Perbandingan Bagus Mana HP Oppo Neo 7 VS Lenovo Vibe K5 Plus segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo Neo 7 VS Lenovo Vibe K5 Plus segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Siapa sih yang tidak tahu Oppo? Brand ponsel asal tiongkok yang sangat terkenal dengan jargon selfie expert-nya ini memang menjadi primadona dikalangan masyarakat pecinta swafoto.

Sedikit berbeda dengan Oppo, brand smartphone yang sama-sama berasal dari Tiongkok, Lenovo sudah dikenal terlebih dahulu sebagai produsen PC dan laptop kelas dunia. Dan saat ini juga, Lenovo juga merupakan brand smartphone yang cukup diperhitungkan dalam ketatnya persaingan di pasar smartphone tanah air.

Nah, sepertinya menarik apabila ponsel kelas menengah dari dua pabrikan ini diadu. Dan kali ini tim Futureloka akan mengadu Oppo Neo 7 vs Lenovo Vibe K5 Plus. Mana yang lebih baik? Mari kita simak.

Perbandingan Spesifikasi Hp Oppo Neo 7 VS Lenovo Vibe K5 Plus

Design

Disisi desain, Oppo Neo 7 yang notabene merupakan ponsel yang diluncurkan tahun 2015 namun material dan detail-detail desainnya bisa dibilang masih relevan. Menggunakan magnesium alloy dibagian bumper akan memberikan feel yang solid dan kokoh namun tetap ringan, sedangkan bagian depan dan belakang menggunakan serat optik glossy yang terlihat sangat menawan. Hanya saja, kecantikan ini menjadi cepat pudar karena bagian belakangnya sangat rentan terkena ceplakan sidik jari. Walaupun menggunakan material metal dan kaca, Oppo berhasil merancang Neo 7 menjadi ponsel yang ringan yaitu hanya 141 gram, sehingga tidak membuat tangan pegal.

Sedangkan Lenovo Vibe K5 Plus memiliki desain yang bisa dibilang mainstream dan tidak terlalu istimewa karena hampir serupa dengan ponsel-ponsel asal tiongkok kebanyakan saat ini. Material body belakang menggunakan metal dan plastik untuk menutup bagian atas dan bawah. Plastik yang digunakan ini bukan tanpa alasan.Hal tersebut semata-mata agar ponsel dapat menangkap sinyal dengan baik. Sedangkan untuk segi bobot, Lenovo Vibe K5 Plus hanya lebih berat 1 gram dibanding Oppo Neo 7, yaitu 142 gram.

Layar

Oppo Neo 7 mengusung layar 5 inch berjenis IPS LCD yang mampu memancarkan 16 juta warna. Sayangnya, ukuran yang cukup besar tersebut hanya dibekali resolusi 540 x 960 pixels. Resolusi yang bisa dibilang kecil untuk ponsel menengah saat ini yang kebanyakan sudah menggunakan layar beresolusi HD (1280×720 pixels) bahkan Full HD (1920×1080 pixels). Hal ini menjadi salah satu kekurangan terbesar Oppo Neo 7.

Sedangkan Lenovo Vibe K5 Plus jelas lebih kekinian dengan layar 5 inch beresolusi Full HD berjenis IPS. Walaupun sebenarnya, hal tersebut tidak bisa dikatakan keistimewaan karena hampir semua smartphone kelas menengah sudah menggunakan layar Full HD. Namun apabila dibandingkan Oppo Neo 7, Lenovo K5 Plus jelas menang telak.

Chipset dan Memori

Kecantikan fisik Oppo Neo 7 sayangnya tidak dibekali jeroan yang mumpuni. Hanya dibekali prosesor besutan Qualcomm Snapdragom 410 yang notabene adalah prosesor entry level, pasti tidak akan menjanjikan performa yang istimewa. Dan lagi, Snapdragon 410 bisa dibilang merupakan chipset jadul, dikarenakan saat ini Snapdragon sudah meluncurkan seri 450. Apalagi, RAM yang dimiliki hanya sebesar 1 GB, ukuran yang sangat kecil dan terbatas untuk menjalankan aplikasi masa kini. Namun, apabila Anda bukanlah gamer kelas berat, spesifikasi yang diusung Oppo Neo 7 jelas bukan masalah yang berarti.

Lenovo Vibe K5 Plus bisa dibilang menang telak dalam urusan spesifikasi. Mengusung prosesor dengan kelas yang lebih tinggi, Qualcomm Snapdragon 616 dan RAM yang lebih besar yaitu 2 GB. Dapat dipastikan, Lenovo mampu melibas game dan aplikasi kekinian yang tidak membutuhkan source dan power yang cukup besar. Jadi, Lenovo Vibe K5 Plus bisa dikatakan ponsel yang cukup mumpuni untuk aktivitas rata-rata sehari-hari. Untuk diketahui, memori internal yang dimiliki Lenovo Vibe K5 Plus adalah sebesar 16 GB yang dapat diekspansi menggunakan micro SD hingga 32 GB.

Sistem Operasi

Color OS masih menjadi andalan Oppo untuk membuat user interface pada Neo 7 tidak monoton. Mengusung versi 2.1 berbasis Android 5.1 Lollipop, Color OS pada Neo 7 menyajikan tampilan tanpa app drawer yang biasa ditemukan pada ponsel-ponsel tiongkok lainnya.

Sedangkan Lenovo Vibe K5 Plus juga menggunakan UI buatannya sendiri yang dinamai Vibe UI. Tidak ada yang istimewa dari UI besutan Lenovo selain icon-icon yang berbeda dari Android stock, namun kustomisasi yang sedikit ini membuat performa Lenovo Vibe K5 Plus menjadi lebih smooth.

Konektivitas

Oppo Neo 7 memiliki dua varian, yaitu varian yang mendukung konektivitas 4G LTE dan varian lainnya yang hanya sebatas 3G, sehingga Anda harus lebih cermat dalam membelinya. Sedangkan untuk kelengkapan konektivitas lain, Oppo Neo 7 pastinya juga menyediakan dukungan Wi-Fi, Bluetooth versi 4.0 dan juga FM Radio. Dalam hal ini, Lenovo Vibe K5 Plus juga memiliki spesifikasi yang sama dengan Oppo Neo 7 yang mendukung 4G LTE, Wifi, Bluetooth, dan juga FM Radio.

Section

Oppo Neo 7 Lenovo Vibe K5 Plus
NETWORK GSM / HSPA / LTE GSM / HSPA / LTE
BODY –  Dimensions 142.7 x 71.7 x 7.6 mm (5.62 x 2.82 x 0.30 in)

–      Weight 141 g (4.97 oz)

 

–      Dimensions 142 x 71 x 8 mm (5.59 x 2.80 x 0.31 in)

–      Weight

142 g (5.01 oz)

 

PLATFORM –      Android 5.1 (Lollipop)

–      Chipset Mediatek MT6582 – 3G model Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 – 4G model

–      CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 – 3G model Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 -4G model

–      GPU Mali-400MP2 Adreno 306

–      Android 5.1 (Lollipop)

–      Chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616

–      CPU Octa-core (4×1.5 GHz Cortex-A53 & 4×1.2 GHz Cortex-A53)

–      GPU Adreno 405

DISPLAY –      IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.0 inches, 68.9 cm2 (~67.4% screen-to-body ratio)

–      Resolution 540 x 960 pixels, 16:9 ratio (~220 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      Color OS 2.1

–      IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.0 inches, 68.9 cm2 (~68.4% screen-to-body ratio)

–      Resolution 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~441 ppi density)

–      Multitouch

MEMORY –      Internal 16 GB, 1 GB RAM

–      Micro SD up to 256 GB

–      Internal 16 GB, 2 GB RAM

–      Micro SD up to 32 GB

COMMS –      Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

–      Bluetooth 4.0, A2DP

–      GPS

–      Yes, with A-GPS

–      Radio

–      FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB Host

–      Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

–      Bluetooth 4.1, A2DP, LE

–      GPS Yes, with A-GPS

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

CAMERA –      Primary

8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash

–      Features 1/4″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

–      Video [email protected]

–      Secondary 5 MP, f/2.4

–      Primary

13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash, check quality

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

–      Video [email protected]

–      Secondary 5 MP, f/2.8

BATTERY

–      Non-removable Li-Po 2420 mAh battery

–      Removable Li-IoN 2750 mAh battery

Perbandingan Hasil Kamera Oppo Neo 7 VS Lenovo Vibe K5 Plus

Sebelum membandingkan hasil kamera dari kedua ponsel ini, alangkah baiknya untuk kita tahu spesifikasi yang diusung duo ponsel tiongkok ini. Oppo membawa kamera primer beresolusi 8 MP dengan bukaan aperture f/2.0 yang dilengkapi LED flash dan autofocus. Sedangkan untuk kamera depan, Neo 7 mengusung resolusi 5 MP dengan aperture f/2.4. Cukup standar untuk spesifikasi smartphone masa kini.

Sedangkan Lenovo Vibe K5 Plus mengusung kamera belakang dengan resolusi yang lebih besar yaitu 13 MP dengan aperture f/2.2 yang juga dilengkapi dengan autofocus dan LED flash. Hanya saja kamera depan yang diusung Lenovo Vibe K5 Plus walaupun memiliki resolusi yang sama dengan Oppo Neo 7, nilai aperturenya hanya f/2.8, sehingga kurang menjanjikan untuk kondisi low-light. Dan untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbandingan hasil kamera Oppo Neo 7 dan Lenovo Vibe K5 Plus.

Hasil kamera Oppo Neo 7
Hasil kamera Oppo Neo 7
Hasil kamera Lenovo Vibe K5 Plus
Hasil kamera Lenovo Vibe K5 Plus

Perbandingan Dari Segi Harga Oppo Neo 7 VS Lenovo Vibe K5 Plus Di Indonesia

Oppo Neo 7 pada dasarnya menawarkan segi kecantikan desain dan kamera yang cukup mumpuni. Dan itu semua dapat ditebus dengan harga IDR 1.799.000,-. Sebuah harga yang bisa dibilang cukup mahal untuk spesifikasi yang ditawarkan. Dan lagi, masih banyak ponsel-ponsel kelas menengah lain dengan harga namun menawarkan spesifikasi yang lebih baik.

Lenovo Vibe K5 Plus yang notabene menang diberbagai sisi terutama spesifikasi, juga dibanderol dengan harga yang tidak terpaut jauh, hanya IDR 1.899.000,- sehingga sangat sulit untuk tidak memenangkan Lenovo Vibe K5 Plus dalam pertarungan harganya dengan Oppo Neo 7. Mengingat hampir disetiap aspek vital seperti RAM, prosesor, resolusi layar, Lenovo Vibe K5 Plus menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi.

Perbandingan dari segi Baterai Oppo Neo 7 VS Lenovo Vibe K5 Plus

Oppo Neo 7 diberkahi baterai Non-removabe berjenis Lithium Polymer dengan kapasitas 2420 mAh. Ukuran yang cukup kecil untuk standar ponsel pintar saat ini yang kebanyakan sudah menyentuh angka 3000 mAh keatas. Namun perlu diingat, Oppo Neo 7 membawa layar beresolusi rendah dan chipset kelas entry yang berarti dapat memberikan konsumsi daya yang lebih rendah.

Lenovo memberikan Vibe K5 Plus baterai Li-Ion 2750 mAh yang dapat dilepas alias removable. Ukuran yang juga cukup standar, mengingat resolusi layar yang diusung cukup tinggi dan prosesor yang lumayan rakus daya.

Nah, itu tadi adalah artikel komparasi Oppo Neo 7 vs Lenovo Vibe K5 Plus yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka. Jangan lupa untuk terus pantengin Futureloka.com untuk update berita dan informasi seputar gadget dan teknologi. See ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here