dengan fitur Gyroscope untuk menjalankan konten VR Virtual Reality
  • Baterai belum dilengkapi dengan fitur Fast Charging untuk mengisi daya super cepat
  • Baterai bersifat Non-removable atau sebut saja tidak bisa dilepas yang pastinya cukup merepotkan bila ingin mengganti baterainya.

Kelebihan Xiaomi Redmi 4A

  • Desain ganteng dan juga lebih terkesan mewah dengan membawa Bezel konsep2.5D Glass.
  • Layar dengan resolusi 5.0 Inchi HD 720p membuat aktifitas kamu semakin lebih respsonsif. Lebih lagi karena menawarkan panel IPS LCD kualitas dari gambarnya menjadi lebih tajam & lebih jernih.
  • Konektifitas yang lebih lancar dengan membawa konektifitas 4G LTE, dengan demikian semakin mantep dalam streamingan, Game Online, dan Chatting.
  • Menawarkan tampilan antar muka dengan penggunanya semakin menarik dengan Android generasi terbaru v6.0 Marshmallow.
  • Kinerja dari jeroan dapur pacu performanya tidaklah begitu mengecewakan dengan snapdragon 425 dan 2 GB RAM. Ponsel ini cukup mumpuni untuk kamu yang punya aktifitas Multitasking ataupun Gaming dengan Graphic kelas pemula.
  • Hadir dalam sokongan penyimpanan internal yang lebih laus dengan kapasitas 32 GB plus sudah didukung dengan slot memori Exsternal Upto 256 GB.
  • Bagus banget untuk mengabadikan moment spesial anda dengan hasil yang lebih bagus dengan resolusi 13 MP. Bahkan sudah mendukung Fitur Autofocus & LED Flash.
  • Buat kamu yang suka selfie atau cuma sekedar video call ponsel ini dapat memanjakan anda dengan kamera depan 5 MP.
  • Meskipun murah hanya 1,3 Jutaan namun sudah didukung dengan Fitur sensor Gyro untuk kebutuhan kamu akan Virtual Reality.
  • Baterai yang tidak mengecewakan dengan sokongan kapasitas 3120 mAh.

Kelemahan Xiaomi Redmi 4A

  • Baik layar maupun keamanannya sangat rawan karena pada dasarnya tidak dilengkapi dengan Fitur Gorilla Glass dan juga Fingerprint.
  • Kurang cocok untuk selfie ditempat minim cahaya karena tidak dilengkapi denganLED Flash.
  • Baterai yang ditawarkan memang bagus namun tidak didukung dengan pengisian cepat Fast Charging.

Setelah melihat perbandingan spesifikasi, harga serta kelebihan dan kelemahan Vivo V5 VS Xiaomi Redmi 4A, kini Anda dapat memilih ponsel mana yang lebih cocok untuk Anda. Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gaya hidup di laman futureloka. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here