Perbandingan Bagus Mana HP Oppo A37 VS Samsung Galaxy J3 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

samsungj3

Samsung dan Oppo merupakan sekian dari banyak vendor Smartphone yg sudah sukses pada pasar Smartphone di Indonesia. Kedua Smartphone ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat, lihat saja disekitar kita, mulai dari keluarga, kerabat, bahkan orang lain yg kita jumpai dijalan pasti selalu saja ada yg menggunakan Smartphone dari Samsung atau pun Oppo. Kedua merk ini memang sangat menggiurkan penikmat Smartphone pada setiap produknya. Yg ditawarkan disetiap produknya adalah harga yg bersahabat dan juga fitur-fitur yg modern.

Dan pada kesempatan kali ini Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Oppo A37 VS Samsung Galaxy J3 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia. Kita akan membahas produk 2 produk ini yg dibandrol dengan harga 2 jutaan. Kita akan ulas satu persatu. Berikut ini ulasannya, mari kita simak!

Perbandingan Spesifikasi Oppo A37 V5 VS Samsung Galaxy J3

Spesifikasi Oppo A37

oppoa377

Desain tipis dan mewah

Oppo memang selalu merilis smartphone dengan body yang cantik, desain elegan, dan tidak terlalu ribet. Salah satu yang menarik dari handphone Oppo A37 ini adalah desain body-nya yang lumayan ramping.Hal tersebut membuat para pengguna gadget Oppo merasa memiliki ponsel dengan desain premium. Oppo A37 mengusung konsep desain unibody yang terlihat berkelas dengan pilihan warna rose gold dan juga gold yang semakin memancarkan aura mewah didalamnya. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa desain dari ponsel Oppo A37 ini asli mirip dengan Oppo seri F1 Plus. Ini terlihat dari semua segi baik penampilan maupun lekukan-lekukan sudutnya, hanya saja ponsel ini tidak mempunyai tombol fisik pada bagian depan. Secara menyeluruh Oppo A37 mempunyai desain dengan ukuran dimensi 143.1 x 71 x 7.7 mm serta memiliki bobot seberat 136 gram.

Prosesor berkapasitas 2 GB

Selanjutnya mari kenali lebih dalam lagi mengenai performa dari Oppo seri A37 ini. Dengan berbekal komponen mesin yang tangguh ini membuat harga handphone Oppo A37 cukup tinggi. Dapur pacu smartphone ini menggunakan chipset buatan Qualcomm dengan seri snapdragon 616. Dimana chipset ini memiliki kekuatan processor tipe Quad core seri Cortex A53 yang berkecepatan akses hingga 1.5 GHz. Chipset berkualitas dari Qualcom berpadu dengan CPU berkecepatan tinggi tentu dapat menjamin performa dari Oppo A37 ini

Layar Luas Dilapisi Gorilla Glass 4

Pada ponsel pintar Oppo A37 ini layar yang disajikan memang nampak lapang dan luas untuk memberikan kenyamanan ruang kerja bagi penggunanya diberbagai keadaan. Layar yang dipasang pada ponsel ini adalah jenis layar sentuh tipe IPS LCD dengan ukuran 5,5 inci. Dengan ukuran LCD yang luas tersebut, layar dari Oppo A37 menjadi terasa nyaman dipandang mata saat dipergunakan untuk berbagai keperluan. Ditambah lagi kerapatan layar dari ponsel ini juga lumayan tinggi sehingga membuat gambar yang dihasilkan lebih baik.

Bukan hanya berukuran luas, layar Oppo A37 juga mempunyai resolusi warna cukup baik dengan ukuran 720 x 1280 piksel serta kerapatan 294ppi. Dari hal inilah Oppo Neo 9 dapat menampilkan sajian visual yang sangat bersih sehingga sangat memanjakan kawan semua sebagai pengguna. Selain memiliki kualitas tampilan yang bagus, layar Oppo A37 juga terasa sangat kokoh berkat adanya proteksi layar bertipe Corning Gorilla Glass 4 yang tertanam didalamnya.

Layar 5.0 inci IPS LCD Capacitive , 720 x 1280 pixels
Jaringan 4G LTE
Body Metal
Sistem Operasi Android v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Memori RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 256 GB
Kamera Belakang 8 MP , Phase Detection Autofocus & LED Flas
Kamera Depan 5 MP, Aperture f/2.4, 1/4″ sensor size
Sensor Accelerometer, Proximity, Compass
Warna Gold, Rose Gold
Baterai Non-removable Li-Ion 2630 mAh

 

Spesifikasi Samsung Galaxy J3

samsungj333

Dapur Pacu

Selain harga Samsung Galaxy J3 yang murah, Samsung juga mengandalkan segi desain dan dapur pacu untuk menarik minat konsumen dalam memasarkan produk terbarunya ini. Nah untuk urusan dapur pacu, sudah ada chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang dipercaya sebagai otak pemrosesan dalam menjalankan berbagai aplikasi dan game yang sobat instal kedalam memori internal berukuran 8GB. Sementara untuk kecepatan processor yang dibawanya, mencapai Quad Core 1.2 Ghz Cortex-A53 dan didukung teknologi pemrosesan 64-Bit.

Chipset tersebut sebelumnya telah dipakai oleh Samsung Galaxy J5, dan terbukti sangat powerfull setelah dipadukan Ram berkapasitas 1.5 GB, dan pengolahan grafis Adreno 306. Perpaduan komponen hardware tersebut semakin sempurna dengan hadirnya slot ekspansi microSD hingga kapasitas mencapai 128GB. Kemudian untuk bagian sistem operasinya, sudah terinstal Android Lollipop 5.1 dengan membawa banyak fitur menarik, termasuk fitur Smart Manager yang memungkinkan penggunanya untuk melihat sisa memori, ram, baterai, dan pengaturan security.

Support 4G LTE

Kemampuan untuk mengakses internet pada jaringan 4G LTE menjadi salah satu kelebihan Samsung Galaxy J3. Smartphone ini bisa mengunduh sebuah file dengan kecepatan mencapai 150 mbps, dan upload 50 mbps, karena mendukung teknologi 4G LTE Category 4. Selain itu, sobat hariangadget.com juga bisa mengakses internet pada jaringan 3G HSDPA dengan kecepatan mencapai 42.2 mbps, apabila sobat tidak mendapatkan sinyal 4G LTE karena masalah jaringan yang belum merata.

Lalu ada pula Wi-Fi 802.11 b/g/n sebagai alternatif mengakses internet selain mengandalkan jaringan seluler. Kemudian untuk kebutuhan mengirim file dan mentransfer data, sobat bisa mengandalkan Bluetooth v4.1, atau memakai fitur Wi-Fi Direct. Selain itu, disediakan pula port MicroUSB 2.0 dengan dukungan teknologi USB-OTG, serta GPS berteknologi (A-GPS, dan GLONASS). Cukup lengkap bukan ?, namun sayangnya smartphone ini belum dilengkapi NFC dan Wi-Fi berteknologi Dual Band

Layar 5.0 inci IPS Capacitive , 540 x 960 Pixel
Jaringan 4G LTE
Body 142.3 x 71 x 7.9 mm, 138g, Plastik
Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop
Chipset CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
Memori RAM : 1.5 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 64 GB
Kamera Belakang 8 MP , autofocus, LED flash
Kamera Depan 5 MP f/2.4
Sensor Proximity , Accelerometer
Warna Hitam, Putih, Gold
Baterai Li Ion 2600 mAh

 

Perbandingan Hasil Kamera Oppo A37 V5 VS Samsung Galaxy J3

Hasil Foto Oppo A37

oppoa37hasil

Oppo A37 dilengkapi dengan spesifikasi kamera serta fitur terbaik didalamnya. Untuk memenuhi kebutuhan fotografi yang maksimal, Oppo membekali handphone terbarunya ini dengan perangkat kamera dengan lensa berukuran cukup besar yaitu 8 MP pada kamera utamanya. Pada kamera belakang Oppo A37 telah tersemat berbagai fitur modern yang mendukung hasil jepretan lebih maksimal. Fitur tersebut antara lain bukaan f/2.0, autofocus, LED flash, 1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus serta fitur lainnya.

Sedangkan untuk mendukung kegiatan selfie yang sedang marak, Oppo menanamkan kamera depan dengan ukuran 5MP pada Oppo Neo 9 ini. Meskipun ukuran kameranya terbilang standar, namun kamera ini masih sanggup mengambil foto selfie dengan kualitas sama bagusnya. Sebab, pada kamera depan Opop A37 ini juga terdapat fitur unggulan aperture f/2.4 dan juga 1/4″ sensor size sehingga dapat mengambil foto selfia yang tajam dan natural. Ditambah lagi, kamera depan Oppo A37 dilengkapi dengan fitur Beautify 4.0.

Hasil Foto Samsung Galaxy J3

samsungj3hasil

Sektor kamera menjadi bagian terpenting, untuk itulah Samsung membekali Galaxy J3 dengan kamera depan dan belakang beresolusi tinggi. Dimana untuk kamera pada sisi belakang, telah disematkan lensa 8 Megapixel yang mampu menghasilkan jepretan foto kaya warna, dan gambar lebih detail. Untuk memaksimalkan pengambilan foto beresolusi 3264 x 2448 pixels, dan video beresolusi Full HD [email protected] pada kondisi low light atau tempat bercayaha rendah, sobat bisa memanfaatkan lampu LED Flash untuk meningkatkan kecerahan foto maupun rekaman video.

Sebanding dengan harga Samsung Galaxy J3 yang dibanderol lebih mahal dari Galaxy J2, smartphone ini telah didukung fitur autofocus yang meningkatkan ketajaman jepretan kamera. Lalu untuk kamera depan, sudah ada lensa berkekuatan 5 Megapixel yang siap sobat pakai untuk berfoto selfie dan berkomunikasi via video call. Selain itu, disediakan pula fitur “Quick Launch” yang mampu mempercepat akses kamera, dengan cara menekan tombol home 2 kali secara cepat, maka akan langsung  membuka aplikasi kamera.

Perbandingan dari Segi Harga Oppo A37 V5 VS Samsung Galaxy J3 di Indonesia

Untuk harga Oppo A37 di Indonesia harga akan dapat berubah sewaktu-waktu. Namun perbedaan harganya tak terlalu jauh berbeda.

Harga Baru Oppo A37 Rp. 1.900.000 ,-

Harga Bekas Oppo A37 : Rp. 1.400.000 ,-

Untuk pesaingnya, harga Samsung Galaxy J3 untuk bulan ini mengalami harga yang stabil dengan bulan lalu. Adapun harga baru dan bekas Samsung Samsung Galaxy J3 adalah :

Harga baru Samsung Galaxy J3: Rp 1.700.000 ,-

Harga bekas Samsung Galaxy J3: Rp. 1.200.000,-

Perbandingan dari Segi Baterai Oppo A37 VS Samsung Galaxy J3

Pasokan Daya Berkekuatan 2630 mAh

oppoa37

Sebagai smartphone masa kini dan harga Oppo A37 yang ada di kisaran 2 juta rupiah, tentunya ponsel ini sudah harus dapat mengakses internet dengan lancar dan cepat. Terlebih lagi saat ini aktivitas internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Terlebih lagi spesifikasi Oppo A37 yang tergolong cukup tinggi baik itu dari segi luas layar dan resolusinya serta spesifikasi hardwarenya tentu membutuhkan suplai daya yang tidaklah sedikit. Maka dari itu Oppo menanamkan baterai berukuran cukup besar pada gadget baru ini. Oppo A37 dipersenjatai dengan baterai berukuran 2630 mAh yang bertipe lithium Ion. Baterai Oppo A37 ini merupakan tipe baterai tanam sehingga tidak dapat dibongkar pasang.

Pasokan Daya Berkekuatan 2600

samsungj33

Kelebihan lain Samsung Galaxy J3 juga karena menggunakan baterai berjenis Removable atau bisa dilepas sehingga jika suatu saat baterai rusak sobat masih bisa menggantinya secara mandiri. Kapasitas baterai 2600 mAh berjenis Li-Ion sudah cukup besar dan mampu mempertahankan ponsel tetap hidup. Apalagi disertai fitur Supe Power Saving Mode sehingga ponsel akan lebih mengirit daya dengan mematikan setiap aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Itu lah beberapa rangkuman spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan dari berbagai sisi antara Oppo A37 dan Samsung Galaxy J3, Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menentukan Smartphone apa yg akan kalian pilih, bagi kalian yg ingin membeli Smartphone dalam waktu dekat ini. Namun perlu diingat, setiap Smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Jadi, bijak lah dalam membeli Smartphone. Pilihlah Smartphone sesuai kebutuhan, melainkan bukan keinginan. Sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here