Perbandingan Bagus Mana HP Oppo A37 VS Vivo Y51 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Oppo-a37-vs-vivo-y51

Oppo kembali meramaikan pasaran dengan menghadirkan perangkat barunya yang diketahui mengusung nama Oppo A37. Langkah Oppo untuk kembali memperkenalkan produk baru ini sepertinya memang membuktikan bahwa vendor asal Tiongkok itu tak mau kalah dari para rivalnya.

Jika pada saat ini para vendor smartphone tengah berlomba-lomba untuk meluncurkan produk-produk ponsel high-end dengan segudang fitur canggihnya, Oppo justru memilih untuk memperbaiki jajaran ponsel di kelas menengah ke bawahnya dengan menghadirkan Oppo A37 ini.

Hal ini sepertinya memang sengaja dilakukan Oppo untuk lebih mengekspansi pangsa pasar Oppo sehingga bisa mencakup berbagai segmen. Tak hanya itu, perangkat ini juga tampaknya bakal semakin mempersengit persaingan di pasar gadget terutama jika Oppo A37 ini nantinya masuk ke Indonesia.

Ini karena Oppo sendiri sudah terkenal kerap menghadirkan ponsel dengan spesifikasi berkualitas serta dianggap tak kalah dengan vendor smartphone terkemuka lainnya, seperti Samsung dan Apple. Oleh sebab itu, tak bisa dipungkiri bahwa rilisnya Oppo A37 di bulan Juni 2016 yang lalu ini akan semakin memeriahkan pangsa pasar smartphone.

spesifikasi yang diusung oleh Oppo A37 tentu tak akan seperti produk-produk Oppo pada umumnya yang memang lebih banyak di kelas premium, sebab perangkat barunya ini akan dilepas untuk menyasar segmen menengah ke bawah.

Dari pesaingnya, Vivo telah menjadi buah bibir setiap pengguna orang karena semakin banyak meluncurkan unit smartphone ramping yang diklaim menjadi salah satu perangkat tertipis. Vivo merupakan produsen terbaru dari China yang kini sudah beredar produk smartphone di beberapa negara dan salah satunya yaitu Indonesia.

Produsen Vivo kini luncurkan smartphone terbaru yang memberikan dukungan komponen yang cukup spektakuler dan memiliki harga terjangkau, nama produk terbaru Vivo yaitu Vivo Y51. Dengan berbagai kualifikasi yang bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Penggunanya bisa menikmati penggunaan smartphone secara maksimal dengan berbagai spesifikasi vivo Y51 yang akan memberikan fasilitas terbaik bagi penggunanya. Tentunya dengan dukungan fasilitas yang lengkap maka anda bisa memaksimalkan penggunaan berbagai aplikasi di dalamnya serta mengembangkan teknologi informasi di genggaman anda.

Dengan berbagai kelebihan serta fasilitas yang akan anda dapatkan dengan menggunakan smartphone ini maka tentu harga yang harus anda keluarkan juga tidak murah. Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Oppo A37 VS Vivo Y51 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasan selengkapnya :

Perbandingan Spesifikasi HP Oppo A37 VS Vivo Y51

Spesifikasi Oppo A37

  • Ponsel Terjangkau nan Lebar Berdesain Premium

Oppo sendiri selama ini dikenal dengan perangkat-perangkatnya yang mengusung desain simpel namun terlihat elegan. Hal ini pun nampaknya juga masih bisa ditemukan pada perangkat yang satu ini. Namun, meski nantinya dibanderol dengan harga yang tak begitu mahal namun Oppo A37 justru menyuguhkan desain yang premium dengan memberikan kontruksi unibodi yang dikombinasikan dengan balutan bodi metal (aluminium alloy) serta tersedia dalam pilihan warna gold dan rose gold.

Dimensinya sendiri meliputi panjangdan ketebalan yang membuat penggunanya kenyamanan saat digenggam. Lalu, bobot Oppo A37 ini terbilang ringan sehingga masih terasa nyaman ketika digenggam dan dioperasikan. Pada bagian visualnya, Oppo A37 menghadirkan layar IPS LCD dengan bentang layar tyang lebar.

Layar ini mampu menghasilkan resolusi HD dengan kerapatan yang tinggi. Untuk melindunginya dari berbagai goresan dan benturan, maka layarnya juga telah dimaksimalkan dengan proteksi Corning Gorilla Glass 4 dan kaca lengkung 2.5D. Namun, sensor pemindai sidik jari tidak tersemat pada spesifikasi Oppo A37 ini.

Desain pada oppo A37 ini terbilang elagan dengan body tipis serta finishing yang sangat rapi dengan bentuk edge sehingga lebih nyaman saat di genggam.Pada bagian depan di bawah layar terdapat 3 tombol kapasitif yang dapat menyala, sedangkan di bagian atas nya terdapat kamera selfie, speaker penerima serta sensor proximity

pada bagian belakang nya terdapat kamera utama yang di lengkapi dengan LED flash.Pada samping kanan body terdapat tombol power dan 3 slot (SIM 1, SIM 2 dan SD card) sedangkan tombol volume nya terdapat di sisi kiri body.

oppo-a37

  • Performa Mumpuni dengan Prosesor Quad-core dengan Kapasitas RAM Besar

Seperti yang sudah disinggung di awal, meski hadir untuk konsumen kalangan menengah ke bawah namun performa yang dihasilkannya tak bisa dianggap remeh. Lihat saja penggunaan chipset kelas menengah dengan performa rata-rata yang didaulat sebagai otak dari Oppo A37 ini.

Chip ini berpadu dengan prosesor Quad-core berkecepatan tinggi di atas arsitektur terbaik sehingga menyuguhkan operasional yang lebih optimal. Tak hanya itu, dukungan RAM berkapasitas besaruga mendukung jalannya aktivitas multitasking yang lancar dan responsif.

Untuk keperluan gaming dan multimedia, Oppo A37 mengandalkan kartu grafis dengan kualitas terbaik yang tak hanya menyuguhkan tampilan apik tetapi juga mengurangi konsumsi daya. Disisi lain, sistem operasi Android yang kinerjanya lumayan baik akan menjalankan semua komponen yang tersemat pada spesifikasi Oppo A37 ini.

  •  Lengkapnya Konektivitas dan Cepat Berkat Akses Jaringan 4G LTE

Sektor ini ternyata sudah dibekali dengan fitur-fitur yang lengkap untuk menunjang komunikasi dan akses internet. Hal ini bisa dilihat dari kehadiran fitur dual SIM yang memungkinkan pengguna untuk bisa berkomunikasi dengan lebih mudah. Selain itu untuk urusan akses internet, Oppo A37 ini nampaknya sudah menggunakan teknologi jaringan terkini 4G LTE yang menawarkan aktivitas unduh data berkecepatan 150 Mbps dan unggah data berkecepatan 50 Mbps.

Selain 4G LTE, ada juga jaringan alternatif seperti GSM dan HSPA yang masih didukung oleh Oppo A37 ini. Lalu, untuk konektivitas jarak dekatnya, tersedia Wi-Fi 802.11 dan hotspot. Sementara itu, jika penggunanya ingin mentransfer data, maka kamu bisa menggunakan Bluetooth v4.0, A2DP, dan microUSB v2.0. Ditambah lagi, teknologi navigasi A-GPS yang cukup baik untuk memetakan lokasi juga turut melengkapi spesifikasi Oppo A37 ini.

  • Ruang Simpan Data Longgar dengan Memori Internal Besar dan microSD dengan Ekspansi Maksimal

Mengimbangi sektor olah datanya yang cukup mumpuni, Oppo juga mendesain perangkat barunya ini dengan ruang simpan data yang memadai sehingga bisa mendukung kebutuhan para penggunanya. Oppo A37 diketahui hadir dengan memori internal yang besar. Kapasitas ini tentu sudah menyediakan ruangan yang cukup longgar bagi pengguna untuk menyimpan berbagai macam file aplikasi serta koleksi file hiburan miliknya.

Bahkan, jika penggunanya pun merasa belum puas dengan kapasitas memori internal Oppo A37 tersebut dan menghendaki ruangan ekstra untuk mengcover kebutuhan simpan data, maka ruang penyimpanan ini masih bisa diperluas dengan menambahkam microSD card dengan kapasitas maksimal hingga kapsitas maksimal yang tanpa harus mengorbankan slot SIM 2 yang ada pada spesifikasi Oppo A37 ini. Berikut spesifikasi lengkapya ;

  • Layar
5.0 inci IPS Capacitive, 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
3G, HSDPA, HSPA+, 4G LTE
  • Body
143.1 x 71 x 7.7 mm, 136 g, Full Metal
  • Sistem Operasi
Android v5.1 Lolipop, Color OS
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM: 2 GB, Internal: 16 GB, MicroSD: up to 128 GB
  • Kamera Belakang
8 MP, Autofocus, LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP, f/2.4, Screen Flash
  • Sensor
Proximity,  Accelerometer, Ambient Light, Gyro
  • Warna
Gold, Rose Gold
  • Baterai
Li Po 2630 mAh, Non Removable

Spesifikasi Vivo Y51

  • Smartphone Ramping dengan Tampilan Bodi yang Sangat Stylish

Untuk bagian desain, tak perlu ragu lagi karena memang sejak dahulu ponsel besutan Vivo telah dikenal selalu membawakan desain yang sangat menawan. Hadir dengan bodi yang cukup ramping, Vivo Y51 terbalut dengan material unibody yang terdapat pada bagian covernya.

Bagian tersebut terdiri dari kombinasi warna gold dan putih yang membentuk horizon begitu manis dan modis pada desainnya. Bentuk fisik Vivo Y51 sendiri terdiri dari empat buah sudut yang dibuat membulat dan didesain khusus untuk memberikan kenyamanan pada saat digenggam.

Untuk dimensi, ponsel ini memiliki ukuran yang lebar dengan bobot yang ringan. Meskipun tidak terlalu ringan, namun dengan bodi yang cukup tipis membuat Vivo Y51 sangat nyaman dioperasikan. Pada layar dengan luas 5.0 inci tersebut juga dilengkapi dengan tombol kapasitif guna memenuhi kebutuhan navigasi menu pada layar.

Layar yang berukuran luas tersebut menggunakan jenis layar IPS LCD Capacitive Touchscreen yang menghasilkan tampilan visualisasi cukup cerah dan cemerlang dengan membawakan resolusi Full HD berkerapatan layar yang tinggi dan detail.

Tak lupa, layar multitouch pada Vivo Y51 juga sudah dilengkapi dengan perangkat proteksi layar dengan Corning Gorilla Glass 3 yang akan melindungi layar dari goresan, termasuk benda tajam. Spesifikasi Vivo Y51 pun juga ditambahkan dengan tampilan antarmuka Funtouch OS 2.1 yang terintegrasi dengan OS Android dengan banyak fitur sehingga akan memberikan tampilan fitur yang bisa diatur agar tampilannya semakin menarik.

vivo-y51

  • Dapur Pacu Gahar dengan Chipset Andalan dengan Disertakan RAM yang Besar

Selain memiliki desain yang menarik, ponsel ini ternyata juga dibekali dengan komponen dapur pacu yang terbilang unggulan. Meski detail dari chipsetnya belum diketahui, namun tampaknya Vivo akan menanamkan chip buatan Snapdragon untuk Vivo Y51 tersebut. Chip tersebut nantinya akan menghasilkan tenaga prosesor Octa core yang sangat mumpuni untuk mendukung operasional dari ponsel.

Sementara itu, untuk menjalankan segala komponen yang ada pada sektor ini, spesifikasi Vivo Y51 mengandalkan sistem operasi Android yang terbaik pada masanya  dengan berbagi fitur baru yang menarik. Kehadiran prosesor tersebut tentu saja akan menghasilkan kinerja yang cukup responsif.

Selain itu, sektor ini didukung dengan kapasitas RAM yang besar sehingga aktivitas multitasking bisa dijalankan tanpa hambatan oleh Vivo Y51 ini. Meski belum diketahui secara pasti, namun sepertinya vendor Tiongkok itu akan menggunakan kartu olah grafis andalan untuk menunjang segala permainan game melalui perangkat ini.

Apalagi, Vivo Y51 pun juga didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas 2 GB yang tentunya akan membuat ponsel ini dapat menjalankan aplikasi dengan kebutuhan memori cukup besar secara multitasking. Vivo Y51 ini juga mengandalkan GPU dengan kualitas tampilan grafis yang mulus dan jernih.

  • Dihadirkan Koneksi 4G LTE Guna Mendukung di Bagian Konektivitas

Untuk urusan yang satu ini, Vivo sudah mengandalkan akses jaringan 4G LTE sebagai jaringan utama pada Vivo Y51 ini guna menyediakan koneksi internet bebas lemot bagi para penggunanya. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan download dengan kecepatan 150 Mbps dan upload dengan kecepatan 50 Mbps.

Akses jaringan GSM dan HSPA pun masih bisa diandalkan untuk mendapatkan koneksi internet di daerah yang belum terjangkau jaringan 4G LTE. Vivo Y51 juga menghadirkan fitur dual SIM sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan lebih efisien tanpa harus menggunakan 2 ponsel.

Baik Wi-Fi maupun hotspot juga dihadirkan pada perangkat ini sehingga pengguna bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan akses internet gratis. Sementara untuk bertukar file, ada fitur Bluetooth, microUSB v2.0, dan USB OTG yang bisa dipakai. Untuk sistem navigasinya sendiri, spesifikasi Vivo Y51 ini memakai A-GPS yang cukup baik untuk menemukan lokasi.

Teknologi jaringan data 4G LTE pada Vivo Y51 ini merupakan jaringan terbaru dan tercepat yang ada saat ini. Pada penggunaan jaringan 4G LTE, penggunanya akan disuguhi dengan kecepatan akses internet super dan lancar. Vivo Y51 mampu menyuguhkan kecepatan download hingga mencapai 150 Mbps dan kecepatan upload hingga 50 Mbps.

Kecepatan akses internet Vivo Y51 ini tentunya akan membuat aktivitas berselancar di internet menjadi lebih menyenangkan. Selain 4G LTE, ponsel pintar ini juga menyediakan jaringan yang tak kalah handal yaitu jaringan 3G yang akan dapat diandalkan dengan maksimal pada lokasi yang belum tercakup jaringan 4G LTE pada Vivo Y51 ini.

Kemudian, untuk fitur konektivitas jarak dekat tentu saja smartphone ini memberikan fitur yang lengkap dan fungsional, seperti Hotspot dan juga WiFi. Kedua fitur tersebut akan membantu penggunanya untuk bisa mengakses internet secara gratis. Sayangnya, spesifikasi Vivo Y51 untuk sistem navigasi baru memanfaatkan A-GPS saja, jadi belum memberikan hasil pemetaan dengan tingkat keakuratan maksimal.

  • Storage Sediakan Memori Internal Besar dan Dilengkapi dengan microSD

Untuk urusan penyimpanan file, perangkat ini menyediakan ruangan yang cukup longgar bagi para penggunanya dengan bekalan memori internal yang kapasitasnya terbilang cukup besar. Ruangan internal yang ada pada Vivo Y51 ini sebenarnya sudah cukup memadai jika digunakan untuk menampung berbagai macam file milik pengguna, baik itu file internal bawaan maupun file-file pribadi yang biasanya berupa foto, lagu, video, dan game.

Namun, jika kapasitas internal tersebut dirasa memang belum mencukupi maka ruang penyimpanan dari Vivo Y51 masih bisa diperluas melalui microSD card dengan kapasitas sampai ekspansi maksimal. Ruang penyimpanan file atau memori merupakan salah satu bagian yang tak kalah penting dan sangat mendukung kelancaran proses operasi dari seluruh aplikasi yang ada pada Vivo Y51 ini.

Meski statusnya hanya merupakan smartphone kelas menengah, namun ternyata produk baru dari Vivo ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang sangat luas dan lebih dari cukup untuk mengcover seluruh file yang pengunanya miliki. Vivo Y51 ini hadir dengan kapasitas memori internal berukuran besar.

Keberadaan slot external memory tentu saja akan semakin memudahkan penggunanya dalam menyimpan semua file dalam satu perangkat saja. Dengan dukungan kedua memori yang menjadi bagian dari spesifikasi Vivo Y51 ini, penggunanya akan sangat leluasa untuk menyimpan file apapun tanpa khawatir kehabisan kapasitas memori. Berikut spesifikasi lengkapnya :

vivo-y51-1

  • Layar
5.0 inci IPS LCD Capacitive , 540 x 960 pixels
  • Bodi
143.8 x 71.7 x 7.5 mm, 151 gram, Metal+Glass
  • Jaringan
3G HSDPA, HSPA+, 4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v5.0 Lolipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 2 GB, Internal : 16 GB, MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
8 MP, Autofocus + LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP
  • Warna
White, Black
  • Sensor
Accelerometer, proximity, Compass
  • Baterai
Li-lon 2350 mAh

 

Perbandingan Hasil Kamera Oppo A37 VS Vivo Y51

Lini Fotografi Modern Terdukung Duet Kamera 8 MP dan 5 MP

Oppo biasanya memang selalu menghadirkan piranti kamera beresolusi tinggi pada perangkat-perangkatnya. Namun, mempertimbangkan kelas ponsel kali ini, Oppo menyematkan kamera dengan resolusi yang tak begitu besar pada Oppo A37 ini namun cukup mumpuni untuk menunjang kebutuhan dokumentasi.

Sebut saja kamera utama beresolusi 8 MP dengan aperture besar yang menghiasi bagian punggungnya. Pada kamera depan nya memiliki fitur beutify 4.0 yang berfungsi untuk memutihkan, menghaluskan kulit wajah serta mempercantik hasil selfie anda. asik nya lagi, fitur ini memiliki 7 level beautify dengan dua mode tone warna berbeda.

Kamera ini sudah ditemani dengan fitur autofocus dan LED flash sehingga minim getaran ketika digunakan untuk menangkap objek serta bisa dipakai dalam kondisi kurang cahaya. Kamera utama dari Oppo A37 tersebut juga sanggup menghasilkan video beresolusi full HD.

Meskipun memiliki resolusi yang tergolong rendah namun hasil jepretan nya sangat memuaskan terang dan jernih serta warna yang lebih natural meskipun saat minim cahaya atau malam hari, hal tersebut berkat teknologi pure image yang tertanam pada Oppo A37.

Sedangkan, di bagian depannya bisa ditemukan kamera sekunder 5 MP yang tak hanya mendukung aktivitas swafoto tetapi juga video call. Selain 1/3.2” sensor size dan 1.4 µm pixel size, berbagai fitur pendukung kamera seperti geo-tagging, touch focus, face detection, dan panorama juga turut melengkapi spesifikasi Oppo A37 ini.

Kelebihan dan Fitur Kamera Oppo A37

Duet Kamera yang Fungsional dan Dapat Diandalkan dengan Kandungan Spesifikasiya

Pada sektor ini, Vivo membawa perangkat kamera berkualitas cukup tinggi dengan dua buah kamera yang terdiri dari kamera utama dan kamera sekunder atau kamera depan. Untuk kamera utama, Vivo Y51 mengandalkan kamera berukuran 8 MP yang akan mampu memberikan hasil jepretan dengan resolusi besar dan jernih.

Kamera utama tersebut telah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash yang akan memberikan titik fokus dan juga pencahayaan maksimal. Kamera utama pada Vivo Y51 juga memiliki kualitas bidikan yang jernih dan menawan.

Selain itu, kamera yang terletak pada sisi belakang itu juga dapat digunakan sebagai media perekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik. Fitur-fitur pendukung seperti Geo-tagging, Touch Focus, HDR dan juga Panorama juga tak lupa disematkan pada kamera utama Vivo Y51 ini.

Keberadaan fitur-fitur fotografi modern tersebut berguna untuk memberikan hasil foto yang lebih jernih dan bagus. Sementara untuk kamera sekunder atau kamera depan, spesifikasi Vivo Y51 telah dibekali dengan perangkat kamera berukuran 5 MP yang tentu saja akan memberikan kualitas gambar yang cukup baik untuk berselfie ataupun video call.

vivo-y51-2

Perbandingan dari Segi Harga Oppo A37 VS Vivo Y51 di Indonesia

Harga Oppo A37 saat ini dijual sekitar 1,8 Jutaan untuk harga barunya. Sementara untuk harga bekasnya dijual sekitar 1 Jutaan. Jika dibandingkan bulan sebelumnya harga baru maupun harga bekasnya tidak mengalami perubahan.

Harga ini relatif murah mengingat Oppo A37 ini dilengkapi dengan sederet spesifikasi unggulan serta memiliki tampilan premium dengan desain body full metal aluminium yang akan menunjang penampilan kamu jadi lebih elegan dan berkelas.

Gambaran performa dari Oppo A37 yang baik semakin bisa dilihat dengan tenaga prosesor Quad-core berkecepatan 1.2 GHz serta dukungan RAM berkapasitas 2 GB yang menghiasi sektor dapur pacunya. Belum lagi kehadiran piranti kamera yang cukup berkualitas pada lini fotografinya, yaitu duet 8 MP dan 5 MP.

OPPO_A37

Sedangkan, harga Vivo Y51 bulan ini dilepas dengan harga 1,7 jutaan rupiah, harga bulan tersebut cukup stabil dengan bulan sebelumnya. Sedangkan untuk harga bekasnya masih berada dikisaran 1,2 jutaan rupiah, tergantung kondisi.

Dilepas dengan harga 1,7 jutaan rupiah, menurut kami spesifikasi yang ditawarkan cukup standar untuk sebuah smartphone saat ini, meski demikian dengan desain yang dibawa sangat ganteng dan spesifikasi Hardware yang cukup solid, tak ada salahnya smartphone ini untuk dimiliki.

Perbandingan dari Segi Baterai Oppo A37 VS Vivo Y51

Baterai Berkapasitas 2.630 mAH

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daya komponen-komponen standar namun berkualitas yang ada pada dapur pacunya, maka perangkat ini dibekali dengan baterai Lithium Ion dengan kapasitas 2.630 mAh. Kapasitas baterai yang dipakai oleh oleh Oppo A37 ini memang dirasa sudah mampu memenuhi kebutuhan daya dari masing-masing komponen yang ada.

Selain itu, penggunaan ponsel untuk aktivitas yang normal tentu akan membuatnya bisa bertahan dalam kurun waktu seharian. Namun, jika kamu termasuk pengguna yang aktif maka tak ada salahnya untuk membawa suplai daya cadangan untuk Oppo A37 ini seperti power bank. Namun, sayangnya baterai yang dipakai oleh perangkat ini adalah jenis non-removable sehingga tak bisa dilepas sewaktu-waktu.

vivo-y51l-1Pasikan Daya Gunakan Baterai Berkapasitas 2.350 mAh

Baterai berkekuatan daya yang memadai sangat dibutuhkan oleh Vivo Y51 ini. Kebutuhan konsumsi daya paling besar terutama diperlukan untuk kebutuhan dapur pacu dan konektivitas. Kedua sektor pada Vivo Y51 tersebut tentunya akan memakan daya baterai lebih banyak. Nah, untuk sektor baterai kali ini, digunakanlah jenis baterai Non-removable Lithium—Polymer dengan kapasitas 2.350 mAh.
Apabila diperhatikan, memang kapasitas baterai Vivo Y51 tersebut masih kurang untuk mendukung aktivitas penggunanya. Namun, konsumsi daya beterai akan sedikit tertolong oleh sistem operasi Android Lollipop yang mampu mengurangi konsumsi baterai pada mesin smartphone. Jadi, jika digunakan secara wajar, maka kekuatan daya baterai pada spesifikasi Vivo Y51 ini akan mampu bertahan selama seharian.
Perangkat ini memiliki resolusi kamera yang luar biasa pada kedua sisinya. Sisi belakang pada perangkat ini diisi dengan Sensor kamera beresolusi 8 MP yang luar biasa. Menariknya, Vivo Y51 ini membuat sisi depannya terlihat sangar dengan kamera beresolusi 5 MP. Walaupun demikian, dapat dipastikan Vivo telah mempertimbangkannya dengan baik.
Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Oppo A37 VS Vivo Y51 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Perlu diperhatikan juga pada saat pembelian smartphone akan kondisi dan keadaannya.
Kedua smartphone kelas Mid – end ini merupakan produk terbaik dari kedua vendor yang sudah tidak asing ditelinga kita ini memiliki kelebihan yang luar biasa, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smarthone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here