Salah satu acara tahunan terbesar NBA akan kembali untuk ke-76 kalinya. NBA Draft 2022 akan dilaksanakan di Barclays Center, Brooklyn pada Kamis, 23 Juni 2022 pukul 20.00 ET, atau Jumat, 24 Juni 2022 pukul 08.00 WIB. NBA Draft merupakan acara tahunan yang sudah diadakan sejak 1947, di mana tim-tim NBA dapat memilih pemain dengan star-potential yang memenuhi syarat untuk bergabung di liga dan dalam perjalanannya, NBA Draft telah melahirkan banyak bintang di sejarah basket seperti Michael Jordan, Stephen Curry, Kobe Bryant, LeBron James, Giannis Antetokounmpo, dan pemain lainnya.

Sebelum kita menyaksikan acara ini, simaklah lima fakta menarik mengenai NBA Draft 2022:

  1. Orlando Magic akan menjadi pemilih pertama

Sumber: NBA.com

Sebelum urutan NBA Draft ditentukan, seluruh tim wajib berpartisipasi dalam NBA Draft Lottery yang tahun ini dilaksanakan pada 17 Mei 2022 lalu. Pemilih pertama diberikan kepada tim yang menang pada NBA Draft Lottery; di mana tim tersebut mengalami kekalahan terbanyak di musim sebelumnya. Tim yang menjadi pemilih pertama biasanya mendapatkan banyak perhatian dari media, begitu pula dengan pemain yang akan dipilih oleh tim tersebut.

Berdasarkan hasil lotre tahun ini, Orlando Magic memenangkan kesempatan untuk menjadi pemilih pertama untuk keempat kalinya dalam sejarah NBA. Pada NBA Draft tahun 2004, Orlando Magic memilih Dwight Howard sebagai pilihan pertama dari keseluruhan.

Akan ada 14 tim pada putaran pertama, di mana Orlando Magic akan menjadi pemilih pertama, diikuti dengan Oklahoma City Thunder, Houston Rockets, Sacramento Kings, Detroit Pistons, hingga Cleveland Cavaliers di posisi ke-14. Pemilihan draft untuk sisa putaran pertama (No. 15-30) dan seluruh putaran kedua (No. 31-60), ditentukan dengan urutan terbalik dari rekor musim reguler. Setiap tim NBA mendapatkan satu kesempatan seleksi di babak pertama dan satu kesempatan seleksi di babak kedua.

  1. Hanya 58 pemain yang akan terpilih dari yang biasanya 60 pemain

Chicago Bulls dan Miami Heat kehilangan kesempatan memilihnya pada putaran kedua karena pelanggaran regulasi liga. Selain itu, Brooklyn Nets, Phoenix Suns, Los Angeles Lakers, Boston Celtics, Toronto Raptors, Utah Jazz, dan LA Clippers tidak akan berpartisipasi dalam pemilihan putaran pertama.

  1. Terdapat 14 calon pemain internasional dan 135 calon pemain dari perguruan tinggi sebagai kandidat early entry

Pemain yang memenuhi syarat untuk mengikuti NBA draft harus berusia 19 tahun pada tanggal draft tersebut. Pemain National Collegiate Athletic Association (NCAA) dianggap memenuhi syarat setelah bermain setidaknya satu tahun di perguruan tinggi atau sekolah masing-masing. Bagi pemain yang telah menandatangani dan telah bermain dengan liga luar selain NBA, seperti NBA G League, Overtime Elite (OTE) atau bermain di luar negeri, serta memenuhi persyaratan usia yang memenuhi durasi bermain yang ditentukan.

Pemain yang telah mendaftar early entry mundur dari NBA Draft, selambat-lambatnya pada tanggal 13 Juni 2022. Sebanyak 22 pemain internasional dan 113 pemain NCAA yang sebelumnya telah menyatakan sebagai kandidat early entry telah mengundurkan diri dari draft. Secara keseluruhan, akan ada 14 pemain internasional dan 135 pemain dari level perguruan tinggi yang tetap bertahan.

  1. Jabari Smith berpeluang besar menjadi pilihan No.1

Sumber: NBA.com

Berdasarkan 10 dari 12 mock draft NBA yang ada, Jabari Smith terpilih menjadi pilihan pertama Orlando Magic pada NBA Draft 2022.

Dengan tinggi 208 cm pada usia 19 tahun, pemain yang berasal dari Auburn Tigers ini memiliki kemampuan shoot yang mengesankan dan memiliki kemampuan pertahanan yang intens. Jabari Smith mencetak rata-rata 16,9 poin, 7,4 rebound, dan 2,0 assist yang membantunya mendapatkan penghargaan National Freshman of the Year, serta Consensus Second-Team All-American pada tahun 2022. Sebagai putra dari Jabari Smith Sr., yang merupakan mantan pemain basket Universitas Negeri Louisiana yang terkenal, Jabari Smith ikut berpartisipasi di Kejuaraan Amerika FIBA U16 2019 dalam meraih medali emas untuk Amerika Serikat.

  1. Trio lulusan dari NBA Academy diharapkan terpilih untuk bermain di liga

Saat NBA Academy diluncurkan pada tahun 2016, salah satu tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi dari pemain basket terbaik di seluruh dunia. Josh Giddey menjadi lulusan NBA Academy pertama yang dipilih oleh Oklahoma City Thunder di urutan keenam pada ajang NBA Draft tahun 2021, dan terdapat tiga lulusan NBA Academy yang diharapkan terpilih pada draft tahun ini.

Kesempatan Dyson Daniels, Bennedict Mathurin, dan Hyunjung Lee semakin meningkat pada NBA Draft sejak mereka mengikuti NBA Academy.

Dyson Daniels (Sumber: NBA.com)

Dyson Daniels, yang berasal dari Australia menjalani musim yang bagus bersama G League Ignite. Point Guard dengan tinggi 198 cm ini merupakan pemain defender  dan playmaker dengan kemampuan di atas rata-rata. Ia  mencetak rata-rata 11,9 poin, 7,4 rebound, 5,1 assist, dan 2,1 steal dalam 15 pertandingan bersama Ignite. Dyson Daniels merupakan rekan satu tim Josh Giddey di NBA Global Academy di Canberra, Australia.

Bennedict Mathurin (Sumber: NBA.com)

Bennedict Mathurin, penduduk asli Kanada, menjalani karir di jenjang kuliah yang sukses di Arizona. Pemain wing setinggi 198 cm berusia 19 tahun ini berhasil menguasai beberapa permainan penting dengan Arizona Wildcats dan dia diprediksi akan terpilih pada NBA Draft tahun ini. Pemain Terbaik Pac-12 Tahun ini tercatat telah mencetak 17,7 poin, 5,6 rebound, dan 2,5 assist per game.

Hyunjung Lee (Sumber: NBA.com)

Hyunjung Lee yang berasal dari Korea Selatan ini memiliki tinggi 200 cm, mencetak rata-rata 15,8 poin, 6,0 rebound, dan 1,9 assist per game di Davidson Wildcast. Dia diprediksi akan terpilih pada putaran kedua NBA Draft 2022, dan jika ia terpilih, ia akan menjadi pemain Korea kedua di NBA.

Derrick Michael Xzavierro (Sumber: NBA.com)

Indonesia juga memiliki pemain bintang di NBA Global Academy bernama Derrick Michael Xzavierro. Ia merupakan pemain Indonesia muda pertama yang berpartisipasi dalam program tersebut. Pemain forward berusia 19 tahun ini baru saja menandatangani kontrak dengan Grand Canyon University (GCU) untuk memulai karirnya di NCAA dan ia memiliki kesempatan untuk terpilih dalam NBA Draft di masa depan saat ia memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh NBA.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai NBA Draft 2022, kunjungi NBA.com/draft/2022 dan follow @nbadraft di Twitter. Acara ini dapat Anda saksikan di NBA TV melalui Vidio.com sebagai penyiar resmi dari NBA di Indonesia. Dengan berlangganan NBA League Pass, Anda juga mendapatkan akses penuh ke semua konten NBA.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here