Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1S VS Apple iPhone SE segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

iphonese

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1S VS Apple iPhone SE

Bukan hanya itu saja, Oppo F1s ini juga hadir dengan komponen lain yang tak kalah mumpuni. Perkembangan dunia teknologi dan informasi kini semakin berkembang pesat saja. Berbagai produsen alat telekomunikasi di dunia bersaing secara ketat untuk mendapatkan dan menarik hati konsumen pengguna alat komunikasi yang berupa smartphone atau gadget. Memang banyak perusahaan smartphone yang gemar menciptakan berbagai eksperimen agar ponsel yang diluncurkannya bisa terjual laris dipasaran. Apalagi penggunaan smartphone yang sudah mulai memasuki berbagai kalangan.

Disisi lain, Sejak tampuk kepemimpinan Apple diambil alih oleh Tim Cook, Apple mulai beralih membuat smartphone berlayar besar agar bisa bersaing melawan smartphone Android dan Windows Phone, namun masih banyak Apple Fan Boy yang mengharapkan Apple kembali memproduksi smartphone berlayar kecil, sehingga lahirlah “Apple iPhone SE“. Smartphone ini tampil menawan dengan bodi cantik yang dibalut material premium dan membawa desain yang terlihat sangat mirip dengan iPhone 5s yang dirilis 2 tahun silam. Lalu seperti apa spesifikasinya ?

Nah, penasaran dengan kedua Smartphone tersebut? Dan pada kesempatan kali ini Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1S VS Apple iPhone SE dari segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia. Kita akan membahas ke dua Smartphone dengan harga terjangkau tersebut secara detail. Penasaran seperti apa spesifikasi dari ke dua Smartphone tersebut? Yuk kita ulas satu persatu. Berikut ini ulasannya, mari kita simak!

Perbandingan Spesifikasi Oppo F1S VS Apple iPhone SE

Spesifikasi Oppo F1S

oppo f1ss

Proteksi Layar

Selain tampilan desain yang elegan, Oppo F1S yang memiliki visualisasi mumpuni dengan layar IPS LCD berukuran lebar layaknya phablet pada umumnya.Meski resolusi layarnya masih sekelas HD dengan kerapatan layar standar, namun kualitasnya masih tetap aman dan nyaman di mata. Layar Oppo F1S  ini dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass dan membawa fitur 2.5D Curved Glass Screen. Hal ini akan membuat layar ponsel pintar ini semakin aman dan terlindungi dari berbagai macam goresan.

Fitur Color 0S 3.0 yang juga akan menghasilkan user interface yang lebih menarik dan mempesona. Tentu saja, hal tersebut merupakan keunikan tersendiri dari spesifikasi Oppo F1S ini.Selain itu, pada sektor layar, Oppo F1S ini juga akan dibekali dengan tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen 16M colors sehingga akan menampilkan tampilan yang lebih memukau. Tampaknya, memang spesifikasi Oppo F1S ini sengaja dibuat untuk meyakinkan desain yang stylish dan mewah khas Oppo.

Dapur Pacu

Oppo F1S menggandeng mesin dengan chipset dengan kualitas terbaik dengan tenaga processor Octa-core 1,5 GHz. Dengan komposisi mesin tersebut menjadikan performa kerja Oppo F1S ini tidak perlu diragukan lagi. Proses kerja akan berjalan responsif. Terlebih lagi untuk ponsel terbaru besutan Oppo ini dipadukan dengan RAM berkapsitas besar, jadi pasti kinerjanya menjadi semakin gahar dan siap menjalankan segala instruksi tanpa nge lag!.

Untuk tampilan grafisnya, Oppo F1S akan mengandalkan kartu grafis andalan yang pastinya akan memberikan grafis yang lebih menarik, memukau, jernih dan tampak lebih nyata. Dapat dipastikan sistem android tersebut akan menampilkan fitur-fitur terbaiknya. Walaupun dikatakan menggunakan OS jadul, namun bisa dipastikan spesifikasi Oppo F1S ini tak akan ketinggalan

Penyimpanan

Sudah banyak sekali kita temui Smartphone keluar terbaru selalu mengusung RAM berkapasitas besar. Bukan tanpa sebab, banyaknya permintaan dan perkembangan teknologi yg memaksa vendor Smartphone untuk memotori setiap produknya dengan kapasitas RAM yg besar. Oppo pun merilis Oppo F1S yang dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Spesifikasi lain hardware OPPO F1S yakni CPU MediaTek MT6750 octa-core 1,5 GHz dan microSD hingga 128 GB.

Layar 5.5 inci IPSCapacitive , 720 x 1280 pixels
Jaringan 4G LTE Cat 4 150/50 Mbps
Body 154.5 x 76 x 7.4 mm, 160 gram, Full Metal
Sistem Operasi Android v5.1 Lolipop , Color OS 3.0
Chipset CPU Mediatek MT6750 + GPU Mali T860 MP2
Memori RAM : 3 GB , Internal : 32 GB , MicroSD : up to 256 GB
Kamera Belakang 13 MP , Phase detection autofocus, LED flash
Kamera Depan 16 MP
Sensor Fingerprint Sensor, Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
Warna Black, Gold, Rose Gold
Baterai Li Po 3075mAh, Non Removable

 

Spesifikasi Apple iPhone SE

iphonesee

Display  dan Ketajaman Warna

Untuk layar iPhone SE ini memiliki ukuran 4.0 inches (~60.8% screen-to-body ratio) dengan resolusi 640 x 1136 pixels (~326 ppi pixel density). Dengan tipe atau jenis layar yang di gunakan adalah LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, dan kecerahan layar sebanyak 16M colors. Ukuran yang hampir sama dengan iPhone 5S dan sebelumnya ini memang sengaja di ciptakan oleh Apple.

Pasalnya tahun kemarin yang telah berhasil membuat 5S berjaya kini akan kembali di jayakan oleh penggantinya yakni iPhone SE. Bodinya yang tipis memiliki dimensi panjang, lebar dan tebal 123.8 x 58.6 x 7.6 mm (4.87 x 2.31 x 0.30 in) ini hanya memiliki berat 113 g tidak jauh beda dengan seri i5S nya. Untuk desainnya juga tidak beda dengan sebelumnya, Apple masih mempertahankan desainnya. Namun sedikit berbeda dengan 5S, condong hampir sama dengan iPhone 6S yang lebih elegant dan mewah.

Dapur Pacu

Dengan dapur pacu yang di sematkan di dalam ponsel mewah milik Apple ini yang di ciptakan dengan 2 versi memori yakni 16GB dan 64GB dan RAM 2GB untuk memacu sistem operasi iOS 9.3 di gunakan chipset Apple A9 denga CPU/prosesor Dual-core 1.84 GHz Twister. Sedangkan untuk kemampuan hasil grafis di sematkan PowerVR GT7600 (six-core graphics) yang bisa di lihat bahwa kualitas gambar dari iPhone sangat cerah.

Sistem operasi yang baru saja di luncurkan langsung di berikan ke gadget ini. Tak hanya itu saja, untuk perangkat yang tersedia untuk di upgrade ke yang terbaru juga bisa langsung untuk upgrade ke iOS 9.3. Kemampuan yang hampir sama dengan iPhone 6S ini juga memiliki fitur yang setara juga. Seperti halnya fingerprint, Apple Pay, baterai lebih tahan lama, jaringan LTE lebih cepat, jaringan WIFI lebih cepat

Layar 4.0 inci LED-Backlit IPS LCD Capacitive , 720 x 1280 Pixel
Jaringan 3G HSDPA+, 4G LTE
Body 123.8 x 58.6 x 7.6 mm, 113 gram, Metal + Glass
Sistem Operasi iOS 9
Chipset CPU Apple A9 + GPU PowerVR GT7600
Memori RAM : 2 GB , Internal : 16/64 GB , MicroSD : No
Kamera Belakang 12 MP , Phase Detection Autofocus, Dual-LED Flash
Kamera Depan 1,2 MP
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Warna Gold, Rose Gold, Silver, Space Gray
Baterai Li Po 1624 mAh, Non-Removable

 

Perbandingan Hasil Kamera Oppo F1S VS Apple iPhone SE

Hasil Foto Oppo F1S

oppof1scamera

Untuk memanjakan pengguna, Kamera utama pada Oppo F1S ini beresolusi 13 MP. Dengan Resolusi sebesar itu tentu akan mampu untuk menghasilkan gambar yang jernih dan detail. Dan yang memberi nilai plus lagi adalah dengan adanya LED flash dan phase detection autofocus. Kamera utama juga dibekali dengan fitur-fitur menarik seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan juga HDR. Fitur-fitur tersebut akan memberikan aktivitas olah foto menjadi lebih menarik.

Untuk fasilitas video record, Oppo F1s ini memiliki kemampuan [email protected] fps. Keunggulan fotografi untuk Oppo F1S ini adalah pada kamera depan atau kamera selfie yang membawa kekuatan 16 MP.  Tak hanya itu saja, spesifikasi Oppo F1S ini pun juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected] 30fps yang tampak lebih nyata. Ukuran kamera depan sebesar itu, tentu saja akan sangat memanjakan penggunanya untuk berselfie dan juga melakukan panggilan video call. Hal ini semakin melengkapi sebutan selfie expert untuk spesifikasi Oppo F1S ini.

Hasil Foto Apple iPhone SE

iphonesecam

Beberapa orang mengatakan bahwa iPhone SE ini adalah versi mini iPhone 6S. Memang bisa di katakan demikan, karena untuk kamera salah satunya memiliki ukuran resolusi yang setara dengan 6S. Akan tetapi kamera depannya lebih kecil SE di bandingkan 6S. Untuk kamera sekundernya berukuran 1.2MP yang mampu mengambil gambar dengan face detection, HDR, dan FaceTime over Wi-Fi atau Cellular.

Sedangkan untuk kamera utamanya resolusinya sama dengan iPhone 6S yakni memiliki ukuran 12 MP, f/2.2, 29mm, dengan phase detection autofocus, dan dual-LED (dual tone) flash yang tidak di miliki oleh 6S dan 6S Plus. Karena di 6S hanya single LED untuk pencahayaan gambar. Fitur kameranya adalah geo-tagging, simultaneous 4K video and 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, dan HDR (photo/panorama).

Perbandingan dari Segi Harga Oppo F1S VS Apple iPhone SE di Indonesia

Untuk harga Oppo F1S di Indonesia hampir disetiap toko sama, tergantung toko itu sendiri, dan perbedaan nya pun tak terlalu jauh. Sekarang juga harga sudah bisa dicek melalu marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan akulaku. Bahkan, melalui marketplace kita bisa mencicil Smartphone yg kita inginkan. Namun, harga akan dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Baru Oppo F1S Rp. 2.800.000 ,-

Harga Bekas Oppo F1S: Rp. 2.400.000 ,-

Untuk pesaingnya, harga Apple iPhone SE di Indonesia masih terbilang mahal. Karna memang sesuai dengan apa yg ditawarkan oleh ponsel ini. Dan untuk bulan ini mengalami harga yang stabil dengan bulan lalu. Adapun harga baru dan bekas Apple iPhone SE adalah :

Harga baru Apple iPhone SE: Rp 8.000.000

Harga bekas Apple iPhone SE Rp. 6.900.000

Perbandingan dari Segi Baterai Oppo F1S VS Apple iPhone SE

Pasokan Daya Berkekuatan 3075 mAh

oppof1ss

Melihat dari segala spesifikasi Oppo F1S di atas, tentu bisa dibayangkan sebesar apa kapasitas daya yang dibutuhkan untuk menjalankan segala proses operasional. Hal ini terlihat dari kebutuhan dari konsumsi visual displaynya pada layar 5.5 inci dan juga sektor dapur pacu dan konektivitas pada Oppo F1S ini.Untuk memenuhi segala kebutuhan, Oppo membekali F1S ini dengan baterai non-removable Lithium Ion berkapasitas 3075 mAh. Dengan melihat pada spesifikasi dan performa perangkat yang ada, jumlah daya ini termasuk sudah cocok.

Pasokan Daya Berkekuatan 1642 mAh

iphoneseee

Dan untuk urusan daya baterai, iPhone SE memiliki daya baterai berkapasitas 1642 mAh yang diklaim memiliki daya tahan mencapai 14 jam saat melakukan panggilan telepon pada jaringan 3G dan massa stand by hingga 240 jam (3G). Sedangkan untuk kegitan multitasking smartphone ini bisa dipakai selama 50 jam. Daya tahan baterainya tergolong sangat baik walaupun daya baterainya cukup kecil. Sama seperti iPhone generasi sebelumnya, baterai iPhone SE tidak bisa dilepas alias batrai tanam, namun tak jadi masalah selama kualitasnya sangat baik dan mampu memenuhi kebutuhan daya seharian penuh.

Itu lah beberapa rangkuman spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan dari berbagai sisi antara Oppo F1S dan Apple iPhone SE. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menentukan Smartphone apa yg akan kalian pilih, bagi kalian yg ingin membeli Smartphone dalam waktu dekat ini. Namun perlu diingat, setiap Smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Jadi, bijak lah dalam membeli Smartphone. Pilihlah Smartphone sesuai kebutuhan, melainkan bukan keinginan. Sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here