Terinspirasi dari peternak ayam yang masih beroperasi secara tradisional, tim Altissimo dari SMK Negeri 1 Cimahi, Jawa Barat, merancang solusi kandang canggih berteknologi Internet of Things (IoT). Tim Altissimo yang terdiri dari Mega Arzula Akbar (Software developer), Fajar Nugraha (IoT Engineer), Niswa Fadila (Data Analyst), dan Sekar Sari Ramadhanti (UI Designer), adalah pemenang kedua dari dari Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 2021/2022 dengan project mereka yang disebut Farm Operating System (FARMOPS).

Naswa Fadila, Tim Altissiomo mengatakan, “Dari data dan wawancara yang kami lakukan dengan peternak, kami mendapati bahwa permasalahan yang sering mereka hadapi adalah keterlambatan memberikan pakan dan minum secara manual, tingkat mortalitas ternak ayam yang tinggi, suhu kandang yang tidak selalu stabil atau normal, mobilitas peternak ayam yang terhambat, dan tidak adanya sumber listrik cadangan pada kandang ayam. Oleh sebab itu, tujuan FARMOPS ini adalah untuk memaksimalkan mobilitas para peternak tanpa melalaikan pekerjaan utama mereka.”

Tim Altissimo dari SMK Negeri 1 Cimahi, Jawa Barat. Pemenang kedua dari Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 2021/2022 yang merancang solusi kandang canggih berteknologi Internet of Things (IoT), disebut Farm Operating System (FARMOPS). Tim Altissimo yang terdiri dari Mega Arzula Akbar sebagai software developer, Fajar Nugraha sebagai IoT Engineer, Niswa Fadila sebagai Data Analyst, dan Sekar Sari Ramadhanti sebagai UI Designer.

Naswa Fadila, salah satu anggota Tim Altissimo pemenang kedua Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 2021/2022 , mengatakan tujuan diciptakannya FARMOPS ini adalah untuk memaksimalkan mobilitas para peternak tanpa melalaikan pekerjaan utama mereka, karena berdasarkan hasil wawancara dengan peternak, masalah yang sering dihadapi oleh peternak adalah keterlambatan memberi pakan dan minum,tingkat mortalitas ternak ayam yang tinggi, suhu kandang yang tidak selalu stabil atau normal, mobilitas peternak ayam yang terhambat, dan tidak adanya sumber listrik cadangan pada kandang ayam.

Farm Operating System (FARMOPS) adalah produk rancangan dari salah satu pemenang Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 2021/2022 tim Altissimo,  produk ini merupakan kandang canggih berteknologi Internet of Things (IoT). FARMOPS memiliki tiga sistem utama, yaitu: (1) Sistem monitoring dan controlling kondisi lingkungan kandang yang dilengkapi dengan sensor pendeteksi suhu dan kelembapan DHT-11, (2) Sistem pemberian pakan dan minum otomatis, tersedia sensor ultrasonik untuk mengukur ketersediaan pakan serta air dan (3) Sistem pembangkit listrik tenaga surya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here