Perbandingan Bagus Mana HP Oppo A37 VS Vivo Y55 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

vivoy55

Oppo dan Vivo, dari nama saja hampir terdengar ada sedikit kemiripan antara 2 produsen Smartphone tersebut. Bukan dari nama saja, hampir dari setiap produk yang dikeluarkan pun mirip.  Oppo adalah salah satu produsen elektronik yg berbasis di China. Oppo didirikan pada tahun 2004 dan Oppo terkenal didunia Smartphone melalui seri pertamanya yaitu Oppo Find 5.

Sedangkan Vivo merupakan sebuah perusahan Elektronika asal Dongguan, Guangdong, Tiongkok.Menurut laporan IDC, Oppo menduduki peringkat ke 4 sebagai merk Smartphone diseluruh dunia pada tahun 2017 dan merupakan merk Smartphone pertama di China pada tahun 2016.

Belum lama ini Oppo mulai masuk ke pasar Gadget di Indonesia. Dan sepak terjang Oppo di tanah air sangat berhasil berkat tagline mereka “Camera Phone”. Harga yg relative murah dan fitur yg menjanjikan, factor itu juga yg mempengaruhi keberhasilan Oppo di Indonesia.

Kali ini Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Oppo A37 VS Vivo Y55 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia. Kita akan membahas produk 2 produk Oppo ini yg dibandrol dengan harga 2 jutaan. Kita akan ulas satu persatu. Berikut ini ulasannya, mari kita simak!

Perbandingan Spesifikasi Oppo A37 VS Vivo Y55

Spesifikasi Oppo A37

oppo_a37

Desain tipis dan mewah

Oppo memang selalu merilis smartphone dengan body yang cantik, desain elegan, dan tidak terlalu ribet. Salah satu yang menarik dari handphone Oppo A37 ini adalah desain body-nya yang lumayan ramping.Hal tersebut membuat para pengguna gadget Oppo merasa memiliki ponsel dengan desain premium.

Oppo A37 mengusung konsep desain unibody yang terlihat berkelas dengan pilihan warna rose gold dan juga gold yang semakin memancarkan aura mewah didalamnya. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa desain dari ponsel Oppo A37 ini asli mirip dengan Oppo seri F1 Plus.

Hal ini terlihat dari semua segi baik penampilan maupun lekukan-lekukan sudutnya, hanya saja ponsel ini tidak mempunyai tombol fisik pada bagian depan. Secara menyeluruh Oppo A37 mempunyai desain dengan ukuran dimensi 143.1 x 71 x 7.7 mm serta memiliki bobot seberat 136 gram.

Prosesor berkapasitas 2 GB

Selanjutnya mari kenali lebih dalam lagi mengenai performa dari Oppo seri A37 ini. Dengan berbekal komponen mesin yang tangguh ini membuat harga handphone Oppo A37 cukup tinggi.

Dapur pacu smartphone ini menggunakan chipset buatan Qualcomm dengan seri snapdragon 616. Dimana chipset ini memiliki kekuatan processor tipe Quad core seri Cortex A53 yang berkecepatan akses hingga 1.5 GHz. Chipset berkualitas dari Qualcom berpadu dengan CPU berkecepatan tinggi tentu dapat menjamin performa dari Oppo A37 ini

Layar Luas Dilapisi Gorilla Glass 4

Pada ponsel pintar Oppo A37 ini layar yang disajikan memang nampak lapang dan luas untuk memberikan kenyamanan ruang kerja bagi penggunanya diberbagai keadaan. Layar yang dipasang pada ponsel ini adalah jenis layar sentuh tipe IPS LCD dengan ukuran 5,5 inci.

Dengan ukuran LCD yang luas tersebut, layar dari Oppo A37 menjadi terasa nyaman dipandang mata saat dipergunakan untuk berbagai keperluan. Ditambah lagi kerapatan layar dari ponsel ini juga lumayan tinggi sehingga membuat gambar yang dihasilkan lebih baik.

Bukan hanya berukuran luas, layar Oppo A37 juga mempunyai resolusi warna cukup baik dengan ukuran 720 x 1280 piksel serta kerapatan 294ppi. Dari hal inilah Oppo Neo 9 dapat menampilkan sajian visual yang sangat bersih sehingga sangat memanjakan kawan semua sebagai pengguna. Selain memiliki kualitas tampilan yang bagus, layar Oppo A37 juga terasa sangat kokoh berkat adanya proteksi layar bertipe Corning Gorilla Glass 4 yang tertanam didalamnya.

Layar 5.0 inci IPS LCD Capacitive , 720 x 1280 pixels
Jaringan 4G LTE
Body Metal
Sistem Operasi Android v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Memori RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 256 GB
Kamera Belakang 8 MP , Phase Detection Autofocus & LED Flas
Kamera Depan 5 MP, Aperture f/2.4, 1/4″ sensor size
Sensor Accelerometer, Proximity, Compass
Warna Gold, Rose Gold
Baterai Non-removable Li-Ion 2630 mAh

 

Spesifikasi Vivo Y55

vivoy555

Layar dan Tampilan

Hp Vivo Y55 dirilis dengan mengusung bentang layar berukuran 5.2 inches, beresolusi  720 x 1280 pixels  memiliki kepadatan layar hingga (~282 ppi pixel density) tergolong lebar sehingga nyaman digunakan untuk bermain game dan nonton film. Didukung juga dengan panel layar  IPS capacitive touchscreen, 16M colors yang akan membuat ponsel memiliki kualitas warna layar yang jernih.

Selain dengan panel layar yang jernih serta bentang layar yang cukup besar , HP Vivo Y55 juga dibekali fitur tambahan seperti Funtouch 2.6 OS , Capacitive,  Multi-touch , Scratch resistant,  2.5D curved glass screen menjadikan tampilan layar semakin canggih.

Dapur Pacu

Performa yang dibekalkan pada HP Vivo Y55 tergolong canggih dengan mengusung system operasional Android OS, 6.0 (Marshmallow) merupakan system operasional terbaru nomor 2 dibawah OS Nougat, meski bukan yang terbaik tapi sudah bisa mengatur grafis dengan baik , serta mampu menginstal berbagai aplikasi dengan versi tinggi.

Selain sistem operasi yang canggih, Vivo Y55 juga dibekali processor Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430, Quad-core 1.4 GHz ARM Cortex-A53, Quad-core 1.1 GHz ARM Cortex-A53 dan dukungan GPU Adreno 505 membuat kinerja ponsel semakin cepat, tangguh dengan dukunga RAM berkapasitas 2GB untuk menjalankan kegiatan multitasking dengan baik.

Penyimpanan

Smartphone ini dibekali ruang memori internal berkapasitas 16 GB, tergolong besar sehingga mampu menyimpan semua file pengguna berkapasitas besar. User dapat menggunakan slot memori micro SD berkapasitas up to 128 GB apabila pengguna memiliki file dan aplikasi berkapasitas sangat besar yang menyebabkan ruang memori internal penuh.

Layar 5,2 inci IPS LCD Capacitive , 720 x 1280 pixels
Jaringan 4G LTE
Body 147.9 x 72.9 x 7.5 mm , 142 g , Metal+Plastik
Sistem Operasi Android v6.0 Marshmallow
Chipset CPU Snapdragon 430 + GPU Adreno 505
Memori RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 256 GB
Kamera Belakang 8 MP , autofocus, LED flash
Kamera Depan 5 MP f/2.2
Sensor Proximity, Accelerometer, Compass
Warna Crown Gold, Rose Gold
Baterai Li Ion 2730 mAh

 

Perbandingan Hasil Kamera Oppo A37 VS Vivo Y55

Hasil Foto Oppo A37

oppoa37hasil

Oppo A37 dilengkapi dengan spesifikasi kamera serta fitur terbaik didalamnya. Untuk memenuhi kebutuhan fotografi yang maksimal, Oppo membekali handphone terbarunya ini dengan perangkat kamera dengan lensa berukuran cukup besar yaitu 8 MP pada kamera utamanya.

Pada kamera belakang Oppo A37 telah tersemat berbagai fitur modern yang mendukung hasil jepretan lebih maksimal. Fitur tersebut antara lain bukaan f/2.0, autofocus, LED flash, 1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus serta fitur lainnya.

Sedangkan untuk mendukung kegiatan selfie yang sedang marak, Oppo menanamkan kamera depan dengan ukuran 5MP pada Oppo Neo 9 ini. Meskipun ukuran kameranya terbilang standar, namun kamera ini masih sanggup mengambil foto selfie dengan kualitas sama bagusnya.

Pada kamera depan Opop A37 ini juga terdapat fitur unggulan aperture f/2.4 dan juga 1/4″ sensor size sehingga dapat mengambil foto selfia yang tajam dan natural. Ditambah lagi, kamera depan Oppo A37 dilengkapi dengan fitur Beautify 4.0.

Hasil Foto Vivo Y55

vivoy55hasil

Dari segi fotograf, kamera yang dibekalkan pada HP Vivo Y55 tergolong jernih, kamera utama yg dibekalkan beresolusi 8 MP, 3264 x 2448 pixels, Led Flash, Autofocus, Continuous shooting, Digital zoom, Geotagging, Panorama, HDR, Touch focus, Face detection, White balance settings, ISO settings Exposure compensation, Self-timer, Scene mode, Video [email protected]

Dengan resolusi kamera utama beresolusi 8MP beserta fitur terbaiknya menjadikan ponsel mampu membidik gambar dengan resolusi yang tinggi. Sedangkan untuk kamera depan dibekali kamera beresolusi  5 MP, [email protected] tergolong besar untuk memenuhi kegiatan sehari hari seperti video call, skype dan selfie dengan kualitas gambar yang cukup besar.

Perbandingan dari Segi Harga Oppo A37 VS Vivo Y55 di Indonesia

Untuk harga Oppo A37 di Indonesia hampir disetiap toko sama, tergantung toko itu sendiri, dan perbedaan nya pun tak terlalu jauh. Sekarang juga harga sudah bisa dicek melalu marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan akulaku. Bahkan, melalui marketplace kita bisa mencicil Smartphone yg kita inginkan. Namun, harga akan dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Baru Oppo A37 Rp. 1.900.000 ,-

Harga Bekas Oppo A37 : Rp. 1.300.000 ,-

Untuk pesaingnya, harga Vivo Y55 untuk bulan ini mengalami harga yang stabil dengan bulan lalu. Adapun harga baru dan bekas  Vivo Y55 adalah :

Harga baru Vivo Y55: Rp 2.100.000 ,-

Harga bekas Vivo Y55: Rp. 1.300.000

Perbandingan dari Segi Baterai Oppo A37 VS Vivo Y55

Pasokan Daya Berkekuatan 2630 mAh

oppoa377

Sebagai smartphone masa kini spesifikasi Oppo A37 yang tergolong cukup tinggi baik itu dari segi luas layar dan resolusinya serta spesifikasi hardware yang tentu membutuhkan suplai daya yang tidak sedikit. Maka dari itu Oppo menanamkan baterai berukuran cukup besar pada gadget baru ini. Oppo A37 dipersenjatai dengan baterai berukuran 2630 mAh yang bertipe lithium Ion. Baterai Oppo A37 ini merupakan tipe baterai tanam sehingga tidak dapat dibongkar pasang.

Pasokan Daya Berkekuatan 2730 mAh

vivoy555

Selanjutnya, pembahasan terakhir yaitu mengenai baterai. Jenis baterai yg dibekalkan pada Vivo Y55 bertipe Non-removable Li-Ion dengan kapasitas 2730 mAh battery sehingga mampu menyuplai daya dalam kurun waktu yang cukup lama. Untuk keadaan siaga, HP pintar ini mampu bertahan hingga 250 jam, sedangkan untuk keadaan aktif mampu bertahan hingga 11 jam.

Demikian beberapa rangkuman spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan dari berbagai sisi antara Oppo A37 dan Vivo Y55, Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menentukan Smartphone apa yg akan kalian pilih, bagi kalian yg ingin membeli Smartphone dalam waktu dekat ini.

Namun perlu diingat, setiap Smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Jadi, bijak lah dalam membeli Smartphone. Pilihlah Smartphone sesuai kebutuhan, melainkan bukan keinginan. Sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here