Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer di Berbagai Lini Kehidupan

0

Di zaman yang serba digital ini, Anda bisa meraih manfaat jaringan komputer untuk berbagai kemudahan hidup. Pada umumnya, jaringan komputer akan membuat berbagai aktivitas menjadi semakin mudah serta ringkas.

Terlebih di berbagai lini kehidupan, komputer selalu digunakan untuk menunjang aktivitasnya. Produk komputer juga tidak hanya terdiri atas PC serta laptop melainkan juga merambah dunia komunikasi, otomotif, serta industri. Teknologi di berbagai aspek kehidupan juga berkembang karena semakin canggihnya jaringan komputer.

Berdasarkan ulasan di berkode.com bahwa Jaringan komputer juga berkembang pesat dan tidak hanya bisa menghubungkan satu PC dengan PC lainnya pada satu jaringan. Akan tetapi, semua benda mempunyai operasional yang memakai komputer satu sama lainnya. 

Contohnya yakni di dalam mobil sudah dapat terhubung dengan ponsel pintar. Lantas, apa saja manfaat jaringan komputer secara lengkap? Mari membahasnya lebih jauh!

Sekilas Tentang Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri atas lebih dari satu komputer yang terhubung satu dengan yang lain dengan perantara media transmisi (media komunikasi). Sehingga antara satu komputer dengan yang lainnya bisa berbagi aplikasi, data, serta beragam perangkat keras komputer.

Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai suatu sistem jaringan dengan media transmisi yang memungkinkan beberapa komputer bisa berhubungan satu sama lainnya. Jaringan komputer dibangun dengan tujuan supaya informasi yang dibawa oleh pengirim bisa diterima secara akurat dan tepat. Jaringan komputer memungkinkan setiap orang bisa melakukan komunikasi satu dengan yang lain secara lebih mudah.

Jaringan komputer juga bermanfaat dalam integrasi data komputer klien sehingga dapat diperoleh data yang lebih relevan. Pembangunan jaringan komputer merupakan kombinasi antara software dan hardware. Selain itu, dapat juga dibuat dengan gabungan antara teknologi wireless dan kabel.

Jenis Jaringan Komputer

Sebetulnya, semua jaringan komputer berguna sebagai client maupun server. Namun, ada juga jaringan yang mempunyai komputer yang hanya didedikasikan untuk server dan yang lain sebagai client. Selain itu, terdapat juga jaringan yang tidak mempunyai komputer yang khusus untuk server. 

Nah, berdasar dari fungsinya, ada dua jenis jaringan komputer yang meliputi:

1. Client Server

Client server merupakan jaringan komputer yang hanya digunakan sebagai server. Dimana ada service dan layanan yang dapat diberikan oleh satu komputer atau lebih.

Semisal, dalam domain detikcom dilayani berbagai komputer web server. Yang mana ada banyak layanan yang diberikan dalam satu komputer. Seperti server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer yang memiliki multi service yakni mail server, file server, web server, database server, dan sebagainya.

 2. Peer to Peer

Peer to Peer merupakan jaringan komputer yang mana setiap host bisa menjadi server serta secara bersamaan bisa menjadi client. Seperti pada file sharing di antara komputer pada jaringan Windows Network Neighbourhood terdapat 5 komputer A, B, C, D, serta E yang memberikan hak akses pada file yang dimiliki. 

Saat A ingin mengakses file dari B yang memiliki nama data_nilai.xls serta memberikan akses file soal_pts.doc pada C. Ketika mengakses file dari B, A menjadi client sedangkan saat A memerlukan akses pada C, maka A menjadi server. Kedua fungsi ini dilakukan komputer A secara serentak. Nah, jaringan seperti inilah yang disebut sebagai peer to peer.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer ditemukan pertama kali pada tahun 1940 dan kemudian dikembangkan hingga pada tahun 1950an telah mempunyai andil besar bagi kehidupan manusia serta telah mengalami beragam fase perkembangan. Perkembangan jaringan komputer memberi dampak yang positif dan negatif untuk kehidupan manusia.

Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum

Secara sederhananya, 4 manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut:

  1. Membantu seseorang untuk berhubungan dengan orang lain dari berbagai tempat bahkan negara secara lebih mudah
  2. Dengan jaringan komputer, maka Anda dapat melakukan proses pengiriman data dengan efisien dan cepat
  3. Anda pun bisa mengakses informasi serta berita dengan mudah melalui internet karena internet juga merupakan bentuk jaringan komputer
  4. Anda dapat mengakses file yang dimiliki bersama dengan orang lain serta dapat disebarluaskan menggunakan sebuah jaringan seperti internet.

Meski begitu, ada banyak manfaat yang dapat dirasakan. Nah, untuk lebih jelasnya, silakan simak manfaat jaringan komputer untuk kehidupan di bawah ini:

Manfaat Dari Jaringan Komputer untuk Instansi, Organisasi, dan Perusahaan

Mungkin sebagian dari Anda masih sering bertanya-tanya, apa manfaat jaringan komputer bagi sebuah perusahaan? Nah, untuk suatu instansi, organisasi, juga perusahaan, manfaat jaringan komputer ada banyak sekali, meliputi:

 1. Memudahkan Sharing Files

Manfaat jaringan komputer yang pertama untuk suatu instansi adalah bisa memudahkan sharing files. Dalam perusahaan sudah tentu ada banyak dokumen serta file yang harus saling diketahui berbagai divisi. Jaringan komputer memungkinkan Anda untuk lebih mudah melakukan sharing files dengan lebih mudah. Prosesnya pun akan menjadi lebih singkat.

Dapat dibayangkan, tanpa jaringan komputer, untuk menyerahkan satu dokumen saja harus naik turun lift atau tangga, sehingga akan semakin sulit. Dengan adanya jaringan komputer, cukup satu klik saja, maka semua komputer dapat memperoleh akses pada file maupun dokumen yang akan dikirim.

 2. Berbagi Pakai Sumber Daya atau Resource Sharing

Dengan jaringan komputer, maka pengguna dapat memakai sumber daya bersamaan seperti menggunakan printer, cpu, hardisk, memori, maupun data dan aplikasi bersama-sama.

Dengan jaringan, komputer yang satu dengan lainnya juga dapat berkomunikasi berupa chatting, email, video conference, audio call, dan sebagainya.

 3. Reabilitas Tinggi atau High Reability

Manfaat jaringan komputer yang selanjutnya adalah membuat reabilitas penggunanya menjadi semakin tinggi. Contohnya tersedia ragam resource alternatif seperti data yang bisa disimpan pada beberapa komputer dan dapat diakses setiap pengguna.

Sehingga, apabila saat satu komputer mengalami masalah dan tidak dapat membuka data, maka data bisa diambil di komputer lain yang ada pada jaringan tersebut.

4. Menjaga Data Rahasia

Manfaat jaringan komputer juga ada pada proteksi serta keamanan pada data penting di sebuah perusahaan. Jaringan LAN (lokal) hanya memungkinkan komputer hanya terhubung dalam jaringan tertentu saja.

Sehingga bisa menghindari kejadian yang tak bertanggung jawab seperti peretasan data yang bisa merugikan perusahaan. Selain itu, sharing files dengan jaringan komputer lebih aman. Sebab, ada fitur private email yang mana tidak ada orang lain yang mengetahui.

 5. Mempercepat Arus Informasi

Manfaat jaringan komputer untuk perusahaan adalah memudahkannya mencapai puncak keemasan. Sebab, dengan jaringan komputer, maka arus info dalam perusahaan akan lebih cepat dijalankan.

Jika arus informasi lebih cepat, maka akan membantu kinerja dari perusahaan tersebut. Dengan semakin meningkatnya kinerja, tentu saja akan berdampak positif untuk kelangsungan organisasi atau perusahaan.

 6. Memudahkan Komunikasi Antara Satu Divisi dengan yang Lainnya

Dalam menjaga kestabilan serta keharmonisan perusahaan, komunikasi merupakan elemen yang sangat penting. Dengan komunikasi yang baik, maka tidak akan ada kesalahpahaman dan instansi pun lebih utuh. 

Pengaplikasian sistem jaringan komputer akan membuat komunikasi di antara satu divisi dengan yang lain ataupun antara personal pada ruang lingkup organisasi akan menjadi lebih mudah.

Oleh karenanya, tidak ada lagi berkunjung ke gedung lain hanya untuk menyerahkan catatan penting. Anda hanya perlu mengetik pada komputer dan kirimkan pada alamat yang dituju dengan memanfaatkan jaringan. Sehingga, dengan cepat, catatan penting bisa sampai ke orang yang dituju.

 7. Menghemat Biaya

Dengan semua manfaat jaringan komputer, maka akan memberikan keuntungan untuk perusahaan terutama dalam penghematan biaya operasional. Meski dalam membangun jaringan komputer pada perusahaan relatif tinggi dan mahal, tetapi memiliki manfaat jangka panjang yang baik. Selain itu, kedepannya akan semakin menghemat pengeluaran.

Termasuk pengeluaran dari transportasi dimana tidak akan ada biaya bagi seseorang yang perlu mengambil data dari kantor cabang yang ada di pulau lain. Sehingga tidak ada pengeluaran untuk cost biaya perjalanan ke luar pulau. Data bisa disampaikan hanya dalam sekali klik.

 8. Memudahkan Akses Data dalam Server

Server adalah salah satu elemen yang penting pada jaringan komputer. Dengan server, amka segala jenis data penting akan lebih mudah untuk diakses. Server menyajikan data utama suatu organisasi sehingga untuk siapapun yang membutuhkan data penting akan mudah diakses.

Semisal, bendahara HRD ingin melihat data keluarga karyawan, maka bendahara bisa mengakses data karyawan melalui komputer karena sudah terhubung dengan jaringan server perusahaan.

 9. Integrasi Data

Jaringan komputer juga menawarkan integrasi data yang memudahkan pekerjaan orang banyak. Semua komputer yang terhubung dalam jaringan komputer server akan mempunyai fitur data yang telah terintegrasi. 

Oleh karenanya akan menghemat pengeluaran perusahaan dan memudahkan akses. Integrasi data juga memungkinkan semua data yang ada menjadi lebih update. Sehingga, tidak ada lagi kesalahan menafsirkan semua data.

Manfaat jaringan Komputer untuk Masyarakat

Tak hanya memberikan keuntungan untuk perusahaan, instansi, atau organisasi, manfaat jaringan komputer juga bisa dirasakan oleh masyarakat umum. Apa saja detailnya? Yuk, simak informasinya di bawah ini:

 1. Forum dan Milis

Forum dan milis adalah salah satu manfaat jaringan komputer untuk masyarakat umum. Dengan forum, maka banyak orang yang dapat saling terhubung pada komunitas dan forum tertentu. Selain itu, seseorang yang bisa bisa memperoleh informasi lebih banyak mengenai bidang yang menarik perhatiannya.

Semisal, pada forum kepenulisan, banyak orang yang memiliki minat sama bergabung pada forum tersebut. Seseorang bisa melatih kemampuan menulisnya dengan adanya kritik dan saran dari anggota lain. Selain itu, ada banyak member yang memberikan informasi mengenai literasi pada forum tersebut.

 2. Media Sosial

Sepertinya, hari-hari ini tidak ada orang yang tidak memiliki media sosial. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan sebagainya. Nah, media sosial ini adalah produk unggulan jaringan komputer. Dengan medsos, maka semua informasi bisa didapatkan dengan cepat dan mudah. 

Status pertemanan, berita teranyar, kondisi seseorang, sampai lokasi orang tersebut bisa dilacak menggunakan medsos. Manfaatnya pun sangat banyak. Mulai dari menambah relasi, bertukar informasi, hingga berbisnis.

 3. Email

Email atau surat elektronik merupakan manfaat jaringan komputer yang masih digunakan oleh personal user. Email ini telah mengganti fungsi dari kartu pos dan surat pos.
Dengan email, Anda sudah bisa mengirim surat hanya dalam waktu satu detik saja. Email bisa digunakan untuk mengirim pesan atau surat apa saja mulai dari surat lamaran kerja, surat untuk teman di luar negeri, dan sebagainya.

 4. Chatting

Chatting juga merupakan salah satu bentuk manfaat jaringan komputer. Chatting juga masih menjadi pilihan yang paling utama untuk berkomunikasi. Hal ini dikarenakan biayanya lebih murah ketimbang SMS. 

Selain itu, kemudahan melakukan obrolan dengan siapa saja dapat diperoleh menggunakan aplikasi chatting. Anda hanya perlu mengoneksikan komputer dengan jaringan internet. Setelah itu, lakukan chatting dengan orang yang Anda inginkan.

 5. Bermain Games

Manfaat jaringan komputer juga bisa untuk bermain game. Entah bentuknya game online atau offline. Biasanya, game ini memiliki fitur multiplayer. Sehingga, Anda dapat mengoneksikan dengan jaringan LAN atau jaringan internet untuk keseruan bermain game.

 6. E-Commerce

Selain media sosial, e-commerce berkembang dengan cepat di berbagai belahan dunia. E-commerce sendiri adalah proses transaksi jual beli secara elektronik. Saat ini, banyak online shop yang tergabung dalam e-commerce. Sehingga, Anda lebih leluasa dalam memilih barang. Kemudahan membeli barang pun bisa tercapai.

Hanya dengan scroll dan klik, maka Anda dapat membayar tagihan secara praktis. E-commerce bisa juga digunakan untuk memesan armada transportasi, makanan, minuman, booking hotel, dan sebagainya. Fitur dalam e-commerce dapat memberikan kenyamanan untuk masyarakat untuk berbelanja.

 7. Mendapatkan Informasi Khusus

Bagi seorang pelajar, informasi sangat dibutuhkan untuk menambah pengetahuannya. Jaringan komputer akan sangat bermanfaat. Sebab, ada banyak informasi khusus dengan memakai jaringan ini. 

Selain internet, Anda juga dapat menggunakan jaringan yang terdapat pada perpustakaan dalam rangka mencari informasi serta katalog di perpustakaan.

 8. Video Call serta Video Conference

Salah satu manfaat jaringan komputer adalah video call. Dengan adanya video call, maka berkomunikasi menjadi semakin mudah karena beberapa orang saling terhubung pada jaringan internet atau jaringan lokal. 

 9. Meng-update Ragam Perkembangan Dunia 

Jaringan komputer terlebih jaringan internet memiliki manfaat bagi seseorang untuk melakukan update pada informasi dan berita dari seluruh dunia. Sebab, saat ini telah tersedia berbagai portal berita yang menyediakan berita yang tajam, akurat, dan juga terpercaya. Sehingga, banyak orang yang terbantu terutama dalam hal menambah informasi baru.

 10. Internet Telephone

Awalnya, telepon hanya dapat dilakukan oleh jaringan telekomunikasi saja. Namun, saat ini, telepon juga bisa dilakukan oleh jaringan komputer. Pada jaringan internet, ada fitur telepon yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan ke luar kota bahkan luar negeri.

Keuntungan menggunakan internet telephone adalah tidak perlu menghabiskan pulsa karena Anda bisa melakukan panggilan dengan biaya yang murah.

 11. Pendidikan Menjadi Semakin Mudah

Dahulu, untuk bisa memperoleh buku, Anda harus pergi ke perpustakaan. Namun, saat ini telah tersedia buku dalam bentuk digital atau e-book.

Ada juga berbagai video tutorial pada YouTube yang dapat menuntun Anda dalam mempelajari segala sesuatu. Bahkan, saat ini ada banyak sekali bahan bacaan dan pelajaran yang ada di internet yang membuat belajar tanpa bimbingan guru menjadi semakin mudah.

 12. Peluang Bisnis Semakin Luas

Manfaat jaringan komputer membuat komunikasi semakin lancar bahkan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Sehingga, peluang bisnis pun menjadi semakin lebar. Banyaknya pengguna internet membuat para entrepreneur lebih mudah menggapai pasar yang jauh sekalipun. Calon pembeli pun kian mudah dalam menjangkau berbagai kebutuhan.

Jaringan komputer memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan manusia. Pun, dapat memberikan dampak yang signifikan untuk perkembangan teknologi. Segala kendala tempat maupun waktu dapat diatasi dengan adanya jaringan komputer.

Bahkan, semua orang bisa berinteraksi dimana pun, kapan pun, dan dengan siapa pun. Untuk itu, gunakan jaringan komputer untuk hal yang bermanfaat sehingga dampak negatifnya dapat diminimalisir.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here