Perbandingan Bagus Mana HP Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 1Oppo dan Samsung, dua brand besar tanah air ini memang berhasil menjadi raja etalase disetiap pusat perbelanjaan smartphone. Bukan tanpa alasan, selain dikarenakan teknik promosi yang jor-joran, Oppo dan Samsung memiliki lini produk yang sangat luas. Mulai dari seri entry level hingga seri high-end. Namun kali ini Tim Futureloka akan membahas perbandingan dua ponsel pintar beda kasta, yaitu Oppo dengan ponsel kelas menengah seri Neo 7 dan Samsung dengan kelas entry seri J1 Ace.  Apakah Samsung J1 Ace mampu menyamai performa dari Oppo Neo 7? Mari kita simak.

Perbandingan Spesifikasi Hp Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace

Untuk mengetahui smartphone manakah yang paling mumpuni, spesifikasi pastilah menjadi acuan pertama untuk mengetahui seberapa baik performa smartphone apabila digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah perbandingan spesifikasi dari Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace.

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 3

Design

Disisi desain, Oppo Neo 7 yang notabene merupakan ponsel yang diluncurkan tahun 2015 namun material dan detail-detail desainnya bisa dibilang masih relevan. Menggunakan magnesium alloy dibagian bumper akan memberikan feel yang solid dan kokoh namun tetap ringan, sedangkan bagian depan dan belakang menggunakan serat optik glossy yang terlihat sangat menawan. Hanya saja, kecantikan ini menjadi cepat pudar karena bagian belakangnya sangat rentan terkena ceplakan sidik jari. Walaupun menggunakan material metal dan kaca, Oppo berhasil merancang Neo 7 menjadi ponsel yang ringan yaitu hanya 141 gram, sehingga tidak membuat tangan pegal.

Sedangkan Samsung J1 Ace yang merupakan ponsel murah Samsung didesain dengan sederhana namun tetap mencerminkan ciri khas Samsung. Ukurannya yang kecil dan bobot yang hanya 131 gram, membuat ponsel dengan empat sudut membulat ini sangat nyaman untuk digenggam dan dibawa kemana-mana. Uniknya, Samsung mendesain setiap sudut dari Galaxy J1 Ace ini menjorok ke setiap sisi, sehingga berbentuk seperti tulang. Jangan harapkan material yang diusung oleh Samsung adalah berupa material yang premium seperti halnya Oppo Neo 7 miliki. Samsung J1 Ace hanya menggunakan material plastik disekujur body-nya. Untungnya, walaupun menggunakan plastik, ponsel murah ini masih terasa kokoh dan solid

Layar

Oppo Neo 7 mengusung layar 5 inch berjenis IPS LCD yang mampu memancarkan 16 juta warna. Sayangnya, ukuran yang cukup besar tersebut hanya dibekali resolusi 540 x 960 pixels. Resolusi yang bisa dibilang kecil untuk ponsel menengah saat ini yang kebanyakan sudah menggunakan layar beresolusi HD (1280×720 pixels) bahkan Full HD (1920×1080 pixels). Hal ini menjadi salah satu kekurangan terbesar Oppo Neo 7.

Sudah jelas layar 4.3 inch miliki Samsung Galaxy J1 Ace kalah telak dibandingkan milik Oppo Neo 7. Namun kabar baiknya, layar yang diusung sudah mendukung teknologi Super AMOLED display khas ponsel-ponsel keluaran Samsung yang lain. Hanya saja, resolusi layar yang hanya 480 x 800 piksel membuat tampilan layar ponsel ini tidak istimewa dengan kerapatan piksel hanya ~217 ppi.

Chipset dan Memori

Kecantikan fisik Oppo Neo 7 sayangnya tidak dibekali jeroan yang mumpuni. Hanya dibekali prosesor besutan Qualcomm Snapdragom 410 yang notabene adalah prosesor entry level, pasti tidak akan menjanjikan performa yang istimewa. Dan lagi, Snapdragon 410 bisa dibilang merupakan chipset jadul, dikarenakan saat ini Snapdragon sudah meluncurkan seri 450. Apalagi, RAM yang dimiliki hanya sebesar 1 GB, ukuran yang sangat kecil dan terbatas untuk menjalankan aplikasi masa kini. Namun, apabila Anda bukanlah gamer kelas berat, spesifikasi yang diusung Oppo Neo 7 jelas bukan masalah yang berarti.

Membawa prosesor Quad-core Spreadtrum SC9830 berkecepatan 1.5 GHz menjadikan ponsel ini bukanlah senjata yang baik untuk bermain game. Apalagi dengan GPU  Mali-400MP2 yang merupakan seri jadul, membuat ponsel ini menjadi tidak istimewa. Namun mengingat ini adalah seri termurah ponsel Samsung, hal tersebut adalah wajar. Dan untuk masalah performa untuk menjalankan aplikasi sehari-hari, masih perlu dilakukan pengujian lebih lanjut.

Sistem Operasi

Color OS masih menjadi andalan Oppo untuk membuat user interface pada Neo 7 tidak monoton. Mengusung versi 2.1 berbasis Android 5.1 Lollipop, Color OS pada Neo 7 menyajikan tampilan tanpa app drawer yang biasa ditemukan pada ponsel-ponsel tiongkok lainnya.

Touchwiz masih menjadi andalan Samsung untuk mentenagai Galaxy J1 Ace. Sayangnya, versi Android yang digunakan pada Galaxy J1 Ace ini terasa jadul, yaitu Android 4.4.4 (KitKat), sehingga beberapa aplikasi semacam Steller tidak akan didukung di ponsel ini. Dan lagi, belum ada kejelasan apakah Samsung akan memberikan update untuk Galaxy J1 Ace.

Konektivitas

Oppo Neo 7 memiliki dua varian, yaitu varian yang mendukung konektivitas 4G LTE dan varian lainnya yang hanya sebatas 3G, sehingga Anda harus lebih cermat dalam membelinya. Sedangkan untuk kelengkapan konektivitas lain, Oppo Neo 7 pastinya juga menyediakan dukungan Wi-Fi, Bluetooth versi 4.0 dan juga FM Radio.

Dan dalam hal ini, Samsung Galaxy J1 Ace bisa berbangga karena berhasil menyamai Oppo Neo 7. Dilengkapi dukungan 4G LTE, Bluetooth 4.0 dan GLONASS membuat Galaxy J1 Ace merupakan ponsel yang cukup mumpuni dalam hal konektivitas.

Section Oppo  Neo 7 Samsung J1 Ace
NETWORK GSM / HSPA / LTE GSM / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions142.7 x 71.7 x 7.6 mm (5.62 x 2.82 x 0.30 in)

–      Weight 141 g (4.97 oz)

 

–      Dimensions     130.1 x 67.6 x 9.5 mm (5.12 x 2.66 x 0.37 in)

–      Weight 131 g (4.62 oz)

PLATFORM –      Android 5.1 (Lollipop)

–      Chipset Mediatek MT6582 – 3G model Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 – 4G model

–      CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 – 3G model Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 -4G model

–      GPU Mali-400MP2

–      Adreno 306

–      OS       Android 4.4.4 (KitKat)

–      Chipset Spreadtrum SC9830

–      Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7

–      GPU    Mali-400MP2

DISPLAY –      IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size

5.0 inches, 68.9 cm2 (~67.4% screen-to-body ratio)

–      Resolution 540 x 960 pixels, 16:9 ratio (~220 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      Color OS 2.1

–      Type    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size     4.3 inches, 52.6 cm2 (~59.8% screen-to-body ratio)

–      Resolution       480 x 800 pixels, 5:3 ratio (~217 ppi density)

–      Multitouch      Yes

MEMORY –      Internal           16 GB, 1 GB RAM

–      Micro SD up to 256 GB

–      Card slot         microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

–      8 GB, 1 GB RAM – J110M, J111F

COMMS –      Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

–      Bluetooth 4.0, A2DP

–      GPS Yes, with A-GPS

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB Host

–      WLAN            Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot Bluetooth        4.0, A2DP

–      GPS     Yes, with A-GPS, GLONASS

–      Radio  FM radio, RDS, recording

CAMERA –      Primary 8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash

–      Features 1/4″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

–      Video [email protected]

–      Secondary 5 MP, f/2.4

–      Primary           5 MP, f/2.2, 31mm, autofocus, LED flash

–      Features          Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama

–      Video  [email protected]

–      Secondary       2 MP

BATTERY –      Non-removable Li-Po 2420 mAh battery –      Removable Li-Ion 1900 mAh battery

Perbandingan Hasil Kamera Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace

Sebelum membandingkan hasil kamera dari kedua ponsel ini, alangkah baiknya untuk kita tahu spesifikasi yang diusung duo ponsel tiongkok ini. Oppo membawa kamera primer beresolusi 8 MP dengan bukaan aperture f/2.0 yang dilengkapi LED flash dan autofocus. Sedangkan untuk kamera depan, Neo 7 mengusung resolusi 5 MP dengan aperture f/2.4. Cukup standar untuk spesifikasi smartphone masa kini.

Sedangkan Samsung J1 Ace membawa kamera beresolusi 5MP dengan bukaan aperture f/2.2 dengan tambahan fitur autofocus dan LED flash. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 2 MP yang memiliki hasil foto alakadarnya. Apabila dilihat dari angka spesifikasi, kamera J1 Ace ini tidak ada apa-apanya dibanding miliki Oppo Neo 7, namun kembali lagi mengingat harganya yang murah, hal tersebut dapat dimaklumi.

Hasil kamera Oppo Neo 7
Hasil kamera Oppo Neo 7
Hasil kamera Samsung J1 Ace
Hasil kamera Samsung J1 Ace

Perbandingan Dari Segi Harga Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace Di Indonesia

Oppo Neo 7 pada dasarnya menawarkan segi kecantikan desain dan kamera yang cukup mumpuni. Dan itu semua dapat ditebus dengan harga IDR 1.799.000,-. Sebuah harga yang bisa dibilang cukup mahal untuk spesifikasi yang ditawarkan. Dan lagi, masih banyak ponsel-ponsel kelas menengah lain dengan harga namun menawarkan spesifikasi yang lebih baik.

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 2

Samsung J1 Ace yang notabene merupakan ponsel termurah Samsung saat ini dibanderol dengan harga IDR 1.299.000,- sebuah harga yang cukup masuk akal untuk nama besar Samsung. Namun, mengingat harga yang ditawarkan, Anda sebenarnya masih memiliki pilihan yang lebih baik dengan hanya menambah budget sekitar 400 ribu, seperti halnya Xiaomi Redmi 4A atau malah Oppo Neo 7 itu sendiri.

Perbandingan dari segi Baterai Oppo Neo 7 VS Samsung J1 Ace

Oppo Neo 7 diberkahi baterai Non-removabe berjenis Lithium Polymer dengan kapasitas 2420 mAh. Ukuran yang cukup kecil untuk standar ponsel pintar saat ini yang kebanyakan sudah menyentuh angka 3000 mAh keatas. Namun perlu diingat, Oppo Neo 7 membawa layar beresolusi rendah dan chipset kelas entry yang berarti dapat memberikan konsumsi daya yang lebih rendah.

Samsung memberikan J1 Ace baterai Li-Ion 1900 mAh yang dapat dilepas alias removable. Ukuran yang bisa dibilang kecil, mengingat smartphone ini sudah mendukung jaringan 4G LTE yang cukup rakus daya.

Nah, itu tadi adalah artikel komparasi Oppo Neo 7 vs Samsung J1 Ace yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka. Kesimpulannya, dua ponsel ini bukanlah pilihan yang tepat apabila Anda seorang gamer atau pengguna multitasking berat, dikarenakan spesifikasinya lebih condong kepada penggunaan casual sepeti chatting dan sosial media. Jangan lupa pantengin Futureloka.com untuk update berita dan informasi seputar gadget dan teknologi. See ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here