Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak dan Tidak Berfungsi Dengan Mudah

0

Salah satu komponen yang paling penting dalam laptop selain layar adalah keyboard, karena jika tidak ada keyboard maka kita akan sangat terbatas dalam melakukan banyak hal. Selain itu kita juga tidak bisa mengerjakan hal atau bahkan bermain game lewat laptop yang kita miliki. Beberapa masalah terkadang banyak yang terjadi pada keyboard laptop walau hanya masalah sepele saja.

 

 

Masalah yang hadir dalam keyboard laptop biasanya beragam, mulai dari masalah kecil sampai dengan masalah yang mengharuskan kita untuk membeli keyboard laptop atau bahkan membeli laptop terbaru. Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas cara memperbaiki keyboard laptop rusak dan tidak berfungsi dengan mudah. Untuk lebih lanjutnya kita simak saja pada artikel di bawah ini ya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Acer

keyboard-laptop-1

Laptop dengan merk Acer memang banyak dikenal oleh para penggemar laptop di seluruh Indonesia, pasalnya merk ini memang sudah sangat terkenal. Beberapa hal yang menyebabkan kerusakan dalam Keyboard Laptop Acer biasanya karena ada komponen yang lepas dan juga tombol keyboard yang tidak ingin kembali saat ditekan. Beberapa cara mulai dari membersihkannya menggunakan slime dan juga membongkarnya dapat menjadi solusi yang tepat.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus

keyboard-laptop-1

Jika dilihat dari merk-nya, Asus juga memiliki komponen yang sama dengan Acer sehingga cara memperbaikinya juga tidak jauh berbeda. Namun beberapa laptop Asus memiliki komponen keyboard yang terbilang rumit sehingga tidak mudah proses memperbaikinya. Kalian bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa tingkat kerusakan dari keyboard laptop Asus yang kalian miliki.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Toshiba

keyboard-laptop-1

Salah satu penyakit yang sering hadir dalam keyboard laptop Toshiba adalah adanya beberapa keyboard yang tidak berfungsi atau error. Terdapat juga beberapa tombol keyboard yang tertukar hurufnya jika kita memencetnya, contohnya g, h, j tertukan dengan 5, 6, 7. Beberapa cara yang bisa kalian lakukan adalah membawanya ke tukang service laptop atau jika tidak mau repot kalian bisa membeli keyboard laptop baru dan menggantinya sendiri dengan hati-hati.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Lenovo

keyboard-laptop-1

Laptop Lenovo lebih memiliki struktur yang mirip dengan laptop Toshiba jika dibandingkan dengan laptop Asus ataupun Acer. Pasalnya Lenovo lebih banyak digunakan untuk berkerja dan menjalankan perannya dalam membantu tugas office. Nah, tugas office biasanya membutuhkan peran keyboard karena hampir 90% tugas office menggunakan keyboard. Biasanya terdapat cara mudah untuk memperbaiki dan juga merawat keyboard laptop yaitu:

  • Bersihkanlah kotoran kecil yang tertinggal dalam keyboard laptop
  • Restart Laptop setelah membersihkannya untuk mendapatkan hasil maksimal
  • Restore system agar error yang terjadi pada keyboard segera hilang
  • Perbaiki keyboard driver dan install update paling terbaru
  • Jika masalah tidak kunjung reda, bawa ke tempat service
  • Jalan terakhir membeli keyboard alternatif yang bisa digunakan lewat colokan USB

Nah, itulah cara-cara untuk memperbaiki keyboard yang rusak dan juga tidak berfungsi dengan mudah dan tidak repot. Tentunya kalian bisa mengaplikasikan cara ini dengan mudah sebelum membawanya ke tempat service atau membeli keyboard baru. Beberapa cara diatas tentunya banyak yang sudah berhasil digunakan namun juga ada yang tidak berhasil digunakan, tergantung dengan kerusakan keyboard yang kalian temui. Nah, semoga saja cara dari Futureloka ini bisa membantu kalian ya, jika bermanfaat harap di-share.

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here