asusszenfoneselfie

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1S VS Asus Zenfone Selfie

Beberapa tahun ini Asus banyak merilis produk terbarunya, salah satu produk terbaru Asus adalah Asus Zenfone Selfie. Sesuai namanya ponsel ini dibuat khusus untuk kebutuhan Selfie, dan tentunya ponsel ini cocok untuk anak muda kekinian yg doyan banget selfie!

Asus Zenfone Selfie ini memiliki kamera depan beresolusi 13 MP yg sudah dibekali dengan fitur pendukung seperti LED Flash. Jadi melakukan selfie ditempat yg minim cahaya pun tidak jadi masalah. Nah, dibawah nanti akan kita bahas spesifikasi Asus Zenfone Selfie ini secara detail.

Tapi sebelum itu. Disisi lain yg ingin kita bahas juga, Oppo mengusung tagline “Camera Phone”. Karena memang Oppo selalu menunjukan pada setiap produknya bahwa mereka unggul dari segi kamera bila dibandingkan dengan Smartphone yang lain. Baru-baru ini Oppo mengeluarkan produk terbarunya yaitu Oppo F1S (Oppo F1 Selfie expert).

Smartphone ini diperuntukan untuk penggemar Selfie yang dari hari ke hari semakin merajalela. Dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi yg ditawarkan pun dinilai menggiurkan, Smartphone ini sangat laku dipasaran. Harga yg ditawarkan pun masih dibawah 4 jutaan. Oppo membidik segmen kalangan menengah untuk pasar Smartphone terbarunya ini. Nah, penasaran dengan kedua Smartphone tersebut?

Dan pada kesempatan kali ini Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1S VS Asus Zenfone Selfie  dari segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia.

Kita akan membahas ke dua Smartphone dengan harga terjangkau tersebut secara detail. Penasaran seperti apa spesifikasi dari ke dua Smartphone tersebut? Yuk kita ulas satu persatu. Berikut ini ulasannya, mari kita simak!

Perbandingan Spesifikasi Oppo F1S VS Asus Zenfone Selfie

Spesifikasi Oppo F1S

opp f1sss

Kamera Selfie 16 MP

Harus di akui, Oppo tidak pernah main-main pada segi kamera dalam setiap produknya.Salah satu keunggulan dari Oppo F1S, yakni kamera selfi nya yang memiliki resolusi cukup besar. Dengan kelebihan ini, smartphone ini pun menyandang predikat sebagai smartphone selfie expert.

Oppo F1S dibekali kamera selfie 16 MP dengan bukaan f/2.0. Oppo pun menyematkan fitur untuk membantu menghasilkan foto selfie yang lebih bening. Selain itu, disediakan juga fitur screen flash. Adapun pada bagian belakang terdapat kamera utama dengan resolusi 13 MP lengkap dengan fitur LED flash dan Autofocus.

Sensor Fingerprint

Tak lengkap rasanya smartphone masa kini tanpa adanya fitur pemindai sidik jari. Dan Oppo F1S sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint. Gunanya adalah untuk  meningkatkan jaminan keamanan privasi file atau pun dokumen, Oppo F1S dibekali fitur fingerprint sensor yang diintegrasikan pada tombol home di bodi bagian depan.

Fitur fingerprint ini memiliki kelebihan lain. Selain tingkat keamanannya yang tinggi, yakni mengantisipasi pengguna smartphone lupa akan password, pin, atau pattern yang biasa digunakan pada smartphone Android. Cukup memindai sidik jari untuk membuka lockscreen smartphone tanpa harus menghafalkan password-nya.

Penyimpanan

Sudah banyak sekali kita temui Smartphone keluar terbaru selalu mengusung RAM berkapasitas besar. Bukan tanpa sebab, banyaknya permintaan dan perkembangan teknologi yg memaksa vendor Smartphone untuk memotori setiap produknya dengan kapasitas RAM yg besar.

Oppo pun merilis Oppo F1S yang dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Dengan RAM lebih besar, pengguna smartphone ini tidak khawatir jika harus menjalankan aktivitas multitasking. Dengan memori internal 64 GB, pengguna juga tidak perlu khawatir jika harus menyimpan banyak konten seperti aplikasi, foto, musik, video, dan lain sebagainya. Spesifikasi lain hardware OPPO F1S yakni CPU MediaTek MT6750 octa-core 1,5 GHz dan microSD hingga 128 GB.

Layar 5.5 inci IPSCapacitive , 720 x 1280 pixels
Jaringan 4G LTE Cat 4 150/50 Mbps
Body 154.5 x 76 x 7.4 mm, 160 gram, Full Metal
Sistem Operasi Android v5.1 Lolipop , Color OS 3.0
Chipset CPU Mediatek MT6750 + GPU Mali T860 MP2
Memori RAM : 3 GB , Internal : 32 GB , MicroSD : up to 256 GB
Kamera Belakang 13 MP , Phase detection autofocus, LED flash
Kamera Depan 16 MP
Sensor Fingerprint Sensor, Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
Warna Black, Gold, Rose Gold
Baterai Li Po 3075mAh, Non Removable

 

Spesifikasi Asus Zenfone Selfie

asuszenfoneselfie

Body dan Layar

Sekilas, Asus Zenfone Selfie hampir mirip dengan Zenfone 2, karena Asus tetap meletakan tombol volume pada bagian belakang (Back Cover), dan tombol power pada bagian atas. Sementara untuk sisi kanan dan sisi kiri dibuat polos tanpa adanya tombol, kemudian untuk kartu sim dan micro SD diletakan dibawah bawah back cover bersamaan dengan banterai Li-Po berukuran 3000 mah yang cukup awet dalam menopang daya komponen hardware dan softwarenya.

Kemudian untuk layarnya, mengadopsi layar IPS dengan ukuran 5.5 inci dan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels, melihat ketajaman dan kualitas layar sepertinya Asus Zenfone Selfie ini nyaman juga untuk bermain game favorit dan menonton film.

Ketajaman layarnya sama seperti layar Zenfone 2, karena kerapatan pixelnya mencapai 401 ppi. Namun kal ini Asus memberikan lapisan kaca Gorilla Glass 4 yang membuatnya lebih kuat saat terjatuh, dan tergores benda tajam. Seperti yang kita ketahui bersama, layar yang dipakai Zenfone 2 masih menggunakan Gorilla Glass 3, sehingga untuk sektor layar akan lebih unggul Zenfone Selfie.

Jadi, tidak perlu khawatir jika layar akan tergores. Karna proteksi pada Asus Zenfone selfie ini sangat terjamin kuat jika dibandingkan generasi sebelumnya. Desain Asus Zenfone Selfie mengusung “Ergonomic Arc design” yang membuatnya memiliki desain back cover melengkung, dengan sisi meruncing yang memiliki ketebalan 3.9 mm.

Sementara untuk rasio dimensinya adalah berukuran (panjang 156.5 mm x lebar 77.2 mm x  tinggi 10.8 mm), dan memiliki berat sekitar 170 gram. Desain body belakang melengkung, membuat Asus Zenfone Selfie terasa nyaman digenggam dan dimasukan kedalam saku walaupun memiliki layar sangat besar.

Konektivitas 4G LTE

Asus Zenfone Selfie dilengkapi konektivitas 4G yang memungkinkan anda mengakses internet pada kecepatan LTE Cat4 150 mbps. Selain itu, Asus juga menghadirkan fitur Dual Sim dengan konektivitas 3G HSDPA berkecepatan 42.2 mbps sebagai alternatif apabila penggguna Zenfone Selfie belum bisa menikmati jaringan LTE.

Kemudian konektivitas nirkabelnya, sudah di sediakan teknologi NFC beserta Bluetooth V4.0 untuk memermudah dalam melakukan kegiatan transfer file. Namun, Asus belum melengkapi Zenfone Selfie dengan teknologi Wi-Fi Dual Chanel, dan masih mengandalkan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dengan fitur Wi-Fi Direct, dan Wi-Fi hotspot.

Kemudian untuk sektor navigasi, sudah disediakan GPS berkemampuan A-GPS dan Glonass yang mampu mempercepat pencarian lokasi. Tidak ketinggalan, Asus juga memberikan port MicroUSB 2.0 yang didukung konektivitas USB-OTG, dan MHL TV-out yang memungkinan Zenfone Selfie terhubung keperangkat televisi.

Dapur Pacu

Jika Asus Zenfone lain yang mengandalkan processor Intel sebagai dapur pacunya, kali ini Asus memberikan processor Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 sebagai otak Asus Zenfone Selfie, ini adalah terobosan baru dari Asus.

Processor yang memiliki kecepatan Octa Core-64 Bit tersebut, mampu memberikan kinerja luar biasa dan lebih hemat pemakaian daya baterai, sehingga performa Zenfone Selfie semakin maksimal saat digunakan berfoto, ataupun menikmati konten multimedia seperti film dan game.

Kali ini, Asus tak melengkapi smartphonenya dengan RAM 4 GB, dan lebih memilih memasarkan Zenfone Selfie dengan varian Ram 2 GB dan RAM 3 GB. Harga Asus Zenfone Selfie RAM 3 GB sudah pasti lebih mahal, karena dibekali memori internal lebih besar dengan kapasitas 32 GB, beserta dukungan memori ekternal mencapai 64 GB.

Sementara untuk RAM 2 GB, akan dibekali mememori internal 16 GB, sehingga otomatis harga Asus Zenfone Selfie RAM 2 GB akan dibanderol lebih murah. Peforma multitasking dalam menjalankan banyak aplikasi, semakin maksimal setelah ditambahkan sistem operasi Android Lollipop dengan balutan antar muka Asus ZenUI.

Tampilan user interface Asus ZenUI memang terlihat lebih simple, dibandingkan antar muka Miui ataupun Lenovo VibeUi, namun untuk mengoptimalkan kinerja sistem operasinya, Asus menambahkan fitur ZenMotion yang berfungsi untuk mempermudah akses kamera, dengan menggambar huruf “S” saat layar standby.

Layar 5.5 inci IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920 pixels
Jaringan 4G LTE / LTE Cat4 150/50 Mbps
Body 156.5 x 77.2 x 10.8 mm , 170 gram , Plastik
Sistem Operasi Android v5.0 Lolipop
Chipset CPU Snapdragon 615 + GPU Adreno 405
Memori RAM : 3 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 256 GB
Kamera Belakang 13 MP , LED Flash, Autofocus
Kamera Depan 13 MP, LED Flash
Sensor Proximity , Accelerometer , Ambient Light.
Warna Leather Black , Pure White , Chic Pink , Aqua Blue , Glacier Gray , Sheer Gold , Glamour Red
Baterai Li-lon 3000 mAh

 

Perbandingan Hasil Kamera Oppo F1S VS Asus Zenfone Selfie

Hasil Foto Oppo F1S

Dari segi Fotografi, Oppo F1S ini dibekali dengan kamera selfie bersolusi 16 MP lengkap dengan Screen flash yang tentunya membuat selfiemu lebih sempurna dan terlihat menawan, walaupun ditempat gelap atau ditempat yg kurang pencahayaan sekali pun.

Dan untuk kamera belakang Oppo F1S mengandalkan kamera beresolusi 13MP yang telah dilengkapi fitur canggih seperti Phase Detection Autofocus dan LED Flash. Jadi tak salah jika smartphone Oppo F1s ini menyandang tagline ” New Selfie Expert “.

Hasil Foto Asus Zenfone Selfie

asuszenfoneselfiecam

Kemudian untuk sektor kamera, Asus memberikan kamera depan luar biasa yang mengadopsi kamera beresolusi 13 MP dengan bukaan lensa (aperture) sebesar F/2.2 , autofocus, beserta lensa dengan sudut lebar 88 derajat untuk menangkap lebh banyak objek pada satu kali jepretan foto.

Untuk mengoptimalkan akvitas foto selfie di malam hari, kamera depan Asus Zenfone Selfie sudah dilengapi teknologi PixelMaster yang dipadukan dengan LED Flash ganda agar cahaya yang masuk ke lensa semakin maksimal.

Kualitas kamera depan Zenfone Selfie, semakin sempurna dengan hadirnya beragam fitur foto selfie yang terintegrasi dengan teknologi PixelMaster. Kemudian untuk kamera bagian belakang, Asus melengkapinya dengan kamera 13 Megapixel yang disempurnakan oleh bukaan lensa F/2.0, Dual Tone LED Flash, dan teknologi laser autofocus.

Kemampuan kamera Zenfone Selfie, lebih dominan saat digunakan memotret low light, karena keduanya sama-sama menggunakan lensa Largan lima prisma dengan sensor buatan Toshiba. Sayangnya, kedua kamera Zenfone Selfie belum bisa digunakan untuk mengabadikan video beresolusi 4K (UltraHD), dan hanya bisa menghasilkan video beresolusi Full HD 1080 pixels.

Walaupun memiliki kelemahan, namun kamera Zenfone Selfie tetap memiliki kualitas jepretan foto menakjubkan, dengan gambar terang, warna natural, dan kontrast warna seimbang di semua kondisi pencahayaan.

Perbandingan dari Segi Harga Oppo F1S VS Asus Zenfone Selfie di Indonesia

Harga Oppo F1S di Indonesia hampir disetiap toko sama, tergantung toko itu sendiri, dan perbedaan nya pun tak terlalu jauh. Sekarang juga harga sudah bisa dicek melalu marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan akulaku. Bahkan, melalui marketplace kita bisa mencicil Smartphone yg kita inginkan. Namun, harga akan dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Baru Oppo F1S Rp. 2.800.000 ,-

Harga Bekas Oppo F1S: Rp. 2.400.000 ,-

Untuk pesaingnya, harga Asus Zenfone Selfie untuk bulan ini mengalami harga yang stabil dengan bulan lalu. Adapun harga baru dan bekas Asus Zenfone Selfie adalah :

Harga baru Asus Zenfone Selfie: Rp 2.200.000

Harga bekas Asus Zenfone Selfie Rp. 1.400.000

Perbandingan dari Segi Baterai Oppo F1S VS Asus Zenfone Selfie

Pasokan Daya Berkekuatan 3075 mAh

Tak hanya dari segi kamera. Oppo F1S ini terlihat sempurna dengan spesifikasi menawan dari berbagai sisi. Mulai dari RAM, Storage, Dapur pacu dan yg terakhir dalam segi baterai. Oppo F1S dibekali dengan baterai berkapasitas 3075 mAh.

Dengan baterai bekapasitas sebesar itu, tentu akan mampu untuk mensuplay daya guna menjalankan spesifikasi yg di tawarkan dan mampu bertahan dalam kurun waktu yg lumaya lama pastinya.

Pasokan Daya Berkekuatan 3000 mAh

asuszenfoneselfieee

Dari segi kapasitas baterai, Asus mengandalkan batrai berjenis Lithium Ion (Li-Ion) pada Asus Zenfone Selfie, Meskipun kualitasnya masih di bawah dari jenis baterai terbaik saat ini, Li-Po (Lithium Polymer). Dan kapasitas yg dibekali Asus pada Asus Zenfone Selfie ini berkapasitas 3000 mAh, kapasitas yg terbilang besar untuk menunjang spesifikasi yg ditawarkan pada ponsel ini.

Kapasitas baterai dari Asus Zenfone Selfie ini sudah pasti memadai untuk memasok kebutuhan daya dari masing-masing komponennya. Bahkan baterai ini juga mampu menyokong kehidupan ponsel dalam waktu yg cukup lama.

Namun, meskipun terbilang berkapasitas besar, akan lebih baik lagi jika pengguna Asus Zenfone Selfie ini untuk mempersiapkan powerbank sebagai daya cadangan, apalagi jika akan dibawa bepergian dengan jarak tempuh yg jauh.

Demikian ulasan mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1S VS Asus Zenfone Selfie segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia. Jadi, mana yang akan kamu pilih? Pilih sesuai budget dan kebutuhan ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here