Setelah sebelumnya melaksanakan program train-the-trainers di Jakarta pada Mei 2022 yang dihadiri oleh ratusan guru olahraga dan murid, kini Jr. NBA memperluas jangkauannya ke Sumatra Utara dengan menyelenggarakan Jr. NBA Coaches Academy pertama di provinsi tersebut. Workshop tatap-muka ini dilaksanakan pada 5 September 2022 di Gedung Serba Guna Dispora Sumatra Utara, dihadiri oleh lebih dari 4.000 guru dan pelatih olahraga serta 800 anak, dan memecahkan rekor program Jr. NBA Coaches Academy dengan jumlah peserta terbanyak se-Asia.

Jr. NBA Coaches Academy yang dihadiri oleh Jim Wong, Associate Vice President Marketing Partnerships NBA Asia ini dibentuk untuk meningkatkan perkembangan olahraga basket lokal dengan menghadirkan pelatihan dasar bagaimana olahraga basket seharusnya diajarkan. Workshop ini terbuka bagi seluruh guru dan pelatih olahraga di Sumatra Utara, di mana mereka diberikan wawasan mengenai kurikulum dengan standar Jr. NBA, termasuk dasar-dasar keterampilan yang di kategorisasi berdasarkan usia atau tahun kelas.

Mantan pemain NBA yang saat ini menjabat sebagai asisten pelatih di liga basket profesional di Filipina, Alton Lister, bersama pelatih Jr. NBA Carlos Barroca dan Natalia Andre memberikan pelatihan bagi para peserta dengan menyampaikan dasar-dasar teori permainan basket dan memberikan panduan melalui serangkaian dasar-dasar latihan keterampilan permainan basket.

“Kami sangat senang mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kembali program Jr. NBA Coaches Academy tatap muka untuk pertama kalinya di Sumatra Utara,” ungkap Jim Wong. “Jr. NBA Coaches Academy dirancang untuk melatih guru dan pelatih Indonesia dalam mengajarkan basket di sekolah dan melalui program ini, kami berharap untuk menginspirasi pemuda-pemudi Indonesia untuk menjalankan gaya hidup yang aktif dan sehat, sekaligus mengembangkan keterampilan pemain generasi selanjutnya.”

Sejak diluncurkan pada tahun 2014, program Jr. NBA di Indonesia telah menjangkau lebih dari 23,6 juta pemuda-pemudi Indonesia, mengajarkan keterampilan dan nilai-nilai inti program yaitu: Sportsmanship atau sportivitas, Teamwork atau kerja sama tim, Positive Attitude atau sikap yang positif, dan Respect atau respek (S.T.A.R). Jr. NBA Asia memiliki tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan keterampilan  remaja dengan mengintegrasikan keterampilan basket ke dalam kurikulum pendidikan jasmani.

Setelah Sumatra Utara, Jr. NBA Coaches Academy akan dilaksanakan di Jawa Tengah (15 September 2022) dan Sumatra Barat (25 Oktober 2022). Untuk mengakses informasi mengenai Jr. NBA Coaches Academy di daerah lain, silakan akses di sini.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here