Perbandingan Bagus Mana HP Vivo Y15 VS Oppo Joy 3 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

vivo-y15-vs-oppo-joy-3

Perkembangan dunia smartphone memicu vendor baru bermunculan demi meraup keuntungan dengan berbagai tipe produk yang ditawarkan. Termasuk vendor asal Tiongkok yaitu Vivo. Produk Vibo sudah dijual secara internasional dan memiliki konsumen dari berbagai negara.

Sebelumnya, Vivo telah memiliki beberapa deretan smartphone yang kebanyakan berada pada level menengah atas. Selain seri X5Pro, Vivo juga memiliki seri X3S dan juga XShot. Hampir semua produk itu merupakan smartphone kelas atas.

Kali ini, Vivo Y35 dihadirkan untuk memenuhi permintaan gadget di kelas menengah yang semakin hari semakin meningkat. Pangsa pasar kelas menengah memang menjadi ‘lahan bisnis’ yang sangat menjanjikan. Ini bisa dilihat dari banyaknya vendor yang bermain di sana. Kehadiran Vivo Y35 ini tentunya akan menambah sengit persaingan di pasar smartphone kelas middel-end.

Meski begitu, dengan bekal kesuksesan seri smartphone kelas atasnya, Vivo tentu tetap menyematkan komponen hardware berkualitas dan teknologi canggih guna menjamin kualitas Vivo Y15 ini.

Nama Oppo memang terus melambung di pasar gadget kelas menengah ke bawah, khususnya di Indonesia. Dengan image sebagai penyedia ponsel murah namun berkualitas, kekuatan brand Oppo memang bersaing ketat dengan nama-nama vendor lain seperti Xiaomi atau Huawei.

Pertengahan 2015 lalu, Oppo kembali meramaikan pasar gadget Tanah Air dengan merilis Oppo Joy 3 yang diplot untuk menempati segmen pasar ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Kehadiran Oppo Joy 3 memang berjarak sedikit jauh dengan kemunculan dua produk Oppo di segmen ponsel kelas menengah ke atas, yaitu Oppo R7 dan R7 Plus.

Berbeda dengan R7 atau R7 Plus yang bersaing ketat di pasar gadget kelas menengah atas, kali ini Oppo Joy 3 memang bisa dibilang sedikit memiliki pesaing karena membawa spesifikasi yang cukup baik untuk ponsel pintar kelas pemula. Sebenarnya, Oppo Joy 3 ini ditempatkan sebagai penerus varian Oppo Find Muse yang tak terlalu sukses di pasaran. Dengan peningkatan spesifikasi dan fitur, Oppo Joy 3 diharapkan akan menjadi ‘penebus’ kegagalan Oppo Find Muse.

Hadir sebagai smartphone Android kelas menengah ke bawah, Oppo Joy 3 dibekali dengan spesifikasi dan fitur terbaik di kelasnya. Salah satu keunggulan yang coba ditawarkan Oppo lewat produk Oppo Joy 3 ini.

Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Vivo Y15 VS Oppo Joy 3 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasan selengkapnya :

Perbandingan Spesifikasi HP Vivo Y15 VS Oppo Joy 3

Spesifikasi Vivo Y15

  • Smartphone Ramping dengan Tampilan Bodi yang Sangat Modis

Tak perlu ragu lagi karena memang sejak dahulu ponsel besutan Vivo telah dikenal selalu membawakan desain yang sangat menawan. Hadir dengan bodi yang cukup ramping, Vivo Y15 terbalut dengan material unibody yang terdapat pada back covernya. Bagian tersebut terdiri dari kombinasi warna gold dan putih yang membentuk horizon begitu manis dan modis pada desainnya.
Bentuk fisik Vivo Y35 sendiri terdiri dari empat buah sudut yang dibuat membulat dan didesain khusus untuk memberikan kenyamanan pada saat digenggam. Untuk dimensi, ponsel ini memiliki ukuran yang nyaman digenggam dengan bobot yang ringan. Meskipun tidak terlalu ringan, namun dengan bodi yang cukup tipis membuat Vivo Y35 sangat
Layar yang berukuran luas tersebut menggunakan jenis layar TFT Capacitive yang menghasilkan tampilan visualisasi cukup cerah dan cemerlang dengan membawakan resolusi normal dengan berkerapatan layar yang tidak terlalu tinggi.
Tak lupa, layar multitouch pada Vivo Y35 juga sudah dilengkapi dengan perangkat proteksi layar dengan Corning Gorilla Glass 3 yang akan melindungi layar dari goresan, termasuk benda tajam. Spesifikasi Vivo Y35 pun juga ditambahkan dengan tampilan antarmuka Funtouch OS 2.1 yang terintegrasi dengan OS Android mumpuni sehingga akan memberikan tampilan fitur yang bisa diatur agar tampilannya semakin menarik.
vivo-y15
  • Dapur Pacu Gahar dengan Prosesor Quad Core dengan Kualitas Terbaik

Untuk sektor dapur pacu yang ditawarkan oleh smartphone ini sebenarnya terbilang cukup gahar dengan mengusung chipset berkualitas yang memiliki kemampuan proses 64 bit. Ya, kali ini ruang dapur pacu pada Vivo Y35 dipersenjai dengan chipset Mediatek dengn seri yang terbaru pada saat itu, membuat smartphone ini memiliki performa yang baik dan mumpuni.

Kehadiran prosesor tersebut tentu saja akan menghasilkan kinerja yang cukup responsif. Apalagi, Vivo Y35 pun juga didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas 512 MB yang tentunya akan membuat ponsel ini dapat menjalankan aplikasi dengan kebutuhan memori cukup secara multitasking.

Sementara untuk pengolah grafis, Vivo Y35 ini mengandalkan GPU terbaik dengan kualitas tampilan grafis yang mulus dan jernih. Untuk sistem operasi yang akan menjalankan seluruh spesifikasi yang ada, pada spesifikasi Vivo Y35 telah ditanamkan sistem operasi Android yang lengkap dengan aneka fitur lebih canggih dan tentunya menarik.

  • Koneksi Jaringan Hanya Didukung HSPDA

Beralih ke spesifikasi Vivo Y15 di sektor konektivitas, tablet ini bukanlah termasuk perangkat yang didukung oleh konektivitas super cepat 4G LTE. Namun, kamu tetap akan terbantu dengan adanya koneksi 3G yang dibawa oleh Vivo Y15 ini. Lewat jalur 3G, kamu akan bisa terkoneksi dengan internet melalui kecepatan HSPA.

Selain mengandalkan 3G sebagai koneksi datanya, Vivo Y15 juga dilengkapi dengan koneksi WiFi yang bisa kamu gunakan di tempat-tempat yang ada koneksi WiFi-nya. Sementara itu, Vivo Y15 juga hadir dengan teknologi navigasi menggunaan GPS lengkap dengan teknologi GLONASS. Melalui teknologi navigasi ini, penggunanya bisa menemukan lokasi dengan cepat dan akurat.

Sektor konektivitas pada spesifikasi Vivo Y15 juga dilengkapi dengan adanya slot microUSB untuk keperluan  transfer data antar perangkat, selain tentunya fitur Bluetooth untuk pemindahan data jarak dekat.

  • Daya Tampung Maksimal dengan Memori Internal Cukup Memadai

Ruang penyimpanan file atau memori merupakan salah satu bagian yang tak kalah penting dan sangat mendukung kelancaran proses operasi dari seluruh aplikasi yang ada pada Vivo Y15 ini. Meski statusnya hanya merupakan smartphone kelas menengah, namun ternyata produk baru dari Vivo ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang sangat luas dan lebih dari cukup untuk mengcover seluruh file yang penggunanya miliki.
Vivo Y15 ini hadir dengan kapasitas memori internal berukuran standar. Memori internal yang sangat luas itu tentu saja dapat mengakomodasi kebutuhan penyimpanan file sistem dan file bawaan sistem operasi. Bukan hanya itu saja, Vivo Y15 ini juga memiliki slot memori eksternal yang dapat diekspansi hingga kapasitas maksimal smartphone saat ini.
Keberadaan slot eksternal memori tentu saja akan semakin memudahkan penggunanya dalam menyimpan semua file dalam satu perangkat saja. Dengan dukungan kedua memori yang menjadi bagian dari spesifikasi Vivo Y15 ini, penggunanya juga akan sangat leluasa untuk menyimpan file apapun tanpa khawatir kehabisan kapasitas memori. Berikut spesifikasi lengkapnya :
vivo-y15-1
  • SPEK
Vivo Y15
  • Layar
4.5 inci TFT Capacitive , 480 x 854 Pixel
  • Bodi
131.4 x 66.2 x 9 mm, 130 gram, Plastik
  • Jaringan
3G HSDPA, HSPA+
  • Sistem Operasi
Android v4.2 Jelly Bean
  • Chipset
CPU Mediatek MT6582 + GPU Mali-400MP2
  • Memori
RAM : 512 MB , Internal : 4 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
5 MP , Autofocus, LED Flash
  • Kamera Depan
2 MP
  • Warna
Hitam, Putih
  • Sensor
Accelerometer, proximity, compass
  • Baterai
Li lon 1900 mAh

Spesifikasi Oppo Joy 3

  • Desain Stylish nan Premium dengan Lengkungan Tipis di Setiap Sudutnya

Perusahaan asal Tiongkok ini masih setia dengan desain khasnya yang mengandalkan lengkungan-lengkungan tipis di empat sudutnya. Desain minimalis namun elegan tersebut berpadu dengan ukuran tubuh Oppo Joy 3 yang tak terlalu bongsor. Smartphone terbaru buatan Oppo ini memiliki dimensi minimalis dengan bobot yang ringan.

Meski dari tampilan luarnya terlihat ‘biasa-biasa’ saja, namun kali ini Oppo Joy 3 tetap dibekali dengan komponen-komponen visual yang cukup baik untuk ukuran ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Tampilan visual pada smartphone ini memang cukup baik karena Oppo menggunakan panel layar IPS LCD Capactive Touchscreen dengan bentangan layar mencapai memenuhi layar.

Layar pada Oppo Joy 3 ini lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel murah lainnya yang kebanyakan menggunakan layar jenis TFT atau WVGA. Visualisasi layar Oppo Joy 3 memang cukup baik karena layarnya memiliki resolusi standar dengan tingkat kerapatan layar yang tinggi. Meski tingkat kerapatan layarnya tak terlalu tinggi, namun tampilan visual layar Oppo Joy 3 ini akan cukup membuat nyaman mata karena kekayaan warnanya mencapai 16 M.

Sebagai pelengkap spesifikasi Oppo Joy 3 di sektor desain dan layarnya, Oppo menyematkan teknologi ColorOS 2.0 UI pada smartphone ini. ColorOS 2.0 merupakan user interface berbasis Android OS yang akan meningkatkan kemampuan deteksi multijari pada unit ponsel pintar.

oppo-joy-3

  • Smartphone mengenah Berkekuatan Prosesor Terbaik

Meski smartphone ini merupakan gadget kelas menengah namun tetap memiliki komponen mesin yang cukup berkualitas. Sebagai inti mesinnya, Oppo Joy 3 mengusung CPU yang diperkuat oleh prosesor quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 yang diperkuat oleh chipset terbaik serta RAM berkapasitas standar.

Kecepatan prosesor pada mesin Oppo Joy 3 ini merupakan salah satu yang paling kencang karena biasanya ponsel pintar kelas menengah ke bawah hanya dibekali dengan prosesor di bawah 1.3 GHz. Selain duet prosesor dan chipset yang cukup tangguh, dapur pacu Oppo Joy 3 masih diperkuat dengan kehadiran sistem operasi Android OS KitKat yang akan mengatur operasionalnya.

Meski fitur dalam OS Android yang tertanam pada smartphone ini belum sekaya fitur pada OS Android setelahnya, namun sistem operasi ini mampu mengoptimalkan kinerja Oppo Joy 3, khususnya di sektor mesin. Sementara itu, untuk menyempurnakan kinerja mesinnya, Oppo melengkapi spesifikasi Oppo Joy 3 dengan kartuu grafis yang akan mengoptimalkan tampilan grafisnya.

  • Koneksi Internet Andalkan Jaringan HSPA

Spesifikasi Oppo Joy 3 memang tak dilengkapi dengan koneksi data 4G LTE. Namun, penggunanya tak perlu khawatir karena Oppo Joy 3 tetap memiliki koneksi internet yang cukup cepat meski tak dibekali dengan jaringan 4G LTE. Sebagai koneksi data utama, smartphone buatan Oppo ini mengandalkan jaringan 3.5G HSPA. Meski tak sekencang jaringan 4G, namun koneksi internet pada jalur HSPA sudah terbukti cepat dan cukup stabil.

Selain itu, Oppo Joy 3 juga merupakan smartphone dual SIM. Asyiknya lagi, kedua slot SIM Card pada smartphone ini semuanya bisa diaktifkan secara bersamaan. Jadi, kawan Begawei tak perlu lagi menenteng dua ponsel lagi, cukup satu Oppo Joy 3 saja.

Fitur-fitur konektivitas lainnya seperti Bluetooth v4.0, dan juga slot microUSB juga ada pada smartphone ini. Spesifikasi Oppo Joy 3 di sektor konketivitas dan fitur juga telah dibekali dengan teknologi A-GPS yang akan membantu keperluan navigasi kawan Begawei.

  • Storage Standar Berkapasitas Standar Namun Memadai

Untuk yang satu ini, Oppo menghadirkan kapasitas ruang penyimpanan data yang memang disesuaikan dengan segmentasinya. Kali ini, Oppo Joy 3 dibekali dengan internal memory berkapasitas standar. Ruang seluas kapsaitas intetrnya tersebut sebenarnya tak terlalu besar jika digunakan untuk menampung file sistem dan juga data-data pribadi penggunanya.

Namun jika dibandingkan dengan produk lain, kapasitas internal memory pada Oppo Joy 3 ini hampir sama. Kebanyakan ponsel pintar kelas menengah ke bawah memang hanya memiliki kapasitas storage yang tidak terlalu besar pada saat itu.

Untuk yang menghendaki ruang lebih luas, spesifikasi Oppo Joy 3 telah dibekali dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk mengekspansi storgae-nya hingga kapasitas yang besar. Berikut speisifikasi lengkapnya :

Oppo Joy 3

  • Layar
4.5 inci IPS Capacitive ,540 x 960 pixels
  • Body
132.8 x 66.6 x 9 mm, 135 gram, Frame Metal
  • Jaringan
3G HSDPA
  • Sistem Operasi
Android v4.4 Kit Kat
  • Chipset
CPU Mediatek MT6582 + GPU Mali 400
  • Memori
RAM : 1 GB , Internal : 4 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
5 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
2 MP
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  •  Warna
Abu – Abu, Putih
  • Baterai
Li Lion 2000 mAh, removable

Perbandingan Hasil Kamera Vivo Y15 VS Oppo Joy 3

Kamera Berkapasitas 5 MP Dilengkapi dengan LED Flash

Pada sektor ini, Vivo membawa perangkat kamera berkualitas cukup tinggi dengan dua buah kamera yang terdiri dari kamera utama dan kamera sekunder atau kamera depan. Untuk kamera utama, Vivo Y35 mengandalkan kamera berukuran 15 yang akan mampu memberikan hasil jepretan dengan resolusi detai dan jernih.

Kamera utama tersebut telah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash yang akan memberikan titik fokus dan juga pencahayaan maksimal. Kamera utama pada Vivo Y15 juga memiliki kualitas bidikan yang jernih dan menawan.

Selain itu, kamera yang terletak pada sisi belakang itu juga dapat digunakan sebagai media perekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik. Fitur-fitur pendukung seperti Geo-tagging, Touch Focus, HDR dan juga Panorama juga tak lupa disematkan pada kamera utama Vivo Y15 ini.

Keberadaan fitur-fitur fotografi modern tersebut berguna untuk memberikan hasil foto yang lebih jernih dan bagus. Sementara untuk kamera sekunder atau kamera depan, spesifikasi Vivo Y15 telah dibekali dengan perangkat kamera berukuran 2 MP yang tentu saja akan memberikan kualitas gambar yang cukup baik untuk berselfie ataupun video call.

vivo-y15-2

Perbandingan dari Segi Harga Vivo Y15 VS Oppo Joy 3 di Indonesia

Harga Vivo Y15 bulan ini untuk harga barunya sudah tidak tersedia, namun untuk harga bekasnya ada dikisaran 600 ribuan rupiah, tergantung kondisi. Meski harga barunya sudah tidak tersedia, akan tetapi kamu jangan khawatir karena pihak Vivo telah menghadirkan ponsel dengan kemampuan lebih menjanjikan bila dibandingkan Vivo Y15.

Harga Vivo Y15 yang murah ternyata juga mempengaruhi RAM pada ponsel ini. Sayangnya RAM yang ditanamkan hanya 512 MB dan belum support untuk gaming kelas tinggi. Proses multitasking juga nampaknya akan sedikit terhambat, namun jika deteknokers menjalankan aplikasi standar seperti browser, sosial media ataupun streaming masih bisa berjalan lancar. Sedangkan memori internal hanya diberikan kapasitas 4 GB. Nilai penyimpanan 4 GB tak maksimal karena sudah terpotong untuk menyimpan OS sekitar 2 GB.

Sedangkan OS bawaan dalam smartphone ini  masih jadul yaitu seri Android OS 4.2.2 Jelly Bean. OS ini akan menyulitkan penggunanya ketika harus menjalankan aplikasi terbaru dengan support kernel terbau seperti path dan aplikasi lainya. Namun jika dilihat dari performanya, OS ini mampu mengoptimalkan performa hardware ponsel ini dalam mengerjakan berbagai tasking dengan baik.

vivo-y15-3

Sedangkan, harga Oppo Joy 3 Untuk saat ini sudah tidak tersedia harga barunya. Namun, jika kamu pingin membeli bekasnya harganya berada dikisaran 600 Ribuan. Jika dilihat dari tabel daftar diatas, harga Oppo Joy 3 bekas mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Meski ada sedikit catatan pada sektor konektivitasnya yang belum mengusung teknologi jaringan 4G LTE, namun secara keseluruhan Oppo Joy 3 mendapat predikat ‘baik’ untuk smartphone kelas menengah ke bawah. Banderol harga Oppo Joy 3 ini juga tak terpaut jauh dengan kisaran harga para pesaingnya di segmen smartphone kelas menengah bawah.

Meski merupakan smartphone kelas menengah ke bawah, namun performa dapur pacu Oppo Joy 3 ini tetap bisa diandalkan. Selain mesin yang cukup bertenaga, smartphone ini juga dibekali dengan lini fotografi yang cukup berkualitas berkat kehadiran kamera 5 MP dan 2 MP.

Perbandingan dari Segi Baterai Vivo Y15 VS Oppo Joy 3

  • Pasikan Daya Gunakan Baterai Berkapasitas 1.900 mAh

Dengan melihat spesifikasi yang ada, tentu saja kebutuhan daya pada smartphone ini terhitung cukup besar. Jadi, baterai berkekuatan daya yang memadai sangat dibutuhkan oleh Vivo Y35 ini. Kebutuhan konsumsi daya paling besar terutama diperlukan untuk kebutuhan dapur pacu dan konektivitas.
Kedua sektor pada Vivo Y15 tersebut tentunya akan memakan daya baterai lebih banyak. Nah, untuk sektor baterai kali ini, digunakanlah jenis baterai Non-removable Lithium—Polymer dengan kapasitas 1.900 mAh. Apabila diperhatikan, memang kapasitas baterai Vivo Y35 tersebut masih kurang untuk mendukung aktivitas penggunanya.
Namun, konsumsi daya beterai akan sedikit tertolong oleh sistem operasi Android pada vivo Y15 ini yang mampu mengurangi konsumsi baterai pada mesin smartphone. Jadi, jika digunakan secara wajar, maka kekuatan daya baterai pada spesifikasi Vivo Y15 ini akan mampu bertahan selama seharian.
Oppo Joy 3

Baterai Berkapasitas Standar 2.000 mAh

Karena merupakan smartphone kelas menengah ke bawah, konsumsi daya Oppo Joy 3 pun tak akan seboros ponsel-ponsel kelas atas lainnya. Tercatat, Oppo menyematkan baterai berkapasitas 2.000 mAh pada Oppo Joy 3 ini. Kapasitas baterai tersebut memang merupakan kapasitas baterai standar.

Salah satu keunggulan yang coba ditawarkan oleh Oppo pada sektor baterai ini adalah penggunaan baterai berjenis Lithium-Polymer. Oppo Joy 3 ini telah menggunakan baterai jenis baru yang diklaim lebih tahan lama. Baterai Lithium-Polymer sendiri merupakan jenis baterai yang menggunakan bahan dasar cairan.

Baterai pada Oppo Joy 3 ini lebih tahan lama dan lebih awat jika dibandingkan dengan baterai jenis Lithium-Ion yang biasa digunakan oleh ponsel-ponsel kelas menengah ke bawah. Ulasan mengenai spesifikasi Oppo Joy 3 di bagian suplai daya ini sekaligus menjadi penutup pada segmen ini.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Vivo Y15 VS Oppo Joy 3 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, smeoga bermanfaat.

Kedua smartphone asal negeri Ginseng ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, walaupun menyandang sebagai smartphone Low – End. Namun bukan berarti keduanya tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smartphone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan adlam beraktivitas sehari –  hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here