Beragam Aplikasi Android Untuk Kamus Bahasa Sunda Paling Lengkap, Terbaik, dan Gratis

0

batik sunda

Indonesia terdiri dari banyak pulau,dari banyaknya pulau itu pun tersebar banyak budaya dan bahasa. Pulau dengan penduduk terpadat adalah pulau Jawa, dengan padatnya penduduk tersebut maka kehidupan sosial menjadi baik. Tekhnologi sangat berkembang pesat di pulau Jawa khususnya Jakarta dan Jawa Barat. Setiap orang dapat mengakses internet melalu smartphone canggih digenggamannya, mulai dari sekedar telepon, chatting, hingga main game.

Sangat sayang jika smartphone yang kita punya tidak kita eksplorasi manfaatnya, lalu gimana sih caranya? Tenang guys, kali ini tim Futureloka bakal ngasih kamu beragam aplikasi untuk belajar salah satu bahasa daerah yang  cukup banyak digunakan di Indonesia setelah bahasa jawa, yaitu bahasa sunda. Ya, berikut ini adalah aplikasi kamus bahasa sunda yang gratis dan terbaik yang bisa kamu download di google playstore, langsung aja kita simak guys!

1. Kamus Bahasa Sunda Offline

kamus sunda offline1 kamus sunda offline2

Bahasa Sunda adalah bahasa yang cukup populer di daerah Jawa, mayoritas pemakainya adalah dari Bogor, Bandung, Garut, dan bahkan di Jakarta juga ada beberapa orang yang menggungakan bahasa ini. Kamus bahasa sunda offline cocok untuk kamu yang sangat sering berinteraksi dengan kawan – kawan yang menggunakan bahasa sunda sebagai bahasa pertamanya, khususnya kamu yang bekerja atau kuliah di daerah Jawa Barat. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena bisa diakses tanpa menggunakan internet atau online. Kamus ini juga dibuat berdasar abjad, sehingga memudahkan kamu untuk menemukan kosa kata yang ingin kamu cari artinya.

2. Kamus Sunda (Kalimat)

kamus sunda

Kamus yang satu ini cukup memudahkan kita dalam belajar bahasa Sunda, dapat menerjemahkan kata dari Sunda – Indonesia atau Indonesia Sunda. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat menerjemahkan sebuah kalimat, bahkan hebatnya dapat menerjemahkan hingga 500 kata dalam sekali terjemah, sangat efisien. Selain itu, pada versi yang terbaru sudah ditambahkan metode penerjemahan untuk pengucapan angka, bahasa sehari – hari, Sunda Halus, dan Sunda Kasar. Kamu juga bisa langsung men-copy hasil terjemah secara otomatis, jadi tidak perlu repot untuk copy paste secara manual.

3. Pasundan

pasundan3

Bila belajar bahasa maka kita juga butuh belajar cara penulisannya, uniknya bahasa daerah adalah penulisan hurufnya terkadang berbeda dengan huruf yang biasa kita pelajari seperti huruf latin. Penulisan ini biasa disebut sebagai Akasara. Pasundan merupakan aplikasi yang dapat membantu kita untuk belajar bagaimana bentuk huruf – huruf Aksara Sunda, canggihnya aplikasi ini adalah teman – teman akan diajarkan melalu animasi, pelafalan, dan juga disediakan canvas untuk teman –teman latihan menulis. Bingung kalo langsung belajar ? eits, tenang aja di aplikasi ini juga ada sejarah singkat tentang Aksara Sunda. Setelah kamu belajar, kamu juga bisa mencoba fitur kuis untuk menguji seberapa pengetahuan kamu tentang Aksara Sunda.

4. Urang Sunda

urang sunda

Aplikasi dengan motto ‘Aplikasi Urang Sunda’ memang dibuat dan dirancang sesuai dengan namanya. Di aplikasi ini kamu mendapatkan banyak fitur yang tergolong sangat lengkap, didalamnya selain terdapat kamus kata bahasa Sunda, ada juga artikel Sunda, humor urang Sunda, lirik dan chord lagu Sunda, sastra Sunda, khutbah Sunda, dan resep masakan khas Sunda. Tidak hanya itu saja guys, aplikasi ini juga dapat mengakses beberapa video – video yang masih berhubungan dengan budaya Sunda juga tentunya, seperti video wayang golek, video humor Sunda, dan bahkan video karaoke Sunda.

Dengan belajar bahasa daerah kamu sudah berpartisipasi dalam menjaga warisan Indonesia lho, semakin mudah ya belajar dengan bantuan kemajuan teknologi. Nah, jadi itulah beberapa aplikasi kamus offline bahasa Sunda – Indonesia terbaik dan gratis. Semoga artikel dari Tim Futureloka ini bermanfaat ya sehingga ketika kamu pergi travelling atau menetap didaerah yang menggunakan bahasa daerah seperti bahasa Sunda kamu bisa beradaptasi dengan mudah dengan warga sekitar.  Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here