ASUS Republic of Gamers (ROG) baru saja meluncurkan ponsel ASUS ROG Phone 6 Series di Indonesia. Seri yang terdiri dari ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro ini menyajikan performa gaming yang ‘buas’ berkat peningkatan signifikan pada prosesor Snapdragon® 8+ Gen 1 terbaru, sistem pendinginan terbaru GameCool 6, dan refresh rate 165 Hz di layar 6,78 inci AMOLED untuk pengalaman gaming yang super-smooth dan seamless.

ROG Phone 6 Series yang tersedia dalam pilihan warna Storm White dan Phantom Black (tipe standar) dan Storm White (untuk tipe Pro), menggunakan layar AMOLED HDR10+ seluas 6,78 inci dari Samsung dan disetel oleh ROG. Dengan refresh rate maksimum 165Hz, touch-sampling rate hingga 720 Hz, dan latensi sentuh 23 ms, menjadikan layar ini menjadi pamungkas bagi gamer mana pun.

Performanya jelas tiada banding. Dengan prosesor terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform berkombinasi dengan GPU Adreno 730 menciptakan kinerja CPU dan GPU yang 10 persen lebih tinggi dan efisiensi daya CPU juga meningkat 30 persen. Untuk meminimalisir bottleneck, ROG Phone 6 Series diperkuat RAM LPDDR5 hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS 3.1 hingga 512GB.

Salah satu upgrade penting di ponsel ini adalah teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System yang mengagumkan. Generasi kelima dari sistem GameCool yang canggih ini menghasilkan pembuangan panas yang lebih efisien karena diperkuat sistem pendingin CPU 360° terbaru dan difokuskan pada tata letak dual-PCB yang ditempatkan di tengah sehingga kinerja pendinginan pun meningkat hingga 10°C.[1]

Dengan peningkatan yang luar biasa itu, kinerja ROG Phone 6 Series saat pengalaman gaming menjadi layak untuk diuji. Bagaimana kinerja ponsel ini saat memainkan game-game hardcore bergenre Role-playing game (RPG) sekelas Genshin Impact atau memainkan game-game survival yang lebih casual macam PUBG Mobile, Minecraft, atau Apex Legend?

Terbukti dari berbagai pengujian yang dilakukan, hasilnya ternyata memuaskan para pengguna!

Membabat Game ‘Kelas Berat’ dengan Performa Memukau

Dalam gaming test dengan game kelas berat macam Role-playing Game (RPG), apapun judul game-nya, dibabat oleh ASUS ROG Phone 6 Series ini dengan mudah. Bahkan pada setting grafis tertinggi dan frame rate tertinggi 60 fps, serta refresh rate 165Hz, game bisa dimainkan dengan mulus dengan animasi yang smooth bahkan pada pertarungan paling intens sekalipun, tanpa screen tearing yang mengganggu.

Dalam pengujian memainkan game FPS tanpa AeroActive Cooler 6 selama 60 menit, ASUS ROG Phone 6 Series mampu menghasilkan frame rate 59,39 fps, temperatur berada di kisaran 48,10C dan efisiensi daya mencapai 5,88W. Sementara untuk gameplay selama 30 menit tanpa cooler, menghasilkan 59,55 fps, temperatur 49,30C, dan efisiensi daya 5,97W. Saat dimainkan selama 20 menit tanpa cooler, frame rate mencapai 59,4fps, temperatur bertahan di angka 44,20C, dan efisiensi daya mencapai 5,91W. Impresif!

Hasilnya makin memukau saat ponsel ini memainkan game FPS menggunakan AeroActive Cooler 6 dan tanpa external power selama 60 menit. Permainan bisa mencapai frame rate 59,72fps, temperatur di posisi 43,30C, dan efisiensi daya hingga 10,2 W. Sedangkan dengan cooler dan external power, frame rate bisa mencapai 59,77 fps dan dan temperatur di angka 39,90C.

Memainkan Game Casual, Jelas Smooth!

Performa ASUS ROG Phone 6 Series makin kentara saat memainkan game-game casual khususnya dari genre survival.

Berbagai pengujian pada game survival dilakukan dengan mengatur permainan pada setting paling maksimal, yaitu ExtremeHD untuk grafis dan ultra-frame rate, dan settingan lain ON. Skenarionya jelas, untuk memberikan beban yang besar pada ponsel ini.

Hasilnya, pada mode yang intens sekalipun gameplay tetap terasa sangat smooth. Frame rate stabil di angka 60 fps. Saat mulai bertarung, temperatur mulai merangkak naik dan berada di kisaran 37-410C dan ini sama sekali tak mengganggu.

Salah satu aspek menarik dalam memainkan game di ponsel ini, apapun genrenya, adalah adanya fitur-fitur pendukung yang membuat pengalaman gaming makin mengesankan. Salah satunya adalah tombol AirTrigger 6 dengan haptic feedback yang terasa natural.

AirTrigger 6 membuat pengguna bisa mapping sampai 14 touch point di layar secara simultan. Ditambah AeroActive Cooler 6, pengguna bisa menambahkan empat tombol fisik lagi. Jadi total ada 18 touch point, belum termasuk yang sudah ada di layar. Dengan semua ini, Anda akan jadi gamer yang sangat kompetitif.

Fitur lain adalah Game Genie, dashboard legendaris yang sudah ditingkatkan. Ada banyak fungsi yang dihadirkan pada Game Genie terbaru, seperti jalan pintas kembali ke Armory Crate, memblokir semua notifikasi dan panggilan masuk, mencegah perubahan brightness secara mendadak, mengubah refresh rate, melepaskan RAM yang tidak digunakan oleh aplikasi di latar belakang, mengaktifkan perekam layar, melakukan pencarian di internet dan YouTube tanpa meninggalkan game, dan masih banyak lagi.

Baterai ‘Monster’, Nikmati Gaming Lebih Lama

Pengalaman gaming tentu harus disertai kemampuan baterai yang mumpuni sehingga permainan bisa dinikmati sampai maksimal. Untuk itulah ASUS ROG Phone 6 Series telah diperkuat dengan baterai ‘monster’ berkapasitas 6000 mAh, menempatkannya ke jajaran flagship dengan baterai terbesar di market.

Dalam pengujian, saat ponsel ini digunakan untuk skenario berat macam gaming, memotret, mengirimkan pesan, memutar video, dan sebagainya, baterainya mencapai titik kritis setelah 8 jam penggunaan. Dalam skenario gaming yang intens macam FPS, pengujian menemukan dalam permainan selama 37 menitan tanpa cooler, daya baterai mengalami penurunan sekitar 17 persen saja.

Tapi pada penggunaan reguler, baterainya bisa bertahan selama satu setengah hari dari kondisi full charge. Untuk pengisian ulang, ponsel ini sudah dilengkapi charger 65W charger yang mendukung Quick Charge 5.0 dan diperkuat teknologi HyperCharge. Dengan kombinasi ini, ponsel bisa diisi penuh dari 0-100 persen hanya dalam waktu 42 menit, berdasarkan pengujian di ASUS Labs. Ini lebih cepat 10 menit dari pendahulunya.

Saatnya Menjajal ROG Phone 6 Series

ROG Phone 6 Series sudah tersedia di Indonesia dengan beberapa pilihan. Tipe ROG Phone 6 Pro hadir dengan RAM 18 GB dan penyimpanan 512 GB. Sementara itu, ROG Phone 6 standar memiliki dua pilihan konfigurasi: RAM 8 GB/256 GB dan RAM 12 GB/256 GB.

Tipe Asus ROG Phone 6 standar dengan RAM 8 GB/256 GB dijual dibanderol Rp10.999.000. Sedangkan untuk varian untuk varian RAM 12 GB/256 GB.dibanderol Rp13.999.000. Tipe ROG Phone 6 Pro dibanderol Rp18.999.000.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi: https://rog.asus.com/phones/rog-phone-6-model/ atau akun Instagram: https://www.instagram.com/asusrog.id/.

[1] Hasil pengujian oleh lab ASUS, dibandingkan dengan suhu permukaan ROG Phone 6 Pro tanpa AeroActive Cooler 6

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here