Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7

Oppo F1s menjadi salah satu seri ponsel pintar pertama dari Oppo yang menjadi pertanda debutnya sebagai “Selfie Expert”. Ponsel yang dirilis pada tahun 2016 ini menjadi perbincangan publik dan media karena mengusung kamera depan yang beresolusi super besar, sehingga bagi para pecinta foto selfie, hal tersebut menjadi kabar yang sangat menggembirakan kala itu. Bahkan, resolusi kamera depannya lebih besar dibandingkan kamera primer atau kamera belakang. Ponsel ini menjadi seri flagship Oppo di Indonesia mengingat Oppo R9 yang merupakan seri flagship Oppo sesungguhnya tidak masuk pasar Indonesia saat itu.

Nah, sepertinya menarik apabila ponsel sekelas flagship ini diadu dengan seri flagship di tahun yang sama dari rajanya smartphone Android, siapa lagi kalau bukan Samsung Galaxy S7. Apakah Oppo F1s berhasil mengimbangi performa Samsung Galaxy S7 yang notabene merupakan salah satu smartphone terbaik dan tercepat di tahun 2016. Mari kita simak.

Perbandingan Spesifikasi Hp Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7

Untuk mengetahui smartphone manakah yang paling mumpuni, spesifikasi pastilah menjadi acuan pertama untuk mengetahui seberapa baik performa smartphone apabila digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah perbandingan spesifikasi dari Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7.

Design

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 1

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 4

Desain yang diusung Oppo F1s bisa dibilang kurang original dan tidak istimewa dikarenakan bahasa desain yang digunakan sangat mirip dengan iPhone, seperti pada ponsel-ponsel Tiongkok masa kini. Namun hal tersebut tidak berarti jelek, karena tidak bisa dipungkiri Oppo F1s adalah smartphone yang cantik. Hal tersebut berkat bagian belakangnya sudah menggunakan material full metal yang terasa premium dan cukup kokoh. Apalagi Oppo F1s ini tergolong smartphone yang cukup tipis dengan ketebalan hanya 7.4 mm. Sayangnya, seperti ponsel-ponsel metal lain, body belakang Oppo F1s ini sangat rentan terkena ceplakan sidik jari atau fingerprint magnet dan cenderung licin. Sehingga penggunaan case tambahan adalah solusi yang tepat agar body cantiknya tidak mudah terkotori.

Sedangkan Samsung Galaxy S7, masih menggunakan bahasa desain yang mirip dengan seri pendahulunya Galaxy S6. Kesan premium, mewah sekaligus kokoh berpadu berkat material metal dan kaca yang digunakan untuk menyelimuti body- nya. Dan lagi, kaca yang digunakan dibagian depan dan belakang sudah dilapisi Gorilla Glass 4 sehingga menjamin durabilitas dari ponsel ini. Hanya saja, kekurangan terbesar dari desain Galaxy S7 adalah body-nya yang sangat licin dan mudah kotor, masalah yang juga sama terjadi di Oppo F1s.

Dan apabila kami harus memilih, desain Samsung Galaxy S7 jelas menjadi pemenang karena lebih original dan memiliki ciri khas. Berbeda dengan Oppo F1s yang tidak memiliki perbedaan yang signifikan dibanding ponsel-ponsel masa kini.

Layar

Oppo F1s mengusung layar seluas 5.5 inch berjenis IPS beresolusi HD (720 x 1280), sisi layar sepertinya menjadi salah satu kekurangan terbesar yang ada di Oppo F1s. Karenas dengan layar yang relatif besar dan resolusi yang ditawarkan hanya sebatas HD, membuat kerapatan pixelnya hanya mencapai ~267 ppi. Dimana untuk ponsel ukuran saat ini, hal tersebut menjadi kekurangan karena kebanyakan ponsel pintar di range harga yang sama atau malah dibawahnya, sudah menggunakan layar resolusi Full HD. Untungnya, layarnya yang luas sudah dibekali proteksi Gorilla Glass 4.

Dan apabila layar menjadi kekurangan terbesar Oppo F1s, hal tersebut tidak terjadi di Samsung Galaxy S7. Samsung membenamkan layar andalannya AMOLED berukuran 5.1 inch beresolusi super tinggi QHD (1440 X 2560) yang jelas membuatnya menang telak dibandingkan Oppo F1s. Bayangkan saja, kerapatan pikselnya mencapai ~577 ppi. Apalagi dengan layar AMOLED yang hemat daya, Samsung Galaxy S7 juga memiliki fitur AlwaysOn Display yang bisa menampilkan informasi berupa jam dan notifikasi saat layar mati.

Chipset dan Memori

Mediatek Octa-core 1.5 GHz MT6755 adalah prosesor yang mengotaki Oppo F1s. Walaupun tidak menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm, performa yang ditawakan ponsel ini cukup smooth walaupun tetap tidak cocok untuk bermain game. Hal tersebut karena GPU yang digunakan Mali-T860MP2 bukanlah GPU yang cocok untuk bermain game. Namun mengingat Oppo F1s adalah ponsel selfie, sehingga bermain game bukanlah menjadi prioritas utama. RAM 4 GB dan storage 64 GB membuat ponsel ini dapat melakukan perkerjan multitasking dengan baik.

Sedangkan Samsung sendiri membekali S7 menggunakan chipset buatannya sendiri Exynos 8890 Octa-core dan GPU Mali-T880 MP12. Sehingga jelas membuatnya menang telak dibanding Oppo F1s. Semua aplikasi dan game kekinian mampu dilibas oleh Samsung Galaxy S7, hal ini tidaklah heran mengingat ponsel ini adalah seri terbaik dan tertinggi dari ponse Samsung di tahun 2016. Ditunjang dengan RAM 4GB, tergolong kecil untuk ponsel flagship masa kini, hanya saja Grace UX yang berbasis Android Marshmallow akan memberikan pengalaman multitasking yang menyenangkan dan anti lag. Serta, internal storage sebesar 32/64 GB dan dukungan Micro SD up to 256 GB menjamin kelegaan penggunaan memori.

Sistem Operasi

Color OS masih menjadi andalan Oppo untuk membuat user interface pada F1s tidak monoton. Mengusung versi 3.0 berbasis Android 5.1 Lollipop, Color OS pada F1s menyajikan tampilan tanpa app drawer yang biasa ditemukan pada ponsel-ponsel asal Tiongkok kebanyakan. Oppo F1s juga menjanjikan upgrade software hingga Android 6.0 Marshmallow.

Sedangkan Samsung Galaxy S7 mengandalkan Touchwiz seri baru yang dinamai Grace UX berbasis Android 6.0 Marshmallow yang dapat diupgrade hingga Android Nougat 7.0. Disini grace ux menawarkan manajemen RAM yang sangat mumpuni sehingga akan meminimalisir lag dan performa yang lambat.

Konektivitas

Dalam hal konektivitas Oppo F1s dan Samsung Galaxy S7 memiliki kelengkapan konektivitas esensial yang sama baiknya. Terdapat 4G LTE yang akan menjamin kecepatan menjelajah dunia maya, bluetooth, wifi juga tersedia. Hanya saja Samsung Galaxy S7 memiliki kelebihan berupa adanya teknoogi NFC yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran Samsung Pay.

Tabel Spesifikasi Oppo F1s

Section

Oppo  F1s

NETWORK GSM / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions     154.5 x 76 x 7.4 mm (6.08 x 2.99 x 0.29 in)

–      Weight 160 g (5.64 oz)

–      SIM     Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 5.1 (Lollipop), upgradable to 6.0 (Marshmallow)

–      Chipset Mediatek MT6755 or MTK7650

–      CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53

–      GPU Mali-T860MP2

DISPLAY –      Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~71.0% screen-to-body ratio)

–      Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~267 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      Protection Corning Gorilla Glass 4

–       Color OS 3.0

MEMORY –      Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

–      Internal 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.0, A2DP

–      GPS Yes, with A-GPS

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB Host

CAMERA –      Primary 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash, check quality

–      Features 1/3″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR

–      Video [email protected], check quality

–      Secondary 16 MP, f/2.0, 1/3.1″ sensor size, 1080p

BATTERY –      Non-removable Li-Po 3075 mAh battery

 

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy S7

Section Samsung Galaxy S7
NETWORK GSM/ HSPA / LTE
BODY –      Dimensions 142.4 x 69.6 x 7.9 mm (5.61 x 2.74 x 0.31 in)

–      Weight 152 g (5.36 oz)

–      Build Front/back glass (Gorilla Glass 4) & aluminum frame

–      SIM Single SIM (Nano-SIM) – G930F

–      Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) – G930FD

–      Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)

–      IP68 certified – dust/water proof over 1.5 meter and 30 minutes

PLATFORM –      OS Android 6.0 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat)

–      Chipset Exynos 8890 Octa

–      CPU Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose & 4×1.6 GHz Cortex-A53)

–      GPU Mali-T880 MP12

DISPLAY –      Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.1 inches, 71.5 cm2 (~72.1% screen-to-body ratio)

–      Resolution 1440 x 2560 pixels, 16:9 ratio (~577 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      Protection Corning Gorilla Glass 4

MEMORY –      Card slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot) – dual SIM model only

–      Internal 32/64 GB, 4 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.2, A2DP, LE, aptX

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      NFC Yes

–      Radio No

–      USB    microUSB 2.0, USB Host

CAMERA –      Primary 12 MP, f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash, check quality

–      Features 1/2.5″ sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama

–      Video [email protected], [email protected], [email protected], HDR, dual-video rec., check quality

–      Secondary 5 MP, 1/4.1″ sensor size, 1.34 µm pixel size, f/1.7, 22mm, dual video call, Auto HDR

BATTERY –      Removable Li-Po 3000 mAh battery

Perbandingan Hasil Kamera Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7

Oppo yang mengenalkan dirinya sebagai “cameraphone” dan selfieM expert jelas menjadikan kamera sebagai bagian yang paling dijagokan. Mengusung kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 plus phase detection autofocus dan LED flash memang terlihat biasa. Namun yang spesial adalah kamera depannya. Mengusung resolusi super besar 16 MP dengan aperture f/2.0 yang jelas-jelas malah spesifikasinya lebih superior dibanding kamera belakangnya, yang memang sesuai dengan tagline sebelumnya yang sudah dijelaskan sebelumnya “Selfie Expert”.

Sedangkan Samsung Galaxy S7 yang merupakan salah satu smartphone berkamera terbaik di tahun 2016 mengusung kamera beresolusi 12 MP dengan bukaan yang cukup besar f/1.7, ditambah kelengkapan fitur seperti OIS yang meminimalisir hasil foto yang blur. Sedangkan kamera depannya, terlihat cemen apabila dibanding Oppo F1s dengan hanya membawa resolusi sebesar 5 MP. Namun resolusi yang tidak besar ini dibekali aperture yang cukup besar 1/4.1 sehingga jelas membuat foto di kondisi kurang cahaya tetap tajam dan minim noise. Dan untuk lebih jelasnya, berikut adalah hasil foto dari Oppo F1s dan Samsung Galaxy S7.

Hasil kamera Oppo F1s
Hasil kamera Oppo F1s
Hasil kamera Samsung Galaxy S7
Hasil kamera Samsung Galaxy S7

Perbandingan Dari Segi Harga Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7 di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 2 Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 5

Oppo F1S pada dasarnya menawarkan segi kecantikan desain dan kamera yang cukup mumpuni. Dan itu semua dapat ditebus dengan harga IDR 2.899.000,-. Sebuah harga yang bisa dibilang cukup mahal untuk spesifikasi yang ditawarkan. Dan lagi, masih banyak ponsel-ponsel kelas menengah lain dengan harga namun menawarkan spesifikasi yang lebih baik. Namun apabila Anda adalah pecinta selfie, ponsel ini adalah pilihan terbaik dengan kamera depan yang paling mumpuni dikelasnya.

Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Samsung Galaxy S7 memiliki perbedaan kasta dengan F1s, jelas membuat harga Galaxy S7 hingga saat ini masih tergolong tinggi. Dengan mengandalkan nama besar Samsung dan prestise yang tinggi, Galaxy S7 varian 32 GB garansi resmi dapat Anda bawa pulang dengan harga IDR 6.899.000,-.

Perbandingan dari segi Baterai Oppo F1s VS Samsung Galaxy S7

Oppo F1s diberkahi baterai Non-removabe berjenis Lithium Polymer dengan kapasitas 3075 mAh. Ukuran yang cukup kecil untuk standar ponsel pintar saat ini yang kebanyakan sudah menyentuh angka 4000 mAh. Namun perlu diingat, Oppo Neo 7 membawa layar beresolusi rendah dan chipset kelas entry yang berarti dapat memberikan konsumsi daya yang lebih rendah.

Dan untuk Galaxy S7, Samsung memberkahinya dengan baterai yang kapasitasnya mirip dengan Oppo F1s 3000 mAh yang dalam penggunaan sehari-hari mampu memberikan performa yang cukup baik.

Nah, itu tadi adalah perbandingan antara Oppo F1s vs Samsung Galaxy S7 yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka. Pantengin terus Futureloka.com untuk berita terbaru dan update informasi teknologi. See ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here