Perbandingan Bagus Mana HP Oppo Neo 7 VS Xiaomi Mi Note 3 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Oppo dan Xiaomi merupakan dua brand ponsel pintar asal tiongkok yang cukup populer di tanah air. Oppo yang terkenal dengan jargon selfie expert-nya dan Xiaomi yang terkenal dengan ponsel berspesifikasi tinggi dengan harga murah, tidak henti-hentinya berinovasi dan menelurkan produk baru agar mereka bisa menguasai pangsa pasar.

Kali ini, Tim Futureloka akan membandingkan duo ponsel dari brand masing-masing, yaitu Oppo dengan Neo 7-nya dan Xiaomi dengan Mi Note 3-nya. Kira-kira mana yang terbaik, berikut adalah artikel komparasi Perbandingan Bagus Mana HP Oppo Neo 7 VS Xiaomi Mi Note segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia.

Perbandingan Spesifikasi Hp Oppo Neo 7 VS Xiaomi Mi Note 3

Untuk mengetahui smartphone manakah yang paling mumpuni, spesifikasi pastilah menjadi acuan pertama untuk mengetahui seberapa baik performa smartphone apabila digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah perbandingan spesifikasi dari Oppo Neo 7 VS Xiaomi Mi Note 3.

Perbandingan Oppo Neo 7 VS Xiaomi Mi Note 3

Design

Disisi desain, Oppo Neo 7 yang notabene merupakan ponsel yang diluncurkan tahun 2015 namun material dan detail-detail desainnya bisa dibilang masih relevan. Menggunakan magnesium alloy dibagian bumper akan memberikan feel yang solid dan kokoh namun tetap ringan, sedangkan bagian depan dan belakang menggunakan serat optik glossy yang terlihat sangat menawan. Hanya saja, kecantikan ini menjadi cepat pudar karena bagian belakangnya sangat rentan terkena ceplakan sidik jari. Walaupun menggunakan material metal dan kaca, Oppo berhasil merancang Neo 7 menjadi ponsel yang ringan yaitu hanya 141 gram, sehingga tidak membuat tangan pegal.

Xiaomi Mi Note 3 yang merupakan ponsel flagship yang baru saja dirilis Xiaomi pada Oktober 2017 kemarin, mengusung desain yang mirip dengan flagship pendahulunya Mi6. Berbalut alumunium disisi bumper dan kaca mengkilap dibagian depan belakang, membuat kesan premium dan kokoh terpancar ketika tangan memegangnya. Sayangnya, sama seperti Oppo Neo 7, body dari Xiaomi Mi Note 3 ini sangat mudah dikotori oleh minyak sidik jari. Apalagi body-nya yang berbalut kaca dan dimensi ponsel yang cukup besar, membuat Mi Note 3 sangat rentan tergelincir dan jatuh, sehingga penggunaan case tambahan sangat direkomendasikan.

Layar

Oppo Neo 7 mengusung layar 5 inch berjenis IPS LCD yang mampu memancarkan 16 juta warna. Sayangnya, ukuran yang cukup besar tersebut hanya dibekali resolusi 540 x 960 pixels. Resolusi yang bisa dibilang kecil untuk ponsel menengah saat ini yang kebanyakan sudah menggunakan layar beresolusi HD (1280×720 pixels) bahkan Full HD (1920×1080 pixels). Hal ini menjadi salah satu kekurangan terbesar Oppo Neo 7.

Kemenangan telak jelas dimiliki oleh Xiaomi Mi Note 3. Selain mengusung layar yang lebih besar, kerapatan piksel yang dimilikinya juga cukup memanjakan mata, ~401 ppi. Hal tersebut dikarenakan ponsel yang memiliki bentang layar 5.5 inch ini sudah mendukung resolusi full HD (1080 X 1920 piksel). Terlebih, Anda tidak perlu takut apabila menaruh Xiaomi Mi Note 3 di kantung, karena lapisan layarnya sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 4 yang cukup kuat menahan goresan-goresan ringan.

Chipset dan Memori

Kecantikan fisik Oppo Neo 7 sayangnya tidak dibekali jeroan yang mumpuni. Hanya dibekali prosesor besutan Qualcomm Snapdragom 410 yang notabene adalah prosesor entry level, pasti tidak akan menjanjikan performa yang istimewa. Dan lagi, Snapdragon 410 bisa dibilang merupakan chipset jadul, dikarenakan saat ini Snapdragon sudah meluncurkan seri 450. Apalagi, RAM yang dimiliki hanya sebesar 1 GB, ukuran yang sangat kecil dan terbatas untuk menjalankan aplikasi masa kini. Namun, apabila Anda bukanlah gamer kelas berat, spesifikasi yang diusung Oppo Neo 7 jelas bukan masalah yang berarti.

Xiaomi Mi Note 3 yang barusaja dirilis Xiaomi sebulan yang lalu pasti membawa chipset octa-core yang paling up to date dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 660 dan dukungan GPU Andreno 512. Sehingga, membuat Xiaomi Mi Note 3 menjadi salah satu ponsel tercepat yang pernah dibuat oleh Xiaomi. Dan lagi, chipset Snapdragon 660 menjanjikan performa yang ngebut namun dengan konsumsi daya yang rendah, jadi makin keren ya. Dengan begitu, Oppo Neo 7 jelas kalah telak dibanding Xiaomi Mi Note 3.

Sistem Operasi

Color OS masih menjadi andalan Oppo untuk membuat user interface pada Neo 7 tidak monoton. Mengusung versi 2.1 berbasis Android 5.1 Lollipop, Color OS pada Neo 7 menyajikan tampilan tanpa app drawer yang biasa ditemukan pada ponsel-ponsel tiongkok lainnya.

Lalu bagaimana dengan Mi Note 3? Jelas, Xiaomi menggunakan custom Android buatannya sendiri yang dinamai MIUI. MIUI menawarkan seabrek fitur yang tidak akan dimiliki ponsel-ponsel android dari brand lain. Asyiknya lagi, Xiaomi Mi Note 3 sudah dibekali Android 7.1 Nougat sehingga fitur-fitur terbaru dari OS besutan Google ini bisa langsung dirasakan di Mi Note 3.

Konektivitas

Oppo Neo 7 memiliki dua varian, yaitu varian yang mendukung konektivitas 4G LTE dan varian lainnya yang hanya sebatas 3G, sehingga Anda harus lebih cermat dalam membelinya. Sedangkan untuk kelengkapan konektivitas lain, Oppo Neo 7 pastinya juga menyediakan dukungan Wi-Fi, Bluetooth versi 4.0 dan juga FM Radio. Dalam hal ini, Xiaomi Mi Note 3 juga tidak memiliki perbedaan yang berarti dari segi konektivitas kecuali dukungan GLONASS dan Bluetooth 5.0.

Section Oppo  Neo 7 Mi Note 3
NETWORK GSM / HSPA / LTE GSM / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions142.7 x 71.7 x 7.6 mm (5.62 x 2.82 x 0.30 in)

–      Weight 141 g (4.97 oz)

 

–      Dimensions     152.6 x 74 x 7.6 mm (6.01 x 2.91 x 0.30 in)

–      Weight 163 g (5.75 oz)

PLATFORM –      Android 5.1 (Lollipop)

–      Chipset Mediatek MT6582 – 3G model Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 – 4G model

–      CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 – 3G model Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 -4G model

–      GPU Mali-400MP2

–      Adreno 306

–      OS       Android 7.1 (Nougat)

–      Chipset Qualcomm MSM8956 Plus Snapdragon 660

–      CPU    Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) GPU            Adreno 512

DISPLAY –      IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.0 inches, 68.9 cm2 (~67.4% screen-to-body ratio)

–      Resolution 540 x 960 pixels, 16:9 ratio (~220 ppi density)

–      Multitouch

–      Yes

–      Color OS 2.1

–      Type    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size     5.5 inches, 83.4 cm2 (~73.8% screen-to-body ratio)

–      Resolution       1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)

–      Multitouch      Yes

–      Protection       Corning Gorilla Glass 4 MIUI

MEMORY –      Internal           16 GB, 1 GB RAM

–      Micro SD up to 256 GB

–      Internal 64/128 GB, 6 GB RAM

–      Micro SD up to 32 GB

COMMS –      Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

–      Bluetooth 4.0, A2DP

–      GPS Yes, with A-GPS

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB Host

–      Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot

–      Bluetooth        5.0, A2DP, LE

–      GPS     Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      NFC    Yes

–      Infrared port    Yes

–      Radio  No

–      USB    Type-C 1.0 reversible connector

CAMERA –      Primary 8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash

–      Features 1/4″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

–      Video [email protected]

–      Secondary 5 MP, f/2.4

–      Primary           Dual 12 MP (27mm, f/1.8, OIS 4-axis & 52mm, f/2.6), 2x optical zoom, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash

–      Features          Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

–      Video  [email protected], [email protected]

–      Secondary       16 MP, 2.0 µm pixel size

BATTERY –      Non-removable Li-Po 2420 mAh battery –      Non-Removable Li-IoN 3500 mAh battery

Perbandingan Hasil Kamera Oppo Neo 7 VS Xiaomi Mi Note 3

Sebelum membandingkan hasil kamera dari kedua ponsel ini, alangkah baiknya untuk kita tahu spesifikasi yang diusung duo ponsel tiongkok ini. Oppo membawa kamera primer beresolusi 8 MP dengan bukaan aperture f/2.0 yang dilengkapi LED flash dan autofocus. Sedangkan untuk kamera depan, Neo 7 mengusung resolusi 5 MP dengan aperture f/2.4. Cukup standar untuk spesifikasi smartphone masa kini.

Sedangkan Xiaomi Mi Note 3 membawa spesifikasi yang jauh berbeda dibanding Oppo Neo 7. Hal tersebut tidak lain dikarenakan Xiaomi Mi Note 3 membawa setup dual-camera dibagian belakang yang keduanya beresolusi 12 MP dan didukung fitur-fitur kekinian seperti OIS 4-axis, aperture lebar f/1.8, dual tone Flash, serta mendukung 2x optical zoom. Sedangkan bagi Anda yang suka selfie, Mi Note 3 mengusung kamera depan beresolusi 16 MP. Xiaomi mengklaim, Mi Note 3 adalah ponsel dengan kamera terbaik yang pernah dibuat Xiaomi.

Hasil kamera Oppo Neo 7
Hasil kamera Oppo Neo 7
Hasil Kamera Mi Note 3
Hasil Kamera Mi Note 3

Perbandingan Dari Segi Harga Oppo Neo 7 VS Xiaomi Mi Note 3 Di Indonesia

Oppo Neo 7 pada dasarnya menawarkan segi kecantikan desain dan kamera yang cukup mumpuni. Dan itu semua dapat ditebus dengan harga IDR 1.799.000,-. Sebuah harga yang bisa dibilang cukup mahal untuk spesifikasi yang ditawarkan. Dan lagi, masih banyak ponsel-ponsel kelas menengah lain dengan harga namun menawarkan spesifikasi yang lebih baik.

Namun harga tersebut tidak ada apa-apanya apabila dibandingkan dengan Xiaomi Mi Note 3. Hal tersebut wajar, mengingat ponsel berukuran layar 5.5 inch tersebut merupakan ponsel flagship, berbeda dengan Oppo Neo 7 yang merupakan ponsel kelas menengah. Dan untuk setiap fitur yang menggoda iman seperti dual-camera, prosesor Snapdragon 660, dan RAM 6 GB, Xiaomi Mi Note 3 dapat Anda bawa pulang dengan merogoh kocek sebesar IDR 5.699.000,-. Harga yang cukup kompetitif untuk ponsel sekelas flagship.

Perbandingan dari segi Baterai Oppo Neo 7 VS Xiaomi Mi Note 3

Hasil gambar untuk Mi note 3

Oppo Neo 7 diberkahi baterai Non-removabe berjenis Lithium Polymer dengan kapasitas 2420 mAh. Ukuran yang cukup kecil untuk standar ponsel pintar saat ini yang kebanyakan sudah menyentuh angka 3000 mAh keatas. Namun perlu diingat, Oppo Neo 7 membawa layar beresolusi rendah dan chipset kelas entry yang berarti dapat memberikan konsumsi daya yang lebih rendah.

Sedangkan Xiaomi membekali Mi Note 3 dengan baterai berkapasitas 3500 mAh. Mengingat ponsel ini membawa prosesor yang irit daya dan manajemen daya MIUI yang baik, dapat dipastikan ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang cukup baik.

Kesimpulan

Perbandingan antara dua ponsel cantik ini sejatinya bukanlah perbandingan yang seimbang mengingat dua ponsel ini berada pada kelas yang berbeda. Namun dalam hal ini, Oppo Neo 7 tetaplah ponsel yang cantik dengan body metalnya dan Xiaomi Mi Note 3 merupakan ponsel yang mewah dan tangguh untuk segala urusan. Jadi mau pilih yang mana? Itu semua tergantung budget dan kebutuhan Anda.

Nah, itu tadi adalah artikel komparasi Oppo Neo 7 vs Xiaomi Mi Note 3 yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka. Jangan lupa untuk terus pantengin Futureloka.com untuk update berita dan informasi seputar gadget dan teknologi. See ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here