Cara Mendeteksi HP Samsung S5 Serta J5 Asli dan Replika Atau Palsu Hanya Dengan Melihat dan Menggunakan Kode

0

(1) galaxy

Smartphone replika kini telah banyak beredar dipasaran Indonesia. Barang tiruan ini sekilas tidak berbeda atau bahkan sama persis dengan produk aslinya. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, barang replika tetap tidak sama persis loh. Sebelum kita membeli smartphone, sebaiknya kita lihat dengan seksama dulu barang yang akan kita beli.

Salah satu smartphone yang memiliki kecanggihan dan daya tarik tersendiri kepada konsumennya adalah Samsung Galaxy S5 dan J5. Hal tersebut menjadikan peluang bagi para orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mereplika produk tersebut. Namun kualitas yang ditawarkan tidak akan sama seperti barang asli yang dikeluarkan oleh Samsung.

Nah, kali ini Tim Futureloka akan mengulas cara mendeteksi HP Samsung S5 Serta J5 Asli dan Replika Atau Palsu Hanya Melihat dan Menggunakan Kode. Daripada penasaran, yuk kita simak artikel yang berikut ini.

Cara Mengetahui Samsung Galaxy S5 Asli Dengan Melihat

(1) Samsung-Galaxy-S5

Samsung Galaxy S5 adalah smartphone canggih yang terkenal dengan keunggulannya yaitu water resistant. Smartphone anti air keluaran tahun 2014 ini memiliki produk replikanya di pasaran. Yuk kita simak yang di bawah ini untuk mengetahui apakah Samsung Galaxy S5 tersebut asli atau produk replika hanya dengan kita lihat dengan seksama.

Proses Booting Perhatikan Samsung Galaxy S5 pada saat booting. Pada Samsung Galaxy S5 yang asli, akan terdapat tulisan “Powered by ANDROID”. Sedangkan pada replikanya tidak ada tulisan itu. Malah, pada produk palsunya terdapat tulisan type “SM-G900”.
Logo Samsung Perhatikan logo SamsungkKetika booting memasuki tahap logo. Tulisan “SAMSUNG” pada Samsung Galaxy S5 yang palsu akan terlihat lebih kecil. Pada produk yang asli, tulisan “SAMSUNG” tersebut berukuran lebih besar dan tebal.
Kecepatan Booting

 

Perhatikan kecepatan booting tersebut. Pada produk yang asli, kecepatan booting lebih cepat dan langsung menuju home screen. Berbeda dengan produk replika, proses booting akan lebih lama.
Water Proof Samsung Galaxy S5

 

Samsung Galaxy S5 memang memiliki kelebihan tahan air. Produk yang aslinya, pada bagian belakang cover ketika dibuka ada water proof yang berfungsi menahan air masuk kedalam mesin. Pada produk replika, water proof ini tidak ditemukan, maka pada produk yang palsu, Galaxy S5 ini akan rusak ketika masuk ke dalam air.
Penutup Port USB

 

Pada Samsung Galaxy S5 yang asli, penutup port USB berwarna bening dan terbuat dari bahan yang berkualitas. Sedangkan pada Samsung Galaxy S5 yang palsu, penutup port USB ini berwarna hitam gelap dan hanya terbuat dari plastik. Terihat sekali kan perbedaannya?
Cocokan No. IMEI di HP dengan di Kardus dan IMEI.info Perhatikan nomor IMEI yang ada di Samsung Gaaxy S5 kamu! Cocokan nomor IMEI pada HP, yaitu dengan menekan *#60#. Nomor IMEI terdiri dari 15 dikit angka, samakan dengan yang ada di kemasan (kardus) dan bagian badan di smartphone (bawah baterai). Kemudia cek nomor IMEI ke imei.info cocokkan dengan spesifikasi yang muncul pada situs tersebut dengan HP kalian dengan menggunakan aplikasi Antutu.
Tombol Home

 

Perhatiakan tombol Home yang tersedia di bawah ayar. Pada produk aslinya, tombol Home akan berada di bagian tengah (seimetris). Berbeda dengan produk replikanya yang berada di bagian condong ke bawah.
Cek OS Kitkat

 

Perhatikan juga OS Andoroid Samsung Galaxy S5 tersebut. Pada saat mengecek OS Android di Samsung Galaxy S5 yang asli, akan muncul tulisan “ANDROID 4.4.2”. Namun tidak pada produk palsunya. Untuk mengecek OS Android pada Samsung Galaxy S5 silakan pilih menu Settings-> System -> About Phone -> Android Version.

 

Cara Mengetahui Samsung Galaxy J5 Asli Dengan Melihat

(1) Spesifikasi-Galaxy-J5-2016

Sama dengan saudaranya, Samsung Galaxy J5 juga tidak luput dari barang replika. Ada saja oknum-oknum yang memanfaatkan kecanggihan produk keluaran Samsung ini dengan mereplikanya lalu dijual dengan harga yang relative murah. Sebagai konsumen kita tidak mau merugi dong karena membeli barang yang palsu apaagi dengan kwalitas yang tidak secanggih produk aslinya? Untuk itu yuk simak yang di bawah ini untuk mengetahui Samsung Galaxy 5 yang asli hanya dengan melihat.

Cocokan No. IMEI di HP dengan di Kardus dan IMEI.info

 

Sama dengan pengecekan smartphone lainnya, mengecek nomor IMEI adalah salah satu caranya. Perhatikan nomor IMEI Samsung Galaxy J5 tersebut, yaitu dengan menekan *#60#. Nomor IMEI terdiri dari 15 dikit angka, samakan dengan yang ada di kemasan (kardus) dan bagian badan di smartphone (bawah baterai). Kemudia cek nomor IMEI ke imei.info cocokkan dengan spesifikasi yang muncul pada situs tersebut dengan HP kalian dengan menggunakan aplikasi Antutu.
Kamera Samsung Galaxy J5 terkenal dengan kwalitas kameranya. Spesifikasi kamera pada Samsung Galaxy J5 adalah 13 MP untuk kamera utama dengan LED Flash. Kamera ini juga mampu merekap video hingga 1080p dengan 30fps. Kamera depan yang dimilikinya pun 5 MP yang juga dilengkapi dengan LED Flash. Jika fitur kamera pada Galaxy J5 kamu tidak memiliki spesikasi tersebut maka kemungkinan produk tersebut palsu. Karena kemampuan menangkap gambar Galaxy J5 amat baik.
Ram dan Memori

 

Perhatikan RAM dan memori Samsung Galaxy J5 kamu. Samsung Galaxy J5 yang asli punya RAM sebesar 1,5 GB dan memori internal 16 GB. Biasanya Samsung Galaxy J5 replika hanya memiliki kapasitas RAM dan memori yang lebih kecil seperti 512 MB atau 1 GB untuk RAM dan 4 GB atau 8 GB untuk memori. Karena itu silahkan cek di menu Settings > About Phone untuk mengetahui berapa kapasitas RAM dan memori internal yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5 kamu.
Chipset

 

Samsung Galaxy J5  ini dilengkapi oleh prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 quad core berkecepatan 1,2 GHz Cortex-A53. Kalau Galaxy J5 kamu tidak memiliki spesifikasi seperti itu, mungkin yang kamu miliki adalah produk palsu. Kamu bisa mengeceknya menggunakan bantuan aplikasi CPU-Z.
Versi Android

 

Samsung Galaxy J5 menggunakan OS Android 5.1 Lollipop dengan tampilan antarmuka Touch Wiz UI. Kalau Samsung Galaxy J5 yang kamu gunakan masih menggunakan Android Jelly Bean ataupun KitKat, berarti kemungkinan besar HP kamu adalah produk replika.

 

Cara Melihat Samsung Galaxy J5 dan S5 Asli Dengan Kode

(1) kode

Selain mengetahui Samsung Galaxy S5 dan J5 hanya degan melihat, kita juga bisa mengetahui apakah smartphone Samsung tersebut asli atau palsu dengan kode. Jika kode-kode ini bisa berjalan dengan semestinya maka smartphone Samsung kita dipastikan asli. Berikut adalah kode-kodenya:

Kode Fungsi
*#1234* Untuk meihat SW version untuk PDA, CSC dan MODEM.
*#0*# Untuk General Test Mode
*#12580369# Untuk info SW dan HW info
*#197328640# Untuk service mode
*#0228# Untuk ADC Reading
*#32489# Untuk Info Pengkodean
*#232337# Untuk mengetahui alamat Bluetooth
*#232331# Untuk test mode Bluetooth

Cara Cek Layar Samsung Galaxy Asli atau Palsu

Selain mengecek smartphone Samsung Galaxy yang akan kalian beli lewat tipe, kalian bisa mengecek lewat layar dengan cara yang cukup sederhana. Tentunya hal ini cukup ampuh untuk membuktikan hp Samsung yang akan kalian beli asli atau palsu. Samsung sendiri memiliki layar yang cukup unik dan cukup sulit ditiru oleh beberapa tipe Supercopy atau KW yang beredar dipasaran. Berikut point-pointnya.

  • Tekan *#0*# Lalu kalian akan masuk ke pilihan warna dari layar
  • Tes warna mulai dari warna Merah dan cermati layar dengan seteliti mungkin
  • Jika kalian menemukan sesuatu yang aneh bisa dicurigai kalau itu adalah barang KW atau Supercopy
  • Ada baiknya kalian mengeceknya di pusat service resmi Samsung terdekat agar memastikan keaslian dari smartphone Samsung yang kalian miliki.

Tentunya jika kalian teliti untuk mengecek layar dari HP Samsung Galaxy yang kalian miliki pastinya dapat membedakan mana yang asli dan yang palsu dengan mudah.

Nah, itulah cara-cara mengetahui apakah Samsung Gaaxy S5 dan J5 yang asli atau palsu dengan hanya melihat dan dengan kode. Sebaiknya kawan-kawan membeli smartphone langsung di gerai resminya ya agar tidak tertipu dengan barang replika. Sekian ulasan kita kali ini, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here