Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 8 VS Google Pixel 2 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Google-pixel-2-vs.-iPhone-8

Kabar mengenai smartphone flagship terbaru Apple, iPhone 8 memang sudah hangat diperbincangkan sejak tahun lalu. Apple iPhone 8 ini pun juga disebut-sebut akan bersaing ketat dengan dengan smartphone flagship terbaru milik Samsung, Galaxy S8 di segmen premium. Kedua perangkat itu diketahui akan dibekali dengan segudang fitur canggih yang belum pernah atau masih jarang digunakan oleh produk-produk smartphone lain.

Apple iPhone 8 sendiri meski masih dalam status rumor, namun kabar-kabar yang menyangkut tentang spesifikasi yang dibawanya sudah banyak tersebar meski belum terbukti kebenarannya. Smartphone ini sebelumnya dikabarkan akan hadir dalam tiga varian layar. Dua varian Apple iPhone 8 seperti yang diusung oleh produk-produk iPhone sebelumnya ditambah lagi dengan satu varian baru.

Ada kabar yang menyebutkan jika perangkat ini akan dibekali dengan fitur wireless charging yang memungkinkan perangkat untuk diisi daya tanpa harus menggunakan kabel. Bahkan kabar lain juga menyebutkan jika Apple iPhone 8 ini akan hadir dengan fitur pengenalan wajah dengan dukungan sensor infrared.

Setelah cukup sukses dengan Pixel dan Pixel XL pada tahun lalu, kini tampaknya Google sedang mempersiapkan suksesornya yang bernama Google Pixel 2. Kabar tentang kehadiran Google Pixel 2 akan mendapatkan peningkatan pada sektor fotografinya.

Selain itu sejumlah upgrade pada sektor yang lain pun juga diberikan oleh Google kepada Google Pixel 2 ini sehingga secara kualitas perangkat ini memang lebih memukau. Hal tersebut bisa dilihat pada peningkatan di sektor dapur pacu lewat penggunaan prosesor yang jauh lebih mumpuni pada perangkat ini.

Kalii ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 8 VS Google Pixel 2 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Apple iPhone 8 VS Google Pixel 2

Spesifikasi iPhone 8

  • Ponsel Berukuran Sedang dengan Desain Bodi Kaca

Salah satu hal yang paling menarik untuk diperbincangkan dari spesifikasi iPhone 8 adalah tampilan terluarnya. Apple sendiri kabarnya mendesain perangkat barunya ini dengan tampilan yang berbeda dari produk iPhone yang sebelumnya. Generasi terbaru iPhone disebut-sebut bakal hadir dengan desain yang seluruh bodinya terbalut material kaca dengan frame dari stainless steel di bagian sampingnya.

Apple iPhone 8 ini juga akan tersedia dalam pilihan warna bodi yang terdiri dari jet black, black, silver, gold, dan rose gold. Meski dimensi dan bobotnya belum diketahui, namun handset ini sudah pasti bakal menyuguhkan tampilan yang maksimal berkat diusungnya layar super AMOLED. Layar pada Apple iPhone 8 ini mampu menghasilkan resolusi besar dengan kerapatan sedang serta sudah didukung dengan multitouch sehingga lebih responsif.

Tombol home yang biasanya dijumpai pada iPhone juga akan lenyap dan fungsi tombol tersebut serta sensor fingerprint bakal terintegrasi langsung pada layar sentuhnya. Apple pun memaksimalkan layar dari Apple iPhone 8 ini dengan proteksi ion-strengthened glass dan oleophobic coating.

Apple juga menggunakan teknologi wide color gamut display yang membuat layarnya lebih terang daripada ponsel-ponsel lain. Selain itu, tubuh dari ponsel ini dilindungi dengan fitur kedap air dan debu yang tersertifikasi iP67. Fitur yang tersenat pada spesifikasi Apple iPhone 8 tersebut mampu membuatnya bertahan di kedalaman air 1 meter dalam waktu 30 menit.

iphone-8

  • Chipset Terbaru Khas Apple Jadi Andalan Ruang Olah Data

Puas mengulas iPhone 8 di bagian luar, kini kita akan beralih untuk membahas spesifikasi iPhone 8 di bagian dalamnya, yakni ruang olah data. Ponsel ini ternyata telah menjalankan sistem operasi terbaru sehingga kinerjanya jauh lebih mumpuni dan menghadirkan fitur baru yang berlimpah.

Selain menjalankan sistem operasi terbaru, dapur pacu dari perangkat Apple iPhone 8 ini juga dipersenjatai dengan chipset anyar khas Apple. Chip yang mampu menghasilkan prosesor berinti empat ini dengan performa yang handal untuk mendukung operasionalnya. Bekalan RAM berkapasitas besar dibanding seri sebelumnya yang disematkan pada sektor permesinan dari Apple iPhone 8 ini juga memastikan perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya bisa dilakukan dengan lancar dan responsif.

Namun untuk urusan gaming, hingga kini masih belum diketahui jenis kartu grafis yang akan digunakan Apple. Meskipun demikian, seperti pada pendahulunya kartu grafis yang akan disematkan pada spesifikasi iPhone 8 di prediksi tak akan jauh berbeda.

  • Storage Usung Tiga Varian Memori Internal

Menawarkan ruang olah data yang handal berkat disematkannya komponen-komponen baru pada spesifikasi iPhone 8 tentu bakal menjadi kurang maksimal jika tidak diimbangi dengan ruang penyimpanan (storage) yang memadai. Apple sepertinya memang membuat sektor ini sebagai salah satu kelebihan dari Apple iPhone 8 yang akan menghadirkan tiga varian memori internal yang luas.

Varian tersebut memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dengan leluasa sesuai kebutuhan mereka. Yang perlu diingat adalah bahwa perangkat flagship ini tidak memiliki slot microSD sehingga space memori dari Apple iPhone 8 tidak bisa diperluas dan ini telah menjadi ciri khas dari produk-produk Apple.

Meski begitu, tampaknya hal ini tidak akan menjadi masalah yang besar sebab kapasitas memori internalnya pun sudah sangat besar sehingga mempu menampung berbagai macam dengan ukuran yang besar. Sehingga dengan memori internal yang cukup besar dari spesifikasi Apple iPhone 8 tersebut, dipastikan pengguna tidak akan kekurangan ruang penyimpanan. Berikut spesifikasi lengkapnya :

iphone-8-1

  • Layar
5,1 inci Super AMOLED , 750 x 1334 pixels, IP67 certified
  • Body
143.5 x 71 x 7.5 mm, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA, 4G LTE
  • Sistem Operasi
iOS 11
  • Chipset
Apple A11, Quad-core
  • Memori
RAM : 3 GB , Internal : 32/128/256 GB, MicroSD : No
  • Kamera Belakang
12 MP, phase detection autofocus, OIS, quad-LED (dual tone) flash
  • Kamera Depan
7 MP
  • Sensor
Fingerprint, Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Black, Silver, Gold, Rose Gold
  • Baterai
Li-lon 3000 mAh, Non Removable

 Spesifikasi Google Pixel 2

  • Smartphone dengan Resolusi Full HD

Jika dilihat dari bocoran foto yang sudah tersebar di dunia maya, secara desain ponsel ini tampak tak berbeda jauh dengan tampilan Google Pixel sebelumnya. Untuk saat ini Google memang belum mengeluarkan informasi terkait dengan dimensi dan berat Google Pixel 2 ini secara spesifik.

Namun ketangguhan bodinya memang tak perlu diragukan lagi sebab mampu bertahan dari berbagai percikan cairan dan debu. Selain itu, bodinya ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yakni quite black, very silver, dan really blue. Bahkan untuk semakin menjamin keamanannya, Google melengkapi spesifikasi Google Pixel 2 ini dengan proteksi layar Corning Gorilla Glass 5 dan sensor fingerprint di bagian belakang.

google-pixel-2-3

  • Performa Makin Powerful dan RAM Berkapasitas Besar

Bagian yang berperan penting dalam kinerja operasional ini mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan dengan digunakannya mesin yang digunakan Google Pixel 2 ini sudah pasti bakal membuat performa yang dihasilkannya semakin mantap dan powerful.

Belum lagi dukungan RAM berkapasitas besar untuk memastikan segala aktivitas multitasking bisa berjalan dengan lancar tanpa lag. Penggunaan komponen terbaru pada Google Pixel 2 ini pun tak sampai di situ saja, pasalnya Google juga menggunakan kartu pengolahan grafis agar perangkat terbarunya ini mampu memainkan game-game canggih dan multimedia terkini.

Perangkat ini pun semakin lengkap dengan dijalankannya sistem operasi dengan segudang fitur sehingga kualitas kinerja dari komponen di dalam spesifikasi Google Pixel 2 ini lebih unggul dibandingkan dengan smartphone-smartphone terbaru saat ini yang belum memakai sistem operasi tersebut.

  • Ruang Penyimpanan Sediakan Memori Internal Ekstra Longgar

Untuk mengimbangi kinerjanya yang gahar, Google membekali suksesor Google Pixel ini dengan memori internal yang memiliki kapasitas lumayan besar untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan file penggunanya. Kehadiran memori internal yang besar pada Google Pixel 2 ini bisa dikatakan sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi file sistem, file-file aplikasi yang ada di perangkat, serta file hiburan yang disimpan penggunaan di dalamnya.

Meskipun ruang penyimpanan internalnya sudah cukup memadai, namun rupanya Google belum melengkapi Google Pixel 2 ini dengan slot memori eksternal sehingga media penyimpanannya tidak bisa diperluas untuk menyimpan lebih banyak file.

Hal ini tentu menjadi nilai minus tersendiri sebab kebanyakan smartphone pada umumnya selalu mendukung perluasan memori dengan penambahan microSD. Meskipun spesifikasi Google Pixel 2 pada ruang simpannya ini tetap terbilang cukup jika digunakan secara standar. Berikut spesifikasi lengkapnya :

google-pixel-2-1

  • Layar
5.7 inci, Super AMOLED Capacitive, 1440 x 2560 Pixel
  • Sertifikat
IP68 ( Tahan air & debu )
  • Jaringan
3G HSDPA, HSPA+, 4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v7.1 Nougat
  • Chipset
CPU Snapdragon 835 + GPU Adreno 540
  • Memori
RAM : 6 GB , Internal : 128 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
16 MP + 16 MP , EIS, Hybrid Autofocus, dan Dual-LED Flash
  • Kamera Depan
8 MP
  • Sensor
Fingerprint, Accelerometer, Ambient Light, Gyro, Proximity
  • Baterai
Li lon 3500 mAh, Fast Charging

Perbandingan Hasil Kamera Apple iPhone 8 VS Google Pixel 2

Dokumentasi Berkualitas Terdukung Duet Kamera 12 MP dan 7 MP

Berikutnya kita akan mengintip seberapa canggih spesifikasi iPhone 8 di lini fotografinya. Sektor ini juga menjadi perhatian khusus dari Apple sehingga iPhone 8 dipersenjatai dengan fitur kamera yang beresolusi tinggi. Di bagian belakang bodinya bisa ditemukan kamera utama beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.8.

Kamera dari Apple iPhone 8 ini juga sudah ditemani dengan fitur phase detection autofocus, OIS, dan quad LED flash. Kamera utamanya juga sanggup menghasilkan tiga jenis video yang sanagt besar. Sementara itu, di bagian depannya terdapat kamera sekunder yang sangat mendukung aktivitas selfie dan video call karena hadir dengan resolusi 7 MP dan beraperture f/2.2.

Kamera selfie Apple iPhone 8 yang juga dilengkapi dengan fitur face detection, HDR, dan panorama tersebut mampu menghasilkan video dengan kualitas Full HD. Fitur pendukung fotografi modern seperti 1/3” sensor size, geo-tagging, simultaneous 4K video dan 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, serta HDR (photo/panorama) juga turut melengkapi spesifikasi iPhone 8 pada sektor ini.

iphone-8-3Kemampuan Fotografi Lebih Bagus dengan Duet Kamera Berkapasitas Besar

Google menambahkan sejumlah fitur fotografi baru termasuk kemampuan untuk menangkap cahaya redup. Kamera utama dari Google Pixel 2 memiliki resolusi 12.3 MP telah ditemani dengan fitur EIS (gyro), phase detection dan laser autofocus, dan dual-LED flash.

Sementara itu di bagian depan dari Google Pixel 2 tersebut, terdapat kamera 8 MP sehingga kemampuanya dalam aktivitas selfie dan akses video call memang lumayan baik. Fitur pendukung juga semakin melengkapi spesifikasi Google Pixel 2 ini.

Google-Pixel-2-1

Perbandingan dari Segi Harga Apple iPhone 8 VS Google Pixel 2 di Indonesia

Harga iPhone 8 Saat ini belumlah tersedia di Indonesia, pasalya smartphone ini baru sebatas Rumor saja dan belum secara resmi dipernekalkan. Akan tetapi jika melihat spesifikasi yang dibawa, diperkirakan harganya akan berada dikisaran lebih dari 12 Jutaan.

Apple iPhone 8 ini nampaknya juga tetap akan mengusung spesifikasi khas produk-produk milik Apple yang memang memberikan kesan eksklusif. Keeksklusifannya tersebut pun sudah dapat kita lihat mulai dari bagian terluarnya, dimana perangkat ini didesain begitu elegant dan terkesan mewah.

iphone-8-2

Harga Google Pixel 2 untuk saat ini belumlah tersedia di pasaran karena memang berita ini baru saja muncul di Media. Namun, banyak banget perkiraan harga yang bakal di lepaskan perangkat Mobile yang satu ini dan kemungkinan besar bakal di banderol sebanding dengan harga satu sepeda motor.

Perbandingan dari Segi Baterai Apple iPhone 8 VS Google Pixel 2

Baterai Li-Ion Berkapasitas Memadai

Jika mempertimbangkan kembali spesifikasi yang diusungnya maka bisa dikatakan smartphone ini akan membutuhkan daya yang cukup besar. Dilihat dari bentang layar, komponen dapur pacu, dan fitur kamera, memang smartphone ini mengusung spesifikasi kelas atas yang canggih.

Akan tetapi, hingga saat ini baterai yang akan digunakan oleh Apple iPhone 8 ini masih belum diketahui. Informasi yang ada hanya menyebutkan jika Apple akan menggunakan baterai berjenis non-removable Lithium Ion pada perangkat barunya tersebut. Meski begitu, diperkirakan bahwa kapasitas baterai yang dipakai adalah sekitar 3.000 Mah.

Kapasitas baterai dari Apple iPhone 8 ini terbilang memadai untuk mendukung segala operasional yang dijalankan. Yang istimewa adalah sektor ini mengusung fitur wireless charging sehingga memungkinkan pengguna untuk mengisi daya tanpa pemakaian kabel. Jadi dengan spesifikasi iPhone 8 yang tergolong mumpuni, baterai yang akan dipergunakannya pun diperkirakan cukup besar.

google-pixel-2-1Suplai Daya Didukung Baterai Li-Ion

Menilik kembali pada sektor-sektor sebelumnya memang bisa dikatakan bahwa perangkat ini dipenuhi dengan fitur-fitur canggih serta sejumlah komponen baru sehingga bisa dipastikan kalau kebutuhan dayanya besar.

Sayangnya hingga saat ini masih belum diketahui kapasitas baterai yang akan dipakai Google untuk memasok kebutuhan daya pada perangkat terbarunya tersebut. Informasi yang ada hanya menyebut jika Google Pixel 2 akan dibekali dengan baterai berjenis non-removable Lithium Ion.

Namun jika melihat spesifikasi yang dibawanya kemungkinan Google akan memakai baterai dengan kapasitas sekitar 3.500 mAh. Kehadiran fitur fast charging yang memungkinkan pengisian daya bisa dilakukan dengan lebih cepat juga semakin melengkapi spesifikasi Google Pixel 2 pada sektor ini.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 8 VS Google Pixel 2 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone kelas atas ini merupakan produk teranyar dari kedua vendor yang sudah tidak asing ditelinga kita ini memiliki kelebihan yang luar biasa, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smarthone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here