Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy J5 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy J5 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy J5

Membahas Oppo dan Samsung memang tidak ada habisnya. Oppo yang dikenal sebagai rajanya selfie dan Samsung sendiri dikenal sebagai penguasa jagat smartphone Android. Oppo selalu populer dengan tagline “Selfie Expert and Leader” serta teknik pemasaran yang bisa dibilang jor-joran, yang mana membuat smartphone besutan Oppo selalu menjadi pilihan banyak masyarakat walaupun harganya tergolong cukup mahal apabila dibandingkan dengan ponsel Tiongkok lainnya. Sedangkan Samsung bisa dibilang selalu populer dengan ponsel yang menyasar banyak lapisan dan juga kualitas yang baik namun dengan harga yang tidak bisa dibilang murah apabila kembali dibandingkan dengan ponsel besutan Tiongkok lain semacam Xiaomi.

Nah, untuk itu sepertinya menarik apabila kali ini kita membahas perbandingan smartphone Oppo F1s dan Samsung  Galaxy J5 yang keduanya merupakan smartphone kelas menengah yang dirilis pada tahun 2015 dan 2016. Apakah dalam hal ini Oppo F1s lebih baik atau malah sebaliknya? Yuk mari kita simak.

Perbandingan Spesifikasi Hp Oppo F1s VS Samsung Galaxy J5

Untuk mengetahui smartphone manakah yang paling mumpuni, spesifikasi pastilah menjadi acuan pertama untuk mengetahui seberapa baik performa smartphone apabila digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah perbandingan spesifikasi dari Oppo F1s VS Oppo F3 Plus.

Design

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy J5 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy J5 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia B1

Desain yang diusung Oppo F1s bisa dibilang kurang original dan tidak istimewa dikarenakan bahasa desain yang digunakan sangat mirip dengan iPhone, seperti pada ponsel-ponsel Tiongkok masa kini. Namun hal tersebut tidak berarti jelek, karena tidak bisa dipungkiri Oppo F1s adalah smartphone yang cantik. Hal tersebut berkat bagian belakangnya sudah menggunakan material full metal yang terasa premium dan cukup kokoh. Apalagi Oppo F1s ini tergolong smartphone yang cukup tipis dengan ketebalan hanya 7.4 mm. Sayangnya, seperti ponsel-ponsel metal lain, body belakang Oppo F1s ini sangat rentan terkena ceplakan sidik jari atau fingerprint magnet dan cenderung licin. Sehingga penggunaan case tambahan adalah solusi yang tepat agar body cantiknya tidak mudah terkotori.

Bagi sebagian orang, desain Samsung Galaxy J5 jelas membosankan karena hanya membawa material plastik dan desain khas ponsel Samsung kelas menengah. Yang mana terdapat tombol home yang sayangnya belum mendukung sensor sidik jari dan diapit oleh dua tombol kapasitif. Desain khas Samsung seperti ini tidaklah jelek. Hanya saja, kurangnya inovasi membuatnya nampak monoton dan terkesan itu-itu saja. Sehingga disisi desain, Oppo F1s walaupun tidak original, jelas lebih unggul dibanding Samsung Galaxy J5.

Layar

Oppo F1s mengusung layar seluas 5.5 inch berjenis IPS beresolusi HD (720 x 1280), sisi layar sepertinya menjadi salah satu kekurangan terbesar yang ada di Oppo F1s. Karenas dengan layar yang relatif besar dan resolusi yang ditawarkan hanya sebatas HD, membuat kerapatan pixelnya hanya mencapai ~267 ppi. Dimana untuk ponsel ukuran saat ini, hal tersebut menjadi kekurangan karena kebanyakan ponsel pintar di range harga yang sama atau malah dibawahnya, sudah menggunakan layar resolusi Full HD. Untungnya, layarnya yang luas sudah dibekali proteksi Gorilla Glass 4.

Sedangkan Galaxy J5 dibekali layar yang memiliki luas 5.0 inch berjenis Super AMOLED beresolusi HD (720 x 1280), yang membuat Galaxy J5 adalah ponsel yang cukup compact  dan nyaman digenggam satu tangan. Layar jenis Super AMOLED pada Samsung Galaxy J5 juga merupakan kelebihan  tersendiri karena bisa memancarkan warna yang lebih pekat namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Sehingga dalam hal ini, Galaxy J5 kami nilai lebih unggul daripada Oppo F1s.

Chipset dan Memori

Mediatek Octa-core 1.5 GHz MT6755 adalah prosesor yang mengotaki Oppo F1s. Walaupun tidak menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm, performa yang ditawakan ponsel ini cukup smooth walaupun tetap tidak cocok untuk bermain game. Hal tersebut karena GPU yang digunakan Mali-T860MP2 bukanlah GPU yfokus terhadap gaming. Namun mengingat Oppo F1s adalah ponsel selfie, sehingga bermain game bukanlah menjadi prioritas utama. RAM 4 GB dan storage 64 GB membuat ponsel ini dapat melakukan perkerjan multitasking dengan baik.

Dalam hal jeroan, tidak ada yang bisa dibanggakan dari Samsung Galaxy J5. Bagaimana tidak? Samsung hanya membekali ponsel ini dengan chipset entry level Snapdragon 410 besutan Qualcomm. Selain jadul, performa prosesor ini hanya bisa dikatakan pas-pasan. Apalagi, RAM yang ditawarkan hanya 1.5 GB yang membuatnya kurang cocok untuk digunakan multitasking  dan gaming  yang berat. Serta memori internal yang hanya 8/16 GB juga membuat Anda menjadi kurang leluasa dalam menyimpan berbagai file. Disini, Samsung memang terlihat pelit dalam memberikan spesifikasi bahkan untuk ponsel kelas menengahnya sekalipun.

Sistem Operasi

Color OS masih menjadi andalan Oppo untuk membuat user interface pada F1s tidak monoton. Mengusung versi 3.0, Color OS pada F1s masih menyajikan tampilan tanpa app drawer yang biasa ditemukan pada ponsel-ponsel asal Tiongkok kebanyakan. Namun sayangnya Oppo F1s yang masih dibekali Android versi jadul Lollipop 5.1 out ot the box yang dapat diupgrade hingga 6.0 Marshmallow.

Sedangkan Samsung jelas masih mengandalkan Touchwiz UI untuk Galaxy J5. Tampilannya simple namun bersih, hanya saja sama seperti Oppo F1s, Samsung Galaxy J5 juga masih menggunakan Android 5.1 Lollipop yang untungnya dapat di-upgrade hingga versi Marshmallow 6.0.1.

Konektivitas

Dalam hal konektivitas Oppo F1s dan Samsung Galaxy J5 memiliki kelengkapan konektivitas esensial yang sama baiknya. Terdapat 4G LTE yang akan menjamin kecepatan menjelajah dunia maya, bluetooth, wifi juga tersedia. Hanya saja Samsung Galaxy J5 memiliki kelebihan berupa adanya dukungan terhadap GLONASS dan juga BDS.

Tabel Spesifikasi Oppo F1s

Section

Oppo  F1s

NETWORK GSM / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions     154.5 x 76 x 7.4 mm (6.08 x 2.99 x 0.29 in)

–      Weight 160 g (5.64 oz)

–      SIM     Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 5.1 (Lollipop), upgradable to 6.0 (Marshmallow)

–      Chipset Mediatek MT6755 or MTK7650

–      CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53

–      GPU Mali-T860MP2

DISPLAY –      Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~71.0% screen-to-body ratio)

–      Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~267 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      Protection Corning Gorilla Glass 4

–       Color OS 3.0

MEMORY –      Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

–      Internal 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.0, A2DP

–      GPS Yes, with A-GPS

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB Host

CAMERA –      Primary 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash, check quality

–      Features 1/3″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR

–      Video [email protected], check quality

–      Secondary 16 MP, f/2.0, 1/3.1″ sensor size, 1080p

BATTERY –      Non-removable Li-Po 3075 mAh battery

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Section

Samsung Galaxy J5

NETWORK GSM/ HSPA / LTE
BODY –      Dimensions 142.1 x 71.8 x 7.9 mm (5.59 x 2.83 x 0.31 in)

–      Weight 146 g (5.15 oz)

–      SIM Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 5.1 (Lollipop), upgradable to 6.0.1 (Marshmallow)

–      Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410

–      CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53

–      GPU Adreno 306

DISPLAY –      Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.0 inches, 68.9 cm2 (~67.5% screen-to-body ratio)

–      Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~294 ppi density)

–      Multitouch Yes

MEMORY –      Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

–      Internal 8/16 GB, 1.5 GB RAM

COMMS –      WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.1, A2DP

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      NFC Yes (market dependent)

–      Radio FM radio, RDS, recording

–      USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

CAMERA –      Primary 13 MP, f/1.9, 28mm, autofocus, LED flash

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection

–      Video [email protected]

–      Secondary 5 MP, f/2.2, 23mm, LED flash

BATTERY –      Removable Li-Ion 2600 mAh battery

 

Next.

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here