Cara Mudah Memperbaiki Beragam Masalah Flashdisk Error dan Rusak dengan Tidak Ribet

0

Flashdisk merupakan alat paling praktis untuk menyimpan berbagai jenis data dalam kapasitas yang lumayan besar dengan benda yang sangat kecil. Beberapa orang pastinya membutuhkan flashdisk karena beberapa data penting yang suatu saat diperlukan untuk diambil secara cepat. Oleh karena itu keberadaan flashdisk sangat dibutuhkan disamping terdapat harddisk yang bisa menyimpan dalam kapasitas yang super besar.

 

 

Sayangnya terdapat beberapa masalah yang membuat flashdisk error dan tidak dapat terbaca yang cukup merepotkan. Namun jangan panik apabila menghadapi masalah tersebut, karena terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas mengenai Cara Mudah Memperbaiki Beragam Masalah Flashdisk Error dengan Tidak Ribet. Yuk langsung saja kita simak lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

flashdisk-rusak

Beberapa penyebab flashdisk yang tidak terbaca bisa dibilang cukup banyak, pasalnya faktor tersebut akan membuat data hilang, bahkan bisa merusak komputer atau laptop yang kalian miliki. Salah satu penyebabnya bisa jadi fisik flashdisk yang sudah rusak dan juga terendam air sehingga menyebabkan konsleting. Nah, ada baiknya kalian juga mengecek port USB pada komputer atau laptop kalian karena bisa jadi itu penyebabnya. Pastikan driver untuk USB port sudah terinstall dengan benar pada komputer atau laptop kalian.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Bisa Diformat

flashdisk-rusak

Salah satu masalah yang serius adalah ketika kita ingin memformat flashdisk namun terdapat kendala sehingga tidak bisa diformat lewat komputer. Tentunya kalian tidak perlu panik atau merasa kalau hidup kalian sudah tidak berarti lagi. Pasalnya terdapat beberapa cara untuk membetulkan flashdisk yang tidak bisa diformat. Salah satunya ada pada dibawah ini.

  • Klik start, kemudian pilih RUN, atau bisa juga dengan menekan tombol ( Windows + R ) dan kemudian ketikkan compmgmt.msc.
  • Lalu ikuti petunjuk selanjutnya

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected

flashdisk-rusak

Beberapa dari kalian mungkin banyak yang melepaskan USB secara langsung tanpa harus melepasnya dengan safely remove. Namun jangan perkarakan hal yang sepele seperti itu, kalian sejatiya harus menggunakan safely remove karena jika tidak menggunakannya akan menyebabkan kerusakan seperti flashdisk Write Protected. Nah, kalian juga jangan panik jika flashdisk menjadi Write Protected. Kalian bisa mengikuti cara dibawah ini.

  • Menggunakan REGEDIT dan mengetik CTRL+F dan mencari Write Protected lalu menghapus registry sehingga kalian bisa masuk lagi kedalam flashdisk yang kalian miliki
  • Menggunakan aplikasi Low Level Format untuk format write protected yang ada di flashdisk kalian

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format

flashdisk-rusak

Penyebab dari flashdisk minta format sendiri cukup banyak, mulai dari keadaan software yang eror atau rusak, terkena virus, port yang bermasalah, perangkat PC yang bermasalah dan hardware. Tentunya terdapat beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk membetulkan flashdisk yang terus menerus meminta format untuk melindungi dari hilangnya data kalian. Yuk langsung saja simak di bawah.

  • Cari huruf flashdisk kalian. Jika ada di “E:” maka pilih yang ada di daftar tersebut. Selain itu, biasanya pada compamgmt sudah ada nama dari flashdisk kalian.
  • Selanjutnya kalian tinggal mem-format flashdisk dengan file tipe FAT32 hingga selesai
  • Lepas dan pasang kembali flashdisk. Jika berhasil, USB drive kalian tidak akan kembali meminta format.

Nah, itulah beberapa cara untuk membetulkan flashdisk kalian dari kerusakan baik yang belum terjadi maupun yang sudah terjadi. Semoga saja tips dan trik tersebut bermanfaat ya untuk kalian yang sedang mengalami kerusakan flashdisk atau ingin menyelamatkan data penting dari flashdisk kalian. Sampai jumpa di tips dan trik Futureloka selanjutnya ya.

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here